Mulut Adem Hati Adem Menyambut Ramadhan

Kurang dari 2 minggu lagi, Alhamdulillah kita akan dipertemukan kembali dengan datangnya Bulan Ramadhan, bulan yang penuh rahmat, ampunan, keberkahan, dan waktu yang tepat untuk kembali meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita sebagai umat muslim dengan segala ibadah di bulan Ramadhan.

Pepsodent Herbal  dalam menyabut datangnya Bulan Ramadhan mengadakan Press Conference Pepsodent Herbal Sahur Amal : Mulut Adem, Hati Adem, yang dihadiri oleh Distya Tarworo Endri  Senior Brand Manager Pepsodent, PT Unilever Indonesia Tbk, Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent MDSc , Pakar kesehatan gigi dan mulut, Aini Aryani  Ustadzah dan Celebrity Mom – Tantri Syalindri Ichlasari ” Tantri Kotak” dan Bapak Dr. Ir. H. Lukmanul Hakim, M. Si. , Direktur LPPOM MUI.

Ustadzah Lulu Susanti

Di sore harinya acara dilanjutkan dengan  Bloggers Gathering “Pepsodent Herbal Sahur Amal: Mulut Adem, Hati Adem”  dimana  saya diberikan kesempatan oleh Komunitas Emak Blogger  untuk mendengarkan langsung penjelasan dari @ustadzahlulususanti mengenai persiapan menyambut datangnya Bulan Ramadhan. Hadir juga influencer diantaranya  Zaskia Adya Mecca, Ayana Jihye Moon, dan Fitri Tropica.

Puasa Ramadhan

Ustadzah Lulu Susanti yang jago sekali dalam berpantun  dalam menyampaikan dakwahnya , memberikan banyak sekali tips mengenai persiapan hati dan lisan dalam menyambut Ramadhan. Dimana lisan dan tulisan benar-benar harus dijaga, tak lupa juga menjaga gigi dan mulut tetap bersih dan terawat saat berpuasa karena akan sangat penting menjaga kenyamanan saat beribadah di bulan Ramadhan.

Menurut Ustadzah Aini Aryani, LC, “Saat berpuasa, mulut adalah anggota tubuh yang memerlukan perhatian lebih, karena sebenarnya ia adalah  pintu gerbang dari segala kebaikan yang dapat kita berikan bagi tubuh kita sendiri maupun bagi orang lain.

Pertama,  kita harus menjaga agar segala asupan yang mulut kita konsumsi di bulan Ramadhan, memenuhi nilai halalan thayyiban sehingga berpuasa akan jadi amalan yang sempurna dan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Mulut yang adem juga akan membawa dampak  positif terhadap banyak hal, diantaranya bagaimana kita mampu menjaga lisan kita. Ustadzah Aini mengatakan  dengan mulut adem, maka setiap perkataan yang keluar dari lisan kita akan membawa ketenangan dan berkah bagi diri kita dan orang lain, apalagi dibulan Ramadhan perkataan baik adalah  amalan yang akan dibalas  dengan pahala berlipat ganda. Mulut yang adem, hatipun akan terasa adem .

”Untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, mulut yang sehat merupakan syarat penting”  ujar Drg. Ratu Mirah Afifah,GCClinDent, MDSc “Saat berpuasa, kondisi mulut yang kering sering kali akan menimbulkan nafas yang kurang sedap”.

Ternyata karena kita tidak makan ataupun minum seharian,  produksi air liur yang berfungsi membilas kuman penyebab plak dan bau mulut menjadi menurun. Bakteri pun terus berkembang biak adanya peran dari air liur,  alhasil muncul gas berbau tidak sedap dari dalam mulut kita.

Tips menjaga kesehatan mulut agar adem saat berpuasa :

  • Perbanyak asupan cairan saat sahur dan berbuka juga sebelum tidur, minum air putih karena mengandung mineral-mineral yang dibutuhkan gigi, dan bisa membersihkan partikel makanan yang menempel di sela-sela gigi
  • Hindari makanan makanan berlemak, terlalu manis dan asin, dan  minuman yang tinggi kadar kafeinnya.
  • Berkumur saat wudhu, akan membantu mengurangi gejala mulut kering saat kita berpuasa
  • Menggosok gigi 2 kali sehari, setelah sahur dan sebelum tidur, agar sisa-sisa makanan yang ada di mulut bisa dibersihkan dan dalam mulut menjadi asam karena bakteri yang dapat mengakibatkan bau mulut dan karies atau gigi berlubang
  • Bersihkan lidah
  • Perbanyak makan-makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayuran saat sahur dan berbuka puasa, buah dan sayur adalah pembersih gigi alami yang bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan, dan  mengandung antioksi yang bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut
  • Mengkonsumsi kurma, karena  kurma mengandung fluoride untuk  mencegah gigi berlubang. Kandungan gula dalam kurma termasuk golongan fruktosa, dan aman terhadap kesehatan gigi.

Berpuasa akan semakin bermakna dengan mulut dan hati yang adem. Gigi dan mulut yang bersih terawat akan membawa dampak positif terhadap kenyamanan kita saat  beribadah di bulan Ramadhan.

Saat berpuasa, kita harus memperhatikan lebih kondisi mulut kita, kita harus menjaga agar segala asupan yang mulut kita konsumsi di bulan Ramadhan memenuhi nilai halalan thayyiban,  amalan puasanya sempurna dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Mulut yang sehat, tubuh juga akan sehat. Mulut yang adem akan membawa pengaruh positif terhadap banyak hal, misalnya  bagaimana kita mampu menjaga lisan kita.

Dengan mulut adem, setiap perkataan akan membawa ketenangan dan berkah bagi diri kita dan  orang lain, terlebih di bulan Ramadhan dimana perkataan baik adalah salah satu amalan yang akan diganjar dengan pahala berlipat ganda. Akhirnya, dengan mulut yang adem, maka hatipun akan terasa adem.

Pepsodent Herbal

Pepsodent Herbal adalah  produk pasta gigi  yang memiliki nilai halalan thoyiban, dan satu-satunya pasta gigi yang  mendapatkan penghargaan Halal Award tahun 2014 dan 2018 dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika.  Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Pepsodent (termasuk di dalamnya Pepsodent Herbal) telah bersertifikat halal MUI  ujar  Lukmanul Hakim.

Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Dr. Ir.Lukmanul Hakim, MSi

Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Dr. Ir.Lukmanul Hakim, MSi sangat  mengapresiasi inisiatif Pepsodent Herbal yang turut mengedukasi masyarakat akan pentingnya penggunaan pasta gigi yang baik dan halal, apalagi di bulan Ramadhan.

Pepsodent berkomitmen untuk memastikan kehalalan seluruh proses produksinya baik dari pemilihan bahan baku,  pengawasan proses produksi dan proses penyimpanannya

  1. ”Merawat kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa,  menggunakan Pepsodent Herbal akan  sangat bermanfaat, karena kandungan bahan-bahan alaminya yaitu daun sirih dan garam, yaitu bahan anti kuman yang bisa merawat gigi dan mulut kita  tetap sehat, plus  kandungan jeruk nipis yang memberikan rasa segar.

Penggunaan Pepsodent Herbal secara teratur setelah sahur dan sebelum tidur akan  membuat mulut terasa adem dan membantu mencegah berbagai permasalahan mulut selama berpuasa seperti bau mulut sehingga ibadah puasa akan nyaman.

Sahur Amal 2019

Penghargaan Halal Award   menginspirasi Pepsodent untuk terus menggaungkan pentingnya kehalalan dan kebaikan melalui berbagai program, termasuk “Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019” , yang rutin dilakukan sejak tahun 2013.

Program Pepsodent Herbal Sahur Amal sampai sekarang  telah membagikan ratusan ribu paket sahur kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Untuk setiap pembelian Pepsodent Herbal 190 gr kemasan khusus Ramadhan, otomatis Rp1.000,- akan didonasikan untuk mempersiapkan paket sahur yang selama bulan Ramadhan akan didistribusikan kepada anak-anak yatim piatu.

Target Sahur Amal 2019 bisa  membagikan paket sahur ke ratusan Panti Asuhan yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia sehingga semakin banyak saudara-saudara muslim kita menjalankan sahur .

Distya Tarworo Endri selaku Senior Brand Manager Pepsodent menjelaskan, Program ini sejalan dengan UnileverSustainable Living Plan, yaitu komitmen untuk memberikan dampak positif secara sosial dan lingkungan.

Unilever Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik selama menjalani rutinitas bulan suci Ramadhan kepada seluruh masyarakat melalui rangkaian program dan produknya.

””Melalui program ’Pepsodent Herbal Sahur Amal’, kami ingin menginspirasi sebanyak mungkin kaum muslim bahwa berpuasa akan terasa lebih bermakna dengan mulut dan hati yang adem, dimana gigi dan mulut yang bersih terawat akan membawa dampak positif terhadap kenyamanan kita dalam beribadah di bulan Ramadhan,” ujar Distya.

Distya  berharap program “Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019” akan mendorong umat muslim untuk terus memelihara kesehatan gigi dan mulut dan menebarkan kebaikan di bulan Ramadhan dengan berbagi berkah dan kebahagiaan, dengan cara  memberikan paket sahur kepada mereka yang membutuhkan.

Selama program ini berlangsung, Pepsodent akan melibatkan sosok inspirasional untuk membangkitkan semangat anak-anak yatim piatu dalam berpuasa, beribadah dan berbuat kebaikan di bulan Ramadhan diantaranya Tantri Syalindri Ichlasari.

Tantri Kotak pun  selalu menanamkan pada Kara, anaknya untuk berbagi dengan sesama sebagai bentuk rasa syukur dan menanamkan nilai bahwa di setiap rezeki yang Allah SWT berikan, ada sebagian rezeki orang lain yang dititipkan kepada kamiuntuk disalurkan. Untuknya  program ini bisa menjadi cara mudah untuk mengajarkan Kara berbagi dengan teman-temannya yang kurang beruntung, terutama di bulan Ramadhan nanti,”

Acara ini juga dimeriahkan dengan workshop membuat scrapbook yang akan dibagikan kepada anak-anak yaktim saat pembagian Sahur Amal 2019 nanti dan menghias cupcake dengan dominasi warna hijau, sesi tanya jawab dan diakhiri dengan foto bersama.

Keseruan membuat Scapbook

Foto bersama Influencer dan Komunitas Emak Blogger

YouTube : Tanya Pepsodent

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *