Pasti kita udah sering lihat kan ya, peraturan di area kolam renang mengenai wajib memakai pakaian renang. Belum lagi pengalaman melihat orang yang berenang dan ditegur oleh petugasnya karena ternyata tidak memakai pakaian renang, browsing sana-sini ternyata ada alasannya lho.

Fika Rooms

BAHAN BAJU RENANG 

Sebaiknya baju renang terbuat dari bahan yang berbeda, yaitu spandex, nilon, atau lycra. Bahan tersebut lebih tahan abrasi atau pengikisan karena kaporit.

ALASAN MEMAKAI BAJU RENANG 

Ternyata baju yang terbuat dari katun atau kapas, bisa sebarkan kuman ke air kolam renang. Kapas, bisa menahan bakteri, kuman, atau deterjen pencuci di antara serat-seratnya.Di kolam renang, bakteri, kuman, dan sisa deterjen bisa ikut masuk ke dalam kolam renang, dan air menjadi tercemar.

Pakaian dari bahan kapas atau katun memiliki serat-serat yang bisa terlepas dan terbawa air., Serat kapas ukurannya kecil, tapi kalau ada bisa menyumbat dan merusak saluran pembuangan kolam renang.

Warna di kaos juga bisa larut saat terkena kaporit di kolam renang.

PENTING 

Selain itu kenapa kita harus pakai pakaian renang saat berenang diantaranya kita akan nyaman, bebas bergerak saat berenang, karena bahan pembuat pakaian renang tidak menyerap air dan tidak terasa berat saat digunakan saat kita berenang, tidak akan menempel ke tubuh saat basah.

Kalau bahan katun atau  kapas,  menyerap lebih banyak air, akan menempel di badan, jadi akan terasa berat saat kita berenang dan membatasi pergerakan tubuh.

JIka kita pakai pakaian renang ketat saat berenang, dak akan menempel ke tubuh saat basah karena sifatnya yang tidak menyerap air meskipun pakaian renang ketat dan pas di tubuh.

Reff : https://bobo.grid.id/