All About Moments of Happiness

Klinik Gigi Ramah Anak Medikids Kemang

Mendengar kata dokter gigi, dan sakit gigi merupakan salah satu hal yang ditakuti aku dan anakku. Mungkin karena membayangkan akan dilakukan sesuatu tindakan pada giginya, dan terbayang suasananya yang menyeramkan.

Sakit gigi adalah hal yang paling tidak enak, bisa karena gigi berlubang sehingga makanan terselip, gusi bengkak, biasanya terasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Kadang bisa pusing, sakit kepala, sakit berdenyut, pusing, pipi menjadi bengkak, anak jadi demam dan tidak mau makan.

Memilih klinik gigi ramah anak agar merasa aman dan nyaman, adalah kunci anak tidak takut ke dokter gigi. Dan kegiatan Field Trip Virtual ke ReOpening Medikids Clinic Kemang bersama Ibu Ibu Doyan Nulis 11 November  2020 lalu, membuat bayangan seram itu menjadi pudar.

Sebelum acara dimulai,  kita dikirimkan paket sehat dari Medikids Clinic Kemang, berupa reusable bag, paket masker,  aneka voucher dan crayon.

Medikids Kemang
Paket sehat dari Medikids Kemang

Keceriaan sudah mulai terasa saat kita bergabung dalam zoom dengan anak-anak seusia anakku di hari itu, banyak kegiatan yang dilakukan di Field Trip Online Medikids Kemang  mulai dari Edukasi tentang kesehatan gigi bersama dokter gigi drg. Saskia, belajar sikat gigi bersama, DIY Printable gigi & Mewarnai Face Mask Medikids, Dance Bareng Captain Medi,  virtual tour ke Medikids Kemang, dan photo session.

Medikids Kemang
Dance Bareng Captain Medi

Acara dimulai dengan edukasi tentang kesehatan gigi bersama dokter gigi drg. Saskia, dokter cantik yang sangat ramah ini banyak membahas seputar menjaga kesehatan dan merawat tubuh selama pandemi Covid-19 ini.

Medikids Kemang

drg. Saskia berpesan selama pandemi Covid-19, harus melakukan kebiasan seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker saat keluar rumah, istirahat yang cukup, membawa handsanitizer saat keluar rumah, selalu makan makanan bergizi, dan usahakan selalu di rumah jika memang tidak ada keperluan penting.

drg. Saskia juga mengajarkan mengenai langkah mencuci tangan yang baik dan benar, mulai dari membasahi tangan, memakai sabun, menggosoknya, membersihkan sela-sela jari, mencuci bersih, dan mengeringkannya. Selain itu Captain Medi mengajarkan cara memakai handsanitizer yang baik dan benar.

drg. Saskia mengingatkan kita semua untuk selalu melakukan kebiasaan baik yang harus dilakukan sejak kecil untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, yaitu dengan memeriksakan diri ke dokter gigi secara  teratur, selalu menggunakan sikat gigi yang tepat, waspada makanan yang mengandung gula, dan menghindari minuman bersoda.

drg. Saskia mengenalkan kita  yang hadir mengenai lapisan gigi, yang terdiri dari enamel, dentin, pulpa gigi dan saraf. Gigi sendiri 95% mengandung mineral, 4% air, dan 1% protein.

Proses gigi berlubang juga dijelaskan detail oleh drg. Saskia, yaitu akibat bakteri (plak) + makanan manis dan lengket = asam. Gigi sehat + asam menjadikan gigi menjadi berlubang, karena itu kita harus rajin menggosok gigi.

Di mulut, gula dari makanan/minuman yang kita makan, dicerna bakteri dan diubah menjadi asam. Asam akan  menyebabkan mineral-mineral dalam gigi hilang (demineralisasi) dan gigi menjadi berlubang.

gigi berlubang sendiri adalah kerusakan yang terjadi pada jaringan keras gigi karena aktivitas bakteri dalam plak. Bakteri penyebab karies gigi adalah Streptococcus mutans. Penumpukkan bakteri, sisa-sisa makanan, dan air liur di dalam mulut dapat menyebabkan plak terbentuk. Zat asam dalam plak dapat menyebabkan jaringan keras gigi larut, sehingga terjadilah karies gigi.

Karies ditandai dengan bercak putih pada gigi (white spot), muncul karena adanya proses penghilangan kadar garam dan mineral (demineralisasi) pada jaringan keras gigi akibat plak dan sisa makanan yang menumpuk. Jika dibiarkan terus, bercak putih akan berubah menjadi bercak kecoklatan yang menyebar dan membentuk lubang pada gigi. Jika tidak ditangani, karies ini dapat menyebabkan nyeri, gigi tanggal, infeksi berbahaya, dan bahkan kematian.

Secara umum, penyebab karies gigi pada anak dipicu oleh beberapa faktor yang saling berkaitan. https://www.tanyapepsodent.com/artikel/anak-anak/karies-gigi-pada-anak-pahami-penyebab-dan-cara-cerdas-mengatasinya.html

Perawatan gigi berlubang bisa  berupa penambalan, perawatan saluran akar, atau pencabutan gigi tergantung tingkat lubang giginya.

SIKAT GIGI & FLOURIDE

Fluoride akan mencegah gigi berlubang , dengan menambahkan mineral ke gigi kita sehingga enamel gigi akan kuat dan lebih tahan terhadap asam, dan membat lubang tidak semakin dalam/menghentikan proses gigi berlubang.

Ternyata agar gigi tidak berlubang, kita harus memilih sikat gigi yang baik yaitu memilih bulu sikat yang halus,  menggantinya setiap 3 bulan sekali atau ganti jika bulu sikat terlihat rusak dan kotor, berubah warna dan bau, jangan juga tukar menukar sikat gigi dengan orang lain.

Sebagai ibu yang selama ini cuek akan pasta gigi anakku, mulai sekarang aku akan memilih pasta gigi dengan flouride terbaik,  untuk membantu menguatkan  struktur email gigi sehingga asam tidak mudah merusak gigi dan mencegah gigi berlubang.

Fluoride adalah mineral alami yang membantu mencegah gigi berlubang dan bahkan memperbaiki kerusakan gigi yang dialami anak-anak pada tahap awal, jika dipakai teratur bisa menangkal pengeroposan gigi.

Fluoride takaran sedikit saja, kira-kira sebesar biji beras. Untuk diatas usia 3 tahun, sebesar biji polong.

Selama ini anakku memakai sikat Gigi Pepsodent Kids yang dikirimkan oleh Medikids Kemang yang didesain khusus untuk anak, kepala sikat kecil , nyaman di  mulut anak, bulu sikatnya  juga lembut jadi tidak  melukai gusi.

 3 NASEHAT DOKTER drg. Saskia :

  1. Sikat gigi 2x sehari, pagi setelah makan dan malam sebelum tidur
  2. Makan makanan bergizi, kurangi makanan asam dan manis
  3. Ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali

Coklat, permen, soda, gula, kopi, teh adalah musuh bagi gigi . Nasi, kentang, sayur, buah, daging, ikan, telur , susu adalah sahabat gigi.

drg. Saskia juga mengajarkan anak-anak cara menyikat gigi dengan benar, bulat-bulat, maju mundur, cungkil-cungkil, sikat lidah, yaitu dari sisi depan gigi di salah satu sisi mulut, sikat gigi melingkar , sikatlah gigi bagian belakang, sisi atas dan bawah, dengan gerakan maju mundur  perlahan. Jangan lupakan sikat gigi seri, baik atas maupun bawah.

Medikids Kemang

Kegiatan Field Trip Virtual ke Medikids Kemang dilanjutkan dengan mewarnai bersama masker dan print yang telah disiapkan sebelumnya,  virtual tour ke Medikids Kemang, dan ditutup dengan photo session.

Medikids Kemang
Dok :@Alfa Kurnia

Anakku sangat senang dan mengajakku ke Medikids Kemang untuk bertemu drg.Saskia untuk konsultasi langsung dan memeriksakan giginya. drg. Saskia Karenina Latif praktek setiap Minggu Pukul 16.00 – 21.00.

Sekilas mengenai Medikids Kemang merupakan salah satu cabang dari MHDC Group (Mulia Health & Dental  Care) yang terletak di Jakarta Selatan, yang  23 Oktober 2020 lalu , Medikids Kemang pindah ke tempat yang lebih  strategis dan mudah dijangkau, tepatnya di Jl. Ampera Raya No.5A, RW.8, Pejaten Barat,  Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan.

Dukungan tenaga medis yang profesional dan ramah,  ramah anak, program edukasi kepada anak, adalah  salah satu kelebihan dan privilege yang kita  dapatkan saat  berkunjung ke  Medikids Kemang. 

Medikids Kemang adalah salah satu one stop cilinic yang menyediakan layanan dental,  kesehatan umum, juga  vaksin. Didukung oleh tim dokter gigi spesialis anak dan dewasa,  dokter umum, dan vaksinasi.  

Medikids Kemang mampu memberikan pelayanan didesain dengan suasana yang playful, unik, colorful, dan  nyaman. Kita bisa merasakan suasana klinik nyaman  bertema  airport  Africa Safari Dental Room, Paris  Dental Room, Japan Dental Room,Turkey Dental Room, Amerika General Room dan  London Play Hospital. 

Medikids Kemang

Medikids Kemang

Medikids Kemang menghadirkan tema Around the World danada  fasilitas London Play Hospital  dimana Anak bisa belajar dan merasakan keseruan untuk menjadi dokter gigi serta tenaga  medis lainnya. 

Medikids Kemang

LAYANAN TERBARU  MEDIKIDS CLINIC KEMANG

LAYANAN DOKTER UMUM &  KLINIK VAKSIN MEDIKIDS adalah layanan terbaru di Medikids Kemang, yang  kini melayani vaksinasi untuk anak dan dewasa. Kita bisa melakukan system booking jadwal dokter melalui 021 227 15917 / 0811 – 1895 – 531

Selain Dokter Gigi Anak, di Medikids Kemang juga buka praktik dokter gigi spesialis, diantaranya:

  • Dokter Gigi 
  • Dokter Gigi Spesialis Pedodonti (Kesehatan Gigi Anak)
  • Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi
  • Dokter Gigi Spesialis Orthodonti (Kawat Gigi)
  • Dokter Gigi Spesialis Prostodonti (Gigi Tiruan)
  • Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
  • Dokter Gigi Spesialis Periodonti (Gusi dan Jaringan Gigi)

Sekarang aku tidak lupa untuk selalu menerapkan kebiasaan baik pada anakku yaitu minum banyak air putih setelah makan, mengurangi makanan manis, lengket, rajin sikat gigi dua kali sehari, memakai sikat gigi  dan pasta berflouride, dan akan rutin cek kesehatan gigi dan mulut anak ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Kebiasaan sehat yang juga selalu kami lakukan adalah memakan makanan sehat berserat, ngemil sehat  dan rajin berolahraga. Tak lupa untuk selalu cuci tangan pakai sabun air mengalir, menjaga jarak saat di luar rumah dan memakai handsanitizer dan  masker.

Terima kasih Medikids Kemang dan Komunitas Ibu Ibu Doyan Nulis, anakku dan aku jadi tidak takut lagi ke dokter gigi.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba Medikids Kemang dan Komunitas Ibu Ibu Doyan Nulis.

Medikids Kemang

instagram.com/mhdcclinic/

https://www.youtube.com/channel/UCYyhZEIhwwliDbVZRPaXDBQ

https://www.facebook.com/mhdcclinic/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Boghaisan.com All Rights Reserved   

Theme Smartpress by Level9themes.