Hansaplast Bacteria Shield Perawatan Luka Tepat Anak

Cerdas menghadapi luka telah aku ajarkan ke anakku sejak ia memasuki usia sekolah, tujuannya agar dia tahu cara terbaik mengatasi lukanya dengan baik dan benar.

Selain itu anak akan terbiasa menghadapi situasi pertolongan pertama untuk menolong teman atau dirinya sendiri saat mengalami luka.

Luka itu banyak macamnya mulai dari yang kecil pada jari ataupun luka yang harus membutuhkan bantuan tenaga medis untuk mengobatinya.

Cara yang aku lakukan selama ini adalah mengenalkannya pada plester yang motifnya mereka sukai.

Selama ini Hansaplast telah menemani sejak anakku usia balita. Karena anak seiring usianya pasti hobby melakukan Kegiatan yang bisa mengakibatkan mereka tergores, terjatuh, memar.

Hansaplast itu bantalannya tebal, tidak sakit saat dilepas untuk diganti, pastinya dibuat dengan teknologi tinggi.

Kemarin diadakan secara virtual gathering, Hansaplast X Tentang Anak yang bertajuk “Seberapa Penting Proteksi Terhadap Tumbuh Kembang Anak”, bertujuan memberikan edukasi mengenai pentingnya mengenal jenis luka dan cara penanganannya sekaligus pengenalan wajah baru dari logo Handsaplast.

LOGO DAN KEMASAN BARU HANDSAPLAST

Dilengkapi dengan Bacteria Shield

Inovasi Terbaru Hansaplast untuk Dukung Keluarga Indonesia Berikan Perlindungan Optimum untuk Cegah Infeksi pada Luka.

PENTINGNYA BERMAIN BAGI ANAK

Bermain mengeksplor lingkungan pastinya bermamfaat untuk tumbuh kembang anak diantaranya mengasah kreativitas dan kemampuan motorik.

Tapi resiko anak terluka juga ada, karena itu sebagai orang tua penting untuk mengetahui perawatan luka yang tepat agar tidak terjadi infeksi berlanjut, dan mengetahui seputar proteksi anak agar tidak menimbulkan trauma yang bisa mempengaruhi optimalisasi tumbuh kembang anak.

Hansaplast mengajak kita sebagai orang tua untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya perawatan luka yang tepat agar terhindar dari resiko infeksi berlanjut.

Marketing Director Hansaplast, Dr. Christopher Vierhaus, Marketing Director Hansaplast, mengatakan, “Lebih dari 100 tahun, Hansaplast telah mendampingi perawatan luka seluruh keluarga, memberikan dukungan dan perlindungan disaat mereka membutuhkan.

Kami memahami bahwa luka, sekecil apapun, bisa menganggu aktifitas sehari-hari dan mengurangi makna untuk menikmati momen bersama orang tercinta.

Terutama dengan adanya resiko infeksi berlanjut bahkan pada luka terkecil sekalipun.

Hansaplast Plester dengan Bacteria Shield

Sebagai pelopor Plester perawatan luka, Hansaplast mempersembahkan generasi terbaru Plester di Indonesia sebagai bentuk lebih lanjut komitmen  pada perlindungan dan perawatan luka, yaitu Hansaplast Plester dengan Bacteria Shield!

Rangkaian plester dengan Bacteria Shield telah teruji dapat menghalang kotoran dan bakteri, yang berarti luka akan mendapatkan perlindungan optimum dan kondisi yang ideal untuk proses penyembuhan tanpa resiko komplikasi.

Hansaplast  juga meningkatkan edukasi perawatan luka yang dirancang khusus pada kemasan untuk membantu kita sebagai penggunanya  memahami langkah perawatan luka yang tepat, serta memaksimalkan keberlangsungan lingkungan melalui penggunaan FSC paper pada seluruh kemasan.

Inovasi ini dilakukan untuk meningkatkan perlindungan terbaik dari Hansaplast bagi seluruh keluarga Indonesia. Sesuai dengan komitmen Hansaplast, “Selalu Ada Melindungi Keluarga Anda”.

Untuk perlindungan optimum, Hansaplast bekerjasama dengan komunitas Tentang Anak,  mengadakan acara dengan tema “Seberapa Penting Proteksi Terhadap Tumbuh Kembang Anak” yang bertujuan memberikan edukasi mengenai pentingnya membangun perlindungan bagi anak (secure parenting)  dan perawatan luka sebagai salah satu bentuk perlindungan untuk menurunkan resiko infeksi sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang lebih optimal.

 Dokter Spesialis Anak, dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A  – “Salah satu langkah optimalisasi stimulasi perkembangan anak, kita harus membiarkan anak bergerak bebas dan eksplorasi lingkungan sekitarnya. Tugas kita, memastikan lingkungan si Kecil aman dari segara bahaya. Namun terkadang, kecelakaan kecil tak bisa dihindari, seperti terjatuh dan anak mengalami luka lecet. Jika itu terjadi, tugas kita sebagai orang tua untuk memahami dan mengartikulasi perasaan anak, seperti “Adik sakit ya kakinya, Bunda bantu obati ya supaya cepat sembuh.” Dengan kita memahami anak, anak akan merasa lebih aman dan lebih berani mengeksplor lingkungannya kembali.”

Untuk perawatan luka pada anak, dr. Mesty berbagi informasi mengenai mitos yang salah di masyarakat misalnya mitos luka yang dibiarkan terbuka dan kering akan cepat sembuh. Padahal, luka yang dibiarkan terbuka bisa memperbesar resiko terkontaminasi kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Karena itu, penting sekali untuk menjaga kebersihan dan kelembaban daerah luka dengan membersihkan luka dan membalut luka supaya proses penyembuhan luka lebih cepat dan baik.

Tips Hansaplast mengenai jenis-jenis luka dan langkah pertolongan pertama saat anak mengalami luka ringan :

Bersihkan: Bersihkan luka dari kotoran untuk mencegah infeksi.

Pakai Hansaplast Spray Antiseptik yang dilengkapi Polyhexamethylene Biguanide (PHMB) untuk mengobati luka tanpa rasa perih.

Lindungi: Lindungi luka dari kotoran dan bakteri untuk mencegah infeksi.

Gunakan plester Hansaplast dengan Bacteria Shield yang telah teruji secara klinis melindungi luka dari kotoran dan bakteri penyebab infeksi.

Sembuhkan: Setelah luka mulai mengering, rawat luka dengan Hansaplast Salep Luka untuk mencegah bekas luka.

“ harapannya, kehadiran Hansaplast Plester dengan Bacteria Shield bisa berkontribusi dalam perawatan dan perlindungan luka untuk seluruh keluarga Indonesia, dan meningkatkan kesadaran keluarga Indonesia mengenai pentingnya pemilihan produk perawatan luka yang tepat, sehingga dapat menurunkan resiko infeksi dan keluarga Indonesia dapat lebih tenang saat berkegiatan eksplorasi belajar dan bermain bersama.” ujar Dr. Christopher Vierhaus.

Acara ini juga menghadirkan momfluencer  Tyna Kanna Mirdad dan  2 buah hatinya yang seseruan membuat kreasi dari Bacteria Shield.

Tyna juga banyak menceritakan pengalamannya seputar merawat luka anak dan mengajarkan cara merawat luka saat anak mengalami luka kecil.

Tya juga sangat memperhatikan mengenai adanya kotak P3K di rumah untuk perawatan pertolongan pertama luka di rumah.

Ada Grace eugina sameve M.A. MPsi yang memberikan informasi mengenai  pentingnya kehadiran orang penting disekitar anak misalnya orang tua.

Orang tua sebaiknya memberikan kesempatan anak  tuk melakukan hal menyenangkan, relaks, self care,  membuat  aman nyaman di situasi yang memiliki  resiko luka.

Di Bacteria Shield yang diberikan Handsaplast anak anak bisa
menggambarkan apa yang bisa membuat anak merasa aman dan nyaman mis : nonton , atau
hal2 yang disukai anak.

Orang tua harus memberikan  kesempatan anak bereksplorasi, anak membutuhkan dukungan disana sini, orang tua harus memberikan keyakinan pada anak untuk berani berksplorasi dan jika anak butuh pertolongan , ortu akan slalu ada untuk memberikan pertolongan.

BYE PERIH

Saat kita luka, yang kita rasakan pertama kali pastinya perih, dan pastinya kita juga ingin luka kita sembuh cepat, aman dan tidak berbekas.

Proses penyembuhan luka :

Pembekuan darah: Ketika terjadi luka, pembekuan darah akan menutup luka untuk sementara.

Eksudasi dan Peradangan. Pembuluh darah yang ada di dalam dan di sekitar area luka membesar dan sel-sel darah akan bermigrasi ke jaringan luka membesar dan sel-sel darah akan bermigrasi ke jaringan luka.

Proliferasi dan granulasi. Sel-sel baru akan terbentuk dan jaringan yang rusak akan digantikan oleh jaringan ‘granulasi’.

Epitelisasi dan regenerasi. Pembuluh darah yang baru terbentuk memastikan pengangkutan oksigen dan nutirisi yang memadai. Jaringan granulasi akan menutupi luka.

Fase-fase ini dilanjutkan dengan proses pematangan; proses di mana jaringan parut menggantikan kulit yang luka.

JENIS JENIS LUKA

Luka terbuka :

Kering dan akan membentuk koreng:

Koreng adalah proses alami tubuh untuk melindungi luka dari kuman, tapi koreng bukan cara terbaik untuk memulihkan luka. Koreng menghalangi proses penyembuhan dengan membentuk penghalang dari kulit kering dan mati sehingga membuat jaringan kulit yang sehat harus berusaha untuk membuat jaringan kulit baru dibawahnya dan akhirnya bisa sembuh.

Sangat mungkin berbekas

Keropeng yang terbentuk karena membiarkan luka terbuka terkadang menjadi bekas luka .

Berisiko terluka kembali

Keropeng bisa tergores atau terkelupas, saat iritasi atau gatal pada keropengdan waktu penyembuhan akan lebih lama dan berisiko meninggalkan bekas luka.

LUKA TERTUTUP

Mengurangi risiko timbulnya bekas luka

Menutup luka sampai pulih dapat mencegah timbulnya bekas luka, karena mengurangi kemungkinan sel kulit mengering dan terjadinya keropeng.

Mengurangi risiko terkena infeksi

Plester dapat melindungi luka dari paparan air, debu, dan kuman sehingga mencegah risiko terjadinya infeksi.

Perlindungan yang maksimal

Plester luka Hansaplast mempunyai bantalan ekstra untuk menambah kenyamanan dan perlindungan ekstra agar luka tidak bertambah parah. Anak akan tetap aktif dan luka bisa cepat sembuh.

Di rumah aku slalu sedia Hansaplast Plester , biasanya aku pakai Hansaplast Aqua Protect , yang anti air.

SEPUTAR BERSIHKAN LUKA

Membersihkan luka itu penting ketika kulit kita terluka, lapisan pelindung kulit menjadi rusak, kotoran dan bakteri bisa masuk ke dalam tubuh. Hal itu bisa menyebabkan infeksi yang berakibat pada kerusakan kulit lebih lanjut dan proses penyembuhan tertunda.

Jika tidak cepat ditangani, infeksi bisa menyebar dan menimbulkan masalah serius. Jadi, langkah pertama yang harus diperhatikan untuk menyembuhkan luka secara optimal adalah memastikan luka dibersihkan.

Pakai Hansaplast Spray Antiseptik untuk membersihkan luka dengan cepat dan bebas rasa sakit. Larutannya yang tidak berwarna dan berbau dapat mencegah infeksi luka dengan efektif. Cocok untuk anak-anak dan kulit sensitif.

Setelah pendarahan dihentikan, semprotkan pada area yang terluka dari jarak sekitar 10 cm untuk menghilangkan kotoran dan partikel yang terlihat. Setelah itu, keringkan luka dan area kulit di sekitarnya dengan lembut.

Luka akan sembuh dengan sempurna jika sebelumnya dibersihkan dari kotoran, bakteri, dan partikel yang terlihat. Pembersihan penting untuk beberapa jenis luka akut, seperti luka gores, luka lecet, luka bakar, dan luka melepuh.

Hansaplast Spray Antiseptik dibuat khusus untuk membersihkan luka, yaitu dengan menghilangkan kotoran terlihat dan bakteri berbahaya dari kulit yang rusak. Formula dari Hansaplast Spray Antiseptik  ramah  kulit dan melindungi sebagian besar sel kulit hidup yang sangat penting untuk regenerasi kulit.

CARA TANGANI LUKA

  1. Cuci tangan dengan benar. Saat membantu orang lain, kenakan sarung tangan jika ada.
  2. Bersihkan luka dari kotoran, bakteri dan partikel yang terlihat dengan antiseptik medis, Hansaplast Antiseptik Spray, untuk mencegah infeksi.
  3. Lindungi luka dari kotoran dan bakteri dengan ukuran plester dari Hansaplast.
  4. Luka sembuh aman, cepat dan tanpa bekas luka dengan mengoleskan Hansaplast Salep Luka teratur.

PERAWATAN LUKA DENGAN LEMBAB

Pernah berfikir untuk membiarkan luka kecil sembuh dengan sendirinya.???

Manfaat penyembuhan luka lembab

  • Tidak ada pembentukan kerak
  • Penyembuhan luka lebih cepat
  • Mengurangi risiko luka membekas

Menurut penelitian medis dibuktikan bahwa keadaan luka yang lembab tidak hanya akan mempercepat proses penyembuhan, tetapi juga mencegah adanya bekas luka sehingga kulit akan kembali seperti semula dan sehat.

Data klinis menunjukkan  penyembuhan luka lembab 2 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan luka yang dibiarkan mengering atau tidak diobati. Untuk membentuk jaringan kulit baru, kita memerlukan sel-sel baru dan sel baru tumbuh di kondisi lembab.

Lembab! 

Prinsip penyembuhan luka lembab adalah untuk menciptakan dan menjaga keadaan kulit agar selalu lembab supaya regenerasi kulit bisa terjadi. Ketika luka dilindungi dari kotoran dan bakteri dengan ditutup Plester, kelembapan luka akan terjaga sehingga sel-sel dapat tumbuh, membelah, dan bermigrasi sehingga proses penyembuhan luka akan lebih optimal. Luka akan lebih sembuh 2 kali lebih cepat.

Dalam kondisi lembab, koreng bisa dicegah.
Jika luka sembuh tanpa ada koreng dan proses penyembuhan luka serta pertumbuhan jaringan baru tidak terganggu,  bekas luka akan lebih sedikit.  Luka yang dibiarkan mengering sendirinya akan menyebabkan koreng dan luka susah menutup. Luka yang kering, jaringan kulit baru juga akan susah terbentuk.
PENTING:
Hal yang perlu kita tahu , koreng bukanlah tanda penyembuhan yang sehat. Koreng itu  mengganggu proses penyembuhan kulit tanpa bekas luka.
Menutup luka dengan plester untuk penyembuhan luka lembab  akan membuat kulit tetap terjaga kekenyalannya karena koreng tidak akan terbentuk . Kita juga akan lebih mudah untuk bergerak, terutama jika luka terletak di bagian persendian seperti lutut atau siku.
Penyembuhan kulit lembab juga tidak akan membuat kita kesakitan saat melepas atau mengganti plester karena kulit yang baru terbentuk tidak akan ikut terangkat.
Penyembuhan luka lembab adalah cara terbaik untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi risiko terbentuknya koreng yang meninggalkan  bekas luka. Kulit akan kembali sehat setelah luka sembuh.

KENAPA HANSAPLAST

Karena mengandung antibacterial Silver  cerdas: Berkat Silver Technology yang memberikan aksi anti bakteri (membunuh kuman berbahaya dan mengurangi resiko infeksi bagi anak dan ukurannya yang  besar bisa menutup seluruh bagian lutut.

Pilih Hansaplast Elastic untuk gerakan yang lebih bebas.

Hansaplast  bahan-bahannya  aman pada kulit sehingga  terasa lebih nyaman (bahan yang tipis, fleksibel, dan dapat membuat kulit bernapas seperti Poliuretana yang dapat meregang dengan kulit).

Bahan produk Hansaplast aman bagi kulit dan telah teruji secara dermatologis.

MENGENAL JENIS LUKA

Saat kita mengalami luka gores atau sayat, bersihkan dengan antiseptik, seperti Hansaplast Spray Antiseptik pastikan tidak ada serpihan dan benda kecil di dalam luka.

Jika luka mengeluarkan darah banyak, hentikan pendarahan dengan menekan luka menggunakan perban steril.

Untuk area luka sedang, pakai plester luka standar Hansaplast Kain Elastis. Atau Hansaplast Kain Elastis Jumbo untuk luka yang lebih besar.

Luka sayat dan gores kecil gunakan Hansaplast Plester.

Untuk bagian lutut, sendi pilih Hansaplast Kain Elastis, Hansaplast Plastik, dan Hansaplast Transparan ukuran standar atau Hansaplast Kain Elastis Jumbo.

CARA PENANGANAN LUKA

PERAWATAN HANSAPLAST

Luka #GakPakePerih? Hansaplast Spray Antiseptik yaitu  produk pembersih luka yang praktis dan modern.

#GakPakePerih, transparan dan gak berbau. Hansaplast Spray Antiseptik ini Polyhexamethylene Biguanide (PHMB) zat antiseptik yang biasa digunakan di klinik ataupun rumah sakit dan tidak mengandung povidone iodine yang biasanya membuat luka terasa perih saat kita ditetes. PHMB ini tidak meninggalkan noda, tidak berbau dan tidak perih.

Aku baru tahu, kalau ternyata pemakaian pembersih luka yang berwarna tidak direkomendasikan ternyata, karena akan menutupi luka dengan warna yang bukan warna asli luka  dan membuat keadaan luka yang sebenarnya tidak bisa terlihat.

Hansaplast Spray Antiseptik  bisa membersihkan luka #GakPakePerih dan mengurangi risiko terjadinya infeksi.

Anjuran Hansaplast  dua langkah penting dalam proses penanganan luka ringan;

Pertama, bersihkan luka untuk mencegah dan mengatasi infeksi.

Kedua, lindungi luka dengan plester agar tidak terkontaminasi bakteri, melindungi luka dari gesekan, serta menjaga luka tetap lembab sehingga proses penyembuhan menjadi optimal.

Antiseptik medis seperti PHMB (Polyhexanide)  bebas rasa sakit, ramah kulit dan tidak menyebabkan iritasi.

Hansaplast Spray Antiseptik  mencegah dan mengatasi infeksi dan aman untuk kita yang memiliki alergi.

Yang aku dan anakku suka, Hansaplast punya beragam pilihan lengkap mulai dari yang kain elastis, transparan hingga motif karakter yang disukai anak seperti Disney, Star Wars, dsb.

Plester akan membantu proses penyembuhan luka dan kulit yang rusak

  • Membantu sembuhkan luka dan kulit yang rusak
  • Sembuhkan luka 2x lebih cepat
  • Mengurangi risiko luka membekas
  • Satu solusi untuk banyak kebutuhan perawatan kulit

Hansaplast Salep Luka adalah salep serba-guna untuk luka dan kulit yang rusak. Membantu luka ringan sembuh 2x lebih cepat* dan dengan risiko luka membekas yang lebih rendah. Membantu meredakan dan kulit yang rusak dan iritasi. Melindungi dan menenangkan kulit yang sangat kering dan pecah.

  • Luka lecet dan abrasi
  • Luka Sayat
  • Luka gores ringan
  • Gesekan dan luka bakar ringan
  • Luka setelah operasi
  • Kulit kering dan pecah
  • Tangan yang kering dan kutikula
  • Kulit tumit dan kaki yang pecah
  • Bibir pecah-pecah
  • Cocok untuk bayi
  • Perawatan setelah tato

Hansaplast Salep Luka membentuk lapisan pelindung untuk mencegah luka dan kulit yang pecah menjadi kering.

Kondisi penyembuhan luka yang lembab mencegah koreng yang memperlambat pembentukan jaringan baru. Hasilnya adalah bekas luka yang minim, dan kulit yang lembut, serta sehat.

Hansaplast Salep Luka mengandung Panthenol dan Glycerin untuk memelihara dan menenangkan kulit. Hansaplast Salep Luka merupakan semi-oklusif yang dapat membiarkan oksigen mengenai kulit untuk mempercepat penyembuhan.

Hansaplast Salep Luka bahannya  aman dan cocok bahkan untuk kulit sensitif, anak-anak, dan bayi. Bebas dari pewangi, pewarna, dan bahan-bahan yang berasal dari hewan. Cocok untuk digunakan pada wajah sebagai obat jerawat dan komedo.

Ganti plester, kasa rol, atau kasa steril setiap hari kecuali direkomendasikan sebaliknya oleh dokter.

PLESTER

  • melindungi luka dari pengaruh eksternal dan mencegah kontaminasi dan infeksi,
  • memastikan penyerapan darah dan cairan,
  • mengurangi rasa sakit dan trauma gesekan, dan nyaman

Hansaplast menjamin kualitas terbaik untuk perlindungan pada luka. Oleh karena itu, Hansaplast memperkenalkan Bacteria Shield yang Melindungi luka dari kotoran dan bakteri/infeksi. Material plester dengan anyaman yang rapat & serat yang elastis, Cegah Infeksi Perlindungan Optimum pada Luka.

Jenis plester  :

  • 100% perlindungan kedap air: Hansaplast Aqua Protect
  • Tembus pandang & tahan air: Hansaplast Transparan
  • Lentur & kulit leluasa bernapas : Hansaplast Kain Elastis
  • Ekstra panjang untuk jari: Hansaplast Finger Strips
  • Ramah di kulit: Hansaplast Sensitive
  • Perlindung kaki: Hansaplast Foot Plaster
  • Untuk anak-anak Anda: Hansaplast Marvel, Frozen, Princess atau Micke

KAPAN HARUS KE DOKTER

jika luka  dalam, berdarah, atau menunjukkan gejala infeksi seperti merah, bengkak, atau hangat.

  • Jika luka dalam dan tidak kunjung berhenti mengeluarkan darah,
  • Jika luka menunjukkan gejala infeksi seperti kemerahan, panas, nyeri, dan pembengkakan,
  • Jika ada benda asing yang tertingggal dalam luka,
  • Jika terjadi gigitan hewan atau manusia,
  • ketika ada pertanyaan dan keraguan.
Reff : handsaplast.id

1 Reply to “Hansaplast Bacteria Shield Perawatan Luka Tepat Anak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *