Napak Tilas Budaya di Tambora Run 5k

Mendapatkan tubuh yang sehat, selain karena asupan makanan kita juga membutuhkan latihan bagi otot tubuh yaitu dengan melakukan olah raga rutin setiap minggunya. Untuk kita yang bekerja, olah raga yang bisa kita pilih adalah berlari. Selain mudah untuk melakukannya, juga murah karena cukup mempersiapkan pakaian yang mudah menyerap keringat kita saat berlari.

Menurut liputan6.com/health, berlari memiliki banyak manfaat diantaranya mengecilkan betis, menurunkan berat badan, meningkatkan kualitas otak, meningkatkan fungsi organ tubuh,  mencegah terkena penyakit kardiovaskular, dan bisa meningkatkan kembali semangat melanjutkan aktivitas rutin.

Lari bisa kita pilih jarak lintasannya, misalnya lari jarak jauh, jarak dekat, atau jogging atau lari cepat. Jangan lupa pastikan untuk tetap berada di lintasan yang aman saat berlari, bawa persediaan air, dan gunakan sunblock.

Berlari untuk sehat dan mempererat kekeluargaan masyarakat  Tambora, adalah salah satu tujuan diadakan lomba lari  Tambora Run 5K yang dilaksanakan pada Minggu 8 September 2019 lalu, dengan garis start di sebrang Mall Seasons City, dan berakhir di depan Mall Seasons City.

Acara ini ternyata telah dilakukan 3 kali sebelumnya, dan sangat terlihat antusiasme masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa dan umum. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang ikut terlihat sangat semangat, bahkan panitia akhirnya memutuskan untuk bisa mendaftarkan diri on the spot. Total pendaftar tahun ini sampai dengan 5000 peserta.

Para pelari telah bersiap-siap sejak pagi, pelepasan pelari dilakukan oleh Camat Tambora, Bambang Sutarna dan
Walikota Jakarta Barat, Rustam Effendi.

TAMBORA ternyata adalah suatu nama Kecamatan yang ada di Jakarta Barat,  kecamatan terpadat se-Asia Tenggara. 

Kemarin lebih kurang 5000 pelari mengikuti ajang Lari Tambora Run 5K yang diadakan  Season City dan Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Dan lomba lari ini merupakan lomba lari yang terbesar untuk kategori kecamatan.

Di kegiatan ini, juga diadakan lomba selfie dengan background destinasi sejarah yang ada di Tambora. Hal ini tentunya membuat semua peserta, semakin bersemangat.

Diharapkan kegiatan ini akan selalu berlangsung setiap tahunnya, ujar olahraga lari, ajang ini juga bertujuan mempromosikan situs situs bersejarah di daerah Tambora, Jakarta Barat ujar General Manager Trade Mall Season City,  Mualim Wijoyo.

“Tambora 5K tahun ini dibuka  untuk pelajar dan umum dalam rangka Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap 9 September .

Peserta  Tambora 5K semakin bertambah pesertanya, dibandingkan 2 tahun lalu yang sebelumnya hanya 2500 peserta.

Hartono Wijaya, CEO 910, yaitu sponsor Tambora Run 5K  mengatakan bahwa kegiatan lari tahun ini juga diramaikan oleh komunitas Jakarta Berlari yang ikut serta.

TAMBORA 

Camat Tambora, Bambang Sutarna  bercerita  bahwa dahulu , Tambora adalah tempat berkumpulnya para pedagang dari berbagai negara, mulai dari Arab, India, Pakistan, dan Tiongkok, akhirnya menjadi pemukiman. Hal ini bisa dilihat dari peninggalannya dari masjid dan klenteng.

Ada Masjid Langgar Tinggi,  Masjid Jami Tambora yang dibangun pada tahun 1.761, Masjid Angke,  Jembatan Kambing yang bisa kita eksporalasi, hal ini akan semakin mengenalkan Tambora sebagai destinasi wisata,” ujar Pak Camat Bambang.

Tambora juga ternyata memiliki kekayaan kuliner yang beda, yang wajib kita coba. Biasanya bisa kita nikmati pada saat acara tertentu, dimana aneka makanan khas masyarakat Tambora ada di sana dan ini menjadi potensi ekonomi UKM mereka.

Harapan Mualim ,  Tambora Run 5K bisa terdengar lebih luas lagi dan bisa menjadi agenda wisata tahunan DKI Jakarta kedepannya.

Dok : Anisa Desty

Selesai mengikuti Tambora Run 5K , peserta dan masyarakat yang hadir mengikuti hiburan musik yang telah disiapkan, zumba bareng. Ada juga aneka bazaar UKM, dan doorprize yang sangat banyak yang membuat semua yang hadir tersenyum bahagia mengikuti acara ini.

Dok : Hanni Khaerunnisa

General Manager TM Season City, Mualim Wijoyo, mengatakan bahwa Tambora Run 5K  sudah tiga kali dilaksanakan. Dan ini yang paling banyak pesertanya.

Camat Tambora, Bambang Sutarna mengharapkan bisa  digelar lebih besar lagi, sehingga Tambora, yang dikenal sebagai wilayah padat penduduk, juga dikenal dengan masyarakat yang memiliki aktivitas hidup sehat.

Bagaimana membuat lomba lari tingkat kecamatan ini   bisa diketahui nasional, bahkan ke mancanegara. Tentunya akan membutuhkan banyak publikasi kepada masyarakat, dan ini akan dilakukan seiring promosi destinasi wisata di Tambora.

Untuk kita yang belum tahu di Tambora ini ada Festival Ramadan, Festival Cap Go Meh, dan lainnya setiap tahunnya.

Tambora Run 5K adalah kegiatan lomba lari tingkat kecamatan, tapi dikenal oleh  skala nasional.

Tambora Run 5K pendaftarannya gratis , untuk hadiahnya puluhan jutaan rupiah untuk para juara, para peserta berkesempatan mendapatkan banyak sekali hadiah doorprize , ada  panggung hiburan, zumba bersama, tarian daerah, dan festival kuliner dari Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

 

Dok : Anisa Desty

Harapan Pak Camat Tambora, Bambang Sutarno, Tambora bisa semakin dikenal untuk prestasi dan kulinernya.

Dengan dipromosikan situs sejarah di kawasan Tambora. Wilayah Tambora, Jakarta Barat bisa menjadi menjadi destinasi wisata Jakarta.

Tambora dahulu adalah tempat berkumpulnya para pedagang dari berbagai negara, mulai dari Arab, India, Pakistan, dan Tiongkok, sampai akhirnya   menjadi pemukiman.

Dari acara ini telah terpilih siapa juara Tambora Run 5K tahun 2019 baik dari kategori umum, bahkan hingga pelajar. no dada yang menjadi juara adalah 1145, 1011, 1210, 1192 dan 1207 untuk kategori pelajar pria.

Reff :

https://id.wikipedia.org/wiki/Tambora,_Jakarta_Barat

https://pergimulu.com/panduan-tips-pergi-ke-tambora/

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *