Stop Merasa Jadi Ibu Yang Tidak Sempurna

Sering banget merasa kalau selama menjadi seorang Ibu belum pernah merasa sempurna, apalagi kalau lihat postingan orang lain atau selebgram di medsos yang upload dan mencerminkan bahwa di tengah kesibukannya mereka, mereka bisa mengurus anak, suami dan rumah tanpa asisten rumah tangga, memasak dan bersihkan rumah cepat, belum lagi nyinyiran orang seolah-olah kita belum mampu mengurus anak kita .

Pas banget kemarin saya berkesempatan menghadiri undangan dari  Emak Blogger untuk menghadiri Launching Komik Persatuan Ibu-Ibu, yang ditulis oleh Emak Puty Puar di Gramedia Matraman,  27 Oktober 2018.

Dok : http://told.byputy.com/2018/05/25/komik-persatuan-ibu-ibu/

Komik ini menceritakan  kejadian lucu, konyol, mengharukan, dari kumpulan cerita Ibu baru yang sering sekali kita dengar. Buku ini dikemas dalam bentuk yang ringan dan menghibur.

Semua wanita pasti bangga setelah resmi menjadi seorang Ibu, ibu disini tidak selalu kita harus memiliki anak kandung lho, karena banyak cara untuk memiliki seorang anak dalam suatu pernikahan.

Mungkin pernah kita dengar, setelah kita melahirkan  atau menjadi full ibu rumah tangga adalah ucapan  “Welcome to the jungle!” dari teman , sahabat atau keluarga.

Pastinya banyak  kisah  yang terjadi sehari-hari sehari-hari mulai dari yang menyenangkan, mengharukan,  menyebalkan, yang kadang-kadang sulit untuk kita ungkapklan. Dan komik Mak Puty ini berhasil menggambarkan  ke dalam bentuk komik.

Cerita dalam komik di  buku Komik Persatuan Ibu-Ibu ini  digambarkan dalam bentuk  ilustrasi khas Puty Puar yang sangat  unik, walaupun saat ceritanya mengharukan.

Komik Persatuan Ibu-Ibu akan  kita dan calon Ibu muda di luar sana merasa tidak sendiri, karena ternyata banyak  kisah dan kejadian yang mungkin sama yang sering kita alami sebagai seorang  ibu. Menjadi ibu adalah sesuatu yang besar, namun sebetulnya terdiri dari perjuangan dan pencapaian-pencapaian kecil yang dialami sehari-hari. Hal-hal sehari-hari itulah yang kemudian dituangkan ke dalam Komik Persatuan Ibu-ibu, ujar Puty Puar.

Curhat Ibu-Ibu Melalui Komik

‘Komik Persatuan Ibu-Ibu’ adalah curhatan ibu muda anak satu kelahiran 1989 yang merasa  paling ‘berat’ kehidupannya setelah memiliki anak. Tokoh utamanya di komik ini adalah Antariksa dan Ibu Antariksa. Abi Antariksa, Madam, serta nenek kakeknya Antariksa. Setiap komiknya  hanya terdiri satu atau dua halaman, selain itu ada juga  kutipan yang berhubungan dengan kehidupan  seorang ibu.

Mba Puty  ingin memberikan pesan kepada Ibu muda di luar sana bahwa mereka tidak berjuang sendirian, melainkan bersama Ibu-Ibu muda lainnya yang sedang berjuang melewati hal yang sama. Embrace the imperfection, lebih bersyukur atas kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang tidak Instagramable, menjadi ibu-ibu tidak  harus sempurna seperti yang ditampilkan oleh para selebriti dan selebgram.

Seorang Ibu boleh merasa lelah, kurang piknik, lelah, gagal diet, dan lain-lain, yang tentunya banyak seperti yang sering saya rasakan. Namun semua itu janganlah menjadi penghalang bagi Ibu untuk meraih kebahagiaan yang seharusnya dirasakan “A mother can do anything but not every thing.”.

Dok : told.byputy.com/2018/05/25/komik-persatuan-ibu-ibu/

Menjadi “perfect mom” tidak harus selalu berjalan mulus, dan seorang ibu itu sangat boleh terlihat tidak sempurna di mata orang lain. Because there’s no way to be a perfect mother. But there are so many many ways to be a fun(ny) one! – dikutip dari  mizanstore.co.id

Mak Puty ingin, kita jangan selalu membandingkan diri dengan orang lain sehingga kita akhirnya akan selalu merasa kurang. Padahal ibu-ibu lainnya juga mengalami masalah-masalah sehari-hari plus hal-hal konyol lainnya . Komik ini, ingin  menyampaikan bahwa ibu-ibu itu masalahnya sama, kegalauannya mirip, jadi yuk bersatu, menguatkan  dan berhenti saling mengkotak-kotakkan  apalagi  membanding-bandingkan.

Dok : BentangPustaka,com

 

Mari kita selalu bersyukur atas semua  pencapaian yang telah kita dapatkan sebagai Ibu, selalu belajar menggali potensi diri dan selalu prosuktif, besyukur atas anak yang dititipkan pada kita dengan segala tingkah lakunya dan kepintarannya di usianya saat ini, jangan baper dan jangan folow akun yang akan membuat kita baper sebagai seorang Ibu, jangan baper juga saat ibu-ibu lain membandingkan anak kita dengan anaknya.

Web :  komikpersatuanibuibu.bentangpustaka.com

Paperback, 144 pages
Published May 2018 by Bentang Pustaka
ISBN13 9786024302818

Ref :

told.byputy.com/2018/05/25/komik-persatuan-ibu-ibu/

 

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *