Lomba Mewarnai dan Menggambar Koko Olimpiade 2019

Menggambar dan mewarnai, pastinya menjadi salah satu hobi anak saat sedang memiliki waktu senggang. Menggambar dan mewarnai juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi anak dan bisa menjadikannya memiliki prestasi, tentunya dukungan perlatan dan orang tua menjadi sangat penting dalam hal ini. Hal ini disambut baik oleh Nestlé KOKO KRUNCH dengan menggelar Koko Olimpiade 2019.

PENTINGNYA SARAPAN

“Biasakan sarapan pagi. Jangan sampai lewatkan sarapan karena berkaitan dengan  produktivitas maupun aktivitas,” ujar Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS , Guru Besar Pangan dan Gizi IPB  dalam acara kick off Koko Olimpiade 2019 hari ini. Karena ternyata, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, 26 %  anak Indonesia hanya mengkonsumsi minuman pada waktu sarapan, seperti  air putih, teh atau susu.

Belum semua  anak yang sarapan pagi , atau menerapkan pola sarapan pagi yang sehat dan seimbang. Akibatnya jika melewatkan sarapan anak akan  loyo saat belajar di sekolah, karena itulah tanda tubuh menagih “makanan” tertentu, tapi yang biasanya terbayang adalah gorengan. Tubuh meminta  glukosa dari karbohidrat untuk  makanan bagi otak, selain oksigen.

Sarapan terlalu banyak atau tidak seimbang juga tidak baik bagi tubuh, dan kenyataannya masih banyak anak Indonesia yang masih mengkonsumsi makanan serba karbohidrat untuk sarapan, akibatnya “Karbohidrat akan cepat diproses tubuh sehingga anak akan cepat kelaparan”.

Guru Besar Pangan dan Gizi IPB ini  menyebutkan  adanya penelitian tentang kebiasaan sarapan dan performa akademik anak tingkat sekolah dasar di daerah pinggiran (oleh Widyanti & Sidiartha pada 2013), yang hasilnya bahwa anak-anak yang memiliki kebiasaan makan sarapan bergizi seimbang memiliki nilai akademis 4,5 kali lebih tinggi dibandingkan yang tidak sarapan. Anak-anak yang sarapan akan memiliki  performa lebih baik.

Konsumsi makanan bervariasi

Menurut Ali, konsumsi aneka ragam makanan penting karena kebutuhan gizi tidak bisa dipenuhi hanya dari satu atau dua jenis makanan saja. Sarapan yang baik, idealnya terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral termasuk serat. Serat penting untuk mencegah penyakit kronis, misalnya kanker usus.

Di negara  Barat, mereka saat sarapan mengkonsumsi sereal dan susu yang ditambahkan kacang, buah dan yoghurt.

“Anak-anak yang sarapan seimbang dan bernutrisi cenderung memiliki konsentrasi, energi dan bahagia sepanjang hari,” ungkap Prof Ali, di sela konferensi pers Koko Olimpiade 2019 .

“Salah satu sumber nutrisi yang direkomendasikan adalah gandum utuh. Gandum utuh memiliki lapisan luar, lapisan dalam, dan ditengahnya yang sangat penting untuk kebutuhan nutrisi seimbang karena merupakan sumber vitamin, mineral dan serat,” .

Sereal yang terbuat dari gandum utuh memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa membantu menjaga kesehatan usus dan proses pencernaan. Serat juga  bisa  mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan penyaki jantung koroner.

Kreativitas anak

Kreativitas anak bisa dilatih sejak usia dini melalui karya seni, karena  memiliki dampak positif pada kebahagiaan dan masa depan anak. Ada hubungan yang kuat antara anak yang melakukan seni kreatif dan kesuksesan mereka di masa dewasa.

Psikolog, Samanta Ananta MPs, menjelaskan ” anak-anak yang aktif membuat karya seni cenderung lebih banyak memiliki ide positif untuk penemuan teknologi. Selain itu, dengan seni sensori dan motorik anak juga terbentuk. Ketika belajar seni efeknya begitu besar untuk yang melalukan kegiatan, termasuk memggambar dan mewarnai. Seni juga dapat meningkatkan mood booster, kemampuan kognitif dan percaya dirinya”.

“Melalui seni, anak-anak belajar untuk berpikir out of the box sehingga mereka pun lebih terlatih untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi,” ungkap Samanta.

Saat menciptakan dan mengamati seni bisamengurangi kortisol atau ‘hormon stres’. Melakukan sesuatu yang disukai juga melepaskan endorfin, ‘hormon yang memberikan rasa bahagia. Kreativitas yang lebih besar akan menimbulkan kebahagiaan yang mendalam.

“Proses kreatif itu sendiri merupakan sumber kebahagiaan bagi kebanyakan orang. Dengan kreativitas, seseorang  lebih mampu memecahkan masalah. Semakin anak kreatif terhadap seni, semakin tinggi pula kemampuannya mengatasi masalahnya,”  ujar Sam.

Koko Olimpiade 2019

Alaa Shaaban, Business Executive Officer Nestle Breakfast Cereals Indonesia,  mengatakan, sejak tahun 2001 hingga saat ini, Koko Olimpiade telah menjangkau lebih dari 200.000 anak di Indonesia. Untuk tahun ini, Koko Olimpiade akan diselenggarakan di 36 kota di lndonesia dan diperkirakan akan menjangkau lebih dari 45.000 peserta.

“Koko Olimpiade adalah  kegiatan edukasi yang dikemas secara menyenangkan dan dinamis untuk seluruh keluarga, mulai dari seminar gizi untuk orang tua dan lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak berusia 6 tahun hingga 12 tahun, untuk memupuk bakat dan kreativitas mereka,” .

Menurut Shaaban, kegiatan ini juga  adalah bagian dari komitmen Nestle untuk mendorong kebahagiaan anak-anak Indonesia dengan mewujudkan potensi terbaik mereka melalui kebiasaan sarapan seimbang dan bernutrisi setiap hari.

Pendaftaran Koko Olimpiade 2019 akan dimulai bulan Februari 2019, formulir bisa didapatkan dengan minimal pembelian 1 Koko Kruch 170gr dan Combo Pack 32 gr  di pusat perbenjaan terdekat. Hubungi 0800-1821028 atau fanspage Nestle Breakfast Cereals Indonesia untuk informasi lengkapnya.

Kegiatan Mewarnai Bagi Anak

Akademis memanglah penting, tapi orang tua juga perlu menyadari bahwa kreatifitas anak juga sangat penting. Kegiatan yang paling mudah dan dekat dengan anak adalah menggambar atau mewarnai.

Selain memunculkan rasa bahagia, seni dapat meningkatkan memori anak dan rasa percaya dirinya, meningkatkan problem solving, berpikir out of the box, emosi lebih stabil, dan mendapat stimulasi sensori. Oleh karena itu, kita perlu mendukung mereka misalnya  mengajak anak-anak untuk melihat-lihat di museum, pemandangan alam agar mereka termotivasi untuk menggambar sesuatu apa yang telah mereka lihat.

Hindari komentar negatif yang membuat anak menjadi tidak percaya diri, berikan sebuah apresiasi atau sediakan alat-alat menggambar dan latihan. Kenalkan juga bermain dengan lilin dough, atau menggambar di kain, kenalkan menggambar  sejak usia 3 tahun.

Dulu saat Athar berusia sekitar 6 tahun, saya iseng mengikutkan Athar kedalam lomba mewarnai dan mengikuti les mewarnai di kawasan Duren Sawit setiap 2x seminggu, hanya saja hanya bertahan 3 bulan selebihnya mempraktekan ilmu yang pernah didapatnya di rumah dan belajar sendiri sesuai kreasinya.

Jangan pernah membatasi kreatifitas anak,ujar salah satu pengajar saat itu. Kata-kata itu masih saya ingat sampai sekarang sebagai seorang ibu, namun diluaran sana masih ada orang tua yang memaksa pengaplikasian suatu warna tertentu pada objek gambar yang akan diwarnai oleh anak, misalnya gunung itu warnanya hijau, atau awan itu warnanya biru. Sedangkan seharusnya, anak bebas menentukan warna apa yang ingin digunakannya, sesuai dengan imajinasinya. Yang harus orang tua lakukan hanya sebatas mengenalkan teknik pewarnaannya saja.

Mengikuti lomba mewarnaipun begitu berkesan untuk kami berdua, untuk saya pribadi saya bisa melihat langsung betapa banyak peralatan menggambar dan mewarnai anak, aturan dalam lomba mewarnai, anak yang kecewa saat kalah, anak yang tenang dan santai saat mengikuti lomba dan tekanan para orang tua saat anaknya mengikuti lomba.

Untuk Athar sendiri, mengikuti perlombaan memiliki manfaat mengenalkannya pada keramaian, dan sportifitas saat berlomba, harus siap menang dan kalah, walaupun jujur dulu saya pernah mencari dan mengikuti lomba menggambar namun yang tetap memberikan piala penghargaan saat kalah.

Kali ini, saya akan sharing mengenai perlengkapan mewarnai yang wajib dimiliki anak saat mengikuti lomba atau untuk kelengkapan hobi mewarnainya di rumah :

Dasar :
  • Pinsil
  • Penghapus
  • Crayon

Crayon terbuat dari campuran minyak, lilin, dan kapur. Crayon sifatnya keras dan bentuknya tebal. Sehingga untuk  mewarnai warnanya sangat mencolok, dan ada rasa seperti  memegang lilin pada umumnya. Kelebihan dari crayon adalah warnanya cerah,  mudah digunakan, dan bisa mewarnai area yang lebih luas. Kekurangannya adalah sulit sekali digunakan untuk mewarnai gambar yang kecil dan kadang membuat warnanya keluar jalur.

  • Pensil Warna

Paling standar dan kebanyakan digunakan oleh anak-anak untuk mewarnai di sekolah. Terbuat dari campuran berbagai bahan seperti wax, carboxymethyl cellulose, kaolin, dan lain sebagainya. Kelebihan pensil warna adalah ujungnya kecil sehingga mudah digunakan, apalagi pada gambar yang detail dan kecil. namun  untuk mewarnai area yang besar butuh kesabaran.

Terdiri dari beberapa jenis seperti Pensil warna klasik adalah pensil warna biasa yang hanya perlu di goreskan pada gambar di kertas, pensil warna water colour adalah pensil warna yang membutuhkan air dan kuas, pensil warna pastel yang khusus digunakan untuk memberikan detail pada gambar pastel.

Pilih yang  terasa lembut tidak kasar saat dipakai, warna yang cerah dan tidak mudah patah.

  • Cat Air

Terbuat dari serbuk warna berpigmen halus yang dicampurkan dengan madu atau gum arabic agar kental. Kelebihannya adalah warnanya cerah dan mudah digunakan pada gambar sederhana. Kekurangannya adalah kita butuh keahlian apabila menggunakan cat air untuk melukis di atas kanvas.

  • Oil Pastel

oil pastel mirip dengan crayon. Bahan nya pun dari lilin tapi ditambah dengan minyak. Kebanyakan oil pastel berbahan keras sehingga lebih cocok digunakan oleh remaja atau dewasa dibandingkan anak-anak. Salah satu bahayanya adalah jika oil pastel menempel pada tangan maka jika terkena mulut anak-anak bisa menyebabkan beberapa masalah. Oleh saat menggambar menggunakan oil pastel sebaiknya gunakan  sarung tangan dulu.

Pilih yang tidak ada kandungan zat yang berbahaya,  telah diuji oleh Balai Besar Kimia dan Kemasan dari Departemen Perindustrian, bahan pewarnanya aman misalnya menggunakan pewarna makanan, dan jika terkena pakaian mudah dicuci dan dibersihkan.

  • Spidol

Ujung dari spidol teksturnya lunak karena terbuat dari bahan mirip busa. Kegunaan ujungnya tersebut adalah untuk menyimpan tinta yang dapat menguap apabila terkena udara. Kelebihannya adalah warnanya cerah,  kekurangannya lumayan boros apalagi untuk mewarnai gambar yang besar, dan warnanya sering terlalu keluar .

Aneka Perlengkapan Mewarnai :
  • Kertas

Untuk menggambar yang  tidak menggunakan cat minyak dan cat air bisa menggunakan sketchbook, ukurannya mulai dari A3

  • Pensil
    Ada pensil clutch (dari kayu) 3H, H, HB, B, 2B, hingga 8B atau  pensil mekanik  0.3 mm, 0.5 mm, 0.7 mm, 0.9 mm .
  • Penghapus
  • Crayon yang baik biasanya tidak berbau tajam, tidak beracun, dan warnanya mudah menempel di kertas  dan tidak berllilin.
  • Connector pen
  • Cat air, bisa  untuk kertas, kanvas, kayu, dan menggunakan kuas khusus untuk cat air dan palet
  • Cat minyak , cat yang bagus ciri-cirinya adalah mudah dicampur, enak dioleskan ke kanvas, warnanya kuat, dan tahan lama.
  • Pensil warna ada yang jumlahnya 12 warna, 24 warna, 38 warna, 48 warna, dll
  • Cat Poster

Peralatan Lomba Mewarnai  :

  1. Meja gambar.
  2. Alat warna seperti crayon/oilpastel, pensil warna, spidol
  3. Pensil kaca (pensil EE)
  4. Spidol Hitam
  5. Alat kerik
  6. Kuas
  7. Sarung tangan/ saputangan kecil

 

Ref :

irsaicut.blogspot.com

standardpen.id

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *