Pasti semua setuju kan, kalau saat ini semuanya mengandalkan digital, kita semakin dimudahkan dalam melakukan transaksi apapun. Buatku sangat terasa mulai dari awal pandemi 2 tahun yang lalu, dimana kita diminta untuk mengurangi mobilitas keluar rumah namun seluruh rutinitas kita harus terus berjalan.

Siapa yang seperti aku yang termasuk Digital savvy yaitu  mereka yang banyak mengandalkan aplikasi smartphone untuk menunjang aktivitasnya, seperti pelajar, pebisnis, dan profesional.

Belanja online, jajan makanan online, semuanya hanya tinggal bermodalkan kuota dan smartphone yang kita punya. Begitupun dengan urusan perbankan dan transaksi dengan bank, kita juga mulai beralih menggunakan smartphone tanpa harus repot ke bank.

Kita pasti familiar dengan istilah digital banking  yang tujuannya memudahkan kita melakukan semua kegiatan transaksi perbankan kapanpun dan dimana saja.

Digital banking yang bisa kita lakukan misalnya transfer, pembayaran tagihan, pembukaan rekening, investasi, dan yang aku suka adalah ada fitur yang menawarkan pengaturan keuangan yang membuat aku bisa belajar disiplin soal pengeluaran.

Yang aku suka dari digital banking daripada layanan bank konvensional, adalah efisiensi waktu, aku tidak usah lagi datang ke banknya, ambil  no antrian, bertemu dengan CS hanya sekedar mengurus transaksi, kapanpun aku bisa tidak terpaku dengan jam tutup bank.

Aku bisa akses layanannya dan transaksi kapanpun 24 jam, cukup dengan smartphone dan kuota internet. Selain dengan digital banking aku bisa lebih menghemat waktu, aku juga bisa tetap hemat walaupun sering ngopi cantik dengan memanfaatkan penawaran promo.

Buat aku layanan digital banking itu mempermudah, praktis, cepat, satu aplikasi bisa melakukan banyak transaksi, dan aku sangat terbantu saat aku sedang diluar rumah, dimana saat jajan, bayar parkir, belanja,  tidak harus membawa uang cash banyak, cukup lakukan pembayaran dengan non tunai.

Aku bisa mengakses layanan perbankan melalui suatu aplikasi, di mana pun 24 jam, kita bisa membayar  tagihan seperti listrik, gas, telepon, dan kartu kredit. Kapan pun bisa masuk ke akun dan melihat catatan transaksi kita hanya melalui online via smartphone.

Dengan layanan bank digital, tidak ada lagi struk-struk belanja yang biasanya menjadi sampah di rumah, selain  itu aku percaya layanan digital banking terjamin keamanannya.

BANK DIGITAL

Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12 /POJK.03/2018 disebutkan bahwa Layanan Perbankan Digital adalah layanan bagi nasabah Bank untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, dan melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik yang dikembangkan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data nasabah dalam rangka melayani nasabah secara lebih cepat, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan (customer experience), serta dapat dilakukan secara mandiri sepenuhnya oleh nasabah dengan memperhatikan aspek pengamanan. Hal ini memungkinkan calon nasabah dan/atau nasabah bank melakukan transaksi diantaranya registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan (tarik tunai, transfer dan pembayaran), dan penutupan rekening, termasuk memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan, antara lain nasihat keuangan (financial advisory), investasi, transaksi sistem perdagangan berbasis elektronik (e-commerce), dan kebutuhan lainnya dari nasabah bank.

Untuk generasi milenial, tentunya aku sangat mengandalkan transaksi digital setiap harinya, mulai dari belajar pengelolaan uang, belanja online, bayar transaksi di merchant saat keluar rumah dan sahabatku saat ini adalah aplikasi Bank Digital aplikasi blu by BCA Digital.

Aplikasi blu by BCA Digital

Aplikasi blu by BCA Digital adalah produk BCA Digital, yang akan berikan kemudahan untuk generasi muda dalam melakukan transaksi keuangan melalui smartphone setiap saat dan dimanapun, mulai dari proses pembukaan rekening, menabung, transfer, cukup melalui smartphone,  tanpa perlu datang ke bank dan hanya dibutuhkan waktu yang singkat.

Berbeda dengan aplikasi mobile banking BCA, blu adalah bank digital yang beda dari bank konvensional, dimana kita pertama-tama harus membuka rekening baru melalui aplikasi blu. blu juga tidak punya  kantor cabang, tapi tetap terintegrasi dengan BCA.

BCA Digital dan Bank BCA Konvensional

No Rekening BCA Digital beda dengan rekening Bank BCA, BCA Digital dilakukan secara online, mulai dari pembukaan rekening bluAccount, transaksi keuangan dilakukan secara online melalui aplikasi blu by BCA Digital.

Menjadi nasabah bank digital, kita akan bisa melakukan semua aktivitas perbankan menggunakan internet, sebelumnya jika aku gunakan internet banking atau mobile banking fiturnya masih terbatas, aku hanya bisa cek saldo, transfer uang, bayar tagihan,  deposito, masih ada aktivitas perbankan yang  masih harus dilakukan di kantor bank.

Dengan  bank digital semuanya  dilakukan online, mulai dari buka- tutup rekening. Proses verifikasi diri saat buka tabungan dilakukan dengan media video call dan digital signature. Untuk mengaktifkan rekening, biasanya kita diminta melakukan setoran awal nominal tertentu.

Review Aplikasi blu by BCA Digital

blu by BCA Digital

Sekarang blu menjadi aplikasi Bank Digital andalanku karena bisa membuatku pintar dalam mengatur keuangan. Berbagi sedikit Review Aplikasi blu ,  Aplikasi blu by BCA Digital  juga menawarkan banyak fitur dan program yang menarik diantaranya  Bebas biaya transfer ke Bank Lain dan program bluRewards.

Aplikasi blu by BCA Digital

Review Aplikasi blu

Lanjut ke Review Aplikasi blu , Aplikasi blu by BCA Digital  adalah aplikasi mobile bank digital yang bisa ini itu, menyatu dengan kehidupan kita sehari-hari, blu by BCA Digital  adalah aplikasi mobile banking dari BCA Digital yang dibuat dan dikembangkan untuk memberikan kemudahan untuk  transaksi finansial dan non finansial melalui handphone. BCA Digital adalah bagian dari BCA Group.

Aplikasi blu memberikan  gratis biaya admin bulanan, kita bisa melakukan tarik ataupun setor tunai gratis di semua ATM BCA di Indonesia tanpa dikenakan biaya, yang paling aku suka adalah aku bisa Bebas biaya transfer ke Bank Lain *.

Aplikasi blu membantu kita mengelola keuangan untuk mencapai tujuan yang kita inginkan dengan mudah, bebas dan lebih baik.

Kelebihan aplikasi blu by BCA Digital :

  • Proses pembukaan rekening sangat cepat dan dilakukan secara online, dengan syarat hanya eKTP
  • Fitur lengkap untuk simpan tabungan khusus, tabungan bersama dan deposito.
  • Gratis biaya admin bulanan dan gratis biaya lain selama 2 bulan setelah pembukaan rekening
  • Gratis biaya transfer antar rekening BCA tanpa batas
  • Gratis biaya transfer antar bank sebanyak 20 kali transaksi
  • Gratis top up Gopay dan OVO sebanyak masing-masing 5 kali transaksi
  • Tidak ada minimal saldo setoran awal dan semua saldo bisa ditarik hingga Rp 0
  • Tidak ada penalti kekurangan saldo
  • Bisa mendapat bonus Rp 250 rb dari program bluReferral atau ajak teman dengan menggunakan kode yang kita share
  • Banyak promo menarik seperti potongan belanja di merchant tertentu, cek di halaman promo

Coba sekarang langsung daftar di blu by BCA Digital, pertama download  aplikasi blu untuk Android atau aplikasi blu untuk iOS. Siapkan no telepon aktif dan KTP, NPWP (jika ada), masukan kode referral aku ya OLYVIT9Z8 .

Sebagai nasabah blu baru, aku bisa menikmati :

• Bebas Biaya Admin
• Bebas Biaya Tarik Tunai di ATM BCA
• Bebas Biaya Transfer ke BCA
• Bebas Biaya Transfer dari BCA
• Bebas Biaya Transfer ke Bank Lain /Top Up GoPay*

*Hingga 20 kali per bulan di 2 bulan pertama sejak pembukaan rekening. Setelah 2 bulan, bebas biaya top up GoPay/transfer ke bank lain tetap bisa dinikmati dengan memastikan saldo portofolio rata-rata bulan sebelumnya minimal Rp 1 juta.

Untuk nasabah baru ada promo kode refferal yang akan kita dapatkan saat registrasi dan bisa dapatkan bonus saldo Rp25.000 (sampai 31 Maret 2022, *syarat ketentuan berlaku ya dimana ada saldo mengendap Rp 1 juta di bulan sebelumnya, pastikan teman yang memakai referral kita top up dulu Rp 250.000 dalam 1 kali transaksi setelah berhasil buka rekening, top up maksimal 7 hari dari tgl buka rekening, nanti pemberi referral dan pengguna referral akan dapat bonus Rp 25.000, maksimal hanya bisa 10 orang ya, kuota terbatas ya).

Aku paling suka Bebas Biaya Transfer ke Bank Lain nya.

BUKA REKENING blu by BCA Digital

Spesifikasi minimum handphone untuk install blu yaitu Android 6.0 ke atas, dan iOS 12.4 ke atas.

Karena aku nasabah BCA, aku pilih opsi “Saya Nasabah BCA” saat melakukan pembukaan rekening blu untuk penarikan data pekerjaan dan alamat domisili.

Setelah pengisian data diri selesai, akan dilakukan veriifikasi data oleh BCA Digital melalui video call, dalam waktu 1×24 jam rekening kita akan aktif.  Karena aku nasabah BCA, data yang diisi sedikit, setelah masukkan nomor kartu ATM, datanya langsung sama dengan data yang telah ada di BCA.

Bebas biaya transfer ke bank lain

Tidak perlu waktu lama untuk membuat tabungan di BCA Digital, perintah di aplikasinya sangat jelas dan mudah diikuti untuk membuka tabungan. Langkah yang harus dilakukan untuk membuka rekening baru bluAccount di aplikasi blu setelah download untuk membuka bluAccount, isi data, verifikasi oleh customer service officer (CSO) melalui panggilan video.

Ini langkah daftar atau buka rekening di blu BCA Digital :

  • Download aplikasi blu di Play Store atau App Store
  • Setelah berhasil install, buka aplikasi blu
  • Masukkan nomor telepon aktif dan siapkan dokumen persyaratan
  • Upload foto eKTP
  • Melengkapi formulir data diri
  • Ambil foto selfie lewat aplikasi blu
  • Menghubungkan dengan akun BCA, namun jika tidak punya bisa di skip
  • Jika punya akun rekening BCA, silakan lakukan verifikasi yaitu dengan memasukkan nomor rekening dan nomor telepon yang terdaftar
  • Melengkapi formulir alamat sesuai eKTP
  • Mengisi detail pekerjaan
  • Menyetujui perjanjian
  • Langkah terakhir, akan dihubungi oleh Customer Service BCA Digital, melalui panggilan video (video call) untuk memastikan identitas, dokumen  sudah sesuai
  • Rekening teraktivasi maksimal 1 jam, pengajuan pembukaan rekening akan disetujui.
  • 1 akun = 1 Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Akan diminta untuk upload NPWP jika nominal portofolio yang dimiliki sudah mencapai Rp 7,5 juta.

Menurutku proses pendaftaran blu by BCA Digital sangat mudah, proses verifikasi cepat.

Fitur-fitur Utama di Aplikasi blu

Yuk buka rekening di blu by BCA Digital, cepat dan simple, ga sampai 10 menit udah jadi.

Dengan aplikasi blu by BCA Digital aku memiliki fitur bluAccount, bluSaving, bluGether, bluDeposit, transfer uang, aku bisa tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA, beli pulsa & bayar tagihan pascabayar, pembayaran internet/TV kabel, top up OVO & GoPay, pembayaran pakai QRIS, cek saldo, cek riwayat transaksi.

Fitur utama di aplikasi blu akan membantu kita mengelola keuangan :

1. Transaksi
  1. Transfer antar Bank BCA atau Bank lain.
  2. Bayar pakai QRIS, tinggal scan.
  3. Tarik Tunai di ATM BCA terdekat tanpa kartu ATM, bebas biaya.
  4. Top up e-Money  OVO dan GoPay.
  5. Transfer melalui BCA Virtual Account.
  6. bluGift
  7. Bayar/Beli pulsa, paket data, token listrik, internet/TV kabel, voucher game, voucher digital.
  8. Setor tunai di bluAccount.

Yang aku suka di aplikasi blu adalah transaksi cukup lewat satu aplikasi, bisa dijadikan favorit dan ada menu reminder.

2. Tracker

Fitur Tracker akan mencatat riwayat transaksi kita baik pemasukan dan pengeluaran di rekening. Fitur ini membantu aku memantau keluar masuknya uang  di rekening. Ada 3 jenis laporan keuangan: Laporan Portofolio, E-Statement, Data Pendukung SPT.

Pergerakan uang di tiap fitur blu bisa di cek dengan memakai filter di riwayat transaksi.

3. Simpanan

Menabung di blu itu akan Bikin happy , semangat nabung, karena ada bebas biaya admin, bunga kompetitif, dan urus segala serba gampang, Lebih pintar karena bisa catat cash flow aktivitas finansial sehingga terpantau dengan baik, Tanpa jarak,  apapun transaksinya, blu selalu ditangan, Selalu sigap dan Saling Jaga, butuh bantuan ada tim haloblu.

Fitur Simpanan : kita bisa atur keuangan lebih gampang sesuai maunya kita.

bluAccount : rekening utama, rekening transaksi dan aktif di aplikasi blu. Kita bisa menerima transfer masuk, transfer ke sesama rekening blu atau transfer ke bank lain, tarik tunai di ATM, juga bayar dan beli. Kita  hanya bisa memiliki 1 rekening bluAccount. Setelah memiliki bluAccount, kita  bisa membuat rekening bluSaving, bluGether, dan bluDeposit.

Untuk Top up uang bisa dilakukan dari rekening bluAccount lain atau dari rekening bank lain, Online Banking, ATM Prima, ATM Bersama.

cara transfer uang dari BCA ke blu?

Pilih Transfer antar Bank-Pilih Bank BCA Digital  di daftar Bank Penerima, masukkan kode Bank BCA Digital  (501)-Lanjut, masukkan nomor rekening bluAccount-Masukkan nominal yang diinginkan-Lanjutkan proses sampai selesai

cara transfer uang dari bank lain ke blu?

Pilih Transfer antar Bank-Pilih Bank BCA Digital di daftar Bank Penerima, masukkan kode Bank BCA Digital (501)-Lanjut, masukkan nomor rekening bluAccount -Masukkan nominal – Lanjutkan proses sampai selesai

bluSaving : pemisahan tabungan dalam satu rekening rekening bluAccount, atau tabungan yang bisa dinamai sesuai pos-pos kebutuhan kita. Tabungan khusus yang berbeda dari rekening bluAccount, aku pakai saat aku memiliki keinginan tertentu, misalnya liburan, beli laptop.

Dengan bluSaving di dalam satu rekening, kita  bisa membuat 10 tabungan yang kita bisa tentukan tujuannya. Bisa juga autodebit untuk setoran ke bluSaving. bluSaving itu rekening tabungan yang dananya hanya bisa dipindahkan dari/ke bluAccount.

Cara buat bluSaving dengan tujuan tertentu : Pilih bluSaving dari Dashboard Simpanan- Klik ‘Buka bluSaving’, pilih tujuan Simpanan-Tulis nama bluSaving sesuai keinginan-Masukkan setoran awal, klik Lanjut-Atur nominal goal dan tanggal pencapaian, klik Lanjut-bisa juga mengaktifkan fitur autodebit-Klik ‘Buka bluSaving’

bluGether : rekening bersama untuk kepentingan kelompok, misalnya donasi, patungan, arisan, membeli kado, liburan bareng. Intinya patungan untuk membeli atau bayar sesuatu. Di fitur bluGether ini kita bisa menambahkan member sampai  24 orang, jadi setiap orang bisa melihat atau menambah saldo dan mutasi transaksi.

bluDeposit :  rekening deposito berjangka dengan suku bunga tinggi, deposito yang tenornya bisa dipilih sendiri dari satu hingga 12 bulan, nominalnya mulai dari Rp 1 juta 1- 12 bulan, dan sebelum jatuh tempo deposito akan tetap bisa ditarik (namun tidak dapat bunga).

TRANSAKSI AMAN DENGAN blu by BCA Digital

Tenang, aman kok, semua  transaksi digital banking di aplikasi blu ini diawasi dan diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), simpanan tabungan dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Keamanan aplikasi sangat aman, ada password, fingerprint , Face ID, PIN, dan SMS OTP.

Kenapa aku pakai blu by BCA Digital karena simpel dan praktis, bisa kirim uang, bayar belanja di platform e-commerce cukup pakai HP, Cashless. Dengan blu by BCA Digital bisa melakukan transaksi keuangan di aplikasi blu dimana dan kapan pun aku mau. Selain itu, aplikasi blu terintegrasi dengan infrastruktur BCA Digital, seperti ATM dan BCA call center.

bluRewards

Fitur bluRewards membuat kita bebas bertransaksi bebas biaya, dan berikan cashback. Nasabah baru otomatis mendapatkan bluRewards di bulan pembukaan rekening dan bulan berikutnya tanpa syarat saldo rata-rata. bluRewards juga berlaku bagi kita yang sudah dengan status rekening aktif di atas 2 bulan dan dengan saldo rata-rata portfolio lebih besar atau minimal Rp 1.000.000 pada bulan sebelumnya.

Saat ini blu juga mengadakan program bluRewards yang bisa langsung dinikmati oleh nasabah baru di bulan pertama pembukaan rekening dan bulan berikutnya tanpa persyaratan saldo rata-rata. Dan dengan bluRewards, nasabah blu juga bebas bertransaksi tanpa biaya.

Fitur bluRewards

Beberapa keuntungan menggunakan fitur bluRewards :

  1. Bebas biaya admin
  2. Bebas transfer antar Bank (Online/LLG)  20x transaksi/bulan.
  3. Bebas top up OVO  5x transaksi/bulan (bentuknya cashback).
  4. 2x cashback QRIS 50% maks. Rp 5ribu /transaksi.
  5. Bebas top up GoPay  5x transaksi/bulan.
  6. Pembaharuan bluRewards di tanggal 1 setiap bulannya.
  7. Fitur bluRewards juga berlaku bagi kita dengan status rekening aktif di atas 2 bulan,  saldo rata-rata > atau minimal Rp1.000.000 di bulan sebelumnya.
  8. bluRewards akan diperbarui di tanggal 1 setiap bulannya.

* Ketentuan bluRewards 20x bebas biaya transfer, 5x bebas biaya top up GoPay, dan 5x bebas biaya top up OVO (dalam bentuk cashback) bagi sobatblu baru :

sobatblu baru dengan status rekening aktif pada 2 bulan pertama dari bulan pembukaan rekening (tanpa persyaratan saldo rata-rata) bisa mendapatkan:

  • 20x bebas biaya transfer ke bank lain
  • 5x bebas biaya top up GoPay
  • 5x bebas biaya top up OVO (dalam bentuk cashback)

sobatblu > 2 bulan

Dengan status rekening aktif di atas 2 bulan bisa mendapatkan:

  • 20x bebas biaya transfer ke bank lain
  • 5x bebas biaya top up GoPay
  • 5x bebas biaya top up OVO (dalam bentuk cashback) dengan memastikan saldo rata-rata portfolio (gabungan bluAccount, bluSaving, bluGether dan bluDeposit) >= Rp1.000.000 pada bulan sebelumnya.

bluRewards ini berlaku dari tanggal 1 bulan pertama s/d tanggal 1 di bulan kedua setelah perhitungan saldo rata-rata portfolio dan  bluRewards akan diperbarui di tanggal 1 setiap bulannya. Sebelum pembaruan dilakukan, kita  masih dapat menggunakan kuota bluRewards bulan sebelumnya (jika masih ada).

Cek fitur bluRewards bisa di bluaccount, di pojok kanan (gambar kotak hadiah), di aku ada promo pembelian kopi dan potongan diskon ayam.

Aplikasi blu by BCA Digital adalah brand yang super baik, karena mensupport hobi anak muda yang sedang happening saat ini dengan segala aktivitasnya yang padat misalnya banyak memberikan promo melalui bluRewards.

Semenjak pakai blu by BCA Digital, aku bisa akses 24/7kapanpun aku mau, download blu sekarang juga yuk. Untuk informasi bisa di haloblu 1500668 (telepon/klik menu bantuan), email: haloblu@bcadigital.co.id, twitter: @haloblu.

Pakai blu, untuk hidup lebih mudah dan terkoneksi, apa pun tujuanmu.