Tips Liburan Ramah Anak Untuk Liburan Yang Lebih Menyenangkan

Berlibur bersama anak adalah momen tak terlupakan yang harus kita ciptakan selagi bisa. Dengan berlibur bersama anak, kita bisa membangun rasa saling percaya sekaligus meningkatkan kedekatan antara orangtua dan si anak itu sendiri. Salah satu alternatif transportasi yang bisa kamu gunakan saat liburan bersama adalah kereta api. Berlibur menggunakan kereta api tak hanya lebih murah, tapi juga bisa mengajarkan banyak hal saat perjalanan.

Menghindari banyaknya kejahatan yang mengincar keselamatan sang anak, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tips agar hal tersebut tidak terjadi. Nah, berikut ini adalah tips liburan ramah anak agar liburanmu lebih menyenangkan serta bermanfaat.

Pilih Tempat Liburan Yang Sesuai

foto:@spantax

Liburan dengan anak tentu berbeda dengan saat liburan sendiri. Tempat wisata tujuan pun bisa jadi jauh berbeda. Oleh karena itu, pilihlah tempat wisata yang cocok untuk berlibur bersama anak. Usahakan untuk tidak memilih tempat yang terlalu jauh dari stasiun kereta api, tempat yang terlalu penuh sesak, serta tempat yang memiliki wahana terlalu berbahaya.

Selipkan Edukasi

foto:@priscilladupreez

Ketika kamu melakukan perjalanan dengan kereta api, kamu bisa loh menyisipkan edukasi pada perjalanan. Kamu bisa menceritakan tentang sejarah kereta api yang kalian tumpangi, atau mungkin cerita tentang kereta api di Pulau Jawa dengan latar belakang pemandangannya yang keren. Dengan mengedukasi anak seperti ini, si anak pun jadi menambah wawasan saat liburan. Selipkan juga edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan di manapun kalian berada. Ajarkan anak untuk membuang sampah pada tempatnya semenjak dini.

Bersiap Akan Segala Sesuatu

foto:lovetaza.com

Sebisa mungkin persiapkan segala hal yang mungkin dibutuhkan sang anak. Hal ini untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa saja menimpa anak saat berwisata. Persiapan ini mencakup perlengkapan anak, obat-obatan, dan lainnya. Pastikan juga untuk membuat kartu identitas sang anak untuk berjaga-jaga ketika anak tiba-tiba hilang dari radar kita. Jika hal tersebut terjadi, orang yang menemukan akan bisa dengan mudah menghubungi kita.

Baca juga : KAI TRAVEL FAIR 2017 “HARGA KAGET LIBURAN BERKERETA”

Dampingi Anak

foto:@neonbrand

Selalu dampingi anak saat berada di tempat wisata. Jangan biarkan anak bermain seorang diri dan jauh dari radarmu. Perhatikan dengan seksama apa yang ada di sekitar anak, jika ada yang mencurigakan jangan ragu-ragu untuk lapor ke keamanan sekitar. Dengan mendampingi anak, kamu juga bisa mengontrol aktifitas anak saat berlibur. Ajarkan untuk tidak melanggar aturan-aturan yang ada di tempat wisata tersebut.

Dengan memahami tips yang ada di atas, kamu bisa berwisata dengan aman dan nyaman bersama si kecil. Si kecil pun bisa berlibur dengan menyenangkan. So, segera nikmati hari-hari libur bersama anak agar si anak kembali semangat untuk menghadapi hari esoknya.

 

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

One Comment on “Tips Liburan Ramah Anak Untuk Liburan Yang Lebih Menyenangkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *