Sehat Itu Mulai Dari Makanan Rumah

Ditengah banyaknya jajanan yang ada saat ini, sebagai seorang Ibu dan istri saya terkadang masih bingung saat membuat menu makanan yang sehat, praktis dan bergizi. Semuanya sudah dilakukan browsing menu, pembuatan menu seminggu namun terkadang pada saat eksekusinya hasilnya tidak sama dengan yang ada pada gambar buku menu.

Menu gorengan dan minuman bersoda menjadi favorit saya dan suami, namun saat ini si kecil mulai menyukai gorengan. Kadang setelah memasak, ternyata menu yang ada semuanya serba digoreng. Sedangkan seharusnya, proses memasak itu yang baik adalah dikukus, direbus atau dipanggang. Jika ingin menggoreng pun lakukanlah tanpa minyak.

Semua peralatan sudah saya miliki seperti blender untuk juice, wajan anti lengket, wajan tanpa minyak, tapi terkadang hasilnya masih kurang maksimal pada tampilan masakannya, terlihat kurang menarik.

Saya sering sekali  lupa akan pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat, minyak yang banyak, gula yang banyak, pewarna makanan, perasa makanan masih saya gunakan secara berlebihan. Hal itu pasti saya lakukan, saat kami sekeluarga jajan diluar.

Padahal dengan memasak sendiri, dijamin masakan akan lebih sehat karena  komposisi, takaran bahan kita yang mengatur, dan pengolahannya dijamin  bersih.

Pola hidup sehat adalah modal awal untuk selalu sehat hingga masa  tua nanti. Hidup sehat, sejahtera dan bahagia adalah impian setiap orang. Tapi apakah kita sudah benar menerapkan hidup sehat yang dimulai dengan makanan yang dikonsumsi. Philips ingin mengajak para Ibu untuk ikut merasakan manfaat memasak dan mengolah makanan sendiri di rumah.

7 Desember 2017, di Satoo Garden Restoran lalu saya berkesempatan menghadiri launching Philips dengan kampanyenya “The Power of Home Made Food”.

Kampanye “The Power of Home Made Food” oleh Philips adalah komitmen Philips untuk mendukung masyarakat untuk memiliki gaya hidup yang sehat. Kampanye ini dilakukan diantaranya dengn road show di  mall, cooking demo, kegiatan digital di media sosial seperti video menyambut hari ibu untuk membuat makanan sehat dan memberikannya kepada Ibu.

Hadir sebagai pembicara Chef Arimbi Nimpuno, dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp. GK Spesialis Gizi yang memberikan informasi dan inspirasi mengenai hidup sehat di acara Talkshow dan  Cooking Demo.

Telah hadir saat ini rangkaian peralatan dapur terbaru Philips untuk membantu keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat melalui konsumsi menu masakan hasil olahan sendiri yang sehat, praktis, cepat dan aman.

Airfryer, Noodle Maker, Bread Maker, dan Slow Juicer Philips akan membantu kita di rumah untuk selalu membuat menu yang sehat. Karena makanan rumah adalah faktor terpenting dalam menjalani pola makan yang sehat.

Memasak terkadang untuk saya sulit, lama dan membosankan untuk saya sedangkan menurut penelitian oleh Julia A. Wolfson, MPP dari data survey dari National Health an Nutrition Examination menyebutkan bahwa orang yang sering memasak di rumah mengkonsumisi sedikit karbohidrat, gula dan lemak dibanding orang yang selalu jajan diluar.

Manfaat Masak di rumah :

  • Lebih higienis dan sehat
  • Lebih hemat dibandingkan membeli makanan di luar
  • Bebas berkreasi dan control kualitas bahan makanan
  • Menciptakan pola kebiasaan makan yang baik untuk keluarga

Sumber (Philips.com)

Saya pribadi sebagai seorang ibu sedikit tahu mengenai gaya hidup sehat dan pola hidup sehat, namun terkadang saya lupa dengan cara mengolah yang baik saat memasak.

Cara memasak yang tidak baik  akan akibatkan hasil masakan menjadi tidak maksimal kandungan gizi nya. Misalnya menggoreng dengan minyak bekas pakai berulangkali, padahal dapat menimbulkan aneka penyakit seperti obesitas, hipertensi, jantung dan yang lainnya.

Memasak sehat menurut dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp. GK Spesialis Gizi adalah memasak tanpa menggunakan minyak atau mengurangi minyak.

Bpk Yongky Sentosa, Head of Personal  Health Philips Indonesia mengatakan bahwa “Tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hidup sehat saat ini semakin tinggi, namun masih dalam fase penyembuhan”. Melalui kegiatan-kegiatan dan produknya, Philips ingin meningkatkan kesadaran masyarakat ke arah pencegahan untuk mencegah penyakit-penyakit yang disebabkan karena gaya hidup tidak sehat.

Untuk mendorong masyarakat hidup lebih sehat, ini lah rangkaian perlatan dapur  terbaru yag wajib kita miliki, untuk memudahkan setiap orang untuk mulai konsumsi makanan sehat, dengan memperhatikan kandungan bahan makanan yang digunakan :

  • AIR FRYER HD9623

Alat ini bisa menggoreng tanpa minyak atau sedikit minyak, bisa juga untuk memanggang dan membakar makanan dengan cepat dan sangat mudah. Teknologi Turbostarnya, membuat saya tidak repot membalik masakan, panasnya cepat dan merata.

Dengan alat ini, kita bisa mengurangi lemak sampai 80%,sehingga merupakan solusi bagi penderita jantung atau kardiovaskuler untuk bisa mengkonsumsi gorengan yang lebih sehat.

Kelebihannya :

  • Menghasilkan makanan yang enak dan lebih menyehatkan dengan lemak yang lebih sedikit.
  • Teknologi baru TurboStar yang unik menghasilkan udara super panas untuk menggoreng berbagai jenis makanan dengan lebih cepat.
  • Memasak lebih banyak makanan, dilengkapi dengan aksesoris pemanggang (grill pan) yang sangat cocok digunakan untuk memanggang ikan dan daging. Bisa digunakan untuk grill, frying, roasting dan baking. (sumber Philips.com)

  • BREAD MAKER HDH9045

Pecinta roti kini tidak perlu membeli roti yang sudah jadi, karena kita bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Pizza, roti, donat, adonannya dapat dibuat dan dipanggang dengan tingkat kematangan sesuai dengan pilihan kita. Ada 14 pengaturan yang bisa kita gunakan untuk membuat roti manis, gandum, roti bebas gluten hingga selai.

 

Kelebihan :

  • Terdapat 3 tingkat warna kecoklatan yang bisa diatur sesuai keinginan Anda.
  • Terdapat 14 pilihan menu mulai dari memanggang roti, adonan pasta hingga membuat selai.
  • 2 ukuran roti yang bisa diatur, mulai dari 750gr hingga 1kg.(sumber Philips.com)

 

  • NOODLE & PASTA MAKER HR2332

Alat ini bisa membuat aneka bentuk pasta, seperti lasagna, spaghetti, penne, fettuccini dan aneka jenis mie, cepat, praktis hanya 18 menit.

Kelebihan :

  • Dapat menghasilkan 450gr pasta atau mi hanya dalam waktu 18 menit.
  • Dilengkapi buku resep yang dapat membantu membuat berbagai jenis mi dan pasta.
  • Memiliki 4 bentuk cetakan pasta untuk menghasilkan mi, spaghetti, Penne dan Lasagna.(sumber Philips.com)

 

  • MASTICATING SLOW JUICER HR1889

Dilengkapi dengan teknologi soft squeezing untuk mengekstrak sari nutrisi sayur dan buah hingga 80 %, jadi kebutuhan serat  dan vitamin kita per harinya akan terpenuhi.

Kelebihan :

  • Jus fresh dalam waktu 1 menit, Tabung yang didesain miring dengan corong besar agar mudah memasukkan buah.
  • mudah dibersihkan , dapat dibersihkan hanya dalam waktu 90 detik.
  • Ada fitur Drip stop membuat sisa jus tidak menetes keluar
  • Mengestrak sari nutrisi dari buah dan sayur hingga 80%.
  • Dapat mengekstrak sayur yang keras seperti wortel. (sumber Philips.com)

Resep masakan rumah sehat, mudah & praktis

Mulai sekarang yuk kita kombinasikan teknik memasaknya, untuk lebih sering mengukus, memanggang dan memakai Airfryer untuk menggoreng sehingga kita akan mulai untuk menjalankan pola makan sehat.

Philips berkomiten untuk dapat menyentuh kehidupan 3 milyar orang  setiap tahunnya di tahun 2025 ujar Pak Yongky.

Selain 4 produk terbarunya, Philips juga mengadakan beberapa kegiatan yang diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk hidup sehat dengan peralatan dapur Philips, mulai dari Cooking Demo #ThePowerHomeMadeFood di beberapa Mall di Jakarta seperti Mall Kelapa gading 3 dan Central Park, video edukasi yang bisa dilihat di media sosial dan akan ada cooking class untuk sejumlah komunitas secara reguler di Jakarta dan Surabaya.

Produk terbaru ini bisa didapatkan di Best Denki, Electronic City, Sogo, Metro, E-commerce seperti Lazada, Blibli dan JD.ID.

Cek juga www.philips.co.id/thepowerhomemadefood untuk informasi lainnya.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *