Tes Masa Subur, Langkah Awal Menuju Kehamilan

Diberikan kepercayaan dari Allah SWT dalam bentuk “kehamilan” adalah sesuatu yang hampir 8 tahun ini selalu dinanti. Usia anak yang sudah seharusnya memiliki adik di usianya saat ini, membuat hati ini selalu dipenuhi pertanyaan “kenapa saya belum hamil?”.

Kehamilan merupakan anugerah, rejeki ketika kita telah menikah dan memiliki suami pastinya. Namun terkadang banyak hal yang menyebabkan kehamilan itu belum terjadi pada pasangan yang telah lama menantikannya.

6 Oktober 2018 kemarin , bertempat di Ocha Bella Jakarta, Sensitif dan Tabloid Bintang mengundang blogger untuk mengikuti gathering dengan tema “Sensitif Journey with Ovutest, Sebuah Perjalanan Menuju Kehamilan” dengan nara sumber dr.Huthia Andriyana,SpOG , Anita Winata, Product Manager Sensitif PT. Danpac Pharma  dan bintang tamu Chacha Frederica.

Kehamilan

Ada orang yang tidak sadar bahwa dirinya hamil, ada juga yang benar-benar mempersiapkan kondisi dan asupan gizinya karena menurut dr.Huthia Andriyana,SpOG  asupan gizi dan asam folat sebaiknya dipersiapkan 3 bulan sebelum proses kehamilan terjadi, agar mulai dari janin tumbuh sehat mulai dari dalam kandungan.

dr.Huthia Andriyana,SpOG  merupakan salah satu tim medis di klinik bayi tabung Morula (IVF) Margonda. Kemarin dokter banyak menjelaskan mengenai kehamilan dan pengecekan masa kesuburan yang sangat penting bagi kita yang ingin merencanakan kehamilan.

Setiap bulannya, hormon dari kelenjar dibawah otak merangsang indung telur untuk melepaskan sel telur (ovulasi). Biasanya terjadi sekitar hari ke 14 pada siklus haid, tapi ini bisa berbeda antara wanita satu dengan yang lain ataupun dari suatu bulan ke bulan berikutnya.

Saat sel telur  dikeluarkan dari indung telur, sel telur tersebut akan bergerak melalui “fallopian tube” (saluran/pembuluh telur ke rahim).  dr.Huthia menegaskan bahwa dalam waktu sekitar 24 jam, sel telur tersebut harus bertemu dengan sperma agar kita bisa hamil.

Sperma sendiri  dapat bertahan di dalam saluran reproduksi wanita sekitar 2-3 hari, jadi  kita harus melakukan hubungannya secara teratur  beberapa hari sebelum dan hingga ovulasi.

Jika sel telur bertemu dengan sperma (akan terjadi pembuahan),  sel telur akan bergerak menuju rahim sekitar 2-4 hari kemudian,   sel telur akan menempel pada dinding rahim. Dan saat inilah kita dikatakan hamil.

Sel telur hanya dapat dibuahi selama 18-24 jam setelah dilepaskan, jadi sperma harus stand by dalam tuba fallopi. Sperma dapat bertahan sekitar 3-5 hari di dalam saluran reproduksi wanita.

Gagal Hamil Akibat Tidak Tahu Masa Subur

Ternyata salah satu penyebab kita belum hamil, adalah ketidakpahaman akan kapan masa subur kita setiap bulannya. Sehingga sel telur dan sperma tidak  bisa bertemu, karena hubungan suami istri tidak dilakukan di waktu yang tepat.

Untuk mengetahui masa subur kita setiap bulannya, banyak hal yang bisa kita lakukan diantaranya:

Penggunaan kalender

Saat mulai haid, lingkari tanggal tersebut, pantau selama  7-8 bulan kemudian hitung jumlah siklus masa haid kita.

Jika siklus kita 28 hari yang teratur, maka kemungkinan besar ovulasi akan terjadi pada hari ke 14 setelah hari pertama menstruasi terakhir.

Siklus menstruasi adalah jumlah hari dari hari pertama menstruasi sampai hari sebelum menstruasi bulan berikutnya. Cocokkan dengan tabel siklus di bawah ini :

Apabila siklus haid tidak teratur, perhatikan catatan siklus masa haid pada bulan-bulan sebelumnya, cek siklus terpendek dan kurangi dengan 18 dari total jumlah hari.

Banyak hal dapat mempengaruhi masa ovulasi seperti: penyakit, stress dan olah raga.  Tapi menghitung hari dengan kalender  bisa kurang akurat , apalagi wanita yang tidak mempunyai masa haid yang teratur ataupun kebingungan cara menghitung atau lupa mencatat siklus haidnya seperti yang sering saya alami.

Perhatikan perubahan cairan dari mulut rahim

Dokter bilang  sebelum ovulasi, akan ada  peningkatan pengeluaran cairan yang jernih dan licin pada vagina, cairan ini terlihat seperti putih telur.

Saat masa subur terjadi perubahan yang bersifat spinbarkeit. Lendir lentur, tidak terputus jika dipegang, dan lengket seperti agar-agar.

Lendir yang terjadi pada masa subur, akan terlihat berbentuk seperti daun pakis.

Pengukuran suhu badan

Pengukuran suhu harus dilakukan pada saat tubuh dalam kondisi istirahat. Saat pembuahan terjadi akan  menyebabkan kenaikan suhu sekitar 0.5 dan 1 derajat celsius. Tapi buat saya pribadi ini juga sulit dilakukan.

Pengukuran suhu badan dilakukan  pada pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas apa pun, seperti turun dari tempat tidur, ke kamar mandi, makan, atau minum. Lakukan  setiap hari pada jam yang sama selama tiga bulan.

Gunakan termometer ke dalam mulut atau dubur (bukan yang dijepit di ketiak). Letakkan termometer di bawah lidah selama 5-6 menit.

Penggunaan Alat Tes Ovulasi

Alat tes ovulasi dapat menditeksi peningkatan hormon yang biasanya terjadi sebelum  terjadi ovulasi menggunakan  air seni.

atau bisa juga dicoba dengan cara digital  yang ada di  website Sensitif.

MASA SUBUR

Masa subur (ovulasi) ditandai oleh kenaikan Luteinizing Hormone (LH) sebelum terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium). Kenaikan LH akan mendorong sel telur keluar dari ovarium menuju tuba falopii (jsaluran telur). Didalam tuba falopii ini bisa terjadi pembuahan oleh sperma.

Kenaikan LH tiba-tiba akan mendorong sel telur keluar dari ovarium. Dan sel telur biasanya dilepaskan dalam waktu 16-32 jam setelah terjadi peningkatan LH.

PENTINGNYA TAHU MASA SUBUR

Kita bisa hamil, jika melakukan hubungan pada masa subur. Yaitu, 24-48 jam setelah tes dengan hasil positif. Karena sel telur yang baik hanya dalam 2 hari, karena setelah itu dia akan mati. Singkat banget kan?

MENGUKUR MASA SUBUR DENGAN OVUTEST

Karena saya sudah ingin sekali hamil anak kedua, saya akan memilih sesuatu yang pasti yaitu dengan melakukan pengecekan masa subur menggunkan OVUTEST yang tersedia dalam beberapa macam :

Ovutest adalah alat uji masa subur wanita dengan mengukur kadar LH pada urine. Mendeteksi secara cepat, tepat dan terpercaya. Ovutest bekerja dengan cara bereaksi (berubah warna atau memunculkan tanda) satu hari sebelum masa subur, dimana adanya kenaikan LH yang diproduksi.

OVUTEST STRIP

Bentuknya strip , praktis dan mudah bisa dipakai di mana saja. Alat tes kesuburan ini untuk 1 kali pakai.

Cara Pakai :

Pegang strip OVUTEST STRIP pada bagian yang berwarna hijau, celupkan strip pada bagian yang berwarna putih hingga batas tulisan “MAX” selama +/- 3-5 detik. Angkat dan letakkan pada bidang datar. Tunggu 1-5 menit hingga hasil muncul. Baca hasilnya segera setelah tes.

Sebaiknya gunakan urine diantara pukul 10.00-20.00 ,  jangan gunakan urin pertama di pagi hari. Juga kurangi asupan cairan 2 jam sebelum melakukan tes.

Cara Baca :

Hasil positif jika muncul warna garis pada strip, yang di bawah lebih gelap atau sama dengan warna garis yang di atas. Artinya, ovulasi (masa subur) akan terjadi dalam waktu 24-48 jam ke depan.

Hasil negatif  jikawarna garis pada strip, yang di bawah lebih muda dari yang di atas, atau hanya garis yang di atas saja yang muncul. Artinya, ovulasi (masa subur) tidak terjadi. Hasil Invalid/salah, bila tidak muncul garis

Jika hasil positif, dan kita ingin hamil, segera lakukan hubungan  24-48 jam ke depan. Kemungkinan  terjadinya kehamilan hingga 90%, jika  organ reproduksi termasuk sperma dan sel telur dalam keadaan sehat dan normal, kecuali ada kondisi tertentu yang perlu pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut oleh dokter kandungan.

Ovutest Scope

Monitor ovulasi pertama di Indonesia dengan  menggunakan air liur, bukan urin. Ovutest Scope lebih ekonomis dan higienis dari kit tes urine. Ovutest Scope memiliki tingkat keakuratan 98%. Alat uji masa subur ini bisa digunakan berulang kali.

Isi :
1 alat Ovutest Scope, Batrei, Kain, Buku Petunjuk dan Kartu Kalender Masa Subur

 

Ovutest  Digital

Adalah strip uji masa subur yang bisa kita gunakan selama 7 hari sejak perkiraan masa subur dengan  praktis dan mudah. Sensitif Ovutest digital adalah alat uji masa subur wanita dengan mengukur kadar LH pada urine. Alat ini bisa mendeteksi secara cepat, tepat dan terpercaya apakah kita sedang subur atau tidak.

Sensitif Ovutest Digital adalah satu-satunya test untuk mengetahui kesuburan yang memberikan hasil pasti dan akurat yaitu dengan menampilkan tulisan “YES” – Subur atau “NO” – Tidak Subur.

Sangat praktis dan nyaman dipegang karena berbentuk stik dan ada tutup di bagian ujung testnya sehingga dapat disimpan secara higienis. Hasil 99,9% akurat. Alat ini bisa dipakai berulang, namun untuk stripnya bisa dibeli lagi secara terpisah jika habis.

JIKA HASILNYA YES ATAU POSITIF

Sebaiknya :

  • Berhubungan seks secara teratur, dua atau tiga kali seminggu,
  • Berhubungan seks setiap hari ketika mendekati masa ovulasi.
  • Menerapkan pola hidup sehat. Menjaga berat badan, olah raga secara teratur, mengkonsumsi makanan sehat dan mengontrol tingkat stress.
  • Lakukan perencanaan awal kehamilan.
  • Mengkonsumsi vitamin. Asam folat (vitamin B9) untuk mengurangi kemungkinan resiko gangguan pertumbuhan bumbung syaraf (neural tube defects) yang manifetasinya dapat berupa anencefal (tidak ada otak/batok kepala), spina bifida (tulang punggung belah/terbuka) atau meningokel (menonjolnya selaput otak). Cacat bawaan lain yang dapat dicegah adalah bibir sumbing, kelainan jantung, dan down sindrome.

Hindari  :

  • Merokok
  • Mengkonsumi minuman beralkohol. Minuman beralkohol setiap hari bisa berisiko melahirkan bayi dengan keterbelakangan mental, kelainan sistem saraf pusat, keguguran, bayi dengan berat badan yang rendah.
  • Menkonsumi obat tanpa disetujui dokter kandungan.

Ovutest Strip 7 days

Alat tes untuk mengecek masa subur,  7 kali pakai plus bonus alat tes kehamilan.

Alat ini bisa kita gunakan untuk merencanakan kehamilan selama 7 hari,  untuk memprediksi 2 hari masa tersubur kita.

Alat ini stripnya hanya bisa untuk sekali pakai.

Caranya :

  • Tampung urine pada wadah
  • Sobek sachet  dan langsung lakukan tes
  • Celupkan ke dalam batas garis max selama 10 detik
  • Angkat dan simpan di tempat yang bersih
  • Hasil tes bisa dibaca dalam waktu 40 detik
  • Lakukan tes selama 7 hari berturut turut,  sampai munculnya hormon LH.
  • Jika sudah terdeteksi,  lakukan hubungan dalam waktu 24-48 jam agar peluang hamil semakin besar.

Kapan dianjurkan untuk bertemu dokter kandungan :

Jika umur kita lebih dari 35 tahun,  siklus haid lebih dari 35 hari, atau kita  dan pasangan Anda mempunyai masalah kesuburan.

Nah,  bagaimana cerita menuju kehamilanmu?,  mau dong ceritanya di kolom komentar

 

Instagram : sensitif_id

Twitter : s3ns1t1f

Facebook : sensitif

Ref :

m.sensitif.info

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

15 Comments on “Tes Masa Subur, Langkah Awal Menuju Kehamilan”

  1. Wah mba Uci makasih infonya, aku ini sedang tidak haid sudah jalan 2 bulan. Dan sudah uji kehamilan nyatanya negativ. Dengan adanya alat uji masa subur kayanya makin ngerti deh akan siklus haid ku. Memang semenjak melahirkan anak pertama dan mulai menggunakan kontrasepsi siklus haid ku makin tak teratur. Nah dengan adanya uji masa subur ini dari sensitif kayanya pas deh sesuai dengan yg aku butuhkan selama ini. Supaya tahu kapan aku berada di masa subur.

  2. Sebagai perempuan yang tengah menanti kehamilan, Alhamdulillah saya dapat banyak info positif dari acara ini, semoga dari acara ini saya jadi dipermudah untuk menuju kehamilan. Mohon doa ya Mba….

  3. wuah kita sama ya mba, menanti anak kedua juga, semoga usaha kita membuahkan hasil dibantu dengan Sensitif Ovutest buat mengetahui masa subur dan tentu sambil usaha, ikhtiar dan tawakal ya

  4. Alhamdulillah perjalanan kehamilan ku lancar, sehat dan bahagia. Kebetulan aku termasuk orang yang “mudah” hamil karena siklus haid ku aman-aman saja sejak jaman perawan dulu. Lamanya hari masa haidku juga normal, sekitar 5-7 hari. Semoga teman-teman yang masih mendambakan momongan, segera diijabah keinginannya.

  5. Punya satu indung telur awalnya bikin khawatir susah hamil. Apalagi ditambah ada kista di kanan dan kiri. Beragam usaha dan ikhtiar dicoba mulai awal pernikahan. Tapi sampai dgn 5 tahun ini belum membuahkn hasil. Periksa ke dokter pun sudah. Dan hanya tinggal menunggu mukjizat saja. Ttap pasrah dan tetap mengukur masa subur supaya impian hamil terwujud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *