Nasi Sehat dengan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 dan Cosmos 007-Pundi

 

Nasi pastinya menjadi salah satu makanan pokok yang selalu ada dalam menu keluarga setiap harinya. Bisa dibilang, tanpa nasi tidak afdol rasanya walapun lauknya menggoda.

Untuk membuat nasi yang enak, ternyata sebenarnya  ada tipsnya mulai dari pemilihan beras, menyimpan beras, pencucian beras, cara memasak beras,  sampai dengan memilih alat memasak beras.

Beras itu mengandung bekatul , yang  berasal dari proses penyosohan beras atau gesekan antar beras saat diproses dan dikemas. Jika kita saat mencuci beras dan melihat airnya  keruh, karena disebabkan oleh bekatul, dimana bekatul adalah lapisan luar endosperm beras, aleuron yang memiliki kandungan lemak, protein, dan serat.

Pemilihan Beras

Saat memilih beras, kita jangan tergiur harga murah, perhatikan tampilan beras  yang kita lihat . Yang bagus adalah yang tidak terlalu putih, karena  tidak  mengandung pemutih, bebas kerikil, kutu, dan kotoran. Pilih juga beras yang  bentuknya utuh dan tidak patah, beras berkualitas tidak akan mudah patah.

Cara Mencuci Beras

Agar gizi dan vitamin yang ada di beras tidak hilang, lakukan pencucian beras 1x untuk menghilangkan kotoran di beras. Tidak perlu sampai airnya benar-benar jernih. Karena  semakin sering kita mencuci beras, kandungan vitamin dan nutrisi nya akan menghilang.

Cara mencuci beras yang baik dan benar :

  • Gunakan wadah bersih, isi wadah dengan air bersih, lalu aduk sebentar , buanglah air cucian pertama, Beras sebaiknya tidak dicuci lebih dari dua kali. tidak boleh diaduk terlalu sering, apalagi sampai diremas dan hancur, menyebabkan beras kehilangan gizi.
  • Sebaiknya pakai air mineral agar nasi yang dihasilkan lebih bersih dan higienis.
Cara menyimpan beras

Menyimpan beras yang benar adalah dengan memakai tempat yang kering , terbuat dari plastik,  bersih, terhindar dari udara lembab, kotoran agar tidak muncul  kutu beras, dan tertutup rapat . Dirumah saya gunakan PUNDI Rice Smart Cosmos, tampilannya sangat feminin  karena ada jendela transparant jika kita ingin melihat beras, tanpa harus repot buka penutupnya, bentuknya sangat mungil, dan ada penahan karet dibawahnya agar wadah tidak bergeser.

Cara memilih alat masak

Sejak dulu, setiap memilih barang  untuk dipakai di dapur saya selalu menekankan bahwa yang saya akan pilih adalah yang anti lengket, seperti rice cooker, ternyata saya SALAH karena ternyata lapisan anti lengket mengandung zat kimia perfluorooctanoic (PFOA) yang bersifat KARSINOGEN, yang jika lapisan nya  MENGELUPAS dan TERCAMPUR / TERKONTAMINASI dengan nasi ,
masuk ke dalam tubuh, akan  sangat BERBAHAYA,dan memicu penyakit seperti Kanker. Ternyata yang harus kita perhatikan adalah alat masak kita harus anti gores. atau kita wajib memilih Rice Cooker Sehat.

Nah sudah 6 bulan ini , saya di rumah sudah beralih ke Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 yang Anti gores, tidak mengelupas, dan lebih sehat. Di rumah sendiri semu menggunakan Cosmos, karena sudah terpercaya sejak tahun 1976, makan bersama keluarga juga menjadi lebih semangat karena tampilannya beda dari motif pada umumnya, seperti milik saya ini dengan dominasi hitam dan bergambar wajah tokoh angry bird putih, tersedia juga warna hitam.

Tampilan atas
Mencoba gosok dengan sikat besi,membuktikan anti gores
Hasilnya benar benar mulus tidak tergores

Rice Cooker Cosmos Harmond memiliki 2 tipe yaitu 0.8 dan 2 L, jadi pastinya akan sesuai dengan kebutuhan rumah tangga masing-masing.

Jaga Nasi dirumah agar Tetap Sehat dengan   Penyimpan Beras Cosmos 007-Pundi dan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601.

Untuk beralih ke hidup yang sehat, bisa dimulai dengan menyajikan nasi yang sehat di rumah , dengan menggunakan Cosmos Harmond anti gores.

a) Kenapa  pilih   COSMOS HARMOND? , karena CRJ – 6601 COSMOS HARMOND adalah  PELOPOR RICE COOKER ANTI GORES Pertama di INDONESIA.

b. Apakah  itu Harmond? HARMOND adalah Teknologi Anti Gores pada innerpan (panci) rice cooker Cosmos. Dimana panci diproses dengan teknologi khusus dan didinginkan ke temperature mendekati 0° C sehingga innerpan (panci) menjadi Anti Gores, tidak mengelupas, lebih sehat & tahan lama.

c. Apa ANTI GORES HARMOND itu Bagus ? HARMOND panci rice cooker menjadi Anti Gores dan Tidak Mengelupas
walaupun disikat dengan sikat baja. Karena partikel lapisan yang mengelupas akan sangat berbahaya apabila terkonsumsi, karena umumnya bersifat karsiogenik yang bisa memicu penyakit kanker.

Teknologi HARMOND : anti gores, tidak mengelupas, & lebih sehat

• Fungsi 3in1 : memasak, mengukus, menghangatkan
• Kapasitas 0.8 Liter (untuk 5-6 porsi)
• Terdiri dari 2 Varian Warna : White & Black
• Open Matic : mudah digunakan
• Dilengkapi dengan : gelas ukur & sendok nasi
• Daya Masukan : 300 watt
• Tongolan Magicap : membuat nasi lebih pulen

Tips Penting Memasak Nasi

• Mengaduk nasi 5 menit setelah matang dapat membuat nasi tidak cepat basi, tidak kering, dan lebih tahan lama,
karena dapat mengeluarkan air yang terperangkap diantara butiran nasi, sehinga mempermudah proses
penguapan air.
• Jangan mencolok rice cooker terus-menerus sepanjang hari karena akan membuat nasi cepat kering, basi, dan
nutrisi pada nasi jadi hilang. Cukup hangatkan nasi 30menit sebelum makan.

PUNDI Penyimpan Beras Cosmos 007

• FIFO Technology (First In First Out) : Beras yang masuk pertama akan keluar terlebih dahulu
• Ukuran yang compact (Praktis) : Kapasitas hingga 7 KG
• Pull N Dispense : Sekali Tarik, satu takaran 130 gr tersedia otomatis
• Anti Slip : Lekat & Tidak Bergeser
• Bebas Kutu
• Bebas Karat
• Kualitas beras tetap terjaga

Produk Rice Cooker Sehat Rice Cooker Sehat  Cosmos bisa dibeli di toko elektronik, supermarket, juga secara online di
marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli (Cosmos Official Store)

Untuk hidup lebih sehat dan bersemangat di dapur, buka saja website Rice Cooker Cosmos  untuk mengetahui info lengkap produk Cosmos, ada  banyak resep & tips yang bermanfaat. Follow juga Instagram : @cosmosonline ,  Facebook : @mycosmos ,  dan Youtube Channel : https://www.youtube.com/BelanjaCosmos

Yuk mulai #JagaNasiSehat mulai dari sekarang.

 

 

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *