Susu Itu Bukan Kental Manis

Menjadi orang tua, memang sudah seharusnya tidak pernah berhenti belajar mengenai pengasuhan anak, sampai pemberian nutrisi anak untuk mendukung tumbuh kembangnya.

1000 hari pertama, sangat menentukan kehidupannya di masa yang akan datang. Golden Age sampai usia 5 tahun, menjadikan setiap Ibu harus cerdas dalam memilih dan menentukan menu bagi si kecil dan keluarganya.

Beruntung hari ini 12 September 2017, bertempat di Sleepyhead Coffe Jakarta Selatan, saya bisa ikut serta dalam Fun Discussion dengan Kompi Sehat.

Kompi Sehat adalah Kelompok Kerja Jurnalis Penulis Kesehatan), yang akan berbagi informasi seputar kesehatan keluarga, ibu, anak dan masyarakat luas, baik event online maupun offline. Kita bisa berpartisipasi melalui twitter  @kompenisehat dan instagram @Kompeni_Sehat .

Hadir dalam acara ini sebagai nara sumber yaitu dr. Martin Leman SpA, dokter Spesialis Anak yang salah satunya praktek di Rs. Harapan Bunda.

dr.Martin SpA

Acara dibuka oleh Ani Berta , Founder dari Indonesian Social Blogpreneur.

Acara ini benar-benar menyenangkan, dimana kami banyak berdiskusi bersama seorang dokter anak yang juga pernah bergelut di bidang jurnalistik.

Acara dibuka dengan perkenalan, dr. Martin Leman  adalah seorang Dokter Spesialis Anak, dan aktif juga di Website Ikatan Dokter Anak Indonesia. dr. Martin akan sharing mengenai gizi yang baik untuk keluarga.

ASI merupakan nutrisi terbaik di dunia, yang mulai diberikan sejak bayi lahir sampai dengan usia 2 tahun. Asi ekslusif tahap 1 adalah 6 bulan, setelah itu si kecil harus mengkonsumsi Makanan Pendamping atau MPASI, didampingi ASI sampai usia 2 tahun.

Nutrisi Ibu, pola hidup sehat ibu harus dipenuhi  untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Namun banyak hal yang menjadikan alasan sang Ibu tidak dapat memberikan ASI nya, diantaranya ada penyakit tertentu seperti Hepatitis  atau HIV  yang mengharuskan sang ibu memberikan perhatian khusus saat memberikan ASI eksklusif.

Faktor nutrisi, lingkungan, stress, genetik akan mempengaruhi kualitas ASI yang diberikan.

Untuk memberikan nutrisi yang baik, pengaturan jadwal makan saat si kecil sudah mendapatkan MPASI, harus sangat diperhatikan jangan sampai pemberian ASI diatas 6 bulan akan mengganggu MPASI yang akan diberikan.

Untuk Ibu yang tidak bisa memberikan ASI tidak perlu berkecil hati, karena telah dibuat susu formula yang kandungannya dibuat menyerupai ASI dan dibuat dengan menggunakan teknologi pangan yang tinggi, walaupun susu formula  tidak dapat menggantikan peran ASI.

Setiap Susu memiliki kandungan gizi yang berbeda satu sama lain, hal ini penting untuk diketahui para orang tua agar tidak terjadi kesalahan dalam memenuhi nutrisi yang akan menunjang proses tumbuh kembangnya dengan salah memilih susu.

Apakah di rumah masih memberikan anak susu dalam bentuk kaleng, yang dengan praktis dan murah hanya cukup diseduh dengan air panas?

Ternyata Susu Kental Manis yang banyak beredar sejak dulu bukan susu untuk diminum, tetapi diperuntukan untuk pelengkap/toping pada makanan.

SUSU

Susu adalah tambahan makanan yang mudah diserap tubuh yang berasal dari Sapi, dan penuh dengan berbagai  nutrisi. Susu mengandung protein dan kalsium yang membantu membuat tulang menjadi sehat.

JENIS SUSU

Susu diantaranya terdari susu bubuk, skim, low fat hingga kental manis.

SUSU KENTAL MANIS

Susu Kental Manis ternyata memiliki kandungan lemak dan gula yang sangat tinggi, namun protein dan kalsiumnya, sangat rendah. SKM bisa dikatakan  sebagai penggemuk badan karena lemak dan gulanya tinggi (70%).

Susu kental manis memiliki kandungan gula lebih tinggi dibanding susu jenis lain. Susu kental manis bukanlah susu, karena dibuat hanya untuk olahan makanan dan topping seperti martabak dan minuman seperti es buah.

  • Susu kental manis gulanya tingggi
  • Susu kental manis diperoleh dengan cara mengurangi kandungan air susu melalui proses evaporasi untuk meningkatkan total solid susu menjadi 70-72% ditambahkan gula (sukrosa) sebanyak 40-45% yang juga akan bertindak sebagai pengental dan pengawet
  • Ganti Susu Kental Manis dengan Jus Buah
  • Susu kental manis mengandung 60 persen kandungan air, yang diangkat untuk menghasilkan tekstur yang lebih kental.
  • Susu kental manis juga mengandung tambahan pemanis sebanyak 40 hingga 45 persen dari volume susu. Setiap satu sendok makan susu kental manis juga mengandung 62 kalori, 2 gram lemak, dan 10 gram karbohidrat berupa gula. (http://health.liputan6.com)

Dampak

Diantaranya adalah  obesitas yang berpengaruh buruk pada diabetes, kandungan lemah jenuh tinggi , stroke bahkan jantung.

Penggunaan Yang Benar

Susu Kental Manis hanya digunakan untuk topping dan  penambah rasa pada makanan dan minuman, misalnya untuk es buah, martabak manis, tambahan pada jus buah dan lain-lain.

Dok :  https://parenting.dream.co.id

MPASI dan Makan Pada Anak

Selain ASI, diatas 6 bulan MPASI juga menjadi penting untuk anak untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dan tumbuh kembangnya.

MPASI yang terlalu terlalu dini akan menyebabkan masalah pencernaan, dan adanya kemungkinan tersedak.

SUSU BUBUK

Lokasi pabrik, lokasi ketersediaan Sapi dan asal bahan baku dapat membuat harga susu berbeda satu sama lain. Sebagai orang tua harus cerdas dalam membaca label mengenai informasi kandungan nutrisinya, karena harga murah bukan berarti kualitasnya dan kandungan nutrisinya kurang baik dan lengkap.

Cara Membuat Susu Yang Benar

dr. Martin Leman SpA menyampaikan cara membuat  susu yang baik, yaitu menggunakan air matang suhu  70 derajat , didihkan air setelah itu diamkan 15 menit, itulah susu dengan kondisi  70 derajat .

Saat ingin minum susu, lakukan setelah makan dan jangan memaksa anak minum susu, karena susu adalah makanan tambahan yang tidak perlu dipaksakan diminum saat si kecil nutrisi nya telah terpenuhi.

Susu pertumbuhan sebaiknya dikonsumsi setelah usia 1 tahun , susu adalah alternatif makanan, dan kebutuhan susu diatas 1thn  hanya 500cc.

SULIT MAKAN SAAT MPASI

Saat menjelang jam makan, 2 jam sebelum makan, si kecil sebaiknya tidak mengemil karena akan membuat perut menjadi penuh dan tidak mau makan karena kekenyangan.

Sayapun mengalami hal tersebut, dan ternyata menurut dr.Martin penyebab susah makan anak adalah  :

  • Rasanya tidak enak
  • Suasana makan tidak menyenangkan
  • Kurang bervariasinya menu, karena diatas 1 tahun sebaiknya bisa mengikuti menu keluarga.
  • Perhatikan juga potongan dan tekstur makanan yang dihidangkan, jangan membuat anak tersedak.

Untuk mencetak anak – anak Indonesia, maka diperlukan dukungan makanan sehat  dan hal tersebut dimulai dari menciptakan suasana makan dan makanan dengan rasa yang enak dan jangan lupa berikan Susu Pertumbuhan (jika perlu) dan bukan SUSU KENTAL MANIS.

Dok.Echi

 

 

 

10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *