Tips Foto Makanan ala @Yulyan.Parwati

Memotret makanan yang menggugah selera itu buat saya sih susah-susah gampang. Keinginan membuat suatu foto makanan yang keren membuat saya mengikuti Workshop yang diadakan oleh @temanceritaku dan Samsung di Lotte Avenue 8 November 2017.

Acara dipandu oleh Gery “Paman Gery”, dan menghadirkan Mba Yulyan sebagai nara sumbernya.

Tips Membuat Foto Menggugah Selera :

  1. Ketahui passion dan knowledge, apa yang menarik untuk kita dan pengetahuan kita mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan objek yang akan kita foto.
  2. Know your tools : Baca manual book dan jangan malas untuk selalu mencoba, dalam hal ini fitur kamera dan apa saja yang harus diatur di kamera agar hasil foto menjadi bagus.
  3. Flow Your Tought :  buat konsep secara mendetail mengenai apa yang akan kita foto
  4. Perhatikan konsep yang akan kita foto
  5. Perhatikan lighting direction : fotolah makanan dari samping, arah jam 3 sampai jam 9

  1. Perhatikan property yang akan kita gunakan, harus sesuai konsep, ukurannya harus proporsional dengan makanan yang akan difoto, sesuaikan warnanya, sesuaikan dengan fungsi, property jangan lebih dominan dari makanan yang akan difoto, tapi apabila tidak ada properti tidak masalah, gunakan apa yang ada di sekeliling kita.
  2. Perhatikan komposisi menggunakan Rule of Thirds (ROT) untuk alat bantu membagi frame menjadi 9 bagian yang sama besar, dengan menarik 2 garis sejajar pada horizontal dan 2 garis sejajar pada vertikal.
  3. Angle : Eye level, Bird Eye/Flat Lay, Above eye level, kenali karakter makanan dan tentukan bagian mana yang akan ditonjolkan.
  4. Styling : sesuaikan ukuran piring dengan makanannya, sebaiknya proporsional, jangan penuh.
  5. Gunakan herbs yang masuk dalam resep makanan yang difoto untuk mempercantik styling dan komposisi foto.
  6. Jika gunakan sauce, pastikan setting meja telah siap, makanan harus segera difoto agar saus tidak turun dan  hal ini juga berlaku pada ice cream.
  7. Ciptakan movement dengan memasukan unsur action, background environment nya dimunculkan namun jangan berlebihan sehingga membuat terlihat jorok, misalnya jumlah remahan dalam foto jangan terlalu banyak.
  8. Lakukan editing pada foto, namun jangan berlebihan

9. Jangan gunakan flash, gunakan cahaya matahari dengan maksimal, pilih duduk dekat jendela resto pada siang hari.

Instagram : @yulyan_parwati

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *