Zuzhu dan Zazha, Tokoh Animasi Edukatif Frisian Flag Indonesia

Siapa yang setiap harinya dibuat galau dengan tontonan anak yang edukatif dan jajanan sehat untuk anak?, saya termasuk salah satu Ibu yang merasa resah dengan dua hal tersebut. Karena tontonan anak dan jajanan sehat anak, merupakan kedua hal yang harus diperhatikan pada anak. Senang rasanya karena sekarang ada Zuzhu dan Zazha, Tokoh Animasi Edukatif dari Frisian Flag Indonesia.

2 karakter baru ini memiliki 2 sifat yang tentunya berbeda dan bisa diambil pesan moralnya dari setiap tayangan e-comic nya, yang bisa dilihat di  www.frisianflag.com/DuniaZuzhu yang bercerita mengenai petualangan mereka setiap minggunya.

Frisian Flag Indonesia menghadirkan 2 karakter baru ini, sebagai inovasi yang dipersembahkan untuk generasi Alpha yang selalu dekat dengan gadget dan sosial media. Karakter Zuzhu dan Zazha, akan membawa misi mencerahkan edukasi gizi dan hidup sehat kepada generasi Alpha, yaitu generasi anak-anak kita sekarang.

Kedua karakter ini , terinspirasi dari tetesan susu yang memiliki banyak manfaat dan kebaikan bagi kesehatan, diharapkan bisa menjadi alternatif konten edukasi menarik bagi anak-anak Indonesia. Pesan edukatif dan kisah inspiratif yang disampaikan melalui e-comic dan film animasi pendek berupa video animasi.

Untuk mengajak anak-anak minum susu dengan cara menyenangkan, Frisian Flag Milky membangun sebuah karakter pahlawan super baru, Zuzhu & Zazha, dengan konsep kampanye yang menarik dan edukatif untuk anak-anak usia 6-12 tahun. Dok : frisianflag.com

Frisian Flag Indonesia ingin melalui 2 karakter ini menyampaikan pesan pada anak-anak, untuk selalu membiasakan hidup sehat. Dengan hadirnya kemasan baru ini, juga akan dibuatkan e-komik dan film pendeknya berupa video animasi.

Zuzhu dan Zazha dilihat dari penampakannya adalah gambaran dari tetetesan susu yang memiliki  banyak manfaat, hadir di kemasan
115 ml  dan 180 ml, dengan rasa coklat dan strawberry.

Dok : www.frisianflag.com

2 karakter ini dibuat berdasarkan hasil riset  tentang karakter yang disukai anak-anak, yang ternyata  anak-anak suka karakter yang imut dan familiar. Dibuatlah  karakter pahlawan super bernama Zuzhu yaitu karakter yang lahir dari tetesan susu (drop of milk),” ujar Aliah Shalihah, Manager Category Marketing RTD Frisian Flag Indonesia.

Karakter Zuzhu dan Zazha  akan hadir dalam bentuk cerita bergambar dan seri film pendek. Kehadiran Zuzhu dan Zazha dapat menjadi alternatif konten edukasi menarik bagi anak, untuk  menanamkan pesan budi pekerti yang baik, membiasakan pola hidup sehat, sekaligus pengenalan terhadap susu sebagai pilihan minuman sehat dan aman, yang mendukung penerapan gaya hidup sehat sejak dini,” ujar Head of Ready to Drink Category Frisian Flag Indonesia, Aliah Shalihah.

AR E-comik adalah  komik seri yang menceritakan petualangan  seru Zuzhu dan Zazha yang akan dibuat setiap minggunya,  Film animasi pendek nya nanti  akan menceritakan mengenai kehidupan sehari-hari , tentunya mengenai usaha untuk menumbuhkan  kebiasan baik sejak dini pada anak.

Dok : www.frisianflag.com

Karakter ini akan menyampaikan nilai edukasi tentang gizi dan mengajak anak-anak untuk rajin minum susu,” ujar Santy Octavia, Jr. Brand Manager RTD Kids Frisian Flag Indonesia.

Zuzhu & Zazha ini  diharapkan akan menjadi icon Frisian Flag Milky  untuk   menyampaikan pesan sehat kepada anak-anak maupun orang tua menganai kebaikan susu,

Dok : www.frisianflag.com

 

Psikolog Putu Andani, M.Psi di acara peluncuran Zuzhu dan Zazha, menyampaikan bahwa karakter animasi bisa menjadi salah satu alat/media untuk mengajarkan dan menanamkan perilaku dengan cara yang menyenangkan,  tentunya dengan  dukungan teknologi digital.  “Ketika anak memasuki usia middle childhood (kurang lebih usia 6-12 tahun), faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter anak semakin luas, bukan hanya orang tua, teman, guru, namun konten atau hiburan yang dikonsumsi juga sangat mempengaruhi.  Ternyata saat ini,  anak menghabiskan rata-rata 2-3 jam per hari untuk menonton konten digital, baik di televisi maupun di situs internet lainnya,

Untuk membantu anak mengenali karakter positif yang terdapat pada tayangan  animasi seperti kejujuran, empati, optimis, ramah, ceria, inovatif, dan lainnya  – sangat dibutuhkan pendampingan dari orang tua saat menonton,  tentunya tidak lupa tetap memenuhi  nutrisi harian  untuk mendukung pertumbuhan otak anak.

“Ketika mendampingi anak menonton konten animasi, orang tua wajib mengetahui alur cerita dan sifat dari setiap karakter secara baik, sehingga tetap ada pengawasan, sekaligus menjadi momen diskusi setelah menonton  yang mengalir dan interaktif bersama anak”, ujar Mba Putu.

Hadir salah satu Animator Indonesia, Bambang Gunawan Santoso  atau yang dikenal dengan Mas Bambi yang ikut sharing mengenai  bagaimana karakter animasi  yang  bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan membiasakan pola hidup sehat pada anak. “Dari segi visual, paduan warna-warna cerah pada konten animasi dapat dimanfaaatkan untuk menarik perhatian anak, selain pemilihan alur cerita  dalam menyampaikan pesan baik yang ingin ditanamkan, agar dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak.

LOMBA MEWARNAI

Untuk memperkenalkan karakter Zuzhu dan Zazha  kepada anak-anak di seluruh Indonesia, Frisian Flag bekerjasama dengan  Alfamart, mengadakan aktivitas menggambar dan mewarnai,  melibatkan lebih dari 16.000 anak di 16 kota di seluruh Indonesia, yang juga  berhasil memecahkan rekor MURI sebagai kegiatan Mewarnai Secara Serentak di Kota Terbanyak.

“Kami juga ingin membantu orang tua dalam mendapatkan asupan dan jajanan yang aman, serta sehat, bagi anak-anak dengan menghadirkan susu cair Frisian Flag Milky yang mengusung karakter Zuzhu dan Zazha di lebih dari 13.000 gerai Alfamart di seluruh Indonesia.

Harapannya, kerjasama  Alfamart dan Frisian Flag Indonesia ini bisa membantu meningkatkan semangat hidup sehat bagi anak-anak, melalui cara yang menyenangkan yaitu minum susu,” ujar  Senior Marketing Manager Alfamart, Rani Wijaya.

29 September 2019 lalu lomba mewarnai karakter Zuzhu dan Zazha , dilakukan serentak di  7 kota, yang diikuti 7500 anak. Diantaranya diadakan di  Bekasi. Tangsel, Malang,  Semarang,  Lampung dan Purwakarta. Tentunya hal ini menjadikan Frisian Flag Indonesia memperoleh Rekor MURI untuk Lomba Mewarnai ini.

Ternyata ini adalah Rekor MURI yang kesekian kalinya setelah sebelumnya Frisian Flag Indonesia memperoleh rekor MURI untuk Rekor MURI untuk Komitmen Keluarga Minum Susu Terbanyak,  Air Mancur Tertinggi Kental Manis Cokelat Frisian Flag
dan Rekor MURI Buka Puasa Bersama 5.000 Peternak.

Lomba Mewarnai Zuzhu dan Zazha dipilih, karena mewarnai bisa memunculkan karakter dan  potensi anak, rasa percaya diri, percaya pada kemampuan dalam pengambilan keputusan mengenai warna yang akan dipakai, memahami media mewarnai, praktek teknik mewarnai , dan mengasah kemampuan anak.

Indonesia ternyata saat ini masih memiliki angka yang rendah dalam hal gizi, dengan 2 karakter animasi baru ini diharapkan bisa memberikan edukasi dan konsisten dan informatif pada generasi Alpha, menanamkan pemahamaan gizi baik sedini mungkin, karena video animasinya akan berisi konten edukasi untuk memahami gizi secara sederhana.

Sedangkan anak di masa sekolah, membutuhkan gizi baik untuk pertumbuhan fisik dan karakternya, karena mereka tentunya selalu akan terpapar hal-hal baru, dan jajanan di luar yang belum tentu sehat. Karena itu sebagai Ibu, kita harus menyiapkan jajanan sehat yang aman dikonsumsi anak, seperti susu Frisian Flag ini.

Zuzhu dan Zazha  adalah 2 tokoh yang memiliki 2 karakter berbeda, yang akan memiliki banyak cerita untuk membantu anak mengkomunikasikan jajanan anak yang sehat.

Zuzhu adalah tetesan susu baik hati dan kuat dan memiliki  banyak senjata rahasia. Zazha  adalah karakter yang merupakan  manfaat manfaat susu, yang mempunyai  prilaku cerdas dan inovatif. Mereka berdua akan melawan karakter jahat yang memiliki sifat buruk misalnya mengajak anak tidak mau makan dll.

Ternyata proses pembentukan karakter anak itu berbeda-beda, tergantung usianya, orang tua, sekolah, dan interaksi dengan teman dan guru sangat mempengaruhi pembentukan karakter anak.

Cerita Zuzhu dan Zazha adalah alternatif tayangan bagi anak yang akan mengajarkan mengenai pemahaman gizi sederhana dan menyenangkan,  gaya hidup yang sehat dan aktif  dengan cara salah satunya minum susu dengan rutin.

Tentunya kita sebagai orang tua, tetap harus mendampingi mereka saat menonton dan melakukan diskusi di akhir tayangan mengenai tayangan tersebut, misalnya tokoh mana yang anak sukai dan apa alasannya. Kita bisa menanamkan pengetahuan pada anak saat diskusi tersebut, sehingga anak akan memahami mana karakter yang baik dan yang buruk.

Frisian Flag ingin membuat generasi Indonesia  yang unggul dan lebih baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *