Mengenal Lebih Dekat Air Minum Dalam Kemasan

Setiap mahluk hidup membutuhkan air, apalagi bagi manusia banyak sekali manfaatnya. Kita pasti selama ini banyak mendapatkan informasi mengenai air minum, kali ini kita akan mengenal lebih dekat dengan Air Minum Dalam Kemasan yang pastinya pernah kita konsumsi.

Jujur saya sendiri masih belum paham mengenai hal ini, hanya lebih mendengar dari testimoni orang lain yang juga pernah menggunakan merk tertentu dan efek yang dirasakan dan pastinya saya merupakan salah seorang yang terpengaruh akan informasi yang ternyata belum ada penelitiannya.

Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK – Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG)dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK – Dokter Gizi Klinis & Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCMRosalina Privita – Vice President Research & Innovation PT. Tirta Investama (Danone-AQUA)dr. Tria Rosemiarti – Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA) di Hydration Talk kemarin 14 Mei 2019 banyak memberikan informasi seputar air minum yang wajib kita ketahui.

Mungkin bahasannya akan sangat panjang di tulisan ini, karena memang semuanya adalah informasi penting yang wajib kita tahu mengenai air minum, jenis dan manfaatnya bagi tubuh kita.

MANFAAT AIR DI DALAM TUBUH

Air merupakan salah satu unsur yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh manusia. Air menjadi salah satu zat makro esensial dan berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh, karena berbagai organ dalam tubuh seperti ginjal, otak, dan otot mengandung 70-80% air dan kurang lebih dua pertiga tubuh manusia tersusun dari air.

AIR MINUM DALAM KEMASAN

Biasanya untuk memenuhi kebutuhan minum, kita sering  menggunakan Air Minum Dalam Kemasaan (AMDK)  yang banyak di pasaran dengan aneka merk dan jenis. Ternyata banyak hal yang harus kita tahu mengenai jenis-jenis ini, agar kita bisa memenuhi kebutuhan cairan kita dengan benar tanpa adanya lagi pembohongan mengenai jenis air yang beredar.

Biasanya kalau memilih air kemasan karena kemasannya bagus, pesan kesehataannya bagus, kandungannya, terpercaya karena uji iklinis, atau merasakan manfaatnya.

Di luar sana pasti sering kita dengar istilah air mineral, air alkali, air oksigen dan  air demineral. Saya pribadi hanya kenal dengan air mineral dan air oksigen, dan pemilihan yang saya lakukan biasanya karena terpercaya uji klinisnya , dan pesan kesehatan yang disampaikan di iklanya, bukan karena kemasannya.

Rosalina Privita – Vice President Research & Innovation PT. Tirta Investama (Danone-AQUA) menyambut baik mengenai Hydration Talk yang kali ini yang menghadirkan juga Indonesian Hydration Working Grup, untuk memberikan bahasan yang sangat penting mengenai Air minum.

dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK – Dokter Gizi Klinis & Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM

AIR

Air merupakan bagian dari zat gizi yang sangat penting, dimana sejak tahun 2013 air telah masuk ke dalam AKG (Angka  Kecukupan Gizi) untuk orang Indonesia yang bisa dilihat di dalam piramida/tumpeng gizi dan juga isi piringku,

FUNGSI AIR

Air berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh, melembabkan/membasahi mukosa (mulut, mata dan hidung), lubrikan pada sendi, melindungi organ dan jaringan pada tubuh, mencegah konstipasi, melarutkan zat gizi dan membawanya ke seluruh bagian tubuh kita,  dan membuang sisa metabolisme dan pengatur proses biokimia.

KOMPOSISI AIR

2/3 dari tubuh manusia terdiri dari air, karena air merupakan  zat gizi makro esensial dan tubuh tidak bisa memproduksi air.

DEHIDRASI

Adalah defisit/kekurangan cairan tubuh, dan diikuti dengan gangguan elektrolit, hal ini bisa dilihat dari gejalanya yaitu haus yang bisa berakibat pada penurunan kesadaran.

DAMPAK DEHIDRASI

Dampak dehidrasi bisa berakibat jangka pendek dan panjang .

Jangka pendek disini bisa mengganggu fungsi kognitif dan mood. Misalnya mudah cemas, konsentrasi menurun, daya ingat visual sesaat menurun, mudah mengantuk dan lelah.

Jangka panjangnya bisa mengakibatkan penyakit batu ginjal , infeksi saluran kemih dan meningkatnya resiko kegemukan.

GEJALA DEHIDRASI (JANGKA PENDEK)

Pada bayi yang harus kita waspadai adalah, anak demam, terlihat kelelahan yang tidak biasa, menangis tidak ada air mata, mulut kering , dan setelah 3 jam popok terlihat kering.

Pada dewasa dan anak-anak tanda tanda dehidrasi diantaranya konstipasi, kulit kering, pup berwarna gelap, rewel, mulut kering, lelah, sakit kepala.

DEHIDRASI VS KOGNITIF & MOOD

Dehidrasi bisa menurunkan ingatan dan perhatian, dan mood memburuk. Bahayanya dehidrasi 2% sudah bisa mengganggu fungsi dan performa tubuh kita.

Saat anak dan remaja fungsi kognitifnya terganggu maka akan terganggu konsentrasi, alertness dan memori jangka pendek.

HIDRASI UNTUK KESEHATAN ANAK

Asupan air putih  pada anak 200-400 ml di pagi hari, bisa meningkatkan fungsi pengelihatan dan daya ingatnya, anak akan lebih mudah berkonsentrasi saat disekolah.

DAMPAK DEHIDRASI JANGKA PANJANG

BATU GINJAL

Batu ginjal adalah elemen berbentuk padat yang bisa menyumbat saluran kemih,  dan bisa kambuh 50% dalam 5 tahun, dan dehidrasi adalah salah satu penyebab batu ginjal. Penelitian menunjukan dengan minum air paling sedikit 3L sehari bisa mengurangi kekambuhan batu ginjal.

Penyebabnya sendiri bisa karena faktor individu seperti riwayat keluarga, usia, jenis kelamin, faktor gaya hidup misalnya diet, dehidrasi, obesitas, overweight, diabetes dan hipertensi. Lingkungan juga berpengaruh misalnya jenis pekerjaan, cuaca iklim, letak geografis.

FAKTOR PENYEBAB BATU GINJAL

PENYAKIT GINJAL KRONIS

Penyakit Ginjal Kronis muncul perlahan dan sifatnya menahun, bisa dikatakan sebagai penurunan fungsi ginjal secara bertahap dan bisa menjadi gagal ginjal .

Peningkatan asupan air berhubungan dengan penurunan resiko terjadinya PGK dan fungsi ginjal yang lebih baik. Dan asupan air putih tidak sama dengan jenis minuman lainnya.

INFEKSI SALURAN KEMIH

Infeksi ini terjadi karena adanya bakteri masuk ke dalam saluran kemih dan berkembang biak.

MENINGKATKAN KEGEMUKAN

Hal penting yang harus kita ketahui tentang air putih yaitu bisa membakar kalori lebih banyak (0,5 L bisa meningkatkan kalori yang terbakar selama 1 jam). Air minum sebelum makan bisa mengurangi nafsu makan,

Minum air putih yang banyak bisa menurunkan asupan kalori, mengurangi resiko kenaikan berat badan dan obesitas jangka panjang, terutama pada anak-anak.

Air bisa membantu menurunkan BB, 100% bebas kalori, bisa membantu  membakar lebih banyak kalori, dan menekan nafsu makan jika dikonsumsi sebelum makan. Tapi janga lupa konsumsi makanan sehat dan olah raga.

KEBUTUHAN AIR SEHARI-HARI

Air dalam tubuh kita sekitar 50-60% , dan kebutuhan air untuk anak, dewasa, ibu hamil dan ibu menyusui akan berbeda satu sama lain.

Dewasa Wanita : 7 gelas atau 1.8 L/hari

Dewasa Pria : 8 gelas/ 2 L/hari

Anak : 4-12 tahun = 1.2 L/hari atau 6 gelas , diatas 12 thn kebutuhannya sama  dengan  dewasa

Ibu hamil : Kebutuhan dewasa wanita + 1 gelas (300 mL)/hari

Ibu menyusui : Kebutuhan dewasa wanita + 3 gelas (700 mL)/hari

Kebutuhan air yang berbeda juga akan terjadi pada kita yang sering berolahraga, usia lanjut dan pekerja.

Sebelum  kita berolahraga minum 2-3 gelas 4 jam sebelum olah raga, dan 1-2  gelas 15-20 menit sebelum olah raga. Saat olah raga, minum 1 gelas setiap 15-20 menit latihan. Setelah olah raga minum 3 gelas, setiap penurunan BB 0.5 kg dari sebelum latihan.

Untuk usia lanjut >65 tahun, minum 1.5 L/hari (6 gelas)

Pekerja ringan sebaiknya konsumsi 8-14 gelas/hari, dan kita yang pekerja berat minumlah 14-25 gelas/hari.

Saat bulan Ramadhan atau berpuasa , penuhi kebutuhan air minum dengan  cara 2 gelas (saat berbuka) + 4 gelas ( saat malam) + 2 gelas (saat sahur).

Tidak ada yang namanya keracunan minum air putih, karena jika jumlahnya berlebih maka tubuh akan mengeluarkannya dari tubuh misalnya dari keringat.

AIR MINUM BELUM TERBUKTI ILMIAH UNTUK DETOKSIFIKASI, MENYEMBUHKAN KANKER DLL

AIR MINUM ITU BERFUNGSI MEMENUHI KECUKUPAN HIDRASI KITA SETIAP HARI

KECUKUPAN HIDRASI ADALAH JUMLAH AIR YANG DIMINUM CUKUP DAN DAPAT MENGURANGI RESIKO DEHIDRASI

 

PERIKSA URIN SENDIRI (PURI)

Cara mudah mengetahui kita dehidrasi atau tidak, adalah dengan periksa urin sendiri.  Semakin keruh warnanya, tandanya kita kurang minum dan butuh asupan air. Jika  urine berwarna jernih, maka status hidrasi tubuh kita baik.

Warna Urin
Dok : .h4hinitiative.com

Ket :

Urin bening (kode 1-3), artinya anak terhidrasi baik,  kuning pekat (kode 4-6), tanda anak tidak terhidrasi dengan baik, kuning amat pekat (kode 7-8) berarti anak mengalami dehidrasi.

TIPS CUKUP MINUM

  • Bawa air minum putih kemanapun, gunakan tumbler, siapkan di tas, meja kerja, tempat tidur.
  • Mulai dengan minum air saat istirahat
  • Jangan menunggu haus untuk minum
  • Mulai dan akhiri kegiatan kita dengan air minum putih
  • Perhatikan kondisi tubuh saat membutuhkan lebih banyak air dari biasanya, misalnya saat kondisi panas terik dan habis olah raga.
PERBEDAAN DAN MANFAAT AMDK

TIPE AIR MINUM DALAM KEMASAN DI INDONESIA

Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK – Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG)

APA KITA SUDAH CUKUP MINUM?

Masyarakat Indonesia Rata-rata 70-80% minum air putih, namun masih ada yang kurang minum , baik usia remaja  maupun dewasa.

TIPE AMDK

Air minum dalam kemasan sendiri memiliki peraturan di Indonesia, yaitu :

PERMENPERIND 69/M-IND/PER/07/2009 tentang Air Minum Dalam Kemasan (01-3553-2006)

PERMENPERIND 78/M-IND/PER/11/200916

  • Air minum embun SNI 01-7812-2013
  • Air MIneral SNI 3553; 2015
  • Air Demineral SNI 6241; 2015
  • Air mineral alami SNI 6242-2015

Kategori Pangan BPOM thn 2016

Peraturan MenKes RI (Permenkes No 492/MENKES/PER/IV/2010

MENGENAL AIR MINUM DALAM KEMASAN

Air minum dalam kemasan (AMDK) adalah air baku yang telah diproses, dikemas dan aman diminum mencakup air mineral dan air demineral. (SNI AMDK 01-3553-2006)

Air Embun dan Air berkarbonasi juga termasuk ke dalam AMDK.

AIR MINERAL itu tidak melalui proses pembuatan tambahan, pH nya 6,5-8,5 , mineralnya alami dan tidak menambahkan apapun.

ADALAH MITOS BAHWA KANDUNGAN MINERAL DI DALAM AIR BERBAHAYA BAGI TUBUH

AIR DEMINERAL itu melalui proses destilasi/reverse osmosis/delonisasi, pH nya 5,0-7,5 , tidak mengandung mineral.

ADALAH FAKTA BAHWA ASUPAN AIR DEMINERAL JANGKA PANJANG TIDAK BAIK UNTUK KESEHATAN

AIR BEROKSIGEN adalah AMDK + Oksigen (O2), pH nya 6,5-8,5 dan  5,0-7,5 (demineral), mengandung mineral kecuali air demineral.

ADALAH MITOS BAHWA AIR OKSIGEN BISA MENINGKATKAN PERFORMA FISIK

AIR ALKALI adalah pembuatannya ada penambahan garam/elektrolisis, pH nya 8,5-9,97, dan mengandung mineral.

ADALAH MITOS BAHWA AIR ALKALI BISA MENINGKATKAN pH DARAH

PERSEPSI DI MASYARAKAT TENTANG AMDK

Menurut data survey RTD Water Type (IHWG), masyarakat menganggap manfaat air mineral itu berfungsi mencegah dehidrasi, menghilangkan haus, rehidrasi, dan untuk minum.

Air Demineral dianggap masyarakat  bahan pembuatan medium di lab sebagai pengencer, detoksifikasi, daya tahan tubuh, mencegah dehidrasi, bebas parasi, bakteri, timbal dan mineral, meningkatan kinerja mental, menjaga pH tubuh, mengurangi kerja ginjal.

Air Beroksigen  dianggap masyarakat selama ini bagus untuk kesehatan jantung dan sirkulasi darah, badan lebih segar, membersihkan wajah, detoksifikasi tubuh, menjaga kekebalan tubuh,  suply oksigen dalam tubuh, menyegarkan tubuh, mengganti dan memenuhi ion tubuh.

Air Alkali dianggap masyarakat bisa untuk detoks (bikin kurus, awet muda, bagus tuk kulit, obat jerawat, mengatasi dehidrasi, memperbaiki dan memperlancar pencernaan, untuk kesehatan, menetralisir lemak, racun, melancarkan peredaran darah.

MASYARAKAT CENDERUNG PERCAYA BERITA YANG BEREDAR, TANPA MELIHAT SUMBER /KREDIBILITAS SUMBER INFO

TELAAH KRITIS  adalah penelitian yang dilakukan dan bisa dipercaya hasilnya

FAKTA DARI TELAAH KRITIS

AIR DEMINERAL : Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah hasil penelitian yang menunjukan hubungan antara manfaat air demineral untuk kesehatan.

AIR BEROKSIGEN : Tidak terbukti memperbaiki status hidrasi lebih cepat dibanding air keran pada orang sehat dengan aktivitas ringan-sedang. Air oksigen tidak terbukti  meningkatkan  kinerja fisik.

AIR ALKALI : terbukti  memperbaiki status hidrasi orang dewasa sehat, manfaat terhadap kesehatan belum ditemukan bukti yang kuat.

MITOS DAN FAKTA SEPUTAR TIPE AIR

MITOS :

  • Air oksigen tingkatkan performa fisik, belum terbukti ilmiah karena penyerapan oksigen dalam tubuh hanya oleh organ paru dan bukan lewat usus.
  • Air demineral bisa turunkan BB , yang benar adalah tingkatkan produksi urin sehingga akan merasa haus terus, kalau ada penurunan BB itu hanya sementara.
  • Air Mineral setiap hari tidak baik karena mineral menumpuk dalam tubuh, FAKTA nya mineral dalam air hanya sedikit (sesuai peraturan berlaku) dan tidak akan menyebabkan penumpukan dalam tubuh. Air mineral akan membantu asupan mineral bagi tubuh.

MANFAAT MINERAL BAGI TUBUH

Diantaranya memelihara keseimbangan pH cairan tubuh, memelihara kerja jaringan syaraf, membantu kontraksi  dan relaksasi jaringan otot, memperkuat jaringan, bantu fungsi kardiovaskuler, bantu pembentukan sel dan enzim, cegah karies gigi, perbaiki sistem imun, jaga keseimbangan cairan dan elektrolit, bantu metabolisme zat gizi.

SYARAT AIR MINUM YANG BAIK

Menurut dr. Tria Rosemiarti – Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA) sesuai dengan PERMENKES RI No 492/MENKES/PER/IV/2010 adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna/jernih, tidak mengandung zat berbahaya bagi tubuh (tercemar mikroba E Coli, tercemar pasir/kotoran, pestisida , logam berat timbal, tembaga, cadmium, merkuri, arsen, kimia nitrit, nitrat)

 

 

 

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

One Comment on “Mengenal Lebih Dekat Air Minum Dalam Kemasan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *