Zoo Moo, Tontonan & Aplikasi Yang Mengedukasi

Biasanya tayangan apa yang menjadi favorit anak-anak di rumah?. Ditengah banyaknya tontonan yang ada, saya sebagai orang tua harus lebih selektif memilih tayangan anak dan melakukan pendampingan saat menonton. Tayangan yang sifatnya kekerasan, tidak menghargai sesama, kebencian dan masih banyak lagi yang tidak boleh ditonton anak tanpa pendampingan.

Di jaman digital ini , sebagai orang tua juga harus pandai membuat jadwal untuk anak kapan bermain gadget , belajar dan menonton tayangan televisi.

Pendampingan orang tua saat bermain gadget dan menonton tayangan TV sangat dibutuhkan selain untuk memberikan pemahaman atas tayangan tersebut, juga menjalin bonding antara orang tua dengan anak.

Saat mendampingi anak, banyak yang bisa kita lakukan diantaranya berdiskusi, bertukar pendapat, bertanya kepada anak. Anak juga bisa dilatih daya ingatnya melalui menceritakan kembali apa yang telah ditontonnya tadi.

Setelah memikirkan banyak hal, kami pun dirumah memutuskan menggunakan TV Kabel yang sepaket dengan layanan internetnya. Tak lupa sayapun membuka channel untuk anak di rumah.

Setelah browsing sana-sini saya menemukan tayangan yang sangat mengedukasi, tayangan tersebut adalah ZOO MOO.

Kebutuhan akan interaksi antara anak, orang tua dan teknologi dibuatlah ZOO MOO, yaitu saluran khusus anak-anak prasekolah. Zoo Moo adalah saluran pembelajaran yang berdasarkan informasi faktual untuk anak-anak yang pertama di Asia.

Tayangan Zoo Moo
Enjoy menonton Zoo Moo

ZOO MOO berfokus pada konservasi dan satwa liar yang memiliki variasi program yang menarik yang juga mengajak anak-anak untuk menjelajahi dan belajar binatang dengan cara yang menyenangkan, menghibur,  interaktif bagi anak dan menciptakan lingkungan yang aman untuk merangsang  pikiran dan tubuh anak-anak.

Selain saluran televisi, saat ini ZOO MOO juga ada aplikasiya lho. Aplikasi digital yang sangat interaktif dan edukatif yang bisa didownload gratis di Playstore dan iOS.

 

Aplikasi Zoo Moo

Aplikasi ini dapat sinkron  dengan tayangan televisi ZOO MOO tanpa koneksi internet karena terhubung dengan Voice Recognition yang dapat membaca suara hewan yang ada di dalam tayangan Zoo Moo dan menampilkannya di aplikasi secara langsung, keren kan?.

Aplikasi Zoo Moo akan memberikan berbagai pengalaman seru kepada anak-anak, misalnya cara memberi makan dan merawat hewan, memotretnya dan disimpan di galeri foto, bisa belajar 150 nama dan bentuk binatang dalam bentuk video klip.

Keistimewaanya, setelah di download tidak perlu koneksi internet tuk memainkannya, aplikasi nya juga gratis lho. Semua aktivitas di aplikasi Zoo Moo mendorong anak saya menyelesaikan tantangan dengan cara terbaik.

Aplikasi ini juga telah mendapatkan saran dari penasehat pendidikan lho, sehingga aplikasi ini saling melengkapi, sat program di TV nya mengenalkan hewan yang baru, aplikasi ini memberi tambahan dan penguatan informasi yang dapat disesuaikan dengan kecepatan anak.

Aplikasi Zoo Moo telah mendapatkan penghargaan Parents Awards Seal of Approvement Award oleh Parent’s Choice Foundation di Amerika Serikat di tahun 2015 sebagai aplikasi yang aman dan dirancang untuk menghibur anak dengan belajar fakta tentang hewan, habitat dan cara merawatnya.

Tahun 2015 Zoo Moo memperoleh rating bintang 5  oleh EducationalAppstore.com, sebagai aplikasi yang menarik dan terbaik dalam kategori Edutainment.

Di  Bulan November 2017 ini, ada tayangan baru dan eksklusif yaitu “Junior’s My Pet and Me Special” setiap hari jam 17:05 WIB, tayangan ini akan memberikan pengetahuan bagi anak-anak mengenai tanggung jawab saat memiliki hewan peliharaan.

Zoo Moo dapat disaksikan di First Media Channel 372 (HD) , Indovision di Channel 39 , OK Vision Channel 65, dan MNC Play Channel 421.

ZOO MOO

Adalah kolaborasi antara beberapa pembuat film mengenai alam liar di dunia dan praktisi pengajar anak-anak usia dini dari Universitas Otago, Selandia Baru. Channel Zoo Moo tersedia juga Aplikasi nya melalui PlayStore dan Apps Store.

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *