Tips Kesehatan Mental Tetap OK Selama PSBB

Lebih dari 2 bulan sudah penerapan PSBB diberlakukan , tentunya sudah banyak hal kebiasaan kita yang mengalami perubahan dalam kehidupan sehari-hari yang dilalui selama pandemi COVID-19 ini. Sekedar saling mengingatkan, kita harus selalu berfikir positif  bahwa kita bisa melewati ini semua dan jangan lupa selalu saling mengingatkan satu sama lain untuk tetap menjaga kesehatan mental kita saat menghadapi PSBB ini, selain menjaga kebersihan.

PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar bertujuan untuk memutus penyebaran COVID 19. Banyak hal yang membuat kita tidak bisa melakukan aktivitas rutin seperti biasanya misalnya bekerja dari rumah, pembatasan jumlah orang saat kita harus menggunakan alat transportasi keluar rumah, tidak boleh makan di tempat di warung makan favorit kita selama ini  , hanya boleh bungkus bawa pulang saja,  terasa berat  memang , biasanya boleh berlama-lama cuci mata di mall atau supermaket , sekarang harus dibatasi saat berbelanja agar tetap terjaga social distancingnya (jaga jarak sosiall minimal 2 meter) , tapi tentunya ini hanya sementara, semakin kita disiplin dan mengikuti anjuran pemerintah, maka akan semakin cepat keadaan akan menjadi normal kembali.

Diluar sana jika dilihat, masih ada saja orang yang cuek yang tidak peduli akan pemakaian masker saat keluar rumah, bahkan anak kecil yang dibawa belanja ke supermaket. Mungkin kebosanan sudah mulai tidak bisa dibendung lagi. Jujur , menjalani PSBB dan WFH membuat diri ini terkadang merasa stress, cemas, takut tertular, takut keluar rumah, dan banyak terlintas hal negatif lainnya, dan ternyata rasa cemas merupakan salah satu jenis gangguan mental yang bisa dialami siapapun.

Tidak ingin hal buruk menimpaku, akupun mulai browsing mengenai kesehatan mental, karena sekarang mulai terdengar ramai jasa konsultasi online untuk penanganan stress yang ditawarkan.

Ternyata banyak gejala dari kesehatan mental ini diantaranya yang biasanya mudah kita rasakan :

Kehilangan kemampuan  berkonsentrasi.
Ketakutan, kekhawatiran, atau perasaan bersalah yang selalu dirasakan
Tidak mampu  mengatasi stres atau masalah sehari-hari.
Merasa bingung, pelupa, marah, tersinggung, cemas, kesal, khawatir, dan takut yang tidak biasa.
Merasa sedih, tidak berarti, tidak berdaya, putus asa, atau tanpa harapan.
Perubahan drastis di  kebiasaan makan, seperti makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.
Rasa lelah yang dirasakan tidak seperti biasanya , energi menurun,  mengalami masalah sulit tidur.

Penyebab Kesehatan Mental juga ternyata bisa diakibatkan karena kita terisolasi secara sosial atau merasa kesepian, berprofesi yang bisa memicu stress seperti pengusaha, atau mengalami stres berat yang dialami dalam waktu yang lama. Dan ternyata wanita  risikonya lebih  tinggi mengalami depresi dan kecemasan, sedangkan laki-laki memiliki risiko mengidap ketergantungan zat dan antisosial.

Tapi tenang pencegahan gangguan  kesehatan mental, bisa kita lakukan sendiri, tapi tentunya dibantu dan didukung anggota keluarga yang lain, diantaranya :

Melakukan aktivitas fisik dan tetap aktif secara fisik.

Menjaga hubungan baik dengan orang lain.

Menjaga kecukupan tidur dan istirahat.

Tetap Membantu orang lain dengan tulus.

Memelihara pikiran yang positif.

Tapi saat dirasa kita tidak mampu mengatasinya, jangan malu menggunakan jasa dokter untuk konsultasi . Jika takut keluar rumah dan takut pergi ke rumah sakit, kita bisa lakukan konsultasi online seperti yang aku lakukan kemarin, yaitu menggunakan jasa aplikasi Halodoc.

Saat kita merasa kurang sehat namun takut pergi ke luar rumah untuk menemui dokter, maka kita harus mencari solusinya karena saat pandemi seperti ini, kita harus selalu memperhatikan sinyal tubuh kita dalam menghadapi kondisi saat ini yang cuacanya berubah-ubah, terkadang hujan dan panas, tentunya itu bisa mengakibatkan daya tahan tubuh kita menurun dan rentan terkena penyakit .

Aplikasi Halodoc adalah solusinya, aplikasi yang ada di playstore ini wajib ada di smartphone kita, karena memiliki fitur lengkap dan akan sangat membantu saat kita / keluarga kita sakit. Halodoc adalah aplikasi yang terpercaya, aman , mudah, nyaman, dan bisa kita akses kapan dan dimana saja.

Tampilannya sangat jelas sekali, jadi untuk kita yang pertama kali memakai aplikasi ini , dijamin tidak akan kesulitan memakainya .

Aplikasi online Halodoc adalah  aplikasi kesehatan yang lengkap  yang  memungkinkan kita  berinteraksi dengaan  dokter , melalui  voice, video call dan chat, kapanpun kita mau 24 jam setiap hari .

Bicara Dengan Dokter : Dokternya  berpengalaman dan terpercaya , ada Dokter umum dan dokter spesialis dan terdaftar di IDI, kita akan langsung terhubung dengan dokter kurang dari 3 menit, Dokternya  siaga 24 jam, bisa juga chat .

 

Dijamin kita akan mendapatkan penjelasan dan saran medis yang tepat dan bisa dipercaya, privacy kita akan dijamin.

Beli Obat
Pembelian  obat atau kebutuhan medis yang  lain lebih cepat, aman & nyaman, akan langsung diantar ke tujuan. Pengiriman cepat kurang dari 1 jam, gratis pengiriman, layanan 24 jam, obat tersegel rapi .

Layanan Apotik Antar tersedia di kota:
Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Bandar lampung, Sukabumi, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Makassar, Manado, Balikpapan, Pontianak.

Pemeriksaan Laboratorium
Kita juga bisa cek lab di rumah , pilih paket pemeriksaan, tentukan tanggal , nanti akan langsung datang ke rumah kita , tanpa perlu antri, hasil lab akan langsung diterima melalui aplikasi, dan bisa didiskusikan dengan dokter Halodoc

Layanan Pemeriksaan Laboratorium tersedia di kota :
Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Surabaya, Medan, Denpasar, Manado, Semarang.

Perlindungan Kesehatan
Ada juga akses asuransi  langsung dari aplikasi halodoc, diantaranya dengan  AXA Mandiri, Cigna, Allianz, FWD, Medicilin.

Jadi kita bisa menikmati akses kesehatan dengan lebih mudah melalui aplikasi Halodoc, semua percakapan saat Bicara dengan Dokter, Beli Obat, dan hasil Pemeriksaan Lab akan tercatat dan bisa diakses lagi di aplikasi kita.

Ada juga fitur lainnya Upload Resep, Reminder agar tidak lupa minum obat, artikel kesehatan terlengkap dan terpercaya , kita juga bisa membayar mengggunakan Halodoc Walet, Gopay  atau Kartu Debit/Credit.

Yang aku sangat suka dari aplikasi Halodoc ini diantara Tanya Dokter, Obat & Vitamin, Cari Dokter, Chat Dokter Asli,
adalah pilihan OBAT & VITAMIN karena lengkap tersedia informasi komposisi, dosis, aturan pakai obat & vitamin. Aku juga ga perlu repot lagi buat janji di rumah sakit langgananku.

Kembali ke menjaga kesehatan mental selama pandemi ini, jangan lupa tetap menjaga asupan makanan sehat bergizi, jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, pakai masker saat harus berpergian, rajin cuci tangan dan lakukan jaga jarak saat harus berada di area ramai.

Hindari berita yang tidak jelas sumbernya , karena bisa membuat kita semakin cemas, takut , panik dan akhirnya menurunkan daya tahan tubuh  kita , mulai lakukan  berbagai hal positif , jangan tertekan , tetaplah disiplin , bijak  dalam merepsond berita di sosial media, belajar lagi mengatur emosi yang menyebabkan rasa khawatir dan cemas, buat kebiasaan baru selama di rumah yang bisa dijalankan sekeluarga dirumah , kita bisa berolah raga ringan , memasak bersama, baca buku , menonton film keluarga , intinya memanjakan diri , menjaga diri tetap merasa happy selama di rumah dan tetap rileks agar tidak stress.

Kalau aku selama di rumah salah satunya adalah berburu barang diskon karena bisa memunculkan rasa senang dan bahagia, bisa memperbaiki mood saat sedang bosan , walapun berakhir di keranjang , atau melakukan video call atau chat dengan keluarga jauh atau sahabat dengan emocticon lucu.

Jadi Selamat Menjaga Kesehatan Mental …

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *