Terbayar sudah rasa penasaran aku ke tempat ini, bener-bener menyegarkan mata, lihat yang hijau-hijau, udara sejuk.

Wayang Windu Panenjoan adalah tempat yang cocok bersama keluarga, lepas dari rutinitas harian. Selama di perjalanan menuju lokasi, kita akan melihat pemandangan indah walapun lokasinya lumayan jauh setelah keluar tol, dan kondisi jalan yang terasa seperti naik kuda.

Kali ini aku main ke wisata alam Kota Bandung, yaitu perkebunan teh Kertamanah. Pemandangan indah, udara sejuk, membuat aku dan anakku betah banget menikmati semuanya.

WAYANG WINDU 

Wayang Windu Panenjoan Sky Park atau Taman Langit lokasinya ada di Kebun Teh Kertamanah Kec Pangalengan Kab Bandung dengan  luas mencapai 13 hektar, di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Saat kesini kita akan mendapatkan pemandangan alam dengan hamparan perkebunan teh.

Saat kemarin berada disini, aku mendapat pengalaman seperti ada di negeri di atas awan karena ada kabut putih di lokasi ini.

Wayang Windu

Panenjoan sendiri mempunyai arti melihat atau pandangan atau juga sejauh mata memandang kesejukan, keasrian yang membikin mata serta hati menjadi sejuk, indah senang senang.

Ternyata wisata Wayang Windu Panenjoan ini ada diantara dua gunung, Gunung Wayang dan Gunung Windu.  Panenjoan  itu ternyata artinya dalam bahasa Sunda  “Penglihatan”  atau pandangan, bisa diartikan karena selama berada di sini mataku  memandang sesuatu yang indah, dengan suasananya yang sejuk banget dan asri.

JAM BUKA & TIKET 

Jam operasional Wayang Windu Panenjoan adalah setiap hari mulai jam 06.00, cek instagramnya di @wwp1800skypark . Harga tiketnya sendiri Rp 10.000 per orang, parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

CARA MENUJU LOKASI

Untuk menuju lokasi Wayang Windu Panenjoan, keluar dari Gerbang Tol Ketapang, Tol Soreang-Pasir Koja, ke arah Banjaran, Cimaung, Pangalengan, dan akhirnya akan sampai di Wayang Windu Panenjoan. Sekitar kurang lebih 41 kilometer (km) dari Gerbang Tol Ketapang. Dari bundaran Pangalengan belok kiri, sekitar 9 km dari bundaran depan Kecamatan Pangalengan.

SPOT FOTO

Banyak spot foto menarik disini, yang wajib banget pas kita ke Wayang Windu, misalnya di jembatan kayu membentang di tengah-tengah kebun teh, sangat instagramable.

Kita akan mendapatkan background pemandangan  perkebunan teh luas, akan terlihat kepulan asap putih besar di sisi timur,  ternyata itu asalnya dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi.

Jangan lupa  jalan ke arah barat dan foto di spot “pintu ajaib ke mana saja” , foto di jembatan kayu, foto pemandangan Gunung Wayang dan Windu, lereng perkebunan teh, ada juga jasa fotografer di sini lho yang bisa membantu arahkan pose dan spot-spot terbaik.

Di Wayang Bukit Panenjoan, kita bisa lho menyewa gazebo, hanya Rp 20 ribu per jam,  kita bisa makan bersama atau botram , atau menikmati udara segar dengan puas.Jangan lupa slalu jaga kebersihan lokasi, buang sampah di tempatnya.

Kita bisa foto Selfie dengan pemandangan hamparan kebun teh, akan terlihat kebun teh luas, hijau, dengan background langit dan kabut.

Kita juga bisa menyewa motor All Terrain Vehicle (ATV) untuk keliling kebun teh, ATV nya besar, sepertinya cukup jika berdua anak dan ada track khusus. Biaya sewa nya sendiri yaitu Rp 50.000 satu putaran.

Wayang Windu

Kita juga bisa makan mie rebus dan menikmati minuman sambil menikmati dinginnya udara Pangalengan.

Di Wayang Windu Panenjoan diterapkan protokol kesehatan ketat, cek suhu tubuh pengunjung, pembatasan jumlah, kita wajib mencuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak.