Saat kita punya mobil, aki menjadi salah satu hal penting yang harus kita perhatikan agar mobil kita semakin nyaman saat kita pakai. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memastikan aki kita berfungsi sempurna.

Cara merawat aki mobil biar awet bisa kamu lakukan. Aki termasuk komponen yang memiliki penting pada mobil. Namun apabila penggunaannya secara terus-menerus, maka aki mobil nantinya juga bisa menjadi rusak.

Fungsi utama dari aki mobil adalahmenyuplai daya listriknya untuk komponen-komponen mobil yang lain. Pada saat aki mobil menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya, kenyamanan pengendara dan penumpang mobilnya akan menjadi terganggu.

Untuk merawat aki mobil bisa dilakukan dengan berbagai cara. Hal itu agar aki bisa bertahan lebih lama. Untuk itu, ketahui beberapa cara yang bisa dilakukan :

1. Memeriksa Bagian Terminal pada Aki Mobil

Untuk memastikan aki pada mobil dalam kondisi yang baik, kamu bisa memeriksa bagian terminal aki. Bagian terminal aki ini berfungsi sebagai penghubung kutub positif dan negatif. Umumnya terminal aki lebih mudah mengalami kerusakan.

Terminal pada aki lebih mudah dimasuki berbagai macam bakteri, jamur, dan virus. Beberapa bakteri tersebut dapat membahayakan. Benda-benda asing yang mudah menempel pada terminal tersebut juga disebabkan oleh usia akinya. Kemungkinan usia aki yang terlalu tua.

Untuk membersihkan benda asing pada bagian terminal aki, kamu juga bisa melakukannya tanpa bantuan montir. Caranya dengan menggunakan air panas dan siapkan sikat gigi bekas. Kemudian gosok bagian aki yang terdapat benda asing tersebut sampai bersih.

Selain itu, juga periksa bagian terminal aki mobil. Cara merawat aki mobil biar awet, apabila tampak kendur, kamu bisa lakukan pengencangannya. Apabila terasa sangat sulit untuk mengencangkannya, hal itu sebagai pertanda untuk mengganti baut.

2. Cek Kondisi

Aki merupakan baterai yang menghasilkan energi listrik pada beberapa bagian mobil. Seperti halnya starter dan lampu mobil. Apabila aki mengalami soak, maka mesin mobil tidak bisa menyala. Sebaiknya perlu merawat aki secara rutin dan mengecek kondisinya. 

Kamu bisa mengetahui kondisi aki dengan alat khusus yang bernama battery load tester. Indikator dari alat ini akan memperlihatkan besaran daya dari aki. 

Kamu perlu mengecek juga cairan elektrolit di dalamnya. Hal ini hanya berlaku, apabila kamu masih menggunakan jenis aki basah untuk mobil. Apabila cairan sudah berada di bawah batas normal, kamu perlu segera mengisinya.

3. Panaskan Mobil   

Daya pada aki mobil akan terisi pada saat mobil dihidupkan atau sedang berkendara. Pada saat mobil tidak digunakan, daya pada aki tidak tersimpan. Namun malah akan menjadi berkurang. Terlebih saat membiarkannya selama berminggu-minggu. 

Maka mobil tersebut menjadi tidak dapat terstarter. Hal itu kemungkinan karena tenaga mobil yang kosong. Berkurangnya kapasitas baterai pada aki disebut self discharge. Hal ini bisa dialami oleh kebanyakan mobil. 

Tentunya ada cara merawat aki mobil biar awet. Apabila tidak menggunakan mobil dalam waktu cukup lama, sebaiknya tetap meminta seseorang untuk memanaskan mobil tersebut. Waktunya minimal 15 menit setiap seminggu sekali.

4. Amati Pengisian

Energi pada aki mobil terisi secara otomatis saat mobil menyala. Apabila sering menggunakan mobil, namun tiba-tiba energi pada aki cepat habis, hal itu berarti ada yang salah dengan kondisinya. Kemungkinan sistem pengisiannya yang bermasalah. Kamu bisa mengecek sistem pengisian aki mobil sebelum berkendara.

Caranya dengan melihat indikator baterai pada bagian dashboard mobil. Apabila mesin mobil hidup, kemudian lampu indikator baterainya menyala. Hal itu berarti pengisiannya yang tidak berjalan dengan baik.

Cara merawat aki mobil biar awet, mengecek arus pengisian pada aki mobilnya. Kamu bisa mencoba melepaskan terminal kutub negatif aki. Pada saat kondisi mesinnya sedang hidup. Apabila mesin tiba-tiba mati dalam kondisi tersebut, berarti ada masalah pada sistem pengisiannya.

5. Hati-Hati Saat Aki Mengalami Kebocoran

Aki pada mobil juga bisa mengalami kebocoran. Hal itu akan sangat berbahaya apabila tidak segera menanganinya. Saat sedang memeriksa aki pada mobil dan terdapat adanya kebocoran, sebaiknya segera membersihkan bagian tersebut.

Kamu bisa menggunakan alat khusus untuk membersihkan kebocorannya. Kemudian perlu untuk mengeringkan aki. Setelah membersihkan aki, namun tetap tidak berfungsi, kemungkinan kebocoran aki tersebut sudah parah. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membeli aki yang baru.

6. Rajin Memeriksa Air pada Aki

Cara merawat aki mobil biar awet, melakukan pemeriksaan air aki secara rutin. Kamu perlu mengecek secara rutin 2 atau 3 hari sekali. Apabila melihat persediaan air pada aki berkurang, sebaiknya segera melakukan pengisian ulang.

Apabila persediaan air pada aki berkurang dan tidak segera melakukan pengisian ulang, maka hal itu akan menyebabkan kerusakan pada aki mobilnya. Sehingga persediaan air pada aki harus tetap dijaga dan jangan sampai kehabisan.

Kini ada aplikasi yang bernama Otoklix. Otoklix adalah platform yang fokusnya pada automotive aftermarket domain. Otoklix bukan bengkel, namun platform dalam melakukan booking service. 

Banyak bengkel yang menjadi mitra dari Otoklix. Mitra dengan 1000+ bengkel umum pilihan wilayah Jabodetabek. Di Otoklix, bisa percayakan cara merawat aki mobil biar awet. Memberikan pelayanannya yang lebih transparan dan memudahkanmu. 

Otoklix dengan harganya yang transparan karena akan diberitahukan pada awal booking. Harganya yang akan menjadi lebih hemat hingga 50%. Service mobil dengan garansi 30 hari setelah pengerjaannya. Selain itu, kamu juga bisa membayarnya di bengkel mitra.

Otoklix kini mengadakan Blog Competition by Otoklix dengan hadiahnya puluhan juta rupiah. Lomba Blog Otoklix dengan tema penulisannya: Otoklix sebagai partner servis dan perawatan mobil terpercaya. Periode lombanya diperpanjang sampai dengan 30 Juni 2021.

Kini kamu sudah mengetahui cara merawat aki mobil biar awet. Sehingga setiap berkendara akan selalu nyaman dan aman.