Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan memiliki kulit terawat sehat. Buat aku pribadi kesehatan kulit wajah dan pencernaan, adalah 2 hal yang paling menjadi prioritas karena wajah yang sehat akan meningkatkan rasa percaya diri, sedangkan Pencernaan sehat akan membuat aktivitas sehari-hari menjadi nyaman. Setuju ga?

Ternyata bisa kulit yang sehat dan cantik dengan menjaga kesehatan pencernaan?

Jika fungsi pencernaan sehat dan bekerja baik, penyerapan nutrisi akan maksimal dan membuat daya tahan tubuh kita meningkat , dan dijauhkan dari penyakit.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan versi aku, misalnya makan makanan berserat tinggi, untuk menghindari sembelit. Serat akan membantu membersihkan usus dari kotoran dan sisa makanan.

Dari rsabhk.co.id yang aku baca ternyata sistem pencernaan selain berperan penting dalam pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi, juga berperan penting menjaga daya tahan tubuh dan komunikasi dengan otak.

hellosehat.com membahas mengenai ciri pencernaaan sehat  seperti; buang air besar teratur, feses berwarna cokelat dan tidak keras, kentut dan sendawa beberapa kali dalam sehari, berat badan stabil, mood stabil, kulit sehat, rambut kuat, lebat, dan tidak rontok, kuku tidak mudah patah.

Pencernaan sehat bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk usus dan lambung. Dari sehataqua.co.id, ada yoghurt, sayuran hijau (bayam, brokoli, dan sejenisnya), kentang (macam jenis serat tak larut, yaitu pektin, selulosa, dll), jahe ( ada kandungan senyawa anti-inflamasi bantu atasi peradangan pada usus/lambung, jika disajikan hangat bisa membantu merelaksasikan otot di saluran pencernaan), pepaya ( ada kandungan papain yang bisa membantu saluran pencernaan memecah protein), pisang ( tekstur lembut mudah dicerna lambung), tempe (nutrisi mudah diserap), ikan laut (mengandung asam lemak omega-3 membantu mengatasi peradangan dalam saluran pencernaan), beras merah, dan apel ( mengandung serat pektin, jenis serat tak larut dan akan dipecah oleh bakteri pada usus besar, bisa membantu melancarkan pembuangan racun dalam pencernaan melalui feses dan mengurangi risiko masalah pada usus).

Tips versi aku merawat organ pencernaan diantaranya menerapkan gaya hidup sehat, di mulai dari memperbanyak asupan serat konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian (untuk melancarkan BAB, seimbangkan jumlah bakteri usus), mencukupi kebutuhan air minum, mengonsumsi probiotik (bakteri baik di dalam saluran pencernaan), konsumsi makanan alami (tanpa garam gula), memperhatikan jam dan porsi makan, makan tidak terburu-buru ( kunyah 32 kali, makan perlahan juga bisa membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi), kelola steess, olahraga rutin, mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar saluran pencernaan, seperti usus, dapat bekerja secara optimal.

Perhatikan jam dan porsi makan agar tidak  memicu timbulnya asam lambung naik, sarapan rutin di pagi hari, makan siang, dan makan malam di jam yang sama setiap hari. Aku juga membuat porsi makanan menjadi lebih sedikit, tapi lebih sering sekitar 4 – 5 kali sehari, agar lambung bekerja lebih ringan. Biasakan makan paling malam 1 jam sebelum tidur,  untuk mencegah terjadinya reflux. Biasakan makan 3 kali sehari, dan sesuaikan kebutuhan kalori kita, hindari makan ketika akan berolahraga untuk menghindari rasa mual. Jangan makan ketika sudah larut malam. Perhatikan juga posisi tubuh setelah makan, beri waktu 3-4 jam setelah makan sebelum berbaring dan tidur,  agar makanan berpindah dari lambung ke usus kecil.

Pilihanku konsumsi Yoghurt karena mengandung probiotik

Bakteri baik dalam usus ini membantu melawan bakteri jahat, menjaga kesehatan sel usus, membantu mencerna makanan dan melancarkan pencernaan agar tubuh kita selalu sehat.

Probiotik juga mampu memperkuat sistem imunitas tubuh dan meningkatkan penyerapan zat gizi dari makanan.

MEMILIH YOGHURT

Untuk menghindari konsumsi gula berlebihan, aku sangat selektif memilih yoghurt untuk di konsumsi setiap hari, yaitu yang rendah gula. Karena ternyata jika kita konsumsi yogurt yang  mengandung tinggi gula, kesehatan kulit akan terganggu.

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula yang tinggi tidak hanya beresiko mengganggu fungsi organ tubuh dan meningkatkan resiko diabetes, tapi juga merusak kesehatan kulit.

Menurut Permenkes No 30 Tahun 2013, batas konsumsi gula harian adalah 50 gram (4 sendok makan). Efek mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih akan memicu penuaan dini, karena gula berlebih bisa menyebabkan glikasi (pecahnya serat kolagen pada kulit), akibatnya  akan muncul garis halus pada kulit, kulit jadi tidak kencang, dan bisa menimbulkan keriput.

Dampak terlalu banyak konsumsi gula berlebih bagi kesehatan kulit,  menurut  halodoc.com/artikel/awas-konsumsi-gula-berlebih-bisa-memicu-masalah-kulit; mempercepat penuaan kulit. memicu peradangan kulit , memperburuk jerawat.

Heavenly Blush YOGURUTO

Yoguruto Yoghurt Rendah Gula

Pilihan aku yaitu Heavenly Blush YOGURUTO karena Yogurt rendah gula, kandungan gula mulai dari 11 gram per saji (180
ml), lebih rendah dibanding merk yogurt lain.

Bukan hanya Yogurt rendah gula, Heavenly Blush YOGURUTO tinggi kalsium, rendah lemak, dan mengandung serat pangan prebiotik, yang akan membantu menjaga kesehatan pencernaan kita setiap hari.

Yoguruto Yoghurt Rendah Gula

Pencernaan yang sehat adalah salah satu kunci memiliki kulit terawat. Jadi mulai sekarang jangan sampai salah pilih dan konsumsi yogurt yang tinggi gula, karena akan merusak kulit, pilih Heavenly Blush YOGURUTO rendah gula setiap hari aja seperti yang aku konsumsi agar pencernaan sehat dan kulit cantik terawat.

Heavenly Blush YOGURUTO adalah pilihan nomor satu untuk yogurt drink dengan rasa asam yang pas,  karena dibuat dengan bakteri pembuat yogurt generasi terbaru yang menghasilkan rasa yogurt yang tidak terlalu asam.

Yoguruto Yoghurt Rendah Gula

Kenapa harus Heavenly Blush YOGURUTO?, karena diproduksi dengan bahan terbaik.

HEAVENLY BLUSH YOGURUTO DRINK TO GO

Akan menyehatkan pencernaan dan merawat kesehatan kulit dengan mengonsumsi yogurt rendah gula

  1. Rendah Gula
    Dibuat menggunakan bakteri asam laktat generasi terbaru, yang hasil fermentasi yogurtnya tidak terlalu asam, hanya dengan penambahan sedikit gula rasanya sudah nikmat.
  2. Tinggi Kalsium
    Kekurangan kalsium bisa melepaskan hormon aratiroid yang merangsang produksi lemak dalam tubuh. Konsumsi makanan tinggi kalsium untuk menjaga kadar lemak tubuh.
  3. Rendah Lemak
    Ketika lemak tidak dibakar tubuh karena minimnya aktivitas, berat badan akan bertambah. Konsumsi minuman rendah lemak agar berat badan terjaga.
  4. Serat Prebiotik
    Serat ini asupan untuk bakteri baik dalam perut agar bekerja semakin efektif menjaga pencernaan. Pencernaan yang sehat akan mendukung usaha untuk menjaga berat badan.
  5. Aman disimpan di suhu ruang
  6. Praktis dinikmati dimanapun, kapanpun
  7. Pilihan rasa original, strawberry, peach, dan blackcurrant

Manfaat konsumsi Heavenly Blush YOGURUTO;

  1. Hi –Calcium, untuk mendukung gaya hidup aktif
    2. Low Fat, Hanya 100 kalori, pas untuk mendukung diet
    3. Less Sugar
    4. Dengan Prebiotik (Inulin & GOS) , menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan kolestrol
    5. Mudah dibawa, dibuat dengan proses aseptis,  sehingga kualitas produk tetap terjaga walaupun berada di luar kulkas,  masa simpan yang lebih lama, dan tanpa bahan pengawet
    6. Rasa #ASAMNYAPAS menggunakan bakteri generasi terbaru

Aku suka Heavenly Blush YOGURUTO karena memiliki rasa enak segar, bikin ketagihan, disajikan dingin makin enak, menyegarkan, menyehatkan, rendah gula, tersedia di minimarket dekat rumah, rasanya gak bikin eneg, banyak varian rasa, gampang diminum dimana aja dan dibawa kemanapun.