SoGood Spicy Chicken Strip Pedes Mantap

Mamahku sering banget bilang, kalau aku harus doyan pedas pas aku tanya kenapa cuma bilang aja “kan kamu gemuk?”. Akhirnya aku penasaran, apa benar makan pedas itu baik untuk kesehatan. Akhirnya browsing sana sini, ternyata banyak juga catatan mengenai manfaat mengkonsumsi makanan pedas.

Selama ini saya pribadi senang dengan makanan yang agak pedas, karena bikin porsi nasi jadi nambah. Biasanya mengkonsumi makanan pedas itu identik dengan sambal, biasanya sih yang membuat saya mengucur keringat di dahi dan hidung adalah cabe setan.

Cabai ternyata mengandung energi, karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium (potasium), air, dan capsaicin. Capsaicinyang bikin kita merasa  pedas.

Cabe yang ada di Indonesia :

  1.  Cabai gendol/gendot (Capsicum chinense; Habanero) , spesies cabai dari Capsicum yang berasal dari semenanjung Yucatan. Cabai ini sangat pedas bahkan melebihi pedas cabai rawit yang banyak ditanam di Dieng, Jawa Tengah
  2. Cabai Domba , dikenal juga dengan  cabai rawit putih, dan banyak ditemukan di Jawa Barat. Bentuknya agak gemuk memanjang dengan ujung yang tumpul. Warnanya ada yang oranye, hijau pucat, hingga putih. cocok untuk membuat sambal, penambah pedas pada tumisan atau sayuran kuah, dan dimakan bersama gorengan.
  3. Cabai Katokkon, bentuknya seperti cabai gendot di Dieng. Bedanya cabai ini  terkenal di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Bentuknya lebih bulat seperti tomat dengan diameter sekitar 2-3 cm per buahnya.
  4. Cabai hiyung dari Tapin Kalimantan Selatan , katanya cabai terpedas di Indonesia. Bentuknya menyerupai cabai rawit merah namun lebih besar dengan permukaan yang mulus dan mengkilap saat terkena cahaya matahari. Katanya pedasnya 17 kali rasa pedas dari cabai rawit.
  5. Cabai Jawa/ cabai jamu, bentuknya  ramping memanjang  permukaan yang berbulir kasar. cabai ini lebih sering dipakai untuk obat herbal untuk menyembuhkan demam, meluruhkan batu ginjal, hingga meningkatkan stamina pria.
Cabe gendot Dok : food.detik.com
Cabe domba Dok : tokopedia.com

Manfaat Dan Bahaya Makan Pedas Untuk Kesehatan

  • Menjaga sistem kekebalan tubuh

Cabai dan paprika kaya kandungan vitamin A dan vitamin C. Vitamin yang  termasuk zat antioksidan untuk  memperkuat sistem imun tubuh, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas dan  membantu mencegah infeksi bakteri.

  • Anti Kanker

Pertumbuhan sel-sel kanker bisa dihambat /dimatikan zat capsaicin dari cabai .

  • Mengobati Flu Dan Hidung Tersumbat

Gejala flu bisa dihilangkan oleh capsaicin yang efektif membantu membuka jalan pernafasan, mengurangi sinusitis dan gejala-gejala flu. Capsaicin juga  meningkatkan pengeluaran keringat  untuk pengeluaran zat-zat beracun lainnya dalam tubuh.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Melancarkan pencernaan setelah  kita mengkonsumsi makanan berlemak, misalnya seperti daging merah.

  • Melancarkan peredaran darah, menurunkan tingkat tekanan darah tinggi, mengurangi kolesterol dan mencegah penyumbatan darah penyebab penyakit jantung.
  • Melawan Diare, capsaicin dalam cabai  menyehatkan pencernaan dengan cara meningkatkan cairan pencernaan dalam perut dan membasmi bakteri penyebab infeksi
  • Sakit dan nyeri : Oleskan  salep/krim yang mengandung capsaicin di duga dapat membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri setelah operasi, sakit kepala sebelah, psoriasis, sariawan karena kemoterapi atau radiasi, masalah sendi seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthtitis, masalah sistem saraf seperti neuropati diabetik, neuralgia trigeminal (nyeri mendadak dan tajam pada sebelah wajah), dan neuralgia postherpetic (nyeri saraf pada daerah tubuh yang terinfeksi virus cacar api), mengurangi sakit punggung, mengurangi nyeri pada otot dan jaringan lunak pada fibromyalgia, meredakan gejala penyakit kulit prurigo nodularis, dan menghilangkan gejala perennial rhinitis, yaitu hidung berair yang tidak terkait dengan alergi atau infeksi
  • Mampu memperkuat jaringan paru-paru dan membantu mencegah atau mengobati emfisema (penyakit paru-paru kronis di mana kantung udara kecil di paru-paru rusak akibat merokok). Dan mengencerkan lendir pada paru-paru.
  • Membantu membakar kalori dan lemak.

Spicy Chicken Strip

Udah lihat belum iklan terbaru SoGood ?, satu keluarga yang punya bahasa pedes beda-beda satu sama lain.  Pertama lihat iklannya, jadi teringat suatu sinetron di jaman dahulu. Ternyata ada varian baru dari SoGood buat kita yang doyan pedes.

So Good mengeluarkan produk terbarunya spicy chicken strip dalam kemasan  250g isi 5pcs/pack ,  yaitu  daging paha ayam fillet yang  juicy tanpa tulang , dengan bumbu marinasi pedas spesial, dan dilapisi tepung crispy.

Selain mengandung  protein, rasanya saat dimakan langsung terasa spicy, juicy dagingnya, dan crispy, praktis tanpa kita  harus ke restoran, cukup digoreng terendam minyak (deepfrying) 4-5 menit.

Spicy chicken strip adalah   ayam pilihan SoGood  tanpa tulang (full meat), berkulit dan berbumbu marinasi pedas special yang mengandung  asam amino, dan protein hewani, penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot & otak anak.

Pastinya sudah HALAL MUI, harga sekitar Rp 37.000- Rp 39.000 (tergantung harga jual tokonya ) dan bisa disimpan : 1tahun (simpan beku ≤ – 18’C)

Cara penyajian:

Digoreng deepfried : ketika masih beku selama 4-5 menit dengan suhu 175’C.


Dipanggang / dioven : ketika masih beku sekitar 7 menit(tergantung daya listrik oven

 

Informasi Nilai Gizi

Takaran Saji : 100 g
Jumlah sajian per kemasan : 2.5

Jumlah per sajian

Energi total : 250 kkal
Energi dari lemak : 140 kkal

Lemak Total

16 g / 24 %

Protein

13 g / 21%

Karbohidrat

15 g / 4 %

Natrium / Sodium

500 mg / 33 %

SoGood

Website : sogood.id

FB : SoGoodIndonesia

Twitter : so_good_ID

Instagram : sogoodid

Ref :

tribunnews.com

kumparan.com

dr. Kevin Adrian alodokter.com

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *