Manfaat Gymnastic Untuk Anak

Pernah lihat anak kita  loncat-loncatan di tempat tidur, atau sofa atau  melakukan salto depan dan belakang, terkadang saya khawatir takut terkilir, terkadang mereka melakukannya seperti sedang berada di trampolin.

Beberapa kali, saya pernah membawa athar ke beberapa tempat kekinian dengan menggunakan kaos kaki khusus untuk melompat bebas di aneka ukuran trampolin yang disediakan, hanya saja memang harganya cukup lumayan sekitar Rp 100.000 / jamnya.

Ternyata  aktivitas ini sama dengan berolahraga karena semua anggota tubuh kita bergerak dan menjadikan kita berkeringat. Mengenalkan olahraga kepada anak sejak dini, tentunya harus dengan cara yang menyenangkan karena bermanfaat baik  membantu proses tumbuh kembang anak.

Sekarang saya mulai melirik beberapa tempat yang menawarkan pelatihan untuk gymnastic, karena ternyata senam gymnastic bisa mendukung pertumbuhan fisik anak dan ternyata olahraga ini bisa dimulai pada anak di usia 2 tahun ke atas, walapun ada beberapa yang membuka kelas dibawah usia itu.

 

Menurut American Academy of Pediatrics kalau anak yang ikut serta dalam kegiatan olahraga seperti Gymnastic akan berkembang kemampuannya secara fisik maupun sosial. Gymnastic merupakan senam yang memberikan serangkaian gerakan komprehensif yang memadukan kekuatan, kelenturan, kecepatan, keseimbangan, koordinasi gerak, kekuatan, dan disiplin.

Gymnastic membantu koordinasi motorik kasar anak. Dengan begitu anak akan memiliki kesadaran pada tubuhnya, termasuk bagaimana mengontrol dan mengkoordinasi setiap anggota tubuhnya. Berlatih gymnastic ini membutuhkan komitmen dan konsentrasi penuh. Dan dengan berlatih Gymnastic, Kepercayaan diri anak akan tumbuh.

Berlatih di kelas gymnastic memberi kesempatan pada anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya, sekaligus bekerja sama dalam tim. The Gymnastic Academy of Boston percaya kalau senam bisa membuat anak belajar kemampuan sosial, seperti mendengarkan orang lain, mengikuti arahan, bergantian giliran, bersikap tenang, menghargai orang lain dan tentunya memberi rasa senang karena anak-anak bisa bersosialisasi dengan teman-temannya.

Akhirnya saya mencoba mencari manfaat dari berlatih gymnastic pada anak, dari beberapa sumber :

  • Melatih Keseimbangan & Fleksibilitas Tubuh (melatih otot-ototnya menjadi lebih kencang, lebih lentur, postur tubuh akan lebih baik)
  • Meningkatkan Konsentrasi Anak (butuh konsentrasi tinggi untuk menghapal gerakan)
  • Anak Lebih Mandiri dan Disiplin (belajar untuk mengikuti instruksi )
  • Anak Bersosialisasi (diajak terlibat dan bekerjasama, belajar arti sportivitas, kerjasama, kemenangan, dan kekalahan)
  • Melatih Saraf Motorik Anak (anak akan lincah)
  • Gymnastic menyenangkan bagi anak, karena gerakan mudah ditiru dan bisa di lakukan kapan saja.
  • Mengembangkan kekuatan daya tahan tubuh anak, sehingga anak jadi tidak mudah sakit.
  • Gerakan gymnastic dapat mengembangkan fleksibilitas anak. Tubuh anak jadi lentur dan tidak mudah capek.
  • Olahraga senam artistik ini juga dapat mengembangkan motorik anak dengan baik.
  • Anak jadi mudah belajar mendengar, mencerna, dan praktek gerakan gymnastic jika sering berlatih.
  • Mengajarkan untuk meraih suatu tujuan atau pretasi
  • Anak  belajar  tenggang rasa. Selama latihan, mereka bisa saling menghargai teman-temannya dan berbagi.
  • Anak jadi kenal cabang olahraga lain yang juga bermanfaat

Gerakan gymnastic yang gampang  ditiru anak-anak misalnya front roll, backward roll, carthweel, salto, dan ternyata hal ini pun diajarkan di sekolah dalam mata pelajaran olahraga dan diambil penilaiannya untuk raport. Sayapun mulai browsing mengenai matras yang bisa digunakan untuk latihan di rumah, merk nya Wholesaleairtrack air track brands ,  air track gymnastics , testimoninya bagus mulai dari bahannya berkualitas, warna kita bebas memilih dan bisa diberi nama, dan ada garansi 2 tahun plus gratis perbaikan, ada professional pre-sales and after-sales service nya jadi tenang kalau ada sesuatu.

Matras air track floor home gymnastics ini bisa dipakai untuk melindungi tubuh , menahan badan setelah melakukan gerakan loncat dan  jatuh, dengan bebas dan aman.

melindungi pengguna dari bahaya.cocok untuk kegiatan indoor maupun outdoor. memastikan latihan kita dalam keamanan yang tinggi.

Bahannya menggunakan  Double Wall Fabric (DWF), 2 lapisan vinil dengan ribuan benang yang menghubungkan dua lapisan (80.000 per M2!).

Ada 3 tipe :

P1: ketebalan 10 cm , cocok untuk kita melakukan senam, digunakan di rumah dan sekolah sebagai alas saat melakukan gerakan gymnastic.

P2: ketebalan 20 cm. Cocok untuk atlet menengah dan lanjutan. P2 AirTrack adalah alas ketebalan tengah. Lebih bagus daripada P1 AirFloor tetapi lebih ringan daripada P3, lembut dan melambung, bagus untuk membalik, dan latihan jungkir balik.

P2: ketebalan 30 cm. Paling serbaguna dan melambung  untuk pantulan yang lambat dan mudah.

Air Track Floor Home Gymnastics

4×1.85×0.1m
5×1.85×0.1m
6×1.85×0.1m
7×1.85×0.1m
8×1.85×0.1m
9×1.85×0.1m
10×1.85×0.1m
11×1.85×0.1m
12×1.85×0.1m
13×1.85×0.1m
14×1.85×0.1m
15×1.85×0.1m

P2 Airtrack Mat 

6x2x0.2m
7x2x0.2m
8x2x0.2m
9x2x0.2m
10x2x0.2m
11x2x0.2m
12x2x0.2m
13x2x0.2m
14x2x0.2m
15x2x0.2m

Untuk informasi lebih lanjut email aja ke : sales@wholesaleairtrack.com

Dok : wholesaleairtrack.com
Dok : wholesaleairtrack.com

Olahraga gymnastic memiliki banyak sekali manfaat, tapi  pastinya membutuhkan  pengawasan dari yang ahli , jangan sampai mengakibatkan anak kita terkilir atau cedera karena melakukan salah gerakan. Jadi pilih komunitas olahraga yang terpercaya.

Ref :

glitzmedia.co

lifestyle.okezone.com

viva.co.id

cmaindo.com

motherandbaby.co.id

wholesaleairtrack.com

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *