USB OTG SanDisk Solusi Mudah Backup Data di Smartphone

Kehilangan, pastinya adalah sesuatu yang akan sangat menyakitkan. Apalagi kehilangan semua kenangan indah yang ada di smartphone kita, pastinya kenangan itu bukan hanya sekedar no telepon, tapi juga data penting yang   sangat berguna bagi hidup kita.

Ternyata menurut hasil studi tentang kebiasaan pengelolaan data selular masyarakat Indonesia “ Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey” oleh Western Digital Corp, hasilnya adalah kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi pengguna smartphone.

Di Indonesia sendiri 97% , masyarakatnya mengandalkan smartphone untuk aktivitas sehari-hari , baik itu untuk mengambil gambar yang menarik atau penting, telepon, chatting, merekam video dan 62% akses ke media sosial .

Saya pribadi  sangat setuju dan paling banyak menggunakan smartphone untuk menyimpan foto, video, lagu kesukaan, aplikasi dan beberapa dokumen. Dan smartphone ibaratnya seperti  dompet yang selalu kita bawa, dan menampung semua yang kita butuhkan setiap harinya.

Smartphone yang bertebaran saat ini pun rata-rata memiliki kapasitas memori 16-32 GB, dan kalau dilakukan survey mereka pasti akan menjawab hanya tinggal sisa 3 GB memori yang tersisa di smartphonenya, karena terlalu banyaknya memori yang dipakai di handphone terutama untuk foto , dan video.

Kembali lagi mengenai soal kehilangan, akupun pernah mengalami nya yaitu kehilangan foto-foto event penting yang acaranya tidak mungkin untuk diulang lagi untuk kedua kalinya, hal tersebut mungkin tidak akan membuat aku sedih jika saja aku sering melakukan backup data smartphoneku.

Kehilangan Data di Smartphone

Penyebab kehilangan datapun banyak penyebabnya misalnya karena smartphone kita terkena virus, harus menghapus data untuk menghemat memori smartphone, sering muncul notifikasi memori penuh, atau tidak sengaja menghapus data penting, Untuk menghindari hal tersebut yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan backup data.

Backup Data

Back-up data adalah  memindahkan atau menyalin kumpulan informasi (data) yang tersimpan di smartphone kita  ke perangkat lain. Datanya bisa berupa file dokumen, gambar, video, atau program tertentu.

Backup adalah  salah satu hal yang sangat penting bagi pengguna android. Dengan backup data  kita akan mengurangi resiko adanya  kehilangan data di smartphone kita , misalnya  foto, lagu, chat penting dan sebagai cadangan data dari data yang mungkin hilang/rusak/terhapus,

Untuk menghindari hilangnya data, kita perlu melakukan backup  data secara rutin  ke tempat  yang aman tentunya.

Sekarang melakukan backup bukan lagi sesuatu yang  rumit karena  salah satu brand dari  Western Digital Corp, yaitu SanDisk®  yang kita kenal sebagai merk  untuk solusi penyimpanan mobile. Western Digital Corp, ingin memberikan solusi kepada para pengguna dengan mempermudah dan mempercepat proses penyimpanan dan back-up data di perangkat mobile.

USB OTG (On The Go)

USB OTG (On The Go) adalah  solusi untuk penyimpanan dan backup data dengan mudah. USB OTG adalah solusi yang diberikan Western Digital untuk mobile storage dengan brand SanDisk, yaitu SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives.

Dok :Arina Maburoh

Dok :Arina Maburoh

Dok : Punto

Sandisk Ultra Dual Drive M3.0 White Flashdisk Otg 32Gb Up To 150Mbps

Memiliki konektor Micro-USB di 1 sisi dan USB 3.0 di sisi lainnya – kinerja high-speed USB 3.0 hingga 150MB/s untuk memindahkan file lebih cepat antara drive dan ke komputer – kompatibel dengan HP android yang support OTG , – aplikasi SanDisk Memory Zone (tersedia di Google Play) untuk mengelola dan membackup dengan mudah konten pada smartphone/tablet – garansi resmi Sandisk Indonesia .

SanDisk iXpand Mini 128GB (Pink) OTG Flash Drive for iPhone iPad

Bisa otomatis backup foto – nonton video langsung dari flash drive – USB 3.0 – iXpand Mobile App (tersedia di App Store) untuk mengatur foto dan video kita.

 

 

Dengan USB OTG ini kita bisa mengelola dan mem-backup data dengan mudah dan cepat,

Western Digital pun mengedukasi kita untuk selalu melakukan backup data dengan rutin, agar kita memiliki kebiasan yang baik dalam  mengelola dan menyimpan data dengan lebih baik smarphone kita.

Solusi dan tips dari Western Digital : 

1. Bebaskan Memori Penyimpanan di Smartphone

Solusi mobile storage SanDisk  dibuat untuk membantu pengguna dengan mudah membebaskan memori smartphone, dimana pun dan kapan pun. Kita cukup  menyambungkan smartphone kita dengan USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) atau iXpand Flash Drive (iPhone) untuk memindahkan foto dan video dan membebaskan memori pada smartphone.

USB OTG SanDisk  adalah solusi baik untuk kita yang ingin  berganti smartphone, karena dapat dengan mudah dan cepat  memindahkan data dari smartphone lama ke yang baru.

2. Plug and Play yang Praktis

Aplikasi mobile SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive bisa mem-back up foto dan video dengan cepat dan memindahkannya ke komputer atau
smartphone lain jika dibutuhkan. Pengguna juga bisa  mengatur  aplikasi melakukan back-up secara otomatis untuk file-file penting setiap kali USB OTG dihubungkan dengan smartphone kita.

3. Lakukan Back-up untuk Konten Media Sosial

Aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive App juga dapat menyimpan dan mem-back up berbagai konten dari media sosial, seperti foto dan video, ke USB OTG SanDisk Dual Drive atau iXpand Flash Drive.

Dengan begitu, kita tidak akan kehilangan konten-konten penting dari akun media sosial kita , misalnya foto yang di-tag oleh teman-teman kita.

4. Upgrade Smartphone untuk Menambah Kapasitas

Tersedia kartu memori SanDisk Extreme® microSDTM dengan spesifikasi A23  untuk  kenyamanan  saat  kita bermain mobile game , dengan kapasitas
penyimpanan lebih besar dan aplikasi yang lebih cepat.

USB OTG SanDisk adalah salah satu solusi/produk terbaik dalam melakukan backup memori.

Mulai saat ini stop katakan #DibuangSayang , ingat selalu #SanDiskAPAC , pastikan juga USB OTG SanDisk yang kita beli original ya , dengan membeli di akun official USB OTG SanDisk .

Ternyata backup data itu sangat penting manfaatnya untuk hidup kita dan smartphone kita. Jadi mulai saat ini yuk lakukan backup data smartphone kira dengan rutin dan terjadwal, misalnya 1 bulan sekali.

 

Ref :

Indonesia Consumer Mobile Habit and Data Management Survey oleh Western Digital

 

 

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

5 Comments on “USB OTG SanDisk Solusi Mudah Backup Data di Smartphone”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *