SERTA Kasur Maksimalkan Tidur Nyenyak

Saya sering sekali mengalami punggung terasa kaku, pegal saat bangun tidur, padahal saya sudah tidur lebih awal dan tidak begadang. Padahal di rumah sudah menggunakan bantal,guling, sprei, selimut yang nyaman untuk tidur.

Ternyata semua jawabannya saya temukan di Blogger Gathering With SERTA (21/3) di Living Soul Butik Plaza yang membahas lengkap mengenai SMS (Sleep, Meal and Sport). Gathering ini mengupas habis mengenai pentingnya tidur, asupan nutrisi tubuh dan relaksasi dari ahlinya yaitu Bapak Mukti Argo, Group Brand Manager PT. DAP, Alvin Hartanto, Nutritionist dan Diana Elsa, Yogist.

Dok : @sertamattressid

Bapak Mukti Argo, Group Brand Manager PT. Bapak Mukti Argo, Group Brand Manager PT. DAPDAP mengatakan bawa 30% waktu kita dipergunakan untuk tidur, sehingga kita membutuhkan matras tidur yang nyaman dengan matras berkualitas.

SERTA menjadi pelopor yang memperhatikan kenyamanan sejak Serta® International memperkenalkan matras Perfect Sleeper® di tahun 1931. 80 tahun, Serta® telah  konsisten  memberikan kualitas terbaik di setiap matrasnya. SERTA adalah merek matras nomor satu di Amerika Serikat selama 5 tahun berturut-turut, dan menghadirkan pertama kali  di dunia matras “tanpa jahitan dalam”.
Saat ini, Serta® menggunakan teknologi foam memori gel terbaru. iComfort® Sleep System dan dirancang untuk memberikan kenyamanan di setiap istirahat. SERTA adalah salah satu brand dari PT. Duta Abadi Primantara , dengan tagline nya “Always Comfortable”.
Dok : serta.co.id
Dok : serta.co.id

Tips dari Pak Mukti adalah saat akan membeli  matras, kita wajib mencoba matras tersebut minimal 5 menit untuk merasakan kenyamanannya. Jangan sampai sudah terlanjur dibeli, namun kita merasa tidak nyaman.

Setiap orang mungkin merasakan beberapa gangguan saat tidur seperti kurang nyaman dengan matras atau bantalnya, sakit punggung bagian belakang saat bangun tidur, dan kegerahan saat tidur. Dan kurang tidur bisa berakibat buruk bagi kesehatan, seperti gangguan konsentrasi, mengantuk, tidak fokus.

Saat tidur umumnya ada 2 gaya, menyamping dan terlentang.  Dan tidur itu ternyata dibagi ke dalam 5 tahapan yaitu NREM (Non Rapid Eyes Movement) yang terdiri dari 4 tahapan dan REM (Rapid Eyes Movement).

Tidur tenang dan keadaan tidur aktif. Tidur tenang NREM atau Non-REM (No Rapid Eye Movement atau Tidak Ada Gerakan Mata yang Cepat).

Saat tidur tenang atau NREM atau Non-REM, tubuh  akan mengalami kegiatan yang tenang. Denyut nadi, pernapasan dan tekanan darah tubuh akan bergerak lebih tenang dan teratur, akan terjadi proses pemulihkan tubuh. Otot-otot, kelenjar tubuh dan susunan tubuh diperbaiki. Zat-zat yang tidak berguna akan dibuang dari tubuh. Pada saat tidur tenang juga terjadi penggabungan protein-protein yang akan digunakan pada saat tidur aktif.

Pada keadaan tidur tenang atau NREM atau Non-REM, seseorang akan mengalami 4 tahap. Berikut ini tahapan yang terjadi ketika mulai tertidur.

Tidur Ringan
Saat pertama kali seseorang mulai tertidur, akan memasuki  tahap pertama di mana akan mengalami tidur ringan atau tidur dangkal, di mana otot tubuh akan mengendur dan gelombang otak akan bergerak tidak beraturan. Pada tahap ini biasanya dimulai ketika Agan mengantuk dan tertidur. Tahap pertama berlangsung selama 30 detik sampai 7 menit pertama.

Tidur Sebenarnya
Tahap kedua yaitu tidur sebenarnya, di mana gelombang otak membesar, pecahan-pecahan pikiran dan gambar-gambar mungkin bermunculan dan bergerak di pikiran kita tetapi kita tidak menyadarinya, kita sudah tidak sadar dengan keadaan di sekeliling. Tahap kedua berlangsung selama 20 persen dari seluruh waktu tidur.

Tidur Lebih Pulas
Tahap ketiga tidur semakin lelap. Pada tahap ini, tubuh  mulai sulit dibangunkan karena sudah terlelap.

Tidur Terpulas
Tahap keempat merupakan tahap tidur paling pulas. Pada tahap ini, otak memproduksi gelombang besar, sebagian besar darah dialirkan ke otot, terjadi pemulihan dan perbaikan fungsi tubuh. Hormon pertumbuhan dihasilkan dan terjadi proses pertumbuhan berlangsung pada tahap ini. Tahap ketiga dan keempat berlangsung selama 50 persen dari seluruh waktu tidur kita.

Jika saat tertidur, kita tidak bisa memasuki tahap ketiga dan keempat, maka kemungkinan besar saat terbangun kita akan merasa letih bahkan bisa depresi.

Selesai memasuki tahap keempat, kita akan mengalami tahap pertama kembali, memasuki tahap kedua dan seterusnya. Siklus ini akan berulang beberapa kali. Pengulangan siklus ini berlangsung selama 3 sampai 5 kali. Lamanya 1 kali siklus membutuhkan waktu sekitar 90 sampai 110 menit.

Setiap siklus tidur tenang atau NREM akan diakhiri dengan tidur aktif atau REM (Rapid Eye Movement atau Gerakan Mata Cepat). Seseorang mengalami periode saat saat melihat tonjolan mata bergerak ke kiri dan ke kanan karena memang pada tidur REM, mata bergerak cepat ke kiri dan ke kanan.

Pada saat tidur aktif atau REM kita mengalami mimpi yang sebagian besar tidak akan diingat pada saat bangun dari tidur. terjadi  imobilitas yaitu tidak dapat menggerakkan otot-otot. Biasanya seseorang mengalami mimpi kira-kira setiap 90 menit sekali dalam sebuah siklus tidur.

Periode tidur aktif berlangsung selama 25 persen dari keseluruhan periode tidur kita. Pada saat tidur aktif atau REM, tubuh memulihkan fungsi-fungsi tertentu dari otak dan juga memperbaiki mental. Pada saat ini pikiran akan memilih, mengolah, mengorganisasi, menghapus hal-hal yang tidak penting dan menyimpan keterangan yang dialami pada hari sebelumnya seperti saat seseorang merekam film dan akan mempersiapkan otak dan pikiran untuk menerima keterangan baru esok harinya. Saat tidur aktif, otak akan menghapus memori jangka pendek atau data tidak penting dan mempertahankan ingatan jangka panjang. Inilah yang membuat setelah tidur, pikiran terasa lebih segar karena tersedia lebih banyak memori otak untuk digunakan lagi. (Dok : www.kaskus.co.id/thread)

Kemarin saya sempat mencoba kasur SERTA dan ternyata memang benar sangat nyaman, karena SERTA sangat memperhatikan COMFORT  dan SUPPORT, kenyamanan di bagian atas matras dan penopangnya dari mulai bagian bawah untuk mencegah nyeri tulang  belakang saat bangun tidur.

Kenyamanan meliputi bahan matras yang dipakai untuk bagian atas dan wool dan 5 zona latex dan 7-zone Pocket Spring di bagian dalamnya. Selain itu setiap matras SERTA menggunakan teknologi Adaptive Dynamic Cooling System yang menjaga dari gangguan tungau.

Koleksi matrasnya pun banyak pilihannya yaitu Naturel, Ipedic, Perfect Spine, dan Serta JR untuk anak-anak.

Dok : serta.co.id
Dok : serta.co.id

PENTINGNYA POLA TIDUR KEPADA NUTRISI DAN KESEHATAN

Istirahat Otak dan meningkatkan kreativitas, mengurangi stress, istirahat fisik (otot, sendi,tulang), istirahat organ (detox), meningkatkan hormon, meremajakan sel-sel, memberikan efek “Self Healing” tubuh adalah alasan bawa kita harus tidur dengan cukup.

Berbeda umur, berbeda pula kebutuhan tidur kita, misalnya untuk bayi baru lahir membutuhkan 14-17 jam , balita (1-2 tahun) 11-14 jam , usia prasekolah (3-5 tahun) 10-13 jam, usia sekolah (6-13 tahun) 9-11 jam, remaja (14-17) 8-10jam, dewasa muda (18-64) 7-9 jam  perharinya.

Tidur yang baik akan menghasilkan metabolisme tubuh yang baik. Di malam hari hormon tubuh akan mencapai puncaknya dan terjadi pembakaran lemak (liposis), pembakaran lemak yang tidak efektif akan meningkatkan Trigliserida dalam darah yang akan mengakibatkan naiknya kolesterol.

Jadi kita harus mengkonsumsi makanan yang natural, olah raga 2-3 jam per minggu, tidur dan membiasakannya menjadi rutinitas.

Sekarang saya jadi tahu karena kurang tidur, saya mengalami naiknya nafsu makan, naiknya kolesterol, metabolisme melambat, mudah lelah dan tidak fit,gampang sakit, naiknya berat badan. Dan ternyata berefek pada turunnya produktivitas sex karena menurunnya hormon.

Agar kita tidak sulit tidur hindari kafein diatas jam 4 sore, mandi dengan air hangat, jangan olah raga di malam hari, indari blue light dari TV, tablet, laptop, handphone, dan 100% matikan lampu.

Sesi terakhir gathering ini diisi oleh mba Diana seorang Hipnoterapi yang mengajarkan ritual sebelum dan sesudah tidur, pesannya setelah bangun tidur itu yang benar adalah tidak grabak grubuk bangun, agar badan tidak kaget setelah tidur.

Terima kasih SERTA dan Emak Blogger, sekarang jadi lebih paham mengenai pentingnya tidur.

Informasi lebi lanjut klik Intagram @sertamattressid, twitter @sertamattressid.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *