PMJNews.com Terdepan Terpercaya Lawan Hoax

Saat ini mudahnya akses informasi yang bisa kita terima melalui  media sosial, membuat masyarakat mudah terkena berita yang belum tentu jelas kebenarannya atau hoax ,  yang tersebar melalui media sosial atau online sekalipun. Mulai dari kasus napi yang kabur dari Lapas dan sudah sampai ke daerah Depok sehinga kita patut waspada, sampai berita penculikan anak yang belakangan terdengar, yang modusnya tersangka hilang ingatan saat ditangkap warga, ada juga yang bilang  memang tersangka adalah benar orang tuanya. Sebagai seorang ibu, terlepas dari benar tidaknya berita itu saya sangat khawatir.

Saya sering sekali menerima informasi yang tersebar melalui grup whats up, yang menginformasikan anak hilang ataupun anak diculik, yang ternyata itu semua hanya berita bohong atau hoax. Sebagai masyarakat Indonesia yang baik, kita wajib melakukan pengecekan atas berita tersebut dari media yang terpercaya, sebelum kita mengklik tombol share/bagikan ke grup WA atau dishare ke personal.  Walaupun jujur saya bingung  untuk berita kriminal harus percaya berita media online atau media sosial yang mana.

Tapi kegalauan saya terjawab karena kemarin Kehumasan Polda Metro Jaya dalam upayanya  meningkatkan kinerja dalam memberikan informasi dan edukasi secara cepat, tepat dan akurat kepada masyarakat secara langsung dan menjelang Revolusi Industri  4.0 ,  diluncurkannya    sebuah portal media online baru dengan nama PMJNews.com, yang  beritanya akan dibuat tetap mengikuti kode etik jurnalistik  yang ada dan telah resmi di launching pada Kamis 16 November 2018 di gedung Promoter, Polda Metro Jaya, di jalan Gatot Soebroto.

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Drs. Idham Azis, M.Si, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono dan seluruh Kapolres Jakarta serta Kapolsek dan kepala Satuan Kerja (Satker) yang ada di Polda Metro Jaya. Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo dan Ketua KPI Yuliandre Darwis, Ketua PWI Pusat Atal Depari, Ketua PWI DKI, Ibu Endang dan juga sejumlah Kementrian hadir juga dalam peresmian tersebut.

Foto bersama Kapolda, Ketua KPI dan Humas Polda Metro Jaya Dok : @ann1s4

Kapolda Metro Jaya, Idhan Azis,  PMJNews.com diluncurkan untuk menjadi payung  untuk  melawan berita bohong atau hoax yang kini berpengaruh negatif  dan dianggap benar bagi  persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia, karena masih ada masyarakat di sekitar kita  yang tidak memiliki pengetahuan dan sumber informasi yang cukup untuk membedakan berita benar atau hoax dan akhirnya menjadi pelaku penyebaran hoax.

Harapan saya kehadiran PMJNews.com, diharapkan bisa menjadi media rujukan pemberitaan media mainstream lainnya yang sesuai dengan fakta dan data yang akurat yang langsung didapati dari sumber terpercaya di Polda Metro Jaya.

Dari sisi Humas Polda Metro Jaya,  PMJNews.com adalah penerapan informasi kepolisian dalam format pemberitaan yang  berbasis Android  untuk lebih meningkatkan kinerja.  Media online PMJNews.com, akan menjadi  cara yang paling tepat dalam penyampaian informasi yang cepat dan akurat kepada masyarakat  untuk meningkatkan kualitas kinerja suatu satuan kerja (Satker), ujar Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, untuk mewujudkan Polisi yang Profesional, Modern dan Terpercaya dan  melayani publik secara prima, menjaga,  mengembalikan, dan meningkatkan  kepercayaan terhadap Polri dan  Polda Metro Jaya yang akan terus lebih baik kedepannya.

Dok : @ann1s4

PMJNews.com selain bisa kita akses melalui website, tersedia juga aplikasi dan  live streaming di channel Youtube pmjnews.com. PMJnews akan juga berisi tentang kegiatan sosialisasi program satuan kerja, hasil kinerja  di Polda Metro Jaya secara cepat, luas, dan lengkap.

Dok : www.pmjnews.com

PMJnews  juga menyediakan  wadah  interaktif dengan masyarakat umum,  sehingga kita  sebagai  pembaca bisa terlibat berinteraksi dengan instansi Polda Metro Jaya di kanal “Sobat PMJNews” dengan cara mengirimkan materi surat pembaca melalui  email: redaksi@pmjnews.com atau pmjnews.com@gmail.com, tentunya dilengkapi identitas jelas dan  bukti yang lengkap dalam melakukan   kritik, saran, pengaduan, serta tanggapan atas suatu masalah yang disampaikan.

PMJNew.com
Website PMJNew.com
PMJNew.com
Aplikasi PMJNew.com
PMJNew.com
Youtube PMJNew.com

 

PMJNew.com
Aplikasi di playstore

10 pilihan berita  bisa kita baca di PMJNews.com mulai dari News, Politik, Hukrim, Olahraga, Hiburan, Fokus, Kesehatan, Opini,
Sobat PMJnews, dan Video.

Dok : www.pmjnews.com

Kehumasan  Polda Metro Jaya  selama ini bertugas memiliki tugas  membangun citra baik (image building) bagi organisasinya, pihak penengah yang netral atau mediator antara organisasi dengan warga masyarakat dan komunitas,  penyebar informasi dari organisasi dalam hal ini Polda Metro Jaya  kepada masyarakat umum, menampung dan menindaklanjuti feedback dari masyarakat kepada organisasi. Sehingga inovasi  bisa terus dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat.

Program PROMOTER Kapolri  difokuskan pada tiga kebijakan utama yang sederhana, yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media adalah demi terwujudnya Polri yang semakin dicintai masyarakat. Selama 2 tahun program promoter telah memberikan dampak positif yang  mulai terlihat, karena dibangun melalui pendekatan profesionalisme dan modernisasi untuk  meraih kepercayaan publik.

Peningkatan Kinerja diwujudkan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan stabilitas keamanan dan ketertiban nasional (Kamtibmas) secara optimal. Perbaikan kultur diwujudkan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menekan kekerasan eksesif. Dan, manajemen media dilakukan pada media yang sudah ada  dan media sosial dengan mengangkat prestasi – prestasi Polri dan menetralkan berita negatif, termasuk hoax.

 

 

 

 

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *