Rumah 1 Milyar Nashville Kota Wisata dan Optimasi Youtube @inimasabi

 

Youtube kini bukan lagi merupakan sarana untuk mencari informasi, tetapi juga sebagai  hiburan masyarakat, dan menjadi tempat yang bisa menghasilkan pundi-pundi dari iklan yang dipasang di channel yang kita miliki. Penghasilan bisa kita dapatkan melalui Google AdSense, jika video-video yang kita upload  melalui akun pribadi  kita ditonton banyak orang, kita bisa mendaftarkan akun youtube  kita ke Google AdSense yang akan membayar  setiap kali ada orang yang mengklik iklan sebelum video ditayangkan.

Sebut saja youtuber Indonesia seperti Atta Halilintar, Ricis Official, Gen Halilintar, Baim Wong yang memiliki pendapatan fantastis dari Youtube.

Kota Wisata Cibubur member of Sinar Mas Land kemarin mengadakan  Blogger Gathering Minggu, 7 Juli 2019 di kantor pemasaran, yang menghadirkan Youtuber @inimasabi yang  saat ini menjadi Duta Youtube Indonesia dan telah memiliki banyak subscriber.
Inimasabi memiliki tagline untuk akun Youtube yakni tutorial, informatif dan menghibur, selain konten is a king, engagement juga penting agar orang mau klik channel kita.
Selain disampaikan fasilitas dan program terbaru dari Kota Wisata Cibubur, @inimasabi menyampaikan  materi “Workshop Optimalisasi YouTube untuk Vlogger” . Gathering ini diawali dengan belajar ngevlog dengan @inimasaabi mengenai  optimasi youtube sederhana dan dilanjutkan dengan tour keliling Kota Wisata Cibubur.
Acara dibuka  oleh Harris Maulana (Social Media Strategist Corporate Communication dari Sinar Mas Land)
Ternyata untuk membuat sebuah tayangan video, banyak persiapan yang harus kita lakukan yang terbagi atas proses Pra Produksi, Proses Syuting dan Post Produksi. Karena itu persiapan harus dilakukan agar hasilnya menjadi maksimal, dan penonton akan menonton tayangannya sampai akhir video kita.
Pra Produksi :
  • Ide/konsep
  • Skenario
  • Brainstorming Skenario
  • Casting
  • Reading
  • Cek lokasi
  • Persiapan art, wardrobe, alat, crew, dll
  • Shot list/story board
Post Produksi :
  • Editing
  • Musik
  • Sound Mixing
  • Publishing

@inimasabi memberitahukan cara memegang handphone yang benar saat nge vlog yaitu dengan posisi horizontal dan jari tangan kita 3 jari menggenggam handphone, pastikan tidak menutupi lubang mic pada handphone sehingga suara tidak terganggu dan bisa terdengar jelas.

Dan saat menggunakan kamera depan, jangan melihat ke layar, tapi lihatlah ke KAMERA.

@inimasabi memberikan contoh mengenai cara pengambilan gambar yang baik, yang akan menghasilkan hasil yang natural yaitu dengan melakukan ninja walk, dimana kita berjalan seperti ninja.

Boosting Up Editing

  • Footoage
  • Music story
  • Thumbnail & Title
  • Printilan

Footage

Pastikan footage gambar diambil sendiri, bebas copyright, tidak melanggar hak intelektual.

Footage sebaiknya dibuat dengan landscape ukuran 16:9 , tidak goyang dalam pengambilan gambar, caranya dengan  menggunakan stabilizer atau gimbal ,  tripod. Atau ambil gambarnya dengan ninja walk (pengambilan dilakukan setara  dengan bahu kita, pegang 2 tangan dan jangan terlalu dekat dengan bahu).

Kalau mengambil video vertikal/potrait  hasilnya akan kosong di kanan kirinya  atau menjadi hitam.

SUARA >< VISUAL

Gunakan mic VR, Mic Shotgun, HP, pilih free music untuk backsound yang bisa diambil dari www.youtube.com/audiolibrary/music  .

Jika lagunya belum ada copyrightnya , cukup cantumkan nama sumbernya penyanyi dan judul lagunya.

Kalau ada backsound, tutupi saja dengan voice over yang smiling voice untuk mencegah copy right suatu lagu.

Youtube lebih baik suaranya jelas, smiling voice , antusias, semangat , enak di dengar dan bagus dibandingkan gambarnya.

JUDUL

Pastikan saat membuat judul, buat dengan penulisan yang tepat, tidak ada misleading atau salah persepsi, tidak terlalu panjang, tidak terlalli pendek , dan buat dengan penulisan yang menarik/click bait.

THUMBNAIL

Buat sesuai dengan isi video, bebas edit namun pastikan masih sesuai dengan konten yang dibuat,  gunakan gambar terbaik dan memakai penulisan/kalimat tambahan di thumbnail. Mengemas gambar di depan dan judul yang menarik, jangan screen shoot dari footage, karena hasilnya akan jelek , akan pecah.

Thumbnail tidak harus selalu clean, boleh juga diberikan macam-macam di thumbnail. Untuk membuat thumbnail bisa dengan Photoshop dan L+ Logopit atau logo master .

Untuk membuat prontilan  atau hal-hal yang receh bisa dengan tube budy  (tubebuddy.com).

MEMBUAT VIDEO SATU MENIT

Untuk membuat video 1 menit yang menarik, menurut @inimasabi yaitu :

  • Intro : 10 detik dengan 2-3 adegan video
  • Isi : 40 detik dengan 5-6 adegan video
  • Closing : 10 detik dengan 2-3 adegan video
  • Bisa juga ditambahkan bumper di awal atau video

Youtube sekarang bukan lagi mementingkan View, tetapi WATCH TIME, yaitu lamanya orang menonton video kita, semakin banyak WATCH TIME=MORE EXPOSURE=MORE ADSENSE. Dimana alogaritma youtube saat ini adalah yang konsisten yang akan menang.

Youtube saat ini tidak lagi berfokus pada “view” tetapi “watch time” , yaitu , semakin banyak jumlah jam tayang,  semakin banyak penghasilan yang  kita diperoleh. Dan untuk mendapatkan adsense atau iklan, syaratnya adalah memiliki minimal 1000 subscriber dan 4.000 “watch time.”

Untuk membuat sebuah karya video, bisa dilakukan melalui smartphone yang kita miliki, tapi terlebih dahulu buat dahulu  tujuan kita membuat video yang akan diupload ke youtube, siapa target penontonnya , kita juga harus mulai melengkapi kebutuhan nge vlog agar hasil videonya semakin baik lagi misalnya kamera beresolusi tinggi, microphone, cahaya  cukup, tripod dan  yang lainnya. 

Saat membuat video , sebaiknya buat konsepnya dahulu dengan detail  dengan tetap memperhatikan 5W 1 H  misalnya  tema, judul, tempat, narasumber, objek , konsep editing.  Seperti layaknya menulis blog, chanel youtube juga harus di-update rutin dan konsisten, karena semakian konsisten hasil video kita akan semakin baik lagi.

Pesan @inimasabi adalah harus PD dalam membuat konten, saat membuat video kita juga harus memerhatikan video yang berkaitan dengan video orang lain. Being original, and realistic agar video kita  bisa terlihat menjadi rekomendasi video dari orang lain. Kita juga bisa mention lho di Youtube dan menggunakan hastag untuk mencari viewers.

5 detik pertama itu penting ujar @inimasabi, agar penonton bisa betah berlama-lama. Dan Mas Haris menyarankan kita untuk menggunakan KINEMASTER,  karena banyak fiturnya.

Kota Wisata Cibubur

Kota Wisata Cibubur selama ini dikenal dengan Kampung Cinanya, ternyata menghadirkan tipe-tipe rumah yang menggiurkan dan pastinya akan menjadi impian semua orang. Perumahan seluas 700 hektar ini, kini mengeluarkan banyak tipe tipe baru seperti Nashville Type 220, New Visalia dan Bellwood – Type 289 dengan harga mulai dari 960 jutaan.

Ibu Lina, Kota Wisata

Kemarin kami sempat melakukan tour keliling perumahan KOTA WISATA yang luasnya 7 hektar. Untuk fasilitas pastinya sudah sangat lengkap ada banyak bank, fasilitas ATM, Sport Club dengan kolam renang ukuran Olympic, Children Swimming Lagoon, arena Futsal, Tenis, Badminton, Squash, Tenis Meja, Basketball Three-on-Three, Jogging Track, 5 Stars Gym, Fitness Center, Spa, Aerobik dan dekat dengan restoran Saung Alam Sunda dan Caos Dahar.

Kota Wisata juga memiliki banyak ruko, seperti apotek, mini market, sanggar les, klinik akupuntur, bengkel, toko baju, dan lain-lain, dijamin tidak perlu keluar perumahan jika kita membutuhkan sesuatu.
Untuk pendidikan anak, rasanya tidak perlu khawatir karena ada  BPK Penabur, Sekolah Islam Fajar Hidayah,  Sekolah Katolik BHK, dan Sekolah Islam Al-Azhar. Tempat kursus seperti Kumon, EF, ILP, juga ada.
Tenang, untuk menjangkau lokasi yang kita mau di Kota Wisata Cibubur tersedia Feeder Busway untuk mencapai Kota Wisata, Intrabus untuk pindah lokasi di dalam Kota Wisata dengan mudah, ada Mini Bus Transportation ke Airport, Taxi Pool di depan Kompleks Sentra Eropa,  dan Bus JR Connection.
Untuk pilihan jajanan lainnya ada Steak 2511, McDonald’s, Raffel’s, Mang Kabayan, Saung Sunda, Coffee Toffee, Saint Cinnamon & Coffee,  Sharon Bakery, dan lainnya.
Untuk urusan ibadah ada Masjid Jami’ Darussalam, dan Gereja Maria Bunda Segala Bangsa. Dan untuk kita yang ingin jalan-jalan belanja pernak-pernik oriental bisa mengunjungi Kampoeng China yang biasanya ramai saat menjelang  Imlek,  ada juga makanan tradisional.
Untuk berbelanja kita bisa belanja di  Fresh Market untuk berbelanja di pasar tradisional, HERO Supermarket, mini market Alfa, Indomaret, Lawson, untuk rumah sakit ada Eka Hospital Cibubur yang akan segera beroperasi di kawasan Kota Wisata pada bulan Agustus 2019.
Tipe perumahan Kota Wisata yang bisa kita pilih sampai saat ini adalah  Nashville – Type 220, New Visalia dan Bellwood – Type 289. Kemarin saya sempat mengunjungi rumah contoh Nashville  yang memiliki 2 lantai, dimana penghuninya pasti akan sangat betah tinggal disana dan enaknya lagi di pertengahan 2020 nanti akan ada exit  ke Kota Wisata langsung Cimanggi Cibitung, sehingga Kota Wisata akan memiliki wajah baru kedepannya.
Dok : kota-wisata.com/product/nashville/
Saat ini sedang ada lomba blog dan vlog, ikutan yuk karena hadiahnya wow,

*Lomba Blog dan Vlog Kota Wisata Cibubur 2019*

_Syarat dan Ketentuan Lomba Blog :_
-Menulis tentang Kota Wisata Cibubur dari sisi positif. Minimal 500 kata.
-Menautkan link hidup Kota Wisata Cibubur ke website http://www.kota-wisata.com/
-Tulisan paling lambat posting tanggal *31 Juli 2019*
-Share link tulisan di social media masing-masing dengan hashtag #KotaWisataCibubur & #Sinarmasland dan mention akun Twitter Kota Wisata : @KotaWisata_SML
– Follow akun social media Kota Wisata :
https://www.instagram.com/kotawisata.cibubur/

https://m.facebook.com/kotawisatacibubur.sinarmasland/
https://www.youtube.com/channel/UCiDAlLvTGk3BmAZeRSMHLYw

_Hadiah :_
Juara 1 : Notebook Acer
Juara 2 : Smartphone Oppo
Juara 3 : Action Cam Brica

Registrasi Lomba Blog –> http://bit.ly/RegBlogKotaWisata

_Syarat dan Ketentuan Lomba Vlog_
-Membuat video tentang Kota Wisata Cibubur dari sisi positif. Minimal 2 Menit.
-Upload paling lambat posting tanggal *31 Juli 2019*
-Share link video di social media masing-masing dengan hashtag #KotaWisataCibubur & #Sinarmasland dan mention akun Twitter Kota Wisata : @KotaWisata_SML
Follow akun social media Kota Wisata :
https://www.instagram.com/kotawisata.cibubur/

https://m.facebook.com/kotawisatacibubur.sinarmasland/
https://www.youtube.com/channel/UCiDAlLvTGk3BmAZeRSMHLYw

Hadiah :
Juara 1 : Notebook Acer
Juara 2 : Smartphone Oppo
Juara 3 : Action Cam Brica

Registrasi Lomba Vlog –> http://bit.ly/RegVlogKotaWisata

Ref :

http://www.kota-wisata.com

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *