Sarnadi Adam Lukiskan Kebudayaan Betawi

Memeriahkan HUT Indonesia ke 72, Aston Marina Ancol  menggandeng Merpati Training Center menggelar pameran lukisan Sarnadi Adam, yang peresmiannya digelar pada Rabu lalu.

Pameran lukisan ini berjudul “Betawi dalam Lukisan Sarnadi Adam”, acara ini didukung pula oleh Woman Radio dan telah berlangsung mulai 15-25 Agustus 2017, dan Gratis.

Pameran ini bertujuan sebagai bentuk penghargaan kepada Sarnadi Adam atas karya-karya yang telah dibuatnya untuk Indonesia.

Sarnadi Adam adalah seniman Indonesia yang dikenal oleh karya seni rupanya. Pameran lukisannnya pun telah berkunjung ke negara-negara seperti Belanda,Amerika Serikat, Argentina dan lain-lain.

Sarnadi Adam memiliki berbagai cara dalam memotret masyarakat Betawi, lingkungan, individu sampai komunitas yang dituangkan ke dalam sebuah lukisan.

Tema-tema yang sangat bernilai dijadikan pelajaran bagi masyarakat terutama generasi muda. Banyak penghargaan yang telah diraih diantaranya Pelukis Jakarta Terbaik tahun 2000, Satya Lencana Karya ke X/2000 dan XX tahun 2011. Selain itu beliau adalah dosen di UNJ, Fakultas Bahasa dan Seni.

Paundra Hanutama, Marketing Communication Manager menyampaikan tujuan diadakannya pameran ini adalah memamerkan koleks lukisan Betawi karya Sarnadi Adam, khususnya yang bertemakan merah putih atau kemerdekaan agar dapat dinikmati masyarakat.

Sebuah karya perlu diketahui masyakarat Indonesia, agar bisa menikmati, menghargai dan mengapresiasikan dan menginspirasi bangsa Indonesia secara keseluruhan. Diharapkan pameran ini dapat semakin memicu dan membangun semangat dalam memperkuat karakter bangsa Indonesia untuk menjadi pemenang.

Terdapat sekitar 26 lukisan yang dapat dinikmati, 11 lukisan adalah lukisan yang bertemakan kehidupan penari Betawi. Lukisan dibuat dalam beberapa ukuran ada yang 80 x 60 cm, 110 x 90 cm, 120 x 80 cm, 120 x100 cm, 110 x 85 cm, 200 x 120 cm, dan 210 x 100 cm dengan menggunakan cat akrilik dan cat minyak pada kanvas.

Diantaranya :

  • Dialog 3 penari Betawi
  • Kampung Betawi Tempo Doloe
  • Lima penari Betawi
  • Dua penari Betawi
  • Kondangan
  • Penari betawi
  • Pelabuhan Sunda Kelapa
  • Warung dikampung Rawa simprug
  • Menatap masa depan
  • Dialog 5 penari di depan rumah

SARNADI ADAM

Sarnadi Adam lahir di Simprug, Kebayoran Jakarta Selatan, pada 27 Agustus 1956. Masuk sekolah Seni Rupa Indonesia di Yogyakarta, meneruskan kuliah di ISI Yogyakarta jurusan seni lukis di Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Tahun 2012 ia menempuh kuliah program doktoral di institute yang sama.

Selain aktif melukis, Sarnadi Adam juga berprofesi sebagai dosen di jurusan seni ruoa Universitas Jakarta sejak tahun 1986. Tahun 1992-2002 mengadakan pameran di Belanda, Jerman, Perancis, Swedia, Luxemburg, New York, New Jersey dan Boston.

Lukisan Sarnadi Adam banyak di koleksi di berbagai lembaga dan perseorangan seperti Dewan Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Bentara Budaya Jakata, Museum Jakarta, Bank Indonesia Jakarta, beberapa walikota  Jakarta, Wakil Gubernur Jakarta, Gubernur Jakarta, Wakil presiden dan Presiden RI. Penggemar karyanya juga tersebar di Eropa (terutama Belanda) dan Amerika.

Alamat Studio :

Studio Perupa Betawi Sarnadi Adam

Jl.  Rawa Simprug IX no 1 Kebayoran Jakarta Selatan 12220

Tlp :  021-7205604/ 08161168913

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *