Baran Inovasi Listrik Gratis Untuk Indonesia

Kebutuhan akan listrik pastinya tidak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari , mulai dari menyalakan jet pump, kulkas yang stand by setiap saat, water heater, dispenser, televisi, AC, mesin cuci, charge handphone  sampai  powerbank rutin dilakukan setiap harinya. Sedangkan setiap tahun tarif dasar listrik (TDL) mengalami kenaikan 10 -15 %  secara bertahap.

Selain harga tarif dasar listrik yang terus menerus naik, belum lagi listrik yang sesekali  mengalami pemadaman bergilir untuk waktu yang cukup lama.

Walaupun tugas pembayaran listrik ada dalam kuasa suami, tapi sebagai seorang manajer keuangan di rumah saya tidak boleh lalai dalam mengatur pemakaian listrik karena jika tidak tagihan listrik bisa membengkak.

Walapun kenaikan TDL bertujuan untuk mengurangi beban subsidi terhadap listrik, sayapun berfikir apakah bisa kita di Indonesia menikmati listrik gratis tanpa membayar tagihan listrik dan memakai energi lain untuk bisa menggantikan energi listrik yang ada saat ini.

Seneng banget karena 9 November 2018 kemarin, saya mendapatkan kesempatan bertemu salah satu anak bangsa  di Foresta Business  dan bertemu langsung  dengan Victor Wirawan  CEO dan  Owner dari PT Aldebaran Rekayasa Cipta dan Dihar Dakir  Corporate Secretary dari PT Aldebaran Rekayasa Cipta dalam acara CEO COFFE TALK dengan tema “Cara Baru Mengkonsumsi Energi Tanpa Fosil”.

Selain memperkenalkan mengenai energi terbarukan Baran Energi ,dengan taglinenya lifestyle, simple, powerful yang akan memungkinkan kita untuk menikmati listrik secara gratis hingga 8800Wh di rumah kita, saya juga bisa berkenalan langsung dengan anak bangsa yang dahulu sempat memiliki bisnis ikan cupang saat dibangku SMP ,  dan melihat karya anak bangsa yang bisa memberikan solusi atas kegalauan rumah tangga dalam hal tagihan listrik perbulannya.

Menyambut revolusi industri, khusunya industri 4.0 kita patut berbangga hati akan hadirnya Baran dari PT Aldebaran Rekayasa Cipta yang menghadirkan Baran Power, mobil listrik Baran EV, dan Baran Cube,  dimana ketiganya memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Baran Powerwall

Baran Powerwall adalah tempat penyimpanan energi  yang bisa dipakai di rumah (smart home), real estate, maupun untuk kantor.

Spesifikasi Baran Powerwall :

Usable Capacity : 8800Wh
Scalable : up to 4 (depend on invert er capability)
Battery : lithium ion technology, fully managed and liquid cooled.

Dimension

Width : 1000 mm
Length : 600 mm
Height : 200 mm

Baran Powerwall peruntukannya bisa di rumah  atau di kantor. Bentuk desainnya sangat simple namun tetap terlihat mewah.

Dok : baran-energy.com

Baran Powerwall bisa menyimpan energi dari cahaya matahari atau kita kenal dengan solar paneldan hanya butuh waktu kurang lebih 4 jam untuk mengubah cahaya matahari menjadi listrik untuk penggunaan listrik di malam hari.

Baran Powerwall bisa juga  ditempel di dinding dan  bisa digunakan sampai 15-20 tahun .

Baran Cube

Baran Cube digunakan untuk skala yang  lebih  besar seperti Real Estate, area perindustrian, dan area perkebunan.

Saat ini sedang dibangun perumahan berteknologi solar panel cluster Almanda yang  terletak di komplek perumahan Bhuvana Village Regency, 150m dari  Stasiun KRL Tigaraksa, Tangerang dan telah mendapat penghargaan untuk kategori, “A Leading Property Development Company in Developing Solar Panel Technology Housing” yang rencananya akan di launching pada Januari 2019.

Dok : baran-energy.com

Perumahan berkonsep listrik mandiri dan berteknologi solar panel ini, adalah ide dari Victor mengenai bagaimana membuat perumahan yang ramah lingkungan dan mampu memanfaatkan energi terbarukan (renewable energy).

Baran EV (Electric Vehicle)

Inovasi lainnya dari Baran adalah mobil listrik Indonesia. Baran EV  adalah mobil super menggunakan tenaga listrik yang memanfaatkan teknologi terbaru untuk motor listrik dan baterai pack. Saat ini baru dibuat prototipe nya dan memperoleh penghargaan Giving Grace Best of The Best Award of Supremacy 2018 Supreme National Emblem (Anugerah Best of The Best Award 2018 & Citra Satya Lencana Bakti Bela N.K.R.I).

Dok : baran-energy.com

Specification

Power : 900hp
Torque : 1500Nm
Powertrain : 4 Induction motor with single speed gearbox for each wheel
Battery : up to 108Kwh lithium ion liquid cooled battery pack
Distance : up to 300km on single charge

Dimension

Width : 1953 mm
Length : 2956 mm
Height : 1355 mm
Wheelbase : 2570mm

Saya juga kemarin beruntung bertemu dengan Baran team enginering, pemuda-pemudi yang usianya sangat muda mulai 20 tahun, pintar, berprestasi dan berasal dari Universitas Negeri di Indonesia.

Nah sudah siap menerima dan menggunakan inovasi dari  Aldebaran Indonesia?.

Ref :

baran-energy.com

kumparan.com

tribunnews.com

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *