“Secukinumab” Harapan Baru Pasien Psoriasis

16 Agustus 2017 lalu, saya berkesempatan menghadiri launcing Secukinumab di Westin Hotel Jakarta,  sebuah pengobatan terbaru untuk pasien Psoriasis di Indonesia dari Novartis Indonesia.

Dengan Secukinumab, pasien akan dapat memperoleh kondisi kulit yang lebih baik.

Presiden Direktur Novartis Indonesia Milan Paleja mengatakan Novartis Indonesia berkeinginan membantu pasien Indonesia yang memiliki kondisi Psoriasis menengah hingga berat untuk mendapatkan kulit yang bersih lebih lama.

Milan Paleja

Hadir saat ini Secukinumab, sebuah pengobatan baru di Indonesia untuk mendapatkan kulit bersih hingga 90%.

Novartis berkomitmen untuk selalu mendukung pemerintah Indonesia dan berbagai pihak untuk meringankan beban sosial maupun ekonomi yang diakibatkan oleh penyakit ini. Kebanggaan bagi Novartis Indonesia untuk dapat bekerjasama dengan PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) untuk memberikan harapan baru pasien Psoriasis.

Hadir dalam acara ini Milan Paleja, General Manager Pharma, President Director, Novartis Group Indonesia. dr Danang Tri Wahyudi, SpKK, Dr.Lily Sriwahyuni Sulistyowati,MM Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Dr.Lily
dr. Danang

PSORIASIS

Adanya kecenderungan genetik, kelainan Imunologi dan faktor lingkungan, penyebab Psoriasis belum sepenuhnya diketahui. Penyakit ini diketahui berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang terhubung dengan sel-sel tubuh, dimana sel kulit tumbuh sangat cepat dan menumpuk di atas kulit. Tambahan sel kulit ini kemudian membentuk sisik yang tebal dan berwarna keperakan dalam ruam ruam merah yang terasa gatal, kering dan seringkali menyakitkan.

 

Faktor yang dapat memicu adalah stress psikologi, konsumsi alkohol,merokok, sinar matahari, infeksi bakterial, trauma fisik dan gangguan metabolisme.

Penyakit biasanya dimulai pada usia 10-30 tahun dan resiko sama untuk laki-laki dan perempuan.

Jika timbul pada usia kurang dari 15 tahun, biasanya ada riwayat Psoriasis dalam keluarga.

Penyakit ini mengenai seluruh tubuh relatif lebih berat, namun memberikan respon yang baik terhadap pengobatan.

Pasien harus menemui dokter spesialis kulit untuk mendapatkan diagnosa yang akurat dengan mempelajari pengalaman pasiennya, wanita dan pria dapat terkena penyakit ini. Pasien tidak hanya berjuang melawan rasa sakit, tapi juga beban emosional seperti cemas dan stress dalam menghadapi kehidupan sehari-harinya ditengah lingkungan dia beraktivitas. Psoriasis berdampak pada kesehatan fisik dan mental, kualitas pasien akan menurun dan mempengaruhi kepercayaan dirinya ujar dr.Danang Tri Wahyudi Sp.KK(K), Spesialis Kulit RS.Dharmais.

Bukan hanya penyakit kulit, namun sebuah penyakit autoimun kronis yang dapat diderita mulai anak-anak hingga dewasa.

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang tidak menular. Berdasarkan laporan WHO (2013) penyakit ini diderita sekitar 2% dari populasi dunia dan mempengaruhi 1-3% populasi Indonesia (Buku Ajar Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FKUI,2007).

Plak Psoriasis adalah bentuk paling umum dari penyakit ini, kulit akan terlihat ruam merah yang timbul dengan sisi keperakan dengan sel kulit mati bertumpuk.

Psoriasis yang muncul di telapak tangan dan tumit disebut Psoriasis Palmoplantar, diderita oleh 40% pasien dengan plak Psoriasis.

Psoriasis bukan hanya penyakit yang berhubungan dengan kosmetik, namun penyakit yang menahun, kronis, sering timbulkan stress,dan berdampak pada seluruh aspek kehidupan penderitanya.

Kurang lebih 30% pasien memiliki atau mendapatkan Psoriasis Artritis (PsA), kondisi di mana sendi-sendi tubuh terkena dan sebabkan nyeri,kaku, dan kerusakan sendi permanen.

Psoriasis diasosiasikan juga dengan kondisi kesehatan serius lainnya seperti diabetes, jantung dan depresi.

LANGKAH PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PROSIARIS DI INDONESIA

  1. Penyusunan buku Pedoman Penanggulangan Psoriasis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Penyusunan Kurikulum dan Modul Pelatihan penanggulangan Psoriasis dan Lupus Eritematosa Sistemik bagi Tenaga Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, untuk meningkatkan dan memperkuat deteksi dini dan faktor resiko yang didukung dengan peningkatan dan pengembangan kompetensi dan kapasitas tenaga kesehatan.
  2. Promosi kesehatan, melalui kegiatan advokasi, sosialisasi, pemberdayaan masyarakat dan informasi melalui media. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan,kesadaran,kemauan,kemampuan individu, keluarga dan kelompok masyarakat untuk melakukan perilaku pencegahan dan berperan aktif dalam mencegah Psoriasis.
  3. Kemitraan, oleh lintas sektor atau lintas program.

Psoriasis Area and Severity Index (PASI)

Adalah metode untuk menentukan hasil studi klinis untuk Psoriasis dengan cara mengukur tingkat kemerahan,sisik, tebalnya plak, dan sebarannya di permukaan tubuh.

Skor PASI yang meningkat mengindikasikan perbaikan  kondisi pasien untuk mendapatkan kulit yang hampir bersih atau bersih.

SECUKINUMAB

Adalah obat biologis-protein dengan rekayasa genetis yang didapatkan dari gen manusia yang dirancang untuk menghambat komponen spesifik di sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan Inflamasi.

Obat ini secara spesifik menasar IL-17A yang terkait dengan respond tubuh terhadap inflamasi dan daya tahan, seperti Psoriasis. Obat ini menghambat siklus respon daya tahan tubuh terhadap penyakit tersebut.

Dengan kehadiran Secukinumab di Indonesia diharapkan dapat menjadi jembatan pengobatan untuk mengingkatkan pengobatan para pasien, pengobatan ini diharapkan dapat mengendalikan penyakit Psoriasis dan meningkatkan standar harapan pasien terhadap pengobatan dan kesembuhannya, ujar Milan.

PENGOBATAN

Menghitung biaya pengobatan Psoriasis jangan melihat dari harga per suntikan, tapi menghitung dengan total pengobatan setahun dibagi perhari, perhari sekitar Rp 40.000

Novartis

Penyedia solusi layanan kesehatan bagi pasien,dan komunitas. Bermarkas di Basel , Swiss, Novartis manawarkan pengobatan yang inovatif, produk generik, dengan harga efisien, pengobatan biosimilar, dan perawatan mata. Novartis memimpin di area tersebut. Produk Novartis dijual di sekitar  155 negara di dunia.

Website : www.novartis.com

Twitter : @novartis

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *