All About Moments of Happiness

Dendeng Ummu Kaiser

Masih dalam edisi di rumah aja,  sekarang kebiasaan memasak menjadi lebih sering, begitupun membeli stok makanan beku atau siap masak, jadi pengerjaan akan menjadi lebih singkat dalam menyiapkan menu keluarga.

Kali ini, aku ingin mengenalkan salah satu usaha kuliner milik teman kuliahku dulu @Ully, Dendeng Ummu Kaiser namanya. Variasi yang dihadirkan banyak :

  • Dendeng Balado
  • Dendeng Lado Mudo
  • Paru Sambel Aceh
  • Sambal Balado / Lado Mudo
  • Cumi Sambel Aceh Polos
  •  Cumi Sambel Aceh Pete

Favorit keluarga aku adalah Paru Sambel Aceh dan  Balado, mantep banget pedesnya, bikin nagih dan bikin nambah nasi. Cocok banget buat pecinta pedas.

Harganya sendiri adalah  mulai dari Rp 35.000,- , tersedia ukuran 125 gr, 250 gr dan 500gr.

Untuk memesannya, kita harus memesan dari beberapa hari sebelumnya, karena biasanya owner dari Dendeng Ummu Kaiser membuka PO yang dishare informasinya melalui instagram.

Tenang, kalau kita membeli banyak jangan khawatir harus habis saat itu juga, karena kita bisa menyimpannya di freezer dan bisa bertahan sampai 1-2  bulan, di kulkas bagian bawah bisa bertahan 1 bulan, dan di suhu ruang maksimal 3 hari, dengan kondisi kemasan tersegel.

Dendeng Ummu Kaiser kenapa bisa lama ? , tenang aja semuanya bebas pengawet karena rahasianya adalah packagingnya yang menggunakan Plastik Embos yang  Foodgrade and higienis , khusus vacum dan diproses dengan mesin vacum  yang super kedap udara.

Cara menyajikannya cukup dipanaskan, sebelum kita konsumsi . Makin enak dimakan dengan nasi hangat, dijamin nambah nasi.

Packaging atau kemasan, merupakan sesuatu hal yang menarik untuk dibahas karena biasanya aku pribadi tertarik untuk membeli makanan karena suka dengan packagingnya.

Jadi saat kita menggeluti bisnis kuliner, rasa, harga, kualitas makanan, kemasan produk juga harus diperhatikan karena bisa menarik minta calon pembeli.

MANFAAT KEMASAN 

Kemasan produk fungsinya menyimpan makanan yang akan dikonsumsi, melindungi makanan yang dikemas dari zat-zat lain yang bisa  menurunkan kualitas isi makanan.

Kemasan yang awet, kuat, dan tahan lama harus dipenuhi dalam pemilihan suatu kemasan, karena kemasan harus bisa melindungi makanan, efisien, dan memudahkan dalam proses pendistribusian ke pembeli.

Sebuah kemasan harus :

1. Bahan Aman dan Melindungi bahan makanan

Kemasan makanan bisa memperpanjang masa simpan bahan makanan, sehingga makanan terjaga kemanannya untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama. Kemasan makanan bisa menjaga makanan terhindar dari mikroorganisme yang  menyebabkan keracunan makanan.

Oksigen bisa membuat makanan basi, karena itu beberapa jenis makanan dikemas dengan kemasan yang kedap udara.

Bahan kemasan makanan juga harus aman jika terkena makanan.

Kemasan makanan juga harus bisa  melindungi makanan dari kerusakan, sehingga bahannya harus disesuaikan dengan fungsinya.

2. Kemudahan, efisiensi, dan informasi

Kemasan makanan harus bisa membuat konsumen mudah mengambil apa yang dibutuhkan dalam jumlah yang tepat. Makanan bisa disimpan, dibuka kemasannya, dilihat bentuk makanannya, dan kemasannya dapat dibuang jika sudah tidak dapat digunakan kembali.

Kemasan makanan juga sumber informasi mengenai isi produk, seperti kandungan nilai gizi, komposisi bahan makanan, dan  tanggal layak konsumsi. Atau dilengkapi juga dengan  tips keamanan makanan dan saran penyajian.

BAHAN KEMASAN 

Beberapa bahan kemasan makanan yang sering kita lihat :

  • Kaca : tidak mudah bereaksi secara kimia, smelindungi dari gas dan mikroorganisme. Bahan kaca  bisa disterilkan, mudah pakai ulang, atau didaur ulang. Berat dan mudah pecah adalah kelemahannya.
  • Metal : kemasan metal, seperti aluminium, kaleng lapis timah, kaleng bebas timah merupakan bahan yang baik dalam melindungi bahan makanan di dalamnya.

Metal bisa  menerima panas dan disegel untuk disterilkan. Aluminium bisa  digunakan menjadi kaleng ringan untuk minuman. Kaleng dengan timah lebih kuat dan bisa dipakai  untuk minuman kaleng, makanan olahan, dan kaleng aerosol. Kaleng bebas timah adalah yang terkuat dan bisa  digunakan sebagai tutup botol dan drum besar untuk kemasan ukuran besar.

Timah bisa berpindah  pada makanan sehingga perlu dilapisi dengan bahan lain. Aluminium hanya bisa dipergunakan sebagai wadah tanpa sambungan. Kaleng bebas timah bisa berkarat, sehingga perlu lapisan lain untuk melindunginya.

  • Kertas dan karton
    Perlu dilapisi oleh lilin, pernis, atau resin supaya tahan terhadap air dan minyak.
  • Plastik : Plastik paling baru, serbaguna, dan paling banyak digunakan karena sifatnya ringan, terjangkau harganya, bisa  disegel dengan panas, dan bisa dipakai  di microwave. Tapi perhatikan simbol pada wadah dan botol plastik untuk menunjukkan jenis plastiknya, fungsinya  untuk proses daur ulang.

KEMASAN MENARIK

Packaging di bidang kuliner pastinya tidak boleh asal, karena bermanfaat untuk menarik minat pembeli untuk membeli. Beda jenis kulinernya, beda juga kemasannya. Yang biasa kita lihat ada food tray, paper bowl, standing pouch, dll. Setiap  kemasan memiliki bentuk, jenis, desain, dan  fungsi yang berbeda.

Packaging yang menarik serta lain dari yang lain pastinya dapat akan membuat para konsumen terpengaruh dan percaya dengan hasil masakan anda.

Kemasan makananberfungsi menjaga kualitas makanan saat dikirim atau disajikan, dan juga sarana branding product kita, mewakili karakter brand kuliner kita. Pengalaman pribadi biasanya aku lebih ingat suatu makanan dari kemasannya yang unik.

Pada umumnya terdapat 4 jenis kemasan makanan, yaitu Lunch box bentoSnack boxPaper bowl, dan Food pail.

TIPS MEMILIH KEMASAN 

  1. Bentuk kemasan

Pilih bentuk kemasan yang cocok dengan bisnis kita, bukan hanya lucu tapi perhatikan fungsinya.

  1. Size atau ukuran kemasan

Pastikan ukuran kemasan sesuai dengan produk makanan. Ukuran yang tepat akan  memudahkan saat   dibawa cust untuk takeaway dan  aman selama di perjalanan.

  1. Pemilihan bahan

Perhatikan bahan , sesuaikan dengan menu. Misalnya bahan anti air cocok digunakan untuk makanan berkuah atau yang basah. Atau aluminium foil yang cocok untuk makanan kering yang kedap udara.

Untuk bahan kertas seperti food tray bisa digunakan untuk makanan kering seperti kentang goreng, sosis goreng, sandwich, burger, dan lain-lain.

  1. Memperhatikan fitur yang terdapat pada kemasan

Fitur kemasan kekinian saat ini memiliki tiga fitur yaitu Vacuum, Zipper dan Valve. Kemasan  Vacuum biasanya digunakan untuk meningkatkan daya tahan produk. Zipper mampu melindungi produk dari sinar uv dan oksigen. Sedangkan Valve, adalah kemasan yang tepat bagi produk makanan yang mengeluarkan gas.

Kemasan jenis ini akan mengeluarkan gas dari dalam kemasan, namun udara dari luar tidak akan masuk ke dalam kemasan.

Jadi,  selamat memilih kemasan….

 

 

Reff :

guesehat.com/kemasan-makanan-yang-baik

bisnisukm.com

gobiz.co.id

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Boghaisan.com All Rights Reserved   

Theme Smartpress by Level9themes.