Hidrasi Sehat Untuk Ginjal Sehat

Pastinya kita pernah mendengar mengenai penderita gagal ginjal yang harus selalu rutin melakukan cuci darah seumur hidupnya. Sedih rasanya mendengar hal tersebut, sekaligus menimbulkan pertanyaan mengenai apa sebenarnya penyebab dari gagal ginjal tersebut.

Hari ini 24 Maret 2019 Danone-AQUA melakukukan Perayaan Hari Ginjal Sedunia 2019, dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia 2019 yang jatuh pada tgl 14 Maret 2019 lalu. Acara yang diadakan Car Free Day (CFD), Thamrin 10 Park & Ride terlihat mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat, hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang melakukan registrasi ulang di acara Fun Walk.

Tahun ini Danone-AQUA mengambil tema Hidrasi Sehat untuk Ginjal Sehat “Kidney Health for Everyone Everywhere” Rangkaian acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai  pentingnya menjaga hidrasi untuk kesehatan ginjal guna mengurangi beban penyakit ginjal diseluruh dunia.

Para pakar dari berbagai bidang  dihadirkan untuk berbicara seputar kesehatan ginjal dan pentingnya  menjalankan  gaya hidup sehat, peluncuran inovasi hydration calculator yang dapat secara tepat menghitung kebutuhan hidrasi untuk setiap orang, aktivitas fun walk,  kelas Zumba, dan pledge Hidrasi Sehat.

Hadir dalam acara ini Tubagus Achmad Choesni,  Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial sekaligus
Pelaksana Tugas Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK dengan meresmikan dan penandatanganan Plakat Aksi Hidrasi Sehat, Aqua Hydration Calculator, dan membuka perayaan Hari Ginjal Sedunia 2019.  Penyerahan Urine Chart Stiker dari  Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia juga telah diberikan sebagai bentuk komitmen Kemenko PMK dan Danone Aqua  untuk edukasi hidrasi sehat untuk ginjal sehat.

Hadir sebagai pembicara  Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia, Dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA, Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK, Ketua IHWG, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Dekan FKUI dan Adinia Wirasti, aktris yang juga menjalani gaya hidup sehat  dan pertemanan sehat untuk memberikan pemahaman mengenai Hidrasi.

Dampak kesehatan kurang minum ??

Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Dekan FKUI , yang juga Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal  Indonesia,  Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Cabang Jakarta Raya.

Dr. dr. Ari ingatkan kita bahwa 60-70% tubuh kita isinya air , dan kurang konsumsi air bisa berdampak mulai mulut sampai jalur pembuangan, dari pembuluh darah ke semuanya . Mulut kering juga bisa akibatkan gusi dan lidah sensitif, akibatnya mudah sariawan,  dan bau mulut.  Saat makanan saat turun di lambung dalam tubuh kita perlu minum, jika kurang akan terasa penuh, bega’ atau sendawa.

Jika kita kurang minum bisa mengakibatkan buang air besar akan sulit, Konstipasi atau BAB susah itu diakibatkan oleh kurang minum, serat dan bergerak.

Jika pencernaan kita terkena, dan kita mengalami konstipasi, akibatnya kita akan mengalami susah BAB, luka pada usus, dan akhirnya  kanker usus jika luka telah kronis. Orang yang mengalami konstipasi susah BAB lebih beresiko terkena kanker usus lebih besar dari pada yang tidak mengalami konstipasi.

Saat kita kurang  minum air, kita bisa terkena ambeyen karena kurang minum akibatkan konstipasi, jika sudah  kronis susah BAB , BAB keras maka  ambeyen bisa muncul karena air dalam tubuh kita akan diserap oleh usus halus, untuk kebutuhan ginjal  bersihkan tubuh.

Jika kita kurang minum kita bisa beresiko terkena ISK (Infeksi Saluran Kencing) dan ini sering terjadi pada wanita, karena sering  menahan pipis atau kurang minum karena malas. ISK berulang-ulang  bisa terkena gagal ginjal ujungnya kita harus  cuci darah.

Ternyata saat  kita dehidrasi, kekurangan cairan bisa menimbulkan emosi, marah-marah bahkan berujung pada kematian.

Dr. dr. Ari dan IHWG ( Indonesia Hydration Working Group ),  selalu mendukung kegiatan seperti ini  dengan melakukan riset kepedulian terhadap kebiasaan minum air yang masih kurang baik. Karena sadar atau tidak saat kita di ruang AC bukan berarti kita tidak haus, jangan nunggu sampai kita haus karena tubuh kita  butuh air, karena secara tidak sadar cairan tubuh dikeluarkan dalam bentuk keringat , urine atau yang  lainnya.

Pentingnya Air Putih & Penyakit Ginjal

Menurut Dr. dr. Ari  penyakit ginjal banyak penyebabnya satunya  kurang minum karena ginjal kerja terlalu keras. Penyakit Ginjal banyak penyebabnya diantaranya karena  kurang minum, akhirnya infeksi kronis, terbentuk gagal ginjal atau sebabkan proses hidrasi yang tidak baik , timbul kristal  dan muncul batu ginjal, gangguan ginjal kronis  bisa sebabkan penyakit kencing manis,  autoimun, Diabetes Melitus, infeksi, namun yang dominan penyebab gagal ginjal adalah  kencing manis, hipertensi, batu ginjal, infeksi saluran kencing kronis berulang dan akhirnya harus cuci darah,

Pasien kencing manis biasanya akan selalu haus terus, dan kencing terus, tapi tidak diimbangi dengan minum.

Jangan Malas Minum

Minum itu  harus selalu diingatkan, karena malas minum itu bahaya. Air putih bukan hanya penghilang dahaga tapi juga alarm tubuh, untuk  harus terus minum.

Biasanya saya pribadi kurang minum karena sibuk, dan malas. Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK, Ketua IHWG ( Indonesia Hydration Working Group ), Dokter Spesialis Gizi Medik RSCM dan mengajar Gizi Klinik di FKUI memberikan tips menjaga hidrasi sehat  dengan minum teratur bangun dan akan tidur, sebelum dan sesudah aktifitas, dan habis makan, dengan minum teratur hidrasi akan terjaga.

Untuk mengatasi malas minum siapkan botol minum  di tempat kita bekerja atau saat kita kan beraktifitas agar selalu  ingat terus untuk minum.

HIDRASI SEHAT

Dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA menginformasikan komitmen danone melalui visi misi Danone untuk selalu mendukung hidrasi sehat ,  nutrisi sehat ke orang banyak, meningkatkan status kesehatan masyarakat , melalui edukasi, tentumya hal ini  membutuhkan dukungan kerjasama  seperti  FKUI,  Kemenkes, PMK, IHWG. untuk menjangkau orang banyak.

Hidrasi sehat adalah  istilah yang digunakan agar kita menjaga dan memenuhi kebutuhan cairan kita dalam sehari, jika tercukupi maka kita akan terhidrasi sehat dan kegiatan ginjal berjalan lancar  . Danone Aqua sangat peduli dengan Hidrasi  Sehat dengan membagikan Urine Chart (cara simple) dan Hydration Calculator, dan untuk anak ternyata ada  Gerakan Minum Air  yaitu edukasi melalui guru dan ortu untuk cukup minum ujar Dr. Tria Rosemiarti yang bekerjasama dengan IHWG, FKUI, Kemenkes.

Cukup tidaknya kita air minum setiap hari cukup lihat dari Urine Chart (cara simple) dan Hydration Calculator untuk mengetahui status hidrasi.

Untuk mencapai hidrasi sehat , walaupun kampanye yang sering kita dengar adalah  8 gelas sehari yang harus ditekankan adalah kecukupan kebutuhan cairan kita yang sebenarnya tergantung dari usia, aktivitas sehari hari dan kondisi tubuh, misalnya ibu hamil dan menyusui , sedang olahraga berat,  kebutuhan cairannya  tidak bisa dipatok hanya 8 gelas sehari.

Dalam kondisi atau kegiatan normal yang tidak terlalu berat,  bisa kita jalankan 8 gelas sehari  karena jika kebutuhan air tidak tercukupi dan kita  kekurangan air bisa menyebabkan penyakit.

Menurut riset jika anak minum 200-400 ml sebelum  sekolah bisa membantu meningkatkan memori dan pengelihatannya.

Danone Aqua melakukan standar kualitas ketat sebelum dikemas,  tahapannya banyak dan riset ada penelitian selama setahun sebelum memastikan  sumber air ini memenuhi kualitas ada PIIJAR Pilih, Jaga, menjaga dari sumbernya langsung dari pipa stainles untuk diproduksi dan disaring mikrobiologis,  Rawat yaitu  sumber lingkungan yang digunakan dikonservasikan agar tidak merusak lahan dan ikut berkontribusi pada masyarakat  sekitar lokasi lahan  .

Games Hydration

GINJAL  SEHAT 

Hidrasi sehat berati kita memenuhi dan menjaga  kebutuhan air minum sehat di dalam tubuh . Untuk menjaga agar ginjal kita sehat yaitu melakukan olah raga rutin, olah raga  kurang minum yang kurang dan tidak menjaga  jaga pola makan bisa terkena ginjal kronis.

Kebutuhan air minum bagi masing-masing orang ditentukan oleh  usia, kebutuhan dan kondisi  tubuh pada saat itu, kita penting mengetahui berapa banyak kebutuhan hidrasi kita, ukur kebutuhan hidrasinya dan penuhi kebutuhan hidrasi kita tersebut. Hidrasi Sehat, Ginjal Sehat.

Minum bukan hanya menghilangkan haus , tapi juga menjaga kesehatan dan melindungi dari berbagai penyakit terutama penyakit ginjal. Kita wajib  menjaga gaya hidup sehat untuk menghindari penyakit misalnya ginjal yang berfungsi mengeluarkan toksin dan sisa metabolisme dalam tubuh.

Dok : Lifestyle – Bisnis.com

Dengan menjaga pola makan, berolahraga rutin, pemenuhan cairan tubuh yang dibutuhkan tubuh , konsumsi makanan gizi seimbang akan menjaga kita dari Penyakit Ginjal.

Q&A SEPUTAR MINUM

CIRI KITA KURANG AIR

Menurut Dr. dr. Ari tanda kita kurang cairan yaitu mulut kering , haus, lidah kering , dan kulit bisa menjadi patokan kita kurang minum, bisa dilihat juga dari warna urine kita. wana pipis,

JANGAN MINUM SEKALIGUS

Pernahkah kita lupa minum dan langsung minum dalam jumlah banyak?  menurut Dr. dr. Ari  lambung itu ada kapasitasnya, minum langsung bisa mengakibatkan kita kembung, mual, muntah , jadi seharusnya jangan dilakukan minum banyak dalam waktu singkat. Kecuali untuk kebutuhan tertentu misalnya pemeriksaan endoskopi, pasien harus minum  2 L dalam 4 jam.

Ada juga pasien yang mengalami masalah ginjal, minum harus dibatasi. Ginjal yang  normal, saat minum banyak maka kit akan beser, dan itu tidak masalah karena  tubuh  kita ginjal  memiliki alat , jadi saat sudah berlebih akan dikeluarkan.

Minum yang baik itu adalah diatur

Bangun tidur minum air putih  200cc atau  tergantung kebutuhan fungsinya untuk  merangsang BAB, sebaiknya setiap pagi kita harus BAB, Hidrasi akan memperlancar BAB, jadi minum air putih  1-2 gelas di pagi hari.

Perusak Ginjal

Gagal ginjal kronis 60% karena diabetes ujar Dr. dr. Ari, dan obat penghilang rasa sakit, jamu dengan bahan kimia pereda nyeri  bisa merusak ginjal , pewarna yg dilarang, zat kimia bisa merusak  ginjal. Semakin  berwarna air yang kita minum beban ginjal akan lebih besar

GERAKAN AMIR

Menurut Dr. dr. Diana , IHWG membuat kampanye  minum air , GERAKAN AMIR  kampanye hidrasi sehat untuk keluarga , tentang pentingnya menjaga hidrasi sehat.

AIR PUTIH YANG BAIK 

Minimalkan minuman berwarna, minum air putih. Air putih yang baik adalah yang suhunya sedang-sedang saja. Air yang baik itu air yang paling alami

Menurut Dr. dr. Diana, untuk beraktifitas fisik, sebaiknya adalah air dengan  suhu normal agak dingin, karena hangat itu akan menyegarkan lebih lambat hasil penelitian fisiologi.

PH yang baik itu yang normal,  PH Alkali dari hasil tinjauan ilmiah   belum ada bukti ilmiah menyatakannya  lebih baik misalnya air yang  beroksigen, kosong , RO. Tubuh mendapatkan oksigen dari paru-paru, secara ilmiah  kita konsumsi oksigen dalam air dengan konsentrasi tinggi tidak akan bermanfaat.

Air kosong ,  RO, deslitasi,  tidak disarankan, karena air dengan sedikit mineral dan elektrolit akan lebih baik untuk kita  yang berkeringat. Namun tidak masalah untuk  Infused water karena itu adalah  upaya membuat air sedikit berasa.

Menutur Dr. Tria  syarat air minum kemasaan yang baik  itu tidak berbau,  berwarna dan berasa. Aqua diproses tidak memakai proses kimia dan tidak melakukan injeksi oksigen, karena Aqua percaya sumber air bagus  dan mineral alami adalah yang dibutuhkan tubuh, kebutuhan mineral, vitamin itu berasal dari asupan makanan sehari-hari bukan dari air mineral.

PH sesuai kajian IHWG di lambung itu sangat asam, PH yang netral jika diminum akan diadaptasi ke seluruh tubuh, Aqua mengunakan sumber air mineral alami dengan  PH 6-7 netral .

JANGAN PERCAYA HOAX KESEHATAN 

Dr. dr. Ari berpesan jangan percaya hoax kesehatan jika hasil penelitiannya tidak dipublikasikan  jelas ke masyarakat . Jika  tidak efidence base medicine, risetnya tidak ada dan tidak dipublikasi di jurnal yang terindeks , jangan dipercaya. Di Indonesia, tingkat  kepercayaan  cukup tinggi dari testimoni omongan orang. Saat ini Dr. dr. Ari dan FKUI sedang menjalankan Gerakan Anti Hoaks Kesehatan .

Air dingin sebaiknya jangan berlebihan, karena ada orang yang memiliki  tenggorokan yang sensitif dengan air dingin, sehingga akan gampang iritasj. Jangan juga terlalu panas karena bisa sariawan.

 

 

 

 

 

 

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

3 Comments on “Hidrasi Sehat Untuk Ginjal Sehat”

  1. waktu itu aku pernah baca, kalo sbnrnya air alkali lbh bagus memang blm ada pembuktian ilmiah. krn di lambung itukan phnya asam. jadi apapun yg masuk, pasti berubah jd asam. makanya sejak dibilang gitu, aku balik lg ke aqua :D. tdnya sempet mba rutin minum air ph tinggi. tp lama2 stoplah, abis baca artikel itu. percuma dong kalo memang berubah jd asam juga 😀 . mana lbh mahal harganya 😀

    selama ini aku juga rutin minum kalo dikantor. di rumah suka lupa -_-. di kantor krn ada OB yg slalu nyediain minumanku. jd inget utk trus minum. kyknya hrs pasang aplikasi pengingat utk minum air sih :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *