Sharing The Dream , Langkah Awal Gapai Impian

Indonesia selain memiliki sumber daya alam, juga memiliki sumber daya manusia yang tidak kalah dengan negara lain, hanya saja terkadang faktor ekonomi membuat sesorang harus putus sekolah dan tidak melanjutkan pendidikannya.

Jalur beasiswa adalah salah satu solusi, kita bisa mewujudkan impian kita saat kita memiliki keterbatasan dana pendidikan tuk melanjutkan pendidikan yang kita mau tuk meraih gelar yang kita inginkan tuk bersaing di lapangan pekerjaan yang ada nantinya.

26 Juli 2018, bertempat di The Hook, Jakarta saya berhasil menemukan cara untuk bisa mendapatkan beasiswa pendidikan dan meneruskan mimpi yang masih tertunda.

Hadir dalam diskusi ini Mr. Nantaphong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia, Tasya Kamila yang mendapatkan program beasiswa LPDP Public Relation di Columbia University, Novia Kardianty, Branding & Marcom SCG Indonesia, Tian Alumni SCG Sharing The Dream.

Mereka hadir untuk   berbagi semangat dan pengalaman meraih beasiswa dan bagaimana mengejar impian.

Tasya sebagai alumni dari Columbia University memberikan tips untuk memperoleh beasiswa  diantaranya harus percaya diri, update  terus informasi mengenai program beasiswa, terus tingkatkan kemampuan diri, dan slalu memupuk passion diri kita.

Acara ini pun diisi dengan Forum Group Discussion mengenai masalah pendidikan di Indonesia dan solusinya. FGD berjalan seru dengan dilakukan nya presentasi dari 4 kelompok dengan tema-tema yang berbeda, diantaranya Passion for better in education in Indonesia, Spirit No One left Behind for Children Education,Role Scholarship, education challenges  in Indonesia.

SCG Indonesia

SCG, adalah perusahaan  yang terkenal di ASEAN  dengan 3 bisnis utamanya Semen-Building Material, Packaging dan Chemical yang menyediakan produk dan layanan kualitas premium. SCG berkomitmen untuk  meningkatkan pembangunan dan kualitas hidup masyarakat dimana mereka beroprasi, termasuk di Indonesia. SCG berfokus pada konsep SD(Sustainable Development) yang mengedepankan keseimbangan antara sumber daya manusia, lingkungan, social, dan ekonomi.

SCG  Sharing The Dreams

Semangatnya adalah “Passion For Better”, SCG  Sharing The Dreams merupakan CSR tahunan dimana diadakan program Beasiswa “Sharing  The Dream” sejak tahun 2012,  yang merupakan bentuk komitmen SCG di sektor pendidikan karena pendidikan memiliki peran penting dan menjadi dasar untuk membangun masa depan yang leih baik ujar Mr. Nantaphong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia.

Program beasiswa ini  bertujuan mendidik  generasi muda untuk aktif mengejar passionnya dan mewujudkan kehidupan yang lebih baik, bagi pribadi, keluarga dan negara. Program yang telah berjalan selama lebih dari 5 tahun ini bukan hanya sebatas beasiswa yang diberikan kepada pelajar yang memiliki prestasi akademik yang baik, SCG Sharing The Dreams mengedepankan nilai-nilai moral yang harus dimiliki oleh para pelajar.

BEASISWA SCG  Sharing The Dreams

Tujuan Sharing The Dream saat ini adalah  memperluas beasiswa ke tingkat sarjana hinga  2310 beasiswa. SCG percaya bahwa pendidikan adalah kunci dalam meningkatan pertumbuhan dan pembangunan bangsa. Hal inilah yang mendorong SCG untuk mendukung dan mengembangkan pendidikan, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Vietnam, Filipina, Laos, Kamboja, Myanmar dan Thailand melalui program beasiswa Sharing the Dream.

Novia Kardianty, Branding & Marcom SCG Indonesia, menjelaskan salah satu syarat mendaftarkan beasiswa ini adalah dengan minimum nilai rapot 7.5 , memiliki moral dan kepemimpian yang baik dan aktif menjadi sukarelawan dan aktif di kegiatan ekskul sekolah.

SCG Indonesia juga bekerjasama dengan Ancora Foundation untuk program Beasiswa  Sharing The Dream, untuk informasi detail klik facebook SCG Brand dan website ancorafoundation.com.

Untuk tahapan tesnya diantaranya adalah calon penerima beasiswa harus menulis essay dengan tema yang telah ditentukan menggunakan tulisan tangan, nanti hasilnya akan dikirim dan dilakukan pengecekan oleh psikolog yang telah ditujuk oleh SCG Indonesia untuk melihat karakter calon penerima beasiswa.

Tahun 2018 merupakan pertama kalinya beasiswa Sharing the Dream terbuka bagi mahasiswa. Untuk tahun ini beasiswa difokuskan pada mahasiswa yang pernah menerima beasiswa Sharing the Dream ketika mereka duduk di SMA. Ini adalah salah satu cara SCG dalam mendukung anak muda di Indonesia untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. 10 kandidat dari 137 pendaftar yang datang dari berbagai fakultas dan universitas akan terpilih sebagai penerima beasiswa.

Tahun ini, beasiswa Sharing the Dream telah menerima sebanyak 1.471 pendaftar dan pendaftar tertinggi berasal dari wilayah Sukabumi sebanyak 521 pendaftar. Beasiswa Sharing the Dream 2018 juga telah menambahkan beberapa wilayah di Indonesia menjadi Karawang, Sukabumi, Bogor, Tangerang, Jakarta, Lebak, Depok dan Cianjur.

Penerima beasiswa Sharing the Dream 2018 telah diumumkan secara langsung kepada sekolah masing-masing atau melalui email yang didaftarkan pada saat pendaftaran. Periode pengumuman untuk beasiswa tingkat SMA yaitu 16 Juli 2018, dan 18 Juli 2018 untuk tingkat sarjana.

#SCGIndonesia
#SharingtheDream2018

 

Ref :

Facebook SCG Indonesia

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

One Comment on “Sharing The Dream , Langkah Awal Gapai Impian”

  1. SCG memperhatikan alumni penerima beasiswa saat SMA, buktinya setelah kuliah mereka ditawari beasiswa juga supaya dapat kuliah dengan tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *