City of Light Signify Warnai Rumahmu

Pernah dengar kan kalau misalnya warna itu bisa mempengaruhi mood kita ?, misalnya Biru, yang biasanya dikaitkan  dengan laut dan langit yang menenangkan, warna biru dapat menurunkan tekanan darah serta detak jantung, atau kuning  yang dipercaya dapat menstimulasi sistem syaraf dan memicu relaksasi, warna hijau dapat memberikan efek positif saat bangun tidur, hijau mempromosikan kenyamanan, kebersamaan, dan juga kesuburan, merah yang memberi semangat, orange yang meningkatkan energi dan memberikan motivasi , nah bagaimana jika semua itu bisa diaplikasikan oleh tata cahaya lampu yang bisa kita atur dari smartphone kita?, keren  banget kan.

Kemarin saya mengikuti Launching City of Light di Senayan City, saya benar-benar kagum dan ingin mengaplikasikannya semua di rumah. City of Light di Senayan City akan bisa dinikmati  sampai 13 Januari 2019 . Di City of Light kita bisa merasakan langsung, berkonsultasi mengenai aplikasi sistem pencahayaan yang terkoneksi dengan Interact, dan teknologi pencahayaan dari Philips.

City of Light adalah miniatur  kota modern seluas 450m2, yang dibagi menjadi beberapa bagian dengan aplikasi pencahayaan seperti di kantor, monumen kota, area ritel, hotel dan rumah.

Disini kita bisa melihat  Gaze of Light , yaitu menara dengan tinggi 16 m yang warnanya akan berganti-ganti, dan ternyata dikendalikan oleh aplikasi pencahayaan yang terkoneksi dengan Interact Landmark.

City of Light adalah kolaborasi dengan Senayan City yang juga dalam rangka menyambut perayaan FSTVE Season yang berlangsung mulai 1 Desember 2018 hingga 13 Januari 2019. Atraksi cahaya ini bisa kita lihat setiap hari di jam 12:00, 15:00, 18:00 dan 20:00

Ada beberapa zona yang bisa kita nikmati di sini :

  • Interact City : untuk jalan raya, penerangan ruang publik, kawasan pejalan kaki, taman, aln-alun.
  • Interact Landmark : pencahayaan arsitektur
  • Interact  Office : kantor dan gedung komersial
  • Interact hospitality : hotel
  • Interact Industry : pabrik, gudang, pusat logistik
  • Interact Sport : stadion misalnya sebelumnya Stadion Jakabaring
  • Interact Retail  : ritel besar dan toko makanan
  • Light Fidelity (LiFi) : teknologi pencahayaan led berkualitas tinggi untuk menyediakan koneksi internet broadband, melalui gelombang cahaya
  • Interlaced Optics
  • Zona pengalaman Hue

Saya paling suka di Zona pengalaman Hue, karena kita bisa mematikan lampu dengan  sentuhan, mengubah suasana ruang tamu ,  Philips Hei juga bisa di sinkronkan dengan cahaya yang terhubung dengan TV, gaming, atau musik dari JBL.

Setiap kita membeli Philips Hue dan LED  di LG Senayan City mulai tgl 3 Desember – 31 Januari 2019, kita bisa mengikuti lomba foto  dengan “SignifyCityOfLight atau #TheMeaningofLight dan follow instagram BerbagiTerang. Ada kupon hadiah senilai Rp 250K untuk 10 foto terbaik.

Dok : Sadewi

“City of Light merupakan pusat atraksi dari instalasi Main Atrium tahun ini. Menggunakan suara dan efek pencahayaan yang menarik, menara ‘Gaze of Light’ dan elemen lain di ‘City of Light’ untuk  memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menghibur bagi para pengunjung dan keluarga mereka.” ujar Halina Ng, Leasing & Marketing Communications Director Senayan City,

Ada beberapa ruangan yang bisa kita lihat langsung misalnya ruang kerja, kamar tidur, retail shop, lampu taman, hiasan taman dan masih banyak lagi. Di City of Light kita bisa lihat bagaimana aplikasi Internet of Thing (IoT) Interact secara khusus, termasuk interact industry, interact landmark, interact city, interact retail dan interact hospitality.

“City of Light adalah  pameran pertama di Indonesia, Signify  akan menampilkan cahaya menjadi bahasa yang cerdas, dengan menghubungkan pencahayaan melalui jaringan, software, sensor dan platform IoT yang menghasilkan cahaya yang luar biasa,” ujar Country Leader dari operasi/bisnis Signify di Indonesia Rami Hajjar.

Dok : Sadewi

City of Light  Signify menunjukkan bagaimana IoT (Internet of Thing) dan sistem pencahayaan jaringan bisa mengubah dan meningkatkan cara hidup dan bekerja.

Country Leader untuk operasi Signify di Indonesia, Rami Hajjar mengatakan, “Signify menggunakan teknologi pencahayaan yang terkoneksi dengan internet untuk menyampaikan makna dan pesan tertentu dan pameran  akan memberikan gambaran dari pemanfaatan IoT dalam teknologi pencahayaan.”

City of Light, akan  menunjukkan kepada masyarakat bagaimana IoT dan sistem pencahayaan jaringan bisa mengubah dan meningkatkan cara hidup dan bekerja sehingga hidup kita menjadi lebih cerah di dunia yang lebih baik; lebih aman, lebih pintar, dan lebih produktif.”

Di City of Light, berbagai aplikasi pencahayaan yang berbeda  tersedia untuk gedung dan kota, kantor, industri, ritel dan rumah yang mengedepankan sistem pencahayaan terkoneksi berbasis LED ditampilkan untuk menginspirasi kita sebagai pengunjung.

Interact adalah platform IoT dari Signify. Platform  yang berbasis awan (cloud), menggunakan manajemen data dan kemampuan pemrosesan data yang modern, termasuk pembelajaran mesin,  yang menghadirkan pemahaman bagi segala jenis data – menyampaikan wawasan, manfaat dan layanan baru bagi pelanggan.

“Interact IoT platform mengubah sistem pencahayaan dari titik-titik pencahayaan individu menjadi titik-titik data yang terintegrasi. Dengan menggunakan Interact, yang mengumpulkan data dari semakin banyak titik lampu, perangkat sensor dan sistem yang terhubung, pelanggan kami mendapatkan akses ke informasi dan layanan yang memberikan nilai yang jauh melampaui penerangan sederhana.

Mungkin ada yang belum tahu kalau Signify itu adalah  nama perusahaan baru dari Philips Lighting terhitung sejak 16 Mei 2018, dan akan dilegalkan  dengan nama Signify  dan diterapkan di Indonesia  awal 2019.

 

 

 

Ref :

www.cosmopolitan.co.id untuk warna

 

 

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *