Tak terasa Komunitas Bloggercrony Indonesia sudah menginjak usia 7 tahun di tahun 2022 ini, Komunitas dengan taglinenya Blogging – Networking – dan Empowering berdiri 24 Feb 2015 berbasis di Jakarta. Komunitas Bloggercrony Indonesia sudah terdaftar di Kemenkumham sejak 2018.

Bloggercrony juga sudah mempunyai AD/ART sendiri , dan resmi terdaftar sebagai komunitas yang memiliki akta notaris. Bloggercrony juga saat ini sedang menyusun Kode Etik untuk anggota dan pengurus.

Setiap tahunnya, Bloggercrony Community  selalu mengadakan Blogger Day yaitu acara tahunan, kopdar, silaturahmi , antara pengurus dan anggota komunitas. Acara ini slalu ditunggu setiap tahunnya, dan happya banget karena tahun ini aku salah satunya yang terpilih diantara 100 yang menghadirinya secara virtual. Terakhir terpilih di Blogger Day 2019 yang waktu itu masih diadakan secara offline. 

Komunitas Bloggercrony Indonesia merayakan ulang tahun yang ke-7 secara virtual #7thBloggercrony dengan nama BloggerDay 2022 dan temanya #ScaleUpYourSkill. Acara live dari Hotel Aston Priority Simatupang via zoom yang dihadiri oleh 200 peserta terpilih untuk  mengikuti sesi webinar  menggali ilmu mengenai sikap mental, literasi digital, blogging skill untuk menambah #ScaleUp YourSkill menambah kapasitas kita sebagai blogger dan  member #BCCSquad dan nara sumber kece diantaranya  Tsurayya Syarif Zain, S.Pd.I.,S.Psi.,M.A Praktisi Psikologi Pendidikan Founder Alfalah.ed & Sayanganak.id , Anwari Natari Editor dsan  Dosen Bahasa Indonesia, Tuhu Nugraha Digital Business Consultats &Trainer, Matahari Timoer Blogger & Content Writer, Joe Chandra Blogger & CEO of Seven Creative Media.

Ketua BloggerDay 2022 yang juga sebagai SPV Tim Kreatif Komunitas Bloggercrony Indonesia kak @akbarmuhibar membuka acara, dilanjutkan dengan speech dari  Mba Wawa @WardahFajri , dan Mas Satto. Acara ini meliputi opening, welcoming speech, Blog awarding (congrats to Mbak Dewi Puspita), kahoot games seru, dan dilanjutkan dengan Webinar. Acara #7thBloggercrony benar-benar bertabur hadiah untuk member yang hadir secara virtual. Ada juga suara merdunya Mas Uwan dan Mba Mely.

Untuk Bloggercrony Community  sendiri saat ini memiliki program diantaranya update blogpost di grup Facebook atau Twitter, BW Tuesday, BloggerCare, Bloggerpreneur, Blogger HangOut.

Di BW Tuesday kita bisa blogwalking sesama member komunitas BCC, Bloggerpreneur itu adalah wadah bagi blogger yang memiliki usaha mulai dari makanan dan lain-lain, sedangkan Blogger  Hangout adalah sarana belajar bagi BCC squad yang difasilitasi oleh  Bloggercrony Community.

Sangat bangga menjadi bagian dari BCC Squad, yang memiliki komitmen BCC untuk terus empowering atau memberdayakan anggota-anggotanya, misalnya melalui Blogger Hangout, bloggerpreneur, dan juga berbagi diBloggerCare.

BloggerCare adalah program dengan salah satu agendanya penggalangan dana.  BCC selalu cepat tanggap saat ada bencana datang dan jika memungkinkan akan langsung turun ke lapangan untuk penyerahan donasi.

Informasi penting, jika kita ingin memberikan rekomendasi Bloggercare2022, bisa klik link https://bit.lybloggercareBD2022, dan untuk konfirmasi transfer BloggerCare dapat diakses melalui link berikut, https://bit.ly/DonaturBloggerCareBD2022 . 

Tuhu Nugraha Digital Business Consultats &Trainer

Mas Tuhu Nugraha hadir di #7thBloggercrony menjelaskan mengenai Metaverse, yaitu tempat yang berada di luar dunia atau alam semesta yang ada di dunia maya, tetapi terasa sama nyatanya.

Metaverse adalah konsep yang melibatkan dunia online di mana orang bisa berinteraksi dengan orang lain, berkolaborasi, dan berkomunikasi secara virtual, tanpa harus berada di ruang yang sama, seperti Zoom atau Google Meet. Hanya dengan menatap layar, kita akan benar-benar melihat orang lain seperti di hadapannya.

Metaverse adalah suatu teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan individu lainnya secara virtual. Metaverse sering juga diartikan sebagai simulasi dunia nyata manusia yang diimplementasikan di dunia maya atau internet.

Di alam metaverse, kita sebagai pengguna bisa  membuat avatar sesuai keinginan kita . Avatar 3D adalah gambaran pengguna dalam bentuk animasi 3D, menjadi representasi  kita sebagai pengguna di internet. Di metaverse, kita bisa  melakukan kegiatan apa saja dalam bentuk virtual, misalnya meeting, main, bahkan membeli sebuah properti digital. Metaverse akan membuat  individu dan bisnis akan bisa membuat, memiliki, menginvestasikan, dan menjual produk. 

Akan dibutuhkan alat  yang digunakan di metaverse, seperti kacamata Virtual Reality (VR) dan sarung tangan berteknologi heptic, audio. 

Di Metaverse, kita akan bisa memilih kita akan seperti apa, bisa interaksi, borderless, namun problem utamanya adalah background budaya, harus memahami budaya yang berbeda, dan informasi yang tersimpan akan terekam selamanya, kita harus hati-hati dengan siapa kita terlibat. Kita harus memiliki  safe regulation, dan tidak  mudah stress, dan di metaverse akan memberikan banyak peluang.

Peluang di metaverse, metaverse akan terasa lebih real,  sulit bedakan virtual  dan realita, kita seperti memiliki pintu doraemon yang bisa kemana saja kita mau,  Metaverse bisa menciptakan kehidupan ideal versi kita, tapi waspada potensi kecanduan, karena merasa di metaaverse akan terasa lebih menyenangkan, meminimalisir resiko dan peluang.

Anwari Natari Editor dan Dosen Bahasa Indonesia

Mas Awai juga membahas mengenai resiko dan sikap yang harus disiapkan dalam menghadapi era Metaverse. Media apapun itu bentuknya , kalau masih bisa menjadi media ekspresi dan komunikasi,  masih bisa jadi media kejahatan berbahasa. DI Metaverse, berkata kata ada ekspresinya, misalnya emocticon  untuk menguatkan kata-kata.

Ketika menghina orang, ekspresi, body languange akan mendukung di metaverse, pelecehan bisa dilakukan verbal, atau non verbal  misalnya goyangan tubuh, kejahatan berbahasa akan slalu tetap ada. Kejahatan bahasa tetap relevan, akan tetap ada ancaman-ancaman, berkata-kata harus hati hati , sarannya adalah tetap hati-hati dengan kata kata, namun jangan takut mengkritik kalau memang fakta, deskripsikan jelas jika kita ingin berkata kasar menggunakan kata sifat.

Sebagai blogger contect creator,  membuat konten dari hati, tipsnya kita harus bisa mengendalikan diri sendiri, punya regulation di dunia nyata dan metaverse, harus membatasi sebelum tahu lebih jauh mengenai suatu hal baru.

Mas Awi bilang lakukan regulasi diri, orang tua harus tetap ingatkan sopan santun, kontrol anak kita saat di metaverse, karena karakter di metaverse akan bisa terbawa di dunia nyata.

Adanya ancaman fisik, misalnya doyan ikut ikutan, doyan kumpulkan simblol tapi tidak tahu artinya apa, perhatikan norma, etika, sopan santun, kebaikan di dunia nyata penting dilakukan sebelum masuk di dunia metaverse. Pastinya akan muncul kesempatan / potensi yang bisa didapatkan di metaverse.

Mas Tuhu  bilang kita akan bisa kolaborasi dengan orang seluruh dunia, kolaborasi akan  lebih mudah karena ga akana ada lagi kendala bahasa, karena akan ada translate bahasa, kita blogger  adalah orang yang memiliki  imajinasi bagus, story teller, yang dibutuhkan untuk bangun metaverse, yang bisa dikembangkan, banyak profesi baru yang akan muncul,  dan dialog antar budaya.

Mas Tuhu  berikan tips untuk tidak perlu takut akan suatu perubahan tertentu, berubahlah dengan adanya peluang yang akan muncul, pelajarilah hal tersebut. Sedangkan Mas Awai berpesan untuk jangan takut dengan teknologi, karena efek baik buruknya kembali lagi kepada kita sebagai pengguna. KIta akan bisa merasa teknologi sebagai ancaman dan muncul rasa ketakutan atau bisa menjadi suatu peluang. Kita harus mempelajarinya untuk mendapatkan peluang.

SESI WEBINAR JOE CHANDRA DAN MATAHARI TIMOER 

Joe Chandra berbagi pengalamannya mengenai blognya yang dimonotize sejak 2017. Sebelumnya Joe Chandra aktif menulis dan share di facebook, dan mengasah kemampuan menulisnya dengan mengikuti lomba blog dan akhirnya sering juara.

Joe juga berbagi mengenai tips menang di penulisan lomba blog misalnya kenali  tujuan penulisan untuk selling apa branding?, design grafis di blog diusahakan matching  dengan brand yang adakan lomba, misalnya brand tersebut menyukai design minimalis apa ceria, gunakan produk di artikel blog, baju yang dipakai di foto matching dengan logo branding, tulisan cek menggunakan KBBI, pastikan tanda baca benar., tata cara bicara sesuai, upgrade skill yang mendukung  penulisan,  lakukan riset mengenai tulisan yang diharapkan brand.

Pesan Mas Matahari Timoer buat blog domain kita sebagai representasi diri kita, tapi juga lihat perkembangan yang ada, dan tetaplah menulis karena banyak platform untuk menulis, selama bisa tuk mengekspresikan diri, ga usah minder dan merasa ga update sebagai blogger, karena kita masih bisa menulis di media lainnya. 

Joe Chandra berpesan untuk slalu  Think Out of the box, angkat sudut pandang yang lain saat menulis tema yang sama dengan orang lain, skill up your skill misalnya kepenulisan, digital marketing, dan slalu disiplin berlatih menulis.  

WEBINAR KE 3 : MENGGALI POTENSI BISA YUK JADI PRIBADI  YANG LEBIH BAIK 

Tsurayya Syarif Zain, S.Pd.I.,S.Psi.,M.A Praktisi Psikologi Pendidikan Founder Alfalah.ed & Sayanganak.id mengakhiri sesi webinar di perayaan Bloggerday 2022 dengan tema “BISA YUK! GALI POTENSI JADI PRIBADI TERBAIKMU” diantaranya mengenai pembahasan lengkap mengenai Minat vs Bakat.

Akhirnya pertanyaan selama ini mengenai mana yang harus didahulukan minat atau bakat dahulu terjawab sudah, selain mengetahui perbedaan mengenai minat dan bakat. 

Jadi minat itu adalah sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan apa yang diinginkan saat diberi kesempatan memilih (Elizabeth Hurlock) , dan Lester Crow & Alice Crow bilang minat itu dibentuk oleh 3 unsur yaitu faktor internal, faktor sosial (dorongan positif, pujian, dukungan), dan faktor emosional (pengalaman).

BAKAT BISA TUMBUH JIKA MAU MENGASAHNYA  , MEMBANGUN MINAT LEBIH SULIT DARI BAKAT

Nah saat kita memilih soal karier, pilihlah yang sesuai minatmu karena bakat bisa dilatih.

KEPRIBADIANMU ADALAH GAMBARAN MINATMU 

Kepribadian adalah pola cara pikir dan perilaku dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Kita bisa melakukan tes minat dan bakat dengan tes Riasec yaitu tes minat karir dengan memasangkan  dengan lingkungan yang ideal pada kepribadian tertentu, dan dikelompokkan menjadi 6 tipe kepribadian.

Tes RIASEC adalah salah satu jenis tes psikologi yang bertujuan untuk membantu kita memperkirakan karier yang sesuai dengan diri, karena tipe kepribadian ini akan memengaruhi pemilihan karier dan lingkungan pekerjaan yang sesuai , kepribadian ini akan dimunculkan melalui ekspresi diri dalam pekerjaan.

Semakin kita  mengenali diri melalui tes ini, akan membantu kita menemukan pekerjaan apa yang paling sesuai dengan kepribadian. Punya pekerjaan sesuai dengan kepribadian, happy pastinya, dan  sejahtera. Pekerjaan ga akan lagi jadi  beban, akan slalu nyaman dan menikmati setiap prosesnya dalam bekerja. 

Tes RIASEC isinya adalah beberapa pernyataan, pilihan suka atau gak suka harus dipilih, nanti hasilnya akan menggambarkan bagaimana kepribadian kita.

Realistic

Cara berpikir yang praktis, dalam memberikan informasi, cenderung apa adanya, jujur, dan tidak bertele-tele, se-spesifik mungkin dalam memberikan informasi, kalau bisa dengan contoh. Suka belajar dengan cara mencoba-coba sesuatu, atau praktek langsung apa yang dipelajari. Kebanyakan orang dengan tipe ini lebih senang beraktivitas atau bekerja di luar ruangan alias bukan dari belakang meja.

Investigate

Pengamat yang baik dan suka mencari pemecahan masalah, penuh rasa ingin tahu dan kritis terhadap berbagai informasi yang ada. Tetap terbuka untuk menerima semua informasi, suka menggali dan mempertimbangkan beragam kemungkinan. 

Artistic

Konsisten melakukan sesuatu sampai berhasil atau selesai, pendengar sejati, sabar, suka membantu dan pandai mengendalikan keadaan, selalu fokus pada bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Social

Tekun, fokus pada kualitas dan ketepatan, sangat teliti, kritis dan suka berpikir rumit. Nyaman di  lingkungan dengan ekspektasi kinerja yang jelas, senang melakukan apa saja yang berdampak baik, teguh pendirian. 

Enterprising

Cenderung menyukai aktivitas mengajak orang lain untuk mencapai sebuah tujuan.Mampu bicara efisien dan efektif, bisa memotivasi dan meyakinkan orang lain agar mereka bisa menyelesaikan tugasnya dengan percaya diri. Cenderung ambisius, berani, dan percaya diri. 

Pandai banget buat berkomunikasi dengan seseorang, senang bekerja sama dengan orang baru untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Percaya diri, berani ambil risiko, dan cukup ambisius dalam mengerjakan sesuatu.

Conventional

Tekun, fokus pada kualitas dan ketepatan, teliti dan suka berpikir rumit. Tipe ini akan nyaman jika berada dalam lingkungan yang memiliki ekspektasi kinerja yang jelas, senang melakukan apa saja yang berdampak baik, teguh dalam pendirian, menyukai segala sesuatu yang ada dan berusaha  selalu menjaganya agar tetap teratur, perencanaan teratur, wajib miliki  agenda dan jurnal kegiatan.

HASIL TES GUNAKAN SEBAGAI PEDOMAN YA, JANGAN DITERIMA MENTAH-MENTAH 

Nah untuk mengetahui bidang yang diminati beberapa tahun kedepan, perbanyaklah aktivitas terkait minat, realistis dengan kemampuan, cari informasi karir impian, cari pengalaman bidang yang diminati sejak sekarang.

YUK BERUBAH KE GROWTH MINDSET

Perubahan yang terjadi secara alami, survival matters, meningkatkan kualitas adalah alasan kita untuk memiliki growth mindset. Growth mindset akan melihat situasi sulit sebagai sebuah tantangan, memahami peristiwa sebagai peluang, buat rencana konkret, berani ambil resiko, bersikap kritis, mengapresiasi usaha dan proses.

Complex problem solving, critical thinking, creativity, people management, coordinating with others, emotional intelligence, judgement and decision making, service orientation, negotiation, cognitive flexibility adalah top 10 skills di 2020 lalu. 

GROWTH MINDSET 

  • Growth mindset adalah pola pikir yang selalu berkembang, percaya bahwa kesuksesan bisa didapatkan melalui kerja keras,
  • Berpikir bahwa kecerdasan atau bakat hanyalah titik permulaan, tidak mau bergantung hanya dari bakat yang dimilikinya saja.
  • Sadar kalau kualitas seseorang, kayak skill intelektual, bisa didapat lewat usaha.
  • Anggap usaha itu penting, punya keinginan untuk tumbuh.
  • Kesuksesan adalah tentang progres. Seberapa jauh kita berkembang dari kemarin
  • Selalu belajar dan bekerja keras  untuk mendapatkan suatu keterampilan
  • Tidak percaya dengan adanya orang yang “pintar” atau orang yang terlahir “berbakat.”
  • Berpikir bahwa semua orang akan bisa memiliki suatu keterampilan selama berusaha dan memiliki motivasi bekerja keras.
  • Selalu fokus pada usaha
  • Sangat suka mencoba hal baru
  • Belajar dari kritik , melihat sisi positif dari kritikan yang didapat, akan melihat potensi untuk memperbaiki diri dari kritikan.
  • Kesulitan adalah hal yang harus ditaklukan, walau akhirnya gagal tapi tidak akan menyerah dan akan berjuang lebih keras.
  • Lebih terbuka dengan tantangan dan mau belajar hal baru.
  • Merangkul Tantangan, gigih hadapi tantangan, 
  • Effort sebagai jalan untuk menjadi ahli 
  • Belajar mencari inspirasi dari kesuksesan orang lain.
  • Tidak takut gagal, gagal berarti ada pelajaran baru untuk mengembangkan diri, menghargai kerja keras, terbentur, terbentur, terbentur, dan terbentuk.

FIXED MINDSET 

  • Pola pikir yang percaya bahwa kecerdasan atau bakat yang dimiliki sifatnya akan tetap dan tidak akan berubah dan dikembangkan
  • Percaya bahwa bakat yang dimiliki berkontribusi besar pada kesuksesan tanpa perlu melakukan usaha ekstra atau bekerja keras
  • Percaya bahwa mereka adalah orang yang “pintar” sehingga tidak perlu berusaha dan bekerja keras untuk menggapai kesuksesan.
  • Cenderung suka dipuji
  • Takut ambil risiko, menghindari tantangan, mudah menyerah
  • Menolak kritik, tanggapi  kritikan  dengan negatif.
  • Semua kritikan yang ditujukan padanya dianggap terlalu personal dan tujuannya menjatuhkan,  cenderung membenci orang yang telah mengkritiknya.
  • Lebih mudah menyerah saat hadapi  kesulitan, saat alami gagal, akan sulit untuk bangkit kembali.
  • Gampang puas diri saat sukses dan tidak berani keluar dari zona nyaman.
  • Melihat effort sebagai sesuatu yang tidak berguna
  • Merasa terancam dengan keberhasilan orang lain 

SOUVENIR BLOGGERDAY 2022

Yang selalu ditunggu-tunggu setiap Bloggerday adalah souvenir yang dikirimkan ke BCC Squad terpilih, tahun 2022 ini aku kembali mendapakan PIN yang keren abis, design dan bahannya membuat aku bangga memilikinya.

PIN Bloggercrony  ini dibuat oleh Cera Production yang juga merupakan salah satu sponsor pendukung BloggerDay 2022 yang memproduksi souvenir dan kaos BCC Squad untuk selebrasi virtual 7th Komunitas Bloggercrony Indonesia.

Cera Production adalah perusahaan yang bergerak dalam production service (layanan produksi) untuk kantor swasta dan instansi yang memproduksi Premium Gift Set, Souvenir, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). Selama lebih dari 10 tahun, Cera telah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi. Saat ini Cera dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia.

Jadi jika butuh souvenir kantor, seminar kit kantor, langsung order aja ke Cera Production karena pilihannya banyak diantaranya kalender meja, mug, flashdisk, ballpoint, kaos, backpack, tumbler, plakat award.   Jujur aku naksir banget dengan kaosnya, bagus banget.

Acara  BloggerDay 2022  juga disponsori  Hotel Aston Simatupang, Mangrove Jakarta, Id Cloud Host, Katalensaku Photoworks, Alagyoza, Digiefood, Nyipede Souvenir, dan Laluna Kitchen.

Sampai ketemu di Bloggerday 2023 

Reff : ruangguru.com, glints.com