Taman Kita Oreo , Tempat Alternatif Liburan Baru di Bogor

Warga Bogor pastinya semakin bahagia, karena bertambah lagi 1 tempat yang bisa dijadikan tempat bermain dan berlibur gratis dengan keluarga. Taman Kita Oreo, resmi sudah dibuka dan diresmikan kemarin 30 September 2018 oleh Walikota Bogor, Bima Arya.

TAMAN KITA OREO

Lokasinya berada di Kawasan Taman Heulang, Tanah Sareal, Kota Bogor. Disini anak-anak dan keluarga bisa bermain dan beraktifitas di ruang terbuka, dan penuh dengan konsep edukasi. Untuk kita yang berada di Jakarta, untuk kesini kita bisa menggunakan kereta dan turun di Stasiun Bogor kemudian dilanjut dengan angkutan online.

Taman Kita Oreo,  merupakan kerjasama dan bentuk CSR dari PT.Biscuit Mondelez Indonesia dengan  Pemerintah kota Bogor yang memiliki visi “Kota Sejuta Taman”.

Taman ini bisa menjadi  salah satu alat  terapi untuk menghindarkan anak-anak dari gadget sejenak, saat bermain di taman ini. Anak-anak akan lebih banyak bergerak dan belajar menjalin kebersamaan, berkenalan dengan dengan orang lain.

Head of Biscuit Mondelez Indonesia, Maggie Effendy menyampaikan,  dibuatnya Taman Kita Oreo ini karena saat ini kebutuhan akan ruang terbuka hijau semakin tinggi, walaupun adanya perubahan gaya hidup yang dipengaruhi oleh pengunaan teknologi dalam kehidupan kita.

Teknoloogi ini bisa membuat kita berteman dengan orang lain hanya di dunia maya, sehingga penting bagi kita untuk tetap bersosialisasi dengan dunia nyata. Taman Kita Oreo diharapkan  dapat memaksimalkan interaksi dan mendorong terciptanya kebersamaan saat bermain di taman.

Ada 3 permainan yang bisa dicoba disini :

Twist (Putar), Lick (Jilat), Dunk (Celup) yang bisa dimainkan oleh semua umur. Ada juga fasilitas penunjang lain seperti area bersantai dan interactive jogging track  untuk berinteraksi Iangsung sambil berolahraga.

Brand Manager Treats Mondelez Indonesia, Rachel Angelina, mengatakan, “Kami berupaya menyediakan fasilitas interaksi sosial secara nyata, dan  menciptakan serunya kebersamaan bagi lebih banyak keluarga. Taman Kita Oreo ini adalah milik bersama, jadi diharapkan semua pengunjung bisa memanfaatkannya secara maksimal dan merawatnya bersama,”.

Pembangunan Taman Kita Oreo adalah bagian dari revitalisasi 12 taman kota di Indonesia untuk menjawab kebutuhan akan ruang terbuka hijau dan menciptakan kebersamaan antara masyarakat. Pada tahun 2018 ini akan ada  Taman Kita Oreo juga di 12 kota di Indonesia, yaitu  Bekasi, Depok, Solo, Semarang, DI Yogyakarta, Kudus, Tegal, Purwokerto, Bandung, Pacitan dan Bondowoso.

Taman Kita Oreo dengan fasilitasnya dapat memaksimalkan interaksi seru antar sesama pengguna taman. Kata ‘kita’ dalam nama Taman Kita OREO, mengacu pada seluruh permainan yang dirancang untuk dimainkan lebih dari satu orang sehingga dapat mendorong terciptanya kebersamaan.

PENTINGNYA BERMAIN DI TAMAN

DR. Junernan Abraham, S.Psi,  ahli psikologi sosial,  mengatakan bahwa beraktivitas di taman terbuka hijau sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan mental.

Beliau juga mengatakan, bahwa ada studi yang mengatakan saat bermain medsos terjadi penggandaan interaksi, adanya  sifat interaksi pencitraan,  dimana saat di medsos hanya menampilkan yang terbaik saja mengenai apa yang terjadi. Saat menggunakan medsos kita menjadi multitasking,  dimana berinteraksi sambil bekerja namun menghasilkan komunikasi yang dangkal. Ada juga studi yang mengatakan bahwa semakin banyak posting,  ada hubungan dengan kehampaan diri. Semoga kita tidak seperti itu ya.

Ciri-ciri taman yang baik adalah yang memiliki rancangan lingkungan untuk berinteraksi dengan orang lain dari latar belakang sosial-ekonomi yang beragam, menumbuhkan rasa kebersamaan antarwarga dan pengguna, serta menunjang berbagai kegiatan dilingkungan sekitar.

Kehadiran taman terbuka hijau akan  menawarkan adanya kedalaman berinteraksi yang kini sudah semakin langka, akibat komunikasi yang dangkal dan penuh dengan pencitraan, terutama di dunia maya.

Aktivitas bersama di taman terbuka akan menimbulkan makna hidup  dan pengakuan  dari sesama, interaksi dan menggerakan kesehatan mental. Suasana kehijauan akan mendatangkan suasana ketenangan, sendiri, jauh dari kebisikan  kota (teori shadowing), taman bisa  menjadi tempat untuk interaksi dan merenung.

TAMAN KITA OREO, menurut DR. Junernan Abraham, S.Psi, termasuk ideal dengan adanya struktur  kehijauan dan bentuk-bentuk permainan yang  tidak kaku,  dari sisi asriteknya  melingkar, lengkung, dan mengalir memberikan  suasana hidup, dan keanekaragaman warna warni.

Dilihat dari arsitektur sosialnya, setiap sudut memancing interaksi dengan  permainan yang  menyenangkan, dan bisa dinikmati sehingga akan memberikan playfulness seperti yang ditawarkan gadget.

Menurit Rachel Angelina, Brand Manager Treats Mondelez Indonesia, TAMAN KITA OREO akan menstimulasi pengguna untuk berinteraksi, hal ini bisa dilihat mulai dari welcoming wall yang menggambarkan keberagaman dalam hal cara menikmati OREO, misalnya suka yang remah, cookies, creamnya, dengan ditumpuk, dicelup, diputar, ada berbagai kepribadian disana, menggambarkan pilihan hidup,  taman ini akan menyambut semua orang dengan aneka kebersamaan yang beragam.

Tiap sudut akan menstimulasi untuk berinteraksi  tanpa disadari, dan taman ini memiliki konsep spark playful connection, koneksi karena bermain bersama, dan ternyata design taman ini dibuat oleh sebuah integrated design house, sehingga hasilnya memang Taman dengan sebuah konsep bermain dan berinteraksi bersama.

Manfaat taman bagi  anak,  menurut DR. Junernan Abraham, S.Psi :

  • Saling percaya dengan anekaragam orang , beda kulit, tubuh
  • Melatih Motorik
  • Melatih Problem Solving (memecahkan masalah) bersama dalam permainan

Di ruang terbuka hijau selama 15 menit memiliki manfaat :

  • Lebih bahagia
  • Mengingkatkan aliran darah ke bagian otak yang memiliki hubungan dengan pemikiran negatif
  • Meningkatkan memori dan kreatifitas

OREO selalu menginginkan  menghadirkan  keseruan di Indonesia, diantaranya melalui TAMAN KITA OREO dengan sarana nya yang menarik, tempat nyaman berkumpul dan berinteraksi satu sama lain di dunia nyata, menciptakan koneksi dan semangat untuk bermain di dalam diri semua usia.

Jangan lupa ya untuk selalu  menjaga TAMAN KITA OREO agar selalu bisa digunakan selamanya, dan siapkan OREO sachet  isi 3 saat bermain di taman.

 

 

 

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *