Pernahkah merasa baru tanggal 1 tapi uang gajian udah menipis?, rasanya kalau tgl gajian tiba, segala macem dibeli, padahal belum tentu semua yang dibeli adalah kebutuhan tapi sekedar keinginan.

Budget terbesarku setiap bulan biasanya adalah urusan jajan online baik makanan ataupun barang, padahal seharusnya kita harus menabung minimal 10 -20% untuk tabungan.

Kita harus pintar mengelola salah satunya gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan keuangan, dana darurat, biaya kuliah, dana pensiun, liburan, membeli rumah dan mobil.

“keinginan belum tentu menjadi kebutuhan”

Sudah saatnya kita memulai membuat rencana bulanan,  membuat anggaran tertulis, belajar disiplin patuh pada angaran tersebut dan mulai lah menabung, apalagi saat ini pandemi masih belum berakhir.

Kita pasti slalu diingatkan sejak kecil mengenai manfat menabung oleh orang tua kita,  misalnya kita jadi terbiasa mengatur uang , menghargai uang,  belajar berhemat, disiplin , bertanggungjawab dan memiliki dana cadangan jika ada keperluan darurat.

Karena statusku sudah menjadi orang tua, maka akupun mulai mengajarkan anakku menabung dan menjelaskan segala manfaat menabung, tentunya menabung dengan cara yang seru tanpa merasa terbebani untuk menabung.

Tabungan itu akan berguna suatu saat mengingat semakin kesini, biaya pendidikan dan kebutuhan pendukungnya semakin meningkat. Tentunya kita ingin anak kita mendapatkan yang terbaik bukan?, untuk itu sekarang saatnya aku mulai berdisiplin untuk menabung di bank.

Saat ini kita pastinya sangat mengurangi pergi ke tempat umum, termasuk untuk mengurus membuka tabungan baru agar kita bisa mulai belajar menabung dan buka tabungan online. 

Sebagai pengatur keuangan di rumah tangga, tentunya aku harus mengikat ikat pinggang, mengatur segala pengeluaran dengan pemasukan rutin yang diterima setiap bulannya. Karen ajika tidak, maka yang ada uang yang kita punya habis namun kebutuhan kita tidak terpenuhi.

Nah tipsku selama ini yang dijalankan sejak awal menikah, dalam mengatur keuangan diantaranya :

  1. Membuat Amplop uang dengan label kebutuhan
  2. Membuat List pengeluaran setiap hari
  3. Disiplin pada list belanja bulanan
  4. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan semata
  5. Jangan tergiur diskon belanja
  6. Belajar berinvestasi emas, deposito, tabungan berjangka
  7. Mulai menyiapkan asuransi pendidikan dan kesehatan anak
  8. Menabung untuk dana darurat

Tentunya tidak pernah ada kata terlambat untuk memperbaiki cara mengatur keuangan kita, dan sekarang aku senang karena ada aplikasi dari Bank UOB yang membantu belajar berhemat dan mengelola keuangan dengan cermat setiap harinya, sehingga kondisi finansial keluarga kita akan selalu stabil.

DIGITAL BANKING TMRW – UOB 

Aplikasi tabungan online yang selama ini aku gunakan untuk menabung adalah  aplikasi bank digital TMRW dari PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia).

Aplikasi TMRW adalah layanan digital untuk mempermudah proses pembukaan rekening hingga kebutuhan perbankan sehari-hari. Sangat cocok untuk kita millenial, profesional muda dan keluarga muda.

Bisa dibilang TMRW adalah Digital Banking untuk Generasi Digital, kita jadi dimudahkan dalam hal aktivitas banking, hanya cukup memakai gadget kita. TMRW bisa diakses melalui IOS 11 dan Android 8 keatas.

Banyak fitur TMRW yang sangat membantuku setiap harinya, semua fiturnya buatku sangat menarik. Pengoprasian aplikasinya pun sangat mudah.

Dengan TMRW aku jadi lebih pandai mengatur keuangan karena ada fitur  Smart Insight, yang bisa membantu ku  melacak pemasukan, pengeluaran, dan memberikan saran dengan dasar pola kebiasaan transaksi kita sehari-hari, dijamin dengan cara ini kita akan bisa atur keuangan lebih baik lagi kan?.

Akupun  tidak pernah lagi lupa atau telat membayar tagihan atau transfer , karena ada fitur pengingat atau Reminders. Dengan pengingat kita akan diingatkan jadwal bayar tagihan, dan pemberitahuan saat ada transaksi tidak wajar di rekening kita.

Fitur yang membuat  kebiasaan ku menjadi berubah adalah Cash flow analysis, dimana aku  bisa melihat detail aktivitas setiap bulannya. Aku  jadi bisa melihat dimana letak borosnya keuangan setiap bulannya, ternyata ya di jajan online.

TMRW memberikan aku Prediction, dimana memberikan prediksi pola cash flow kita, sehingga aku  bisa selalu menjaga saldo rekening agar cukup untuk membayar tagihan atau transfer kewajiban setiap bulannya .

Ada juga fitur Smart Saving, yang slalu memberikan aku tips dan trik agar tabunganku semakin berkembang. Selain itu, aku juga bisa sekaligus  membangun kota impianku melalui  game seru, City of TMRW namanya, game ini  pertama di Indonesia. Melalui  City of TMRW kita bisa  membangun kota virtual saat kita menabung. Saat kita  naik level, kita bisa meningkatkan tampilan kota virtual kita. Kita bebas memberikan nama kota sesuai keinginan kita sendiri lho.

CARA BUKA TABUNGAN DIGITAL TMRW -UOB 

Kita bisa membuka rekening baik tabungan dan pengajuan kartu kredit secara online dalam waktu kurang dari 9 menit. Layanan ini menurutku sangat transparan melakukan transaksi perbankan.

Proses buka rekening online verifikasi identitas terkait pembukaan akun TMRW dilakukan melalui panggilan video dengan agen secara langsung dan pembukaan rekening dapat tuntas hanya dalam sembilan menit. Pertanyaan nasabah akan ditangani oleh chatbot 24 jam TMRW yaitu TMRW Intelligence Assistant (TIA).

Kita bisa melakukan transaksi online setiap saat menggunakan aplikasi TMRW, cukup scan kode QR.

Layanan TMRW menawarkan pembukaan rekening tabungan dan kartu kredit. Ketika membuka rekening tabungan, kita  akan diberikan dua rekening yakni account untuk khusus menabung dan account khusus untuk bertransaksi harian.

Bank Digital TMRW , ada layanan yang akan membantu kita  mendapatkan tips mengelola keuangan, dengan mengatur limit transaksi atau belanja.

Selama memakai aplikasi tabungan online TMRW sejak pertama kali, aplikasi mudah digunakan, eye catching warnanya, menarik tampilannya, kita akan dengan mudah melacak  keluar masuknya uang, melihat detail transaksi sampai rekap pengeluaran.

Dengan TMRW memberikan pengalaman banking baru, apalagi aku jadi bisa main game sambil nabung. Semakin kita sering nabung, tampilan City of TMRW kita semakin keren.

Mulai dari buka rekening TMRW prosesnya lancar, mudah, dan cepat, bisa transfer dan top up e-Money bebas biaya, dan tidak ada syarat ribet. Yuk sekarang download aplikasi TMRW, informasi lengkapnya bisa klik disini.

Sedikit tips setelah Download Aplikasi dan Daftar TMRW , dimana kita tidak perlu lagi isi formulir. Buka rekening dan transaksi bisa langsung dari ponsel kita.

Kita bisa dapatkan sampai Rp 600.000 saldo GoPay dengan menabung dan transaksi di TMRW, mekanismenya :

  • Rp100.000 saldo GoPay didapatkan setelah: menjaga nilai saldo harian minimal Rp 1.500.000 di bulan rekening kita  dibuka, ,melakukan minimal 2 transaksi memakai  TMRW Everyday Account milik kita 15 hari setelah rekenin terbuka.
  • Rp 250.000 saldo GoPay , didapatkan setelah menyelesaikan langkah sebelumnya, menjaga nilai saldo harian min Rp 3.000.000 di bulan kedua, dan menjaga nilai saldo harian minimal Rp 5.000.000 di bulan ketiga.
  • Rp 250.000 saldo GoPay didapatkan setelah transaksi minimum Rp 1.000.000 dengan Kartu Kredit TMRW dalam waktu 45 hari setelah kartu kita disetujui.
  • Promo ini berlaku untuk kita  yang melakukan pendaftaran TMRW periode 10 Maret – 30 Juni 2021. Promo ini tidak bisa digabungkan dengan promo lainnya.

Mekanisme pembukaan rekening TMRW PT Bank UOB Indonesia, cukup 4 langkah simpel, gampang dan aman, hanya pilih produk , verifikasi no telepon dan email, dan foto dengan KTP.

Online banking TMRW jadi semakin seru.

Jadi mulai sekarang, mulailah sisihkan 10% -20% gaji dari jumlah penghasilan. Paksakan diri untuk menabung ya, untuk dana darurat, minimal jumlahnya adalah 3-6 kali pengeluaran keluarga per bulan, bisa  dalam bentuk tabungan atau deposito. Untuk cicilan rumah dan kendaraan, besarnya jangan melebihi 30 % pendapatan.

Menabung akan membuat hidup menjadi lebih baik, belajar mengatur keuangan dengan bijak, menghindari pola hidup boros, melatih konsistensi dan belajar bersabar akan suatu keinginan dan bukan kebutuhan.

Jangan lupa juga ya, berhemat dengan memanfaatkan diskon, gratis ongkir, cash back untuk belanja makanan ataupun barang kebutuhan lainnya.

Dan dengan aplikasi TMRW banyak hal yang bisa kita lakukan, mulai dari mobile banking, cek saldo rekening, buka rekening bank, buka kartu kredit online, digital banking, bayar tagihan, cek saldo online, buka kartu kredit tanpa biaya tahunan dan masih banyak lagi.