Siapa yang GoPay lovers kaya aku?, pasti sama ya seperti aku menyimpan banyak banget cerita tentang semua layanannya.

Dan yang bikin aku semakin happy, adalah perkembangannya dari tahun ke tahun, dulu repot dengan pembayaran uang cash, sampai akhirnya munculnya inovasi alat pembayaran cashless yaitu GoPay.

GoPay membuat  segalanya menjadi semakin  mudah, untuk belanja, jajan,  transfer saldo ke teman atau bank.

Untungnya Bayar pakai Go-Pay :

Transaksi Mudah
Bayar semuanya semakin praktis
Hemat Waktu
Ga repot cari uang pas atau tunggu kembalian
Banyak Bonus
Banyak promo menarik khusus bayar di tempat jika kita pakai GO-PAY

Pembayaran GOPAY

GoPay adalah layanan dompet digital yang terdapat dalam aplikasi Gojek Indonesia dan bisa kita  gunakan untuk pembayaran semua layanan Gojek (GoRide, GoCar, GoSend, dll.) sampai transaksi non tunai di tempat tempat usaha offline misalnya tempat jajan dan belanja online.

Untuk mengisi saldo GoPay juga sangat mudah dan banyak caranya, misalnya melalui driver, transfer One Klik, ATM, Internet Banking, Alfamart, dan lainnya.

GoPay telah  memiliki teknologi keamanan terkini yang menjamin semua data dan transaksi pengguna selalu aman. GoPay memikirkan segala kemungkinan yang mungkin saja terjadi terkait dengan  pembayaran digital, terutama masalah penipuan digital yang mungkin saja terjadi.

Sudah banyak cerita yang membuat kita semakin sadar, bahwa kejahatan itu bisa kapan saja terjadi dan modus kejahatan digital semakin berkembang.

Mereka yang jahat selalu saja punya akal untuk membuat suatu modus baru penipuan misalnya meminta kita melakukan transfer uang tanpa sadar melalui GoPay,  atau tiba tiba menelpon kita dan meminta kita menyebutkan PIN GoPay kita.

GoPay telah melakukan banyak hal untuk mengantisipasi ini semua dengan memberikan :

  • Panduan Keamanan untuk Pengguna
  • Inovasi Teknologi Terkini untuk Meningkatkan Keamanan
  • Jaminan Saldo Kembali
  • Sertifikasi Keamanan Standar Internasional

Panduan Keamanan untuk Pengguna

GoPay tidak pernah bosan untuk memberikan edukasi ke penggunanya melalui media sosialnya, ini bisa kita lihat di akun media sosial GoPay yang memiliki centang biru. GoPay selalu share mengenai keselamatan dan bagaimana menjaga keamanan transaksi aman untuk selalu waspada akan modus-modus penipuan yang marak terjadi.

GoPay selalu mengingatkan kita untuk selalu melaporkan jika ada hal hal yang mencurigakan saat kita bertransaksi.

Dok : freepik.com

Penipuan mengatasnamakan Gojek/GoPay yang mungkin saja terjadi :

  1. Penipuan Saat Mau Membayar atau Top Up

Pastikan kita belanja di tempat yang benar dan terverifikasi untuk memakai GoPay sebagai alat pembayaran.

Untuk top up game, beli aplikasi pilih yang resmi bekerjasama dengan GoPay seperti Google Play, Codashop, UniPin, MPL, dan Wawa Games.

  1. Penipuan mengatasnamakan GoPay

Jangan percaya pihak yang mengaku GojJek atau GoPay melalui sosial media.

Ini akun-akun resminya yang sudah ada centang biru (terverifikasi) :

Instagram: @gopayindonesia, dan @gopaypromo

Twitter: @gopayindonesia, dan @gopaypromo

Jadi saat  dapatkan pesan dari akun-akun selain yang ada di atas jangan digubris ya. Jangan pernah berikan data pribadi kita dan segera lapor ke Customer Service, karena Gojek ataupun GoPay tidak pernah meminta data pribadi kita. Hubungi customer service melalui e-mail customerservice@gojek.com.

  1. Minta PIN atau Kode  kode OTP?

Agar transaksi atau pengisian GoPay selalu aman dan terjaga, jangan lupa untuk pasang PIN (Personal Identification Number). Jangan membagikan kode OTP (One Time Password) saat  log in di aplikasi Gojek. GoPay tidak pernah meminta PIN atau kode OTP dengan alasan apapun.

Penipuan mengatasnamakan GoPay , biasanya meminta kode OTP baik melalui telepon, SMS atau pun fitur chat di dalam Gojek. Penipu akan merayu korbannya untuk memberikan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS dengan berbagai macam alasan.

Kode OTP yang akan dikirimkan lewat SMS ini sangat penting karena  menjadi alat verfikasi saat adanya percobaan pergantian profil seperti PIN, nomor telepon, email, nama dan lain sebagainya pada aplikasi Gojek yang tidak disadari oleh kita pemilik akun.

MODUS TELEPON KODE ANEH

Hati hati modus yang meminta kita  meminta  menelepon ke kode mencurigakan. Misalnya menelepon dengan awalan kode mencurigakan seperti **21*, **62*, **67*, **61* yang meminta kita mengganti pesanan dengan alasan misalnya motor mogok.

Kode ini adalah fitur Call Forwarding yang bisa mengalihkan telepon yang masuk ke nomor kita ke nomor lain tanpa sepengetahuan kita.

MODUS TRANSFER

Hati hati dengan orang orang yang meminta kita mengirimkan sejumlah uang ke akun GoPay atau bank lainnya.

Ingat Selalu JAGA

Lakukan JAGA setiap transaksi supaya agar terhindar dari modus penipuan  :

J: Jangan transfer di luar aplikasi dan jangan asal transfer ke nomor tidak dikenal.

A: Amankan data pribadi, jangan bagikan kode OTP

G: Gunakan PIN, dan

A: Adukan hal mencurigakan melalui email dan halaman resmi melalui email customerservice@gojek.com atau halaman bantuan di aplikasi Gojek.

Waspada slalu modus penipuan pembayaran online dan menjaga keamanan GoPay!

TIPS

Agar terhindar dari segala jenis bentuk penipuan digital penipuan mengatasnamakan Gojek/GoPay, pastikan akun kita aman dengan memasang PIN untuk meningkatkan keamanan transaksi.

Jangan pernah berikan kode OTP kepada siapapun termasuk Gojek, atau kita bisa juga kita lapor dengan cara klik tautan Halaman Bantuan . Atau melalui aplikasi Gojek  dengan cara buka akun profil dan pilih menu Help/ Halaman Bantuan.

Inovasi Teknologi Terkini untuk Meningkatkan Keamanan

GoPay telah meluncurkan Fitur fingerprint/ sidik jari dan face ID/ scan wajah untuk memvalidasi setiap transaksi GoPay selain menggunakan PIN.  Transaksi jadi lebih aman dan tenang dengan GoPay , membuat proses bayar-bayar jadi lebih praktis! 

Jaminan Saldo Kembali

Saat Saldo GoPay Hilang dan/atau PayLater kita hilang,  kini ada program Jaminan Saldo GoPay Kembali, untuk kasus pesanan kita tidak diantar dan GoPay telah terpotong, atau kita kehilangan gadget kita dan GoPay menjadi hilang saldo.

Kita bisa Klaim saldo yang hilang   sampai 60 hari sejak kejadian. Setiap kehilangan saldo, akan dikembalikan 100% sesuai dengan nominal awal. Proses klaim bisa kita lihat di My Tickets di halaman utama aplikasi.

Cukup siapkan data-data seperti :

  • Tipe saldo yang hilang (GoPay/PayLater)
  • Nominal saldo yang hilang pada setiap tipe saldo
  • Tanggal dan waktu kehilangan perangkat seluler
  • Nomor perangkat seluler yang digunakan saat kehilangan
  • Nomor perangkat seluler yang digunakan sekarang di aplikasi Gojek (bisa sama dengan nomor perangkat seluler yang hilang)
  • Nama sesuai eKTP
  • Tempat tanggal lahir sesuai eKTP
  • Jika klaim melebihi dari Rp1.000.000, maka kita perlu mengirimkan Surat Keterangan Tanda Lapor Kehilangan (SKTLK) sebagai bukti kehilangan saldo.

Step Klaim

Untuk mendapatkan perlindungan extra dari program Jaminan Saldo GoPay Kembali yang akan mengembalikan saldo yang hilang. Lakukan tahap ini :

  1. Pada halaman utama aplikasi Gojek, klik “Eksplor” atau “Explore”.
  2. Pilih menu “Plus”
  3. Klik “Jaminan Saldo Kembali” atau “Money Back Guarantee”.
  4. Klik tombol “Claim Refund” atau “Ajukan Klaim”.
  5. Isi formulir dengan lengkap untuk mempercepat proses investigasi.

Sertifikasi Keamanan Standar Internasional

GoPay telah memiliki sertifikasi ISO 27001:2013 Information Security management System – ISMS atau Sistem Manajemen Keamanan Informasi, yang diterbitkan oleh lembaga International Organization for Standardization (ISO). Sertifikasi ini adalah bentuk komitmen GoPay untuk terus menjaga keamanan informasi penggunanya.

Aman Bersama GoPay

#AmanBersamaGoPay, GoPay memiliki rangkaian teknologi yang akan  terus berupaya untuk menjaga keamanan transaksi, saldo, dan data pribadi.

  • Terdapat PIN GoPay untuk verifikasi transaksi menggunakan GoPay/PayLater.
  • Kode OTP (One Time Password) atau kode rahasia untuk masuk ke akun Gojek. Pihak Gojek tidak pernah meminta kode ini pada siapa pun.
  • Perlindungan ekstra untuk saldo GoPay & PayLater dengan Jaminan Saldo GoPay Kembali jika ada kehilangan karena adanya aktivitas mencurigakan di luar kendali khusus untuk pengguna yang sudah upgrade akun ke GoPay Plus. S&K Berlaku.
  • Terdapat halaman bantuan pada menu GoPay untuk mencari informasi atau menyelesaikan kendala yang kita hadapi.
  • Kita bisa menghubungi Customer Service GoPay melalui halaman ini jika dalam keadaan darurat.

Reff:

https://www.gojek.com/gopay/