Insto Dry Eyes Solusi Mata Kering

Mata adalah salah satu bagian penting dalam tubuh kita, tanpa mata kita tidak bisa menikmati keindahan dunia dan membaca segala informasi yang ada. Ada yang bilang mata juga jendela dunia, mata mencerminkan sikap kita saat sedang berkomunikasi dengan orang lain. Mata umumnya kita gunakan setiap hari untuk beraktivitas, dan keluhan mata yang sering tidak kita sadari adalah Mata Kering.

Aktivitas yang kita lakukan setiap harinya banyak menggunakan mata, misalnya saat membaca buku, terlalu banyak melihat monitor TV, laptop, komputer dan pastinya melihat gadget. Mata terkena debu, terkena sinar matahari  langsung agak lama , terkena angin biasanya mengakibatkan mata saya terlihat merah , perih dan panas, Ternyata semua itu adalah salah satu gejala dari mata kering.

MATA KERING

Mata kering (dry eye) adalah kondisi dimana air mata tidak dapat memberi pelumasan yang cukup untuk mata kita , atau bisa dibilang kelenjar air mata tidak bisa  menghasilkan cukup air mata, sehingga tidak dapat menghalau debu atau benda asing yang masuk ke dalam matakita b. Akibatnya, terasa   tidak nyaman di mata, mata terasa sepet, perih, dan merah.

Terkadang mata akan terasa  berpasir, gatal atau terbakar, rasanya ada sesuatu yang mengganjal di mata ,  dan penglihatan agak sedikit kurang jelas. Itulah gejala mata kering yang terjadi saat mata kekurangan air mata.

Ternyata ada beberapa kondisi yang membuat seseorang berisiko mengalami mata kering, yaitu :

  • Mata kering adalah bagian dari proses penuaan alami, rata-rata yang berusia 65 ke atas.
  • Wanita lebih beresiko, akibat perubahan hormon (kehamilan, penggunaan kontrasepsi).
  • Obat-obatan tertentu, seperti; antihistamin,dekongestan, obat tekanan darah, dan antidepresan dapat mempengaruhi produksi air mata.
  • Kondisi medis tertentu, seperti rheumatoid arthritis, diabetes, dan tiroid.
  • Kondisi lingkungan, dari paparan asap, angin serta iklim yang kering bisa  meningkatkan penguapan air mata.
  • Kurang berkedip saat sedang bekerja di depan layar komputer
  • Faktor lain, seperti operasi Lasik.

 

Aktivitas yang membuat mata jarang berkedip  bisa membuat mata kering, misalnya saat kita sedang konsentrasi mengerjakan sesuatu misalnya belajar diruangan ber-AC, naik motor , terlalu lama berada di depan monitor komputer atau main gadget. Biasanya mata kita teras perih dan pegal.

Namun sekarang aku sudah menemukan solusi mata kering, dengan cara terapi mata kering yaitu dengan pemberian air mata buatan, untuk meningkatkan produksi air mata, dan mengobati radang kelopak mata atau permukaan mata yang berkontribusi pada mata kering.

 

Tips Mengurangi Gejala Mata Belajar diruangan ber-AC, mengendarai sepeda , terlalu lama berada di depan monitor komputer atau gadget.

  • Jangan lupa berkedip secara teratur, saat membaca buku atau menatap layar komputer atau gadget dalam waktu yang lama
  • Tingkatkan kelembaban udara di rumah atau tempat kerja.
  • Pakai kacamata hitam saat di luar ruangan, terutama yang memiliki bingkai untuk mengurangi mata terkena angin dan matahari.
  • Menghindari dehidrasi dengan minum banyak air (8-10 gelas) setiap hari.
  • Jangan sering menggunakan hair dryer, karena bisa meningkatkan risiko terjadinya mata kering. Mata yang terkena angin yang diakibatkan  oleh hair dryer. Mata bisa terasa perih atau sepet dan itu merupakan salah satu gejala  mata kering.

FUNGSI AIR MATA 

Ternyata air mata itu memiliki banyak fungsi, dimana komposisi air mata terdiri dari air, lemak/minyak yang akan  membantu menciptakan permukaan mata kamu halus dan jernih. Fungsi penting lainnya  adalah membantu melindungi mata dari infeksi serta benda asing yang bisa masuk ke mata, misalnya debu  atau yang lainnya. Setiap kali kita berkedip, air mata akan melewati mata dan  mengalir ke sudut dalam kelopak mata, lalu ke bagian belakang hidung. Jika produksi air mata terganggu maka mata menjadi kering dan iritasi.

Jangan lupa juga konsumsi makanan yang mengandung Omega 3 seperti ikan tuna, salmon, sarden, kerang dan udang, Omega 3 bisa merangsang produksi air mata, menjaga keseimbangan air mata dan mencegah peradangan.

Tipe mata kering ,  penyebabnya adalah menurunnya produksi air mata atau meningkatnya penguapan air mata dan ketidakseimbangan komponen air mata. Kondisi ini disebut sindrom mata kering, atau keratoconjunctivitis sicca (KCS). Ada yang bisa sembuh kembali, ada yang bertahan cukup lama tergantung penyebabnya.

Mata kering terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Memasuki usia 50, produksi air mata cenderung berkurang. Berkurangnya air mata lebih sering terjadi pada wanita, terutama saat mengalami perubahan hormon akibat kehamilan, menggunakan pil KB atau menopause.

Kondisi medis tertentu turut  juga bisa menjadi penyebab mata kering, antara lain diabetes, rheumatoid arthritis, penyakit lupus, scleroderma, sindrom Sjogren, gangguan tiroid dan kekurangan vitamin A. Konsumsi obat-obatan tertentu, operasi mata dengan laser juga dapat menyebabkan mata kering.

Mencegah mata kering

Untuk mengatasi mata kering? , coba teteskan Insto Dry Eyes, ada varian baru dari Insto yang memiliki bahan aktif untuk mengatasi mata kering. Kandungan zat aktif dalam Insto Dry Eye , akan bekerja mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata. Saat diteteskan rasanya dingin ke mata.

INSTO DRY EYES MANFAAT AIR MINERAL

Sebagai Air Mata Buatan

Mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi kekeringan pada mata dan dapat digunakan sebagai pelumas pada mata.

Memiliki bahan aktif yang dapat membunuh bakteri. Tersedia dalam ukuran : 7.5 ml. Kemasannya mungil dan praktis, tidak memakan banyak tempat saat kita bawa kemana-mana. Cukup 1 tetes untuk menghindari iritasi dan kemerahan pada mata. Jadi mulai sekarang selamat tinggal mata kering.

Ref : 

www.insto.co.id

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *