4 Langkah ” CEK KLIK” Sebelum Belanja

Belanja merupakan sesuatu hal yang paling menyenangkan untuk semua orang pastinya, termasuk saya salah satunya. Ternyata ada 4 hal yang harus diperhatikan yaitu CEK KLIK.

Saat kita berbelanja baik online maupun offline biasanya saya tergiur dengan harga diskon, yang akhirnya saya membeli namun kadang mengabaikan 4 hal yaitu CEK Kemasan, Label, Ijin edar dan Kadaluarsa.

Banyak hal yang harus kita lakukan untuk menjadi konsumen cerdas.

Kemasan

Label

Ijin edar

Kadaluarsa

Saat ini , kita akan semakin mudah menjadi konsumen cerdas dengn menginstal aplikasi BPOM Mobile di smartphone kita. Cukup scan barcode produk yang kita beli,maka info detail dari produk tersebut bisa kita lihat.

Banyak hal yang bisa kita lakukan melalui aplikasi ini mulai dari cek produk, menyimpan riwayat scan, berita penting dari BPOM dan pengaduan.

Banyak hal menarik yang disampaikan di Launching CEK KLIK oleh BPOM diantaranya Talkshow, games, quiz, dan hiburan oleh Rio Febrian.

Badan POM atau yang sempat kita kenal dengan Dirjen POM dulu adalah  instansi yang bertanggungjawab mengawasi peredaran Obat dan Makanan di Indonesia, berkewajiban memberikan perlindungan bagi konsumen.

Salah satu caranya dengan melakukan berbagai program edukasi yang trrus menerus sehingga masyarakat tidak membeli dan mengonsumsi produk yang tidak aman bagi kesehatan, dan akan memberi efek tidak baik bagi tubuh kedepannya.

Dalam rangka mengedukasi masyarakat untuk selektif memilih Obat dan Makanan aman, Sabtu (07/09), Badan POM menggelar acara Talkshow Bersama bertemakan “Ayo Cek KLIK, Pilih Obat dan Makanan Yang Aman” di Avenue Of Stars, Lippo Mall Kemang.

Dialog interaktif ini dikawal oleh Ananda Omesh ini, dan menghadirkan narasumber Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Kementerian Perdagangan, Ojak S. Manurung; Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi; dan Wakil Ketua Umum DPD Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) DKI Jakarta, Faturrahman. Ussy Andhika pun hadir sebagai perwakilan dari selebrity yang juga sebagai entrepreneur.

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito dalam sambutannya menyampaikan bahwa Badan POM terus membangun kesadaran masyarakat untuk selalu memilih, membeli, dan mengonsumsi produk Obat dan Makanan yang aman, melalui kampanye Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) serta Aplikasi BPOM Mobile (2D barcode).

Aplikasi ini akan memudahkan kita sebagai masyarakat awam dalam melakukan pengecekan produk Obat dan Makanan yang terdaftar melalui scanning 2D barcode pada label produk, pengaduan terhadap suatu produk, dan mendapatkan berita terbaru dari Badan POM

Simulasi Aplikasi BPOM Mobile

Aplikasi BPOM mobile sudah bisa didownload melalui Google Play dan App Store.

Banyaknya penjualan melalui online, aplikasi BPOM Mobile (2D Barcode) akan semakin memberi kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pengecekan produk Obat dan Makanan yang terdaftar melalui scanning 2D barcode pada label produk.

Ternyata Penerapan 2D barcode telah diatur dalam Peraturan Kepala Badan POM No. 33 tahun 2018 tentang Penerapan 2D Barcode dalam Pengawasan Obat dan Makanan. Baik Obat dan Makanan yang diproduksi dan diedarkan di dalam negeri dan/atau yang diimpor untuk diedarkan di wilayah Indonesia.

Informasi yang akan kita dapatkan setelah scan 2D barcode antara lain: Nomor Izin Edar dan/atau nomor identitas produk yang berlaku, nomor bets atau kode produksi, tanggal kedaluwarsa, dan nomor serialisasi.

Badan POM juga akan mensosialisasikan Cek Klik di tiap ritel, dan mengupdate aplikasinya sehingga informasinya akan semakin up to date.

Setelah talkshow berlangsung
Kepala Badan POM dan para narasumber mendatangi pusat perbelanjaan, untuk memeriksa dan mensosialisasikan Cek KLIK kepada pengunjung seraya mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya saing.

Dok : @papikyh

“Teliti sebelum membeli dan laporkan jika ada pelanggaran dengan menghubungi contact center HaloBPOM 1500533 atau mendatangi langsung ke Kantor Badan POM di seluruh Indonesia,” pesannya.

Yuk mulai sekarang kita beralih menjadi  konsumen cerdas baik dalam membeli makanan, kosmetik ataupun obat-obatan yang aman bagi tubuh.

 

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *