Akhirnya setelah sekian lama bisa ke Dufan lagi walaupun masih di masa pandemi dan PPKM, tentunya dengan prokes ketat ya teman-teman. Rasanya ga sabar menikmati wahana yang ada di Dufan.

Dan mulai 14 September 2021 kemarin, Dufan kembali buka mulai jam 10 pagi sampai 5 sore. Nah sebelum kita kesana, banyak hal yang harus kita ketahui ya sebelum kita berkunjung ke Dufan (Dunia Fantasi).

Selain Dufan, Pantai Ancol, Dufan, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Ocean Dream Samudra, Gondola, Putri Duyung Resort dan beberapa restoran yang ada di kawasan wisata Ancol sudah mulai beroperasi dan bisa kita  kunjungi dengan  protokol kesehatan yang wajib kita patuhi.

Untuk kita yang akan  ke Dufan selain download aplikasi PeduliLindungi, kita juga harus sehat pastinya.Saat ini anak usia di bawah 12 tahun, lansia 70 tahun keatas, dan ibu hamil belum boleh berkunjung ya. Pembelian tiket hanya melalui online di website resmi Ancol www.ancol.com.

Untuk bisa ke Dufan, kita harus mempersiapkan aplikasi Pedulilindungi, dan  sudah divaksin Covid-19 minimal dosis pertama ya, jadi jangan lupa juga untuk download aplikasi Peduli Lindungi.

Saat tiba di gerbang Ancol, kita cukup tunjukkan bukti pembelian tiket kepada petugas gerbang Ancol, scan QR Code dan check-in di aplikasi PeduliLindungi. Untuk biaya kendaraan, Ancol hanya menerima pembayaran melalui debit atau m-banking jadi sebaiknya beli online agar tinggal scan saja.

Selanjutnya saat tiba di gerbang masuk Dufan, kita akan diperiksa tiket online yang telah kita beli dan reservasi sebelumnya, untuk selanjutnya di scan agar bisa menikmati wahana yang beroperasi di Dufan.

Untuk kita yang membeli tiket annual pass, saat ini aktivasi dan bentuknya sudah digital ya, cukup aktivasi kode tiket annual pass kita ke bitly/ecardpass dan ikuti petunjuknya, mudah kok.

Selama disana jangan lupa  protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, dan tidak berkerumun.

Sebelum kita naik wahana selama di Dufan, kita akan selalu diberikan handsanitizer jadi pastinya selalu aman. Tempat cuci tanganpun sangat banyak tersedia di dekat wahana.

Pengaturan kapasitas juga sangat diperhatikan, misalnya 1 perahu Istana Boneka maksimal hanya 4 orang dan duduknya selang seling.

WAHANA YANG DIBUKA

Saat ini  wahana yang bisa kita kunjungi di Dufan yaitu Baling-Baling, Istana Boneka, Arung Jeram, Halilintar, Tornado, Bianglala, Kora-Kora, Gajah Beledug, Zig-Zag, New Ontang-Anting, Alap-Alap, Burung Tempur, Pontang-Pontang, Ombang-Ombang, Poci-Poci, Turangga-Rangga, Kolibri, dan Paralayang.

Salah satu wahana favorit aku saat di Dufan adalah Istana Boneka, wahana yang memiliki bangunan  bergaya arsitektur Eropa klasik yang isinya boneka animatronik dari berbagai negara. Kita bisa menjelajah, dengan memakai perahu yang berjalan di atas air mengalir di arusnya yang tenang, sambil menikmati budaya etnik seluruh nusantara dan ciri khas budaya termasuk lagu dari berbagai negara yang ada di Istana Boneka ini.

Aku juga tak lupa menikmati Kora-Kora, Bianglala, Gajah Bleduk dan masih banyak lagi.

Dufan

Dufan

Untuk kita yang lapar, ada bakso Afung dan Yoshinoya dan beberapa booth cemilan. Di Dufan juga banyak tersedia area cuci tangan dan handsanitizer, jadi kita akan selalu terjaga kebersihannya.

PROMO DUNIA FANTASI 

Saat ini ada promo menarik di Dunia Fantasi, yaitu Annual Pass DUFAN (ecard) yaitu gratis 1 tahun ke DUFAN + Reguler Ancol hanya Rp 300.000, dan SIX MONTH PASS DUFAN(Ecard) Gratis 6 bulan ke DUFAN + Reguler Ancol hanya Rp 225.000. Pembelian bisa dilakukan d www.ancol.com ya, paling lambat H-1 sebelum kunjungan ke DUFAN. Periode berlaku sampai 30 September 2021.

Aku sendiri memilih 6 Month Pass Dufan, karena keuntungannya banyak selain gratis ke Dufan selama 6 bulan, banyak diskonnya misalnya 20%  ke Pulau Bidadari Resort, 10% di Ayam Tepi Laut, Potongan hingga Rp 100.000 di Bandar Djakarta Ancol, 10% di merchandise Dufan,  *syarat ketentuan berlaku.

SSBB (Senang Selamat Bareng Bareng) 

Selama di sana Dufan juga slalu mengingatkan untuk selalu gunakan masker, cuci tangan dengan sabun sesering mungkin, jaga jarak minimal 2 meter, dan hindari menyentuh langsung benda/orang. Jadi selama disana perhatikan tanda jarak yang ada di lantai ya sangat berada dalam antrian agar kita semua bisa Senang Selamat Bareng Bareng.