Deposito adalah salah satu bentuk investasi yang bisa kita lakukan, yaitu  adalah simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu. Nah sekarang, ada cara yang mudah untuk kita bisa melakukan deposito, bahkan dengan bunga yang tinggi yaitu melalui Komunal DepositoBPR.

BPR (Bank Perkreditan Rakyat) adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha dalam bentuk pembukaan rekening tabungan/deposito dan memberikan kredit. Berdasarkan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), BPR memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bank umum, dan melalui Komunal, seluruh BPR yang tergabung dalam LPS bisa melakukan pembukaan rekening deposito darimanapun cukup melalui gadget tanpa perlu datang ke kantor BPR nya.

Kenapa harus melalui DepositoBPR Komunal  ?, karena banyak sekali kelebihannya diantaranya:

  • Investasi aman, diawasi  OJK
  • Fitur mudah dipahami, tampilan simple ada Beranda, Depositoku, FAQ dan Profil
  • Produk pilihan BPR, nominal deposito, dan jangka waktu banyak 1-12 bln , bisa dipilih sesuai kemampuan kita
  • Nominal deposito mulai dari 1 juta rupiah sudah bisa di DepositoBPR Komunal
  • DepositoBPR Komunal memiliki imbal hasil yang lebih tinggi hingga 6.00% p.a
  • Aman dan rendah risiko, Deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sampai 2 Milyar Rupiah
  • Tumbuh bersama, bersama Mitra BPR dan Deposan kembangkan perekonomian di Indonesia melalui  Deposito BPR
  • DepositoBPR Komunal menghubungkan kita dengan BPR dari berbagai kota di Indonesia, dengan mudah memilih beragam produk Deposito hanya dalam satu platform.
  • BPR yang ada di Komunal sudah terdaftar dan diawasi OJK
  • Kita bisa investasi kapanpun dan dimanapun, tidak perlu lagi datang ke kantor BPR, cukup ajukan Deposito dan memantau prosesnya secara online. Proses pengajuan cepat, di hari kerja maksimal 2×24 jam.
  • Fiturnya memudahkan kita, selain  seluruh prosesnya yang dilakukan secara online, DepositoBPR Komunal tetap dilengkapi dengan Bilyet dan memungkinkan kita untuk mengajukan sistem ARO.
  • Untuk menunjang proses pengajuan Deposito yang aman dan terpercaya, DepositoBPR Komunal berkolaborasi dengan beberapa pihak ketiga yang kompeten dibidangnya seperti privyid, Xendit.

FITUR

  • BERANDA : tertulis Peluang deposito yang bisa di filter di bagian kanan berdasarkan nama BPR, tenor, lokasi dan suku bunga
  • Kita juga bisa menghitung perkiraan bunga yang kita dapatkan saat pengembalian dana yang akan dihitungkan oleh Komunal, cara masukan nilai pokok di bagian kolomnya.
  • Kita bisa melihat profil masing-masing BPR seperti alamat, profil, identitas, neraca keuangan.
  • DEPOSITOKU : untuk melihat status, nominal deposito, BPR yang dipilih, ada juga notifikasi deposito jatuh tempo
  • FAQ : pertanyaan yang biasa ditanyakan, atau pilih menu chat untuk bantuan, transaksi atau registrasi
  • PROFIL : isinya data kita pemilik akun, kode referral, detail profil, kode dan promo, password, dan syarat ketentuan pengguna

DepositoBPR Komunal adalah #PilihanCerdas Solusi Finansial yang bisa kita lakukan, dan diawasi oleh Kominfo dan Fintech Indonesia.

Yang belum tahu mengenai Komunal, Komunal sendiri adalah P2P lending yang menghubungkan UMKM berpotensi dengan para pemberi dana untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di  Indonesia, meminjam dana prosesnya cepat , mudah, aman, nyaman, bunga bersahabat, telah berijin dan diawasi oleh OJK, bunga  kompetitif, transparan, aman dan nyaman. Jadi investasi aman di Komunal.

Kenapa pilih Komunal?, karena memiliki tingkat suku bunga lebih baik, resiko terukur, transparansi, aman, dan nyaman, fleksibilitas, bunga kompetitif, dan telah diawasi ( Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 02 Juni 2021.

Cara kerja Komunal :

Komunal menyediakan platform melalui portal web dan aplikasi mobile Komunal dimana anggota Komunal dapat mengajukan pinjaman dan melakukan pendanaan pada setiap proyek pinjaman yang telah diseleksi secara ketat oleh tim Komunal. Platform Komunal akan memberikan pinjaman yang mudah, cepat, dengan bunga yang adil dan bersahabat, menyediakan alternatif pendanaan bagi penyedia dana dengan bunga yang kompetitif dan resiko seminimal mungkin.

Berikut urutannya :

1. Sebagai lender mendanai melalui platform komunal

2. Pihak komunal menyalurkan dana kepada borrower

3. Borrower melalukan repayment melalui komunal

4. Komunal menyalurkan dana repayment kepada lender.

Cara mendanai di Komunal :

1. Pilih Sendiri Proyek Yang Ingin Didanai

2. Kontribusi Pada UMKM Indonesia

DepositoBPR Komunal sendiri adalah sebuah platform penghubung antara deposan dan Bank Perkreditan Rakyat yang merupakan produk dari PT Komunal Sejahtera Indonesia, yang memiliki tujuan bahwa produk Komunal DepositoBPR  mengajak para peserta agar bisa bersama membantu percepatan perekonomian melalui DepositoBPR Komunal. Yang pasti Deposito BPR aman kok.

Melalui DepositoBPR Komunal  bukan hanya kita membantu BPR, kita juga membantu UMKM-UMKM Indonesia, banyak komunitas terbantu.

BPR Komunal adalah perusahaan berbasis teknologi finansial yang berkolaborasi untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk menghimpun dana deposan resmi meluncurkan aplikasi DepositoBPR Komunal pada Kamis 7 April 2022.

Peluncuran aplikasi ini dilakukan online melalui webinar dengan tema “The Digitalization of Rural Bank’s Deposits” yang dihadiri oleh praktisi BPR, konten kreator, calon nasabah deposan, mitra BPR, teman Komunal dan juga media.

DepositoBPR Komunal

Dok : SS by me

Komunal Indonesia resmi meluncurkan Aplikasi DepositoBPR Komunal, setelah sebelumnya dikeluarkannya produk Deposito BPR, akhirnya Komunal mengeluarkan Aplikasi DepositoBPR Komunal.

Hendry Lieviant, Co-Founder dan CEO Komunal mengatakan bahwa acara peluncuran aplikasi DepositoBPR ini  sudah ditunggu-tunggu dan dipersiapkan dengan sangat baik sejak diluncurkannya produk deposito BPR. Aplikasi Deposito BPR adalah kerja keras dari tim teknologi dan produk, agar produk ini bisa digunakan dengan baik dan dinikmati oleh semua pihak.

Untuk membuat sebuah Aplikasi Deposito BPR dibutuhkan penyeimbangan dan streamline proses dari seluruh BPR yang ada di seluruh Indonesia yang menjadi mitra Komunal.

8 bulan sudah Deposito BPR diluncurkan, kini nilai transaksi deposito di Komunal mencapai lebih dari 500 Milyar , dan sudah ada 150 BPR yang tergabung di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara yang telah tergabung di platform Komunal.

Komunal sebelumnya adalah jasa peer to peer landing, kemudian luncurkan Deposito BPR, latar belakangnya adalah karena adanya fenomena di masa pandemi dimana ada salah satu mitra BPR  Komunal mengalami kesulitan dalam mendapatkan deposito karena deposan tidak bisa bertatap muka untuk mendepositokan dana di BPR.

Dan setelah dipelajari , ternyata BPR memiliki value proposition yang sangat tinggi, karena deposito di BPR dijamin oleh LPS dan bunganya lebih tinggi hampir 2x lipat dari bank umum. Masyarakat sendiri memiliki pilihan deposito ke bank umum dengan bunga yang rendah atau jika mau bunga yang lebih tinggi harus masuk ke instrumen investasi yang lebih beresiko.

Hendry Lieviant, Co-Founder dan CEO Komunal berfikir jika hal ini difasilitasi dengan teknologi maka akan menjadi value added untuk semuanya, dimana masyarakat akan bisa mendapatkan akses free instrumen atau free investasi dengan bunga yang paling tinggi. Setelah diriset , bunga yang paling tinggi dari semua instrumen investasi adalah deposito BPR.

Tanpa promo pun, deposito BPR tetap paling tinggi, kedua SUN (Surat Utang Negara) , Reksadana dan yang lainnya .BPR – BPR memiliki kesempatan yang bagus di lapangan, tapi ironisnya mereka sulit mencari dana.

Aplikasi Deposito BPR adalah Win-WIn Solution agar masyarakat bisa mendapatkan akes dengan mudah, BPR juga bisa dengan mudah dan murah mendapatkan dana . Karena saat di riset cost BPR tinggi untuk mencari dana, jadi jika dibuat murah , nanti sisa value add nya akan kembali ke real economy dan economy daerah, terutama di 2nd tier dan 3rd tier city akan maju begitu juga dengan Komunal.

Dengan aplikasi DepositoBPR Komunal, semua orang bisa mendapatkan akses dengan mudah dan mendapatkan benefit untuk semuanya. Deposito BPR aman tentunya.

Hendry Lieviant, Co-Founder dan CEO Komunal mengatakan bahwa hadirnya aplikasi ini akan mendorong digitalisasi perbankan khususnya BPR secara cepat dan masif,  sehingga tidak kalah dengan bank umum.

Jika masing-masing BPR yang mengembangkan aplikasi sendiri akan lebih sulit karena butuh biaya yang tidak sedikit, belum lagi prosesnya membutuhkan waktu yang tidak singkat.
Namun dengan prinsip pengembangan secara komunal, digitalisasi BPR akan jauh lebih cepat, efektif dan produktif atau tumbuh. Dan dari sisi pengguna akan lebih mudah atau user friendly juga didukung dengan keamanan data pribadi deposan yang lebih terjamin.
“Kami targetkan pengembangan aplikasi ini akan lebih sempurna pada kuartal II atau III tahun ini, saat ini perbaikan-perbaikan sedang menuju ke arah sana, ‘we are working on it’,” ungkapnya.
Devin Marco, CTO Komunal juga menambahkan pengembangan aplikasi ini disertai dengan fitur seperti skrining wajah atau sidik jari pengguna untuk log in sehingga data pribadi akan lebih aman.
Hadir juga DR. Afandi Nugroho SE, MM Direktur Utama BPR Bank Jombang  yang menjelaskan mengenai peluncuran aplikasi ini adalah momen bagi deposan untuk beralih ke BPR. Selain karena aplikasi yang bagus, pertimbangan nilai pengembalian kepada deposan juga lebih besar yaitu mencapai hingga 6 % dari bank umum yang hanya sekitar 3 %.

“Mengingat inflasi rata-rata per tahun di Indonesia mencapai 4 persen, jadi nilai bunga deposito dari bank umum berada di bawah angka inflasi tahunan, sedangkan di BPR dengan risiko tidak ada dan nilai investasi di atas angka inflasi,”

William Sudhana, konten kreator yang juga  Entrepreneur memberikan pendapatnya mengenai investasi, bahwa deposito di BPR tergolong rendah (low) karena pengembaliannya dilakukan dalam setahun.  Namun karena pertumbuhannya tergolong tumbuh stabil bergerak naik, DepositoBPR Komunal menjadi  sarana investasi yang aman di Komunal dan nyaman dibandingkan yang menengah dan ke atas yang memiliki risiko yang tinggi.
“Jadi dengan aplikasi DepositoBPR Komunal ga ribet, user friendly, prosesnya cukup 10 menit, deposito dijamin aman karena ada jaminan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), ditambah nilai return yang terbilang tinggi dari bank umum dan deposan bebas mengatur jangka waktu depositonya,” ujarnya.
Harapan Hendry di akhir acara, dengan adanya  digitalisasi BPR kedepannya semua ekosistem baik BPR, deposan, dan dana yang disalurkan ke UMKM akan sama-sama bertumbuh.

Nah dengan aplikasi ini, Komunal akan menjadi penghubung bagi BPR yang sudah bisa menyalurkan kredit yang besar, tapi pengumpulan dana pihak ketiganya masih rendah. Dan juga bisa memfasilitasi BPR yang masih kesulitan dalam menyalurkan pinjaman ke UMKM di areanya.

Komunal akan menjadi platform BPR yang terintegrasi, dan semua proses dan hubungan antara nasabah dengan BPR bisa dilakukan dengan mudah.
Aplikasi DepositoBPR Komunal juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan seperti face id dan fingerprint untuk login ke aplikasi, selain itu menjalankan prinsip keamanan data dari ISO27001 agar keamanan data nasabah terjaga.

Dari sisi BPR, BPR akan jadi lebih gampang dalam melakukan penghimpunan dana deposito, jadi akan lebih lancar juga  dalam penyaluran pinjaman ke UMKM.

BPR bisa menjadi pilihan karena prosesnya yang lebih mudah dan tidak berbelit-belit, bunga deposito BPR yaitu 6 %, lebih tinggi hampir 2 kali lipat dari bank umum.  BPR juga memberikan kredit yang besar pada  UMKM, sehingga jumlah UMKM yang  meminjam kredit dari BPR jumlahnya masih banyak.

Acara kemarin juga penuh dengan hadiah, ada bagi-bagi cashback sampai dengan 1 juta, dilakukan pengundian di akhir acara.

Investasi Aman di Komunal

Dok : SS by me

PROMO  KEJAR THR 

Yuk mulai Deposito melalui Aplikasi DepositoBPR Komunal karena bulan April ini ada promo dengan kode KEJAR THR. Jangan lupa masukan kode referral aku ya yaitu OY2633, untuk ajukan pendanaan di DepositoBPR Komunal.

Caranya download aplikasi di smartphone, isilah formulir pendaftaran deposito elektronik, isi jumlah dana investasi dan pilih  jangka waktunya Namun, untuk mendapatkan promo Kejar THR ini,  harus melakukan penempatan deposito sebesar Rp5,000,000 dengan tenor 3 bulan.

Kode untuk promo ini adalah “KejarTHR”. Reward nya adalah voucher belanja ((MAP Voucher, Kawan Lama, Boga Group, Tokopedia, Transmart/Carefour, Alfamart, Ace Hardware),  Jumlah voucher mulai dari Rp100.000 sampai 6 juta, tergantung besarnya nominal deposito kita.

Promo Kejar THR di aplikasi DepositoBPR by Komunal berlaku sampai 31 Mei 2022 dengan kuota 2000 pendaftar saja. Syarat ketentuan berlaku ya. Jangan lupa masukkan kode promo dan menekan tombol “Terapkan” di produk deposito yang dipilih.

Produk dari Komunal.id itu aman dan terpercaya, aku pun udah mencoba download aplikasi dan ingin membuka deposito melalui aplikasi Deposito BPR Komunal karena selain aplikasinya mudah digunakan, prosesnya cepat, ga ribet, informasinya detail, juga aman.