All About Moments of Happiness

Kenali Tipe Bos Sejak Dini

Memasuki dunia kerja, pastinya selain kita akan menemukan rutinitas pekerjaan yang baru kita juga akan dihadapkan  dengan berbagai macam tipe teman kerja dan atasan atau yang sering kita panggil bos.

Lebih dari 10 tahun bekerja di beberapa perusahaan, pastinya aku telah beberapa kali bertemu beberapa tipe bos mulai dari menyenangkan sampai menyebalkan, namun yang akan selalu kukenang adalah 1 tipe bos yang membuat aku harus mengalah dengan mengakhiri 3 tahun masa kerja yang menyenangkan.

Ternyata menurut beberapa referensi, bos itu ada banyak tipe ya diantaranya menurut Zodiak. Menurut /wolipop.detik.com/love, jogja.tribunnews.com dan /lifestyle.okezone.com terdiri dari :

1. Aries (21 Maret – 20 April)
Aries itu sikapnya  tegas. Aries tidak akan merasa ragu akan keputusan mereka untuk kelompoknya. Aries selalu mengutarakan segala sesuatu dengan jelas dan menuntut. Tapi, bos Aries bisa sangat membantu jika kita membutuhkan saran, walau terkadang sarannya  bisa sedikit mengintimidasi. Buatlah bos Aries terkesan, dengan kemampuan berkomunikasi kita.

Aries adalah pribadi yang dinamis dan dapat menginspirasi para bawahannya. Kelemahannya, mereka sering tidak peka dengan kondisi personal karyawan.

Bos Aries adalah ‘alpha’ di tempat kerja, alias jenius. Tipe atasan yang selalu tahu versi lebih baik dari sesuatu. Tipe bos yang suka memberikan banyak pekerjaan, memberi tahu jika pekerjaan yang dilakukan anak buahnya itu salah (cocok sebagai mentor).

Aries adalah orang yang tak kenal basa-basi, penuntut, penentu, dan berharap karyawan memiliki antusiasme yang sama. Aries adalah pemimpin inspiratif yang selalu berinovasi.

Kelebihan: tegas, jujur, penuh perhatian.
Kekurangan: egois, konfrontatif, kurang sopan.

2. Taurus (21 April – 21 Mei)
Bos Taurus  itu melakukan  hal-hal dengan tenang dan santai, tidak tergesa-gesa. Kadang bisa jadi  sangat ketat dengan aturan yang telah dibuatnya dan selalu ingin melakukan semuanya dengan caranya sendiri tanpa mempertimbangkan saran dari orang lain.

Walapun Bossy , mereka sangat perhatian pada karyawannya. Bahkan, tidak masalah jika harus  melanggar aturan perusahaan demi kepentingan bawahan.

Tipe atasan yang sangat peduli terhadap proses mengerjakan sesuatu dan bagaimana hasil akhirnya. Bos Taurus adalah tipe atasan yang mempunyai standar tinggi, sangat pekerja keras, tapi tahu cara menghargai anak buahnya.

Taurus itu  mempertimbangkan segala keputusan dengan bijaksana. Tidak tertarik dengan inspirasi tiba-tiba dan ide spontan karyawan. Bos Taurus akan lebih mengkaji dasar keputusan, mengecek berulang kali, dan memastikan sistem berjalan lancar sesuai rencana.

Kelebihan: akomodatif, protektif, menarik.
Kelemahan: hati-hati, introvert, keras kepala.

3. Gemini (22 Mei – 21 Juni)
Saat kita berhadapan dengan bos Gemini kita harus  membutuhkan kemampuan komunikasi yang cukup baik. Bos Gemini lebih suka banyak berbicara, seperti dengan melakukan tukar pikiran ataupun debat. Bos Gemini punya  banyak ide-ide  untuk dibagikan kepada para karyawannya. Bos Gemini kadang suka sedikit menggosip, tidak terlalu senang memerintah dan terkadang dirinya merasa ragu saat membuat keputusan.

Gemini itu pribadi yang sociable. Sifatnya yang komunikatif membuatnya disukai karyawannya. Gemini juga tidak suka mengubah-ubah alur kerja, jika kondisi pekerjaan yang sekarang baik-baik saja.

Gemini  akan muncul dengan garis besar suatu ide dan melibatkan karyawan dalam diskusi sebelum mengambil keputusan. Gemini adalah  tipe yang selalu ingin tahu. Diskusi bersama karyawan untuk  selalu menginginkan inovasi yang lebih.

Bos yang akan ‘membuat gila” pegawainya, salah satunya karena Gemini sebagai bos suka mengerjakan banyak hal dan berubah pikiran. Jika punya bos seorang Gemini, kita sebagai anak buah wajib yang namanya bisa multitasking. Gemini sebagai bos juga disebutkan sebagai atasan yang sulit mengaku jika berbuat kesalahan.

Kelebihan: pintar, selalu ingin tahu, bersemangat.
Kekurangan: usil, bingung, gelisah.

4. Cancer (22 Juni – 22 Juli)
Bos idaman tenyata adalah Bos Cancer , orangnya  yang sangat sabar dan juga pandai. Bos Cancer punya  banyak ide untuk memecahkan masalah. Bos Cancer selalu berharap para karyawannya bisa melakukan hal sesuai dengan keinginannya. Bos Cancer selalu menginginkan segalanya berjalan dengan tenang.

Cancer yang humoris membuat banyak karyawan cepat merasa akrab dengannya. Hati-hati,  Cancer sebenarnya sangat dominan dan mengharapkan hasil terbaik dari para karyawannya.

Bos yang butuh anak buah yang loyal terhada dirinya. Cancer adalah salah satu zodiak terbaik sebagai atasan, selama kita sebagai anak buahnya itu loyal karena Cancer adalah pribadi yang sangat berorientasi terhadap keluarga. Cocok untuk kita adalah tipe orang yang suka menetap di satu pekerjaan atau satu perusahaan dalam waktu lama.

Cancer adalah atasan yang bekerja dengan hatinya. Yang bersedia mengabaikan aturan demi keharmonisan dengan staf. Suka mendengarkan pendapat karyawan, tapi termasuk  tipe yang diam-diam persuasif.

Kelebihan: kreatif, intuitif, sabar.
Kekurangan: sangat sensitif, pendiam, canggung.

5. Leo (23 Juli – 23 Agustus)
Bos Leo selalu ingin dilihat sebagai orang yang ramah, agar bawahannya  tidak merasa enggan untuk berbicara dengannya. Leo tidak suka  karyawannya yang  merasa takut dan malu terhadapnya.

Ia memiliki karisma yang membuatnya disegani banyak orang. Mereka juga ambisius dan tidak cepat puas. Selama masih ada jabatan yang lebih tinggi, maka ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapainya.

Menyenangkan, dan friendly. Tipe bos yang suka  mengajak anak buahnya berkumpul bermain bersama, belanja atau sekedar makan-makan saat tengah hari. Tipe bos penganut paham “ work hard play hard”. Sebagai atasan, Leo adalah tipe orang yang butuh perhatian, butuh diberi ide dan banyak dipuji. Dan akhirnya mereka akan memanjakan anak buahnya.

Leo adalah tipe yang bisa mendengarkan pendapat orang lain,  berusaha sebaik mungkin agar membuat citra tim yang dipimpin terlihat sukses di depan orang lain.

Kelebihan: murah hati, bersemangat, hangat.
Kekurangan: agresif, selektif, dramatis.

6. Virgo (24 Agustus – 22 September)
Bos Virgo adalah orang yang tidak terlalu sering membuat kesalahan. Sebelum memutuskan sesuatu dirinya akan memikirkannya dengan waktu yang cukup lama terlebih dahulu. Bos Virgo lebih senang membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum mengerjakan sebuah project. Sangat penting baginya untuk menentukan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi setelah menyelesaikan project tersebut.

Virgo itu sangat praktis dan realis. Berargumen dengannya kita harus memiliki pemikiran logis, agar dia mendengar pendapat kita.

Punya standar yang tinggi, sangat teknikal, dan detail. Atasan yang meminta para anak buahnya untuk mempunyai laporan mendetail soal pekerjaan, dan planing tentang tugas. Tipe bos yang sangat memastikan bahwa semua pekerjaan terselesaikan dengan baik sesuai dengan standar sehingga hasilnya akan mengagumkan dan berkualitas. Jika tak suka mengerjakan sesuatu sampai detail, berarti kita sulit bekerja di bawah seorang bos Virgo.

Virgo adalah tipe pemimpin yang pragmatis, tidak terlalu memusingkan metode apa yang digunakan karyawan selama hasilnya bagus. Perfesionisme dalam  membuat keputusan dengan rasionalitas, bukan perasaan.

Kelebihan: pintar, terorganisir, analitis.
Kekurangan: menghitung, cemas, tegang.

Menurut womantalk.com/career :

Libra
Bos Libra,  lebih memilih disukai oleh karyawannya, dibandingkan mencapai target perusahaan. Dia akan sangat menghargai pujian untuknya, jadi pujilah diia .

Social butterfly, kunci dari bos berzodiak Leo. Tipel bos yang tak ragu memberikan hadiah saat anak buahnya berulang tahun, sangat manis, sangat dermawan. Tapi dia adalah  tipe bos yang sangat demanding alias banyak permintaan untuk anak buahnya.

Diplomatis:  sangat ingin dicintai oleh karyawan. Libra adalah pemimpin yang memiliki pesona khusus, sehingga para staf sangat menyukaimu dan ingin melakukan pekerjaan yang baik karena mereka kagum.

Bos Libra  adalah pemimpin yang egaliter, tidak terlalu ambisius soal jabatan, dan mengambil keputusan dengan hati-hati.

Scorpio
Jangan main-main dengan Bos Scorpio Anda diharapkan untuk tidak bermain-main. Dia adalah pribadi yang sangat serius dan rela bekerja keras, untuk memberi hasil terbaik bagi perusahaan. Sekalinya kita  berbuat salah, akan butuh waktu lama baginya memaafkan.

Mengintimidasi adalah karakter dominan jika Scorpio menjadi seorang bos. Atasan yang tidak akan mudah percaya pada anak buahnya. Tipe orang yang lebih baik hanya bekerja pada satu orang ketimbang mengatur banyak orang, sebab mengatur banyak orang akan membuat bos Scorpio menjadi pusing karena bos Scorpio bisa melihat dan mengetahui setiap detail dan kesalahan anak buahnya.

Workaholic: Scorpio adalah pemimpin yang gila kerja,  berkomitmen terhadap pekerjaan. Dedikasi dan kerja keras adalah moto kerja

Bos Scorpio sangat loyal pada perusahaan dan selalu punya rencana cadangan dalam setiap keputusan.

Sagitarius
Sifat mandiri yang terlalu dominan, membuat zodiak Sagitarius kurang cocok menjadi bos. Mereka lebih nyaman bekerja sendiri daripada bekerja dalam tim. Menghadapinya kita  harus mempunyai inisiatif tinggi, ungkapkan  pendapat kita pada bos dan dia akan sangat menghargainya.

Bos Sagitarius selalu mengerjakan sesuatu yang baru, buat mereka akan selalu ada hal yang baru, proyek pekerjaan yang baru, tipe bos yang suka traveling , membutuhkan ‘bantuan’ untuk menampung segala ide besar yang dimiliki. Orang yang sangat dadakan dan spontan.

Pengambil keputusan:  adalah orang yang sepihak mengambil keputusan. Sagittarius adalah pemikir yang cepat dan intuitif. Saat menjadi pemimpin, sulit bagi karyawanmu untuk mengikuti ritme kerja yang diterapkan.

Capricorn (22 Desember -20 Januari)

Bos yang sangat bersifat kebapakan-keibuan yang begitu peduli dengan anak buahnya. Tipe bos yang punya pemikiran sangat bisnis “business-minded”. Sehingga kita sebagai anak buah bisa belajar bisnis sangat banyak kepad seorang bos Capricorn. Mentor yang baik tapi pekerja keras, sehingga sebagai bos mereka mengharapkan punya anak buah yang suka bekerja keras juga.

Pragmatis: posisi pemimpin sangat serius,  suka membuat keputusan sendiri, tanpa melibatkan banyak masukan tim. Capricorn menyukai orang yang berinisiatif, terlebih jika inisiatifnya sama dengan pemikirannya.

Aquarius (21 Januari- 19 Februari)

Sangat menyenangkan, sangat unik, dan nyentrik. Suka bekerja dengan tim atau kelompik, tipe bos yang kolaboratif dan demokratis. Bekerja di bawah seorang bos berzodiak Aquarius, kita mungkin akan memiliki banyak pertemuan dan acara tim.

Berjiwa bebas: Aquarius adalah tipe pemimpin yang cerdik, murah hati, dan tidak sabaran. Pemimpin yang menyenangkan sekaligus membingungkan. Boa Aquarius terlahir dengan jiwa pemberontak dalam dirinya.

Pisces (20 Februari -20 Maret)

Ada cap sebagai Bos yang mudah dimanfaatkan. Mereka adalah tipe atasan yang sebetulnya enggan menjadi bos dan benci menjadi penanggung jawab, bos yang meminta maaf karena meminta anak buahnya melakukan pekerjaan. Tipe bos yang pasif-agresif.

Pembawa pengaruh: memimpin dengan cara yang santai dan pendekatan yang menyenangkan. Cukup sulit membuat keputusan , prospek bisnis dan urusan keuangan, intuisiny luar biasa.

Dari www.liputan6.com :

1. Bos Capricorn

Keunggulan: Dominan, bertekad kuat, percaya diri

Kelemahan: Tidak peka, jarang mendengar pendapat orang lain, keras kepala

Gaya interaksi pada karyawan: Otoriter, tegas, berwibawa.

2. Bos Aquarius

Keunggulan: Tangkas, cerdas, dan terbuka

Kelemahan: Tidak sabaran, serba tak pasti, dan sukar dipahami

Gaya interaksi pada karyawan: Rusuh, tidak bisa ditepak dan tidak terstruktur dalam memberikan perintah kerja.

3. Bos Pisces

Keunggulan: Mudah kaya, tidak kaku, dan mudah berempati

Kelemahan: Mudah dimanipulasi, terlalu senstif dan terlalu protektif

Gaya interaksi pada karyawan: Santai, mudah beradaptasi dan sangat berpengaruh

4. Bos Aries

Keunggulan: Inspiratif, dinamis dan pantang menyerah

Kelemahan: Jarang mendengar pendapat orang lain, mudah tertekan dan kurang waspada

Gaya interaksi pada karyawan: Senang berdebat, gemar memberi perintah

5. Bos Taurus

Keunggulan: Stabil, penuh perhatian, dan hati-hati

Kelemahan: Senang memberi perintah, kurang fleksibel dan tidak peka

Gaya interaksi pada karyawan: Cermat, instruktif dan terang-terangan saat bicara

6. Bos Gemini

Keunggulan: Menghidupkan suasana, komunikatif dan menarik

Kelemahan: Sulit fokus, pemikiran dangkal, dan mudah gugup

Gaya interaksi pada karyawan: Mengajak berpikir ke depan, mudah beradaptasi dan selalu logis

7. Bos Cancer

Keunggulan: Santai, bekerja penuh harmoni dan rendah hati

Kelemahan: Terlalu banyak permintaan, berekspektasi terlalu tinggi dan terlalu umum

Gaya interaksi pada karyawan: Persuasif, perasa dan mudah berempati

8. Bos Leo

Keunggulan: Adil, ikut bangga pada karyawan, dan tahu cara memerintah

Kelemahan: Egois, haus kekuasaan, dan selalu ingin terlihat bagus

Gaya interaksi pada karyawan: Ramah, terbuka, dan senang bercanda

Karakter bos berdasarkan zodiak masing-masing  dari monster.com, Jumat (31/8/2018):

1. Bos Capricorn

Keunggulan: Dominan, bertekad kuat, percaya diri

Kelemahan: Tidak peka, jarang mendengar pendapat orang lain, keras kepala

Gaya interaksi pada karyawan: Otoriter, tegas, berwibawa.

2. Bos Aquarius

Keunggulan: Tangkas, cerdas, dan terbuka

Kelemahan: Tidak sabaran, serba tak pasti, dan sukar dipahami

Gaya interaksi pada karyawan: Rusuh, tidak bisa ditepak dan tidak terstruktur dalam memberikan perintah kerja.

Pisces

Keunggulan: Mudah kaya, tidak kaku, dan mudah berempati

Kelemahan: Mudah dimanipulasi, terlalu senstif dan terlalu protektif

Gaya interaksi pada karyawan: Santai, mudah beradaptasi dan sangat berpengaruh

4. Bos Aries

Keunggulan: Inspiratif, dinamis dan pantang menyerah

Kelemahan: Jarang mendengar pendapat orang lain, mudah tertekan dan kurang waspada

Gaya interaksi pada karyawan: Senang berdebat, gemar memberi perintah

5. Bos Taurus

Keunggulan: Stabil, penuh perhatian, dan hati-hati

Kelemahan: Senang memberi perintah, kurang fleksibel dan tidak peka

Gaya interaksi pada karyawan: Cermat, instruktif dan terang-terangan saat bicara

6. Bos Gemini

Keunggulan: Menghidupkan suasana, komunikatif dan menarik

Kelemahan: Sulit fokus, pemikiran dangkal, dan mudah gugup

Gaya interaksi pada karyawan: Mengajak berpikir ke depan, mudah beradaptasi dan selalu logis

7. Bos Cancer

Keunggulan: Santai, bekerja penuh harmoni dan rendah hati

Kelemahan: Terlalu banyak permintaan, berekspektasi terlalu tinggi dan terlalu umum

Gaya interaksi pada karyawan: Persuasif, perasa dan mudah berempati

8. Bos Leo

Keunggulan: Adil, ikut bangga pada karyawan, dan tahu cara memerintah

Kelemahan: Egois, haus kekuasaan, dan selalu ingin terlihat bagus

Gaya interaksi pada karyawan: Ramah, terbuka, dan senang bercanda

9. Bos Virgo

Keunggulan: Pragmatis, realistis dan fokus pada hal-hal penting

Kelemahan: Kurang responsif, kurang simpati pada karyawan dan dingin

Gaya interaksi pada karyawan: Bicara seperlunya, irit

10. Bos Libra

Keunggulan: Populer, kharismatik, mudah disukai orang

Kelemahan: Sombong, tidak mau kalah, suka bergantung pada orang lain

Gaya interaksi pada karyawan: Mudah sepakat, menarik dan membuat karyawan senang mendekati

11. Bos Scorpio

Keunggulan: Terarah, protektif, dan kuat

Kelemahan: Kurang fleksibel, sulit memaafkan dan keras

Gaya interaksi pada karyawan: Serius, dominan dan pantang menyerah

12. Bos Sagitarius

Keunggulan: Pengertian, gemar memberi dukungan dan bergerak cepat

Kelemahan: Kurang komunikatif, kurang jelas memberikan instruksi, kurang simpati pada orang lain

Gaya interaksi pada karyawan: Mandiri, gemar mengerjakan tugas sendiri dan gemar memberikan semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Boghaisan.com All Rights Reserved   

Theme Smartpress by Level9themes.