Wujudkan Rumah Impian Jaman Now , Dengan Mortar Weber

Memiliki rumah impian,  pastinya adalah keinginan semua orang. Namun memiliki rumah saat ini bisa diusahakan dengan cara mengambil sistem KPR.

Rumah yang saat ini dipasarkan pun umumnya berlokasi jauh dari pusat kota Jakarta, jadi sebagai calon pembeli kita harus jeli dalam melakukan pengecekan jalur transportasi dan angkutan kendaraan yang akan kita gunakan dari rumah ke lokasi kerja.

Beruntung kemarin saya dapat pencerahan dari 2 arsitek cantik Fransisca Wungu, Arsitek and Editor IDEA magazine, Kompas Gramedia,  Yudhi Puspa Tia, Arsitek and Creative Director Rumah DuaPohon dan Ary Amry Product Spesialis MU Weber.

Serius,  Obrolan ketiganya  sangat seru dan menginspirasi. Sebagai seorang istri,  jadi tercerahkan dan semakin mantap mendukung keinginan suami untuk terlebih dahulu membeli sebidang tanah untuk dibangun menjadi rumah tempat tinggal.

Diskusi ini dilatarbelakangi oleh informasi yang dibutuhkan orang jaman now dalam membangun rumah, apakah yang harus diwujudkan rumah  yang instagramable kah?, sekedar nyaman?, mudah dibersihkan?, perawatan gampang?, apa yang harus dipersiapkan dalam membangun rumah pertama dan saat harus melakukan  renovasi.

Yudhi Puspa Tia, seorang Ibu,  Arsitek  di sebuah BUMN dan Creative Director @Rumah DuaPohon 

Hal yang membuat  tersentil adalah “kita tidak mesti punya uang banyak untuk memiliki rumah idaman, karena saat ini informasi sangat mudah didapatkan untuk  mengetahui info material yang akan digunakan, diantaranya di majalah IDEA   dimana banyak ide baru mengenai arsitektur.

Mba Tia berpesan saat membangun rumah impian, boleh melihat trend yang ada  tetapi pilihlah yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan kita, apa yang akan kita lakukan  disana 20-30 tahun kedepan. Ketika kita telah memiliki brief design nya, komunikasikanlah dengan jujur budget yang dimiliki dengan ahlinya (arsitek) agar sesuai budget dalam mewujudkan rumah impian. Buka mata untuk melihat trend,  tapi kenali diri kita sendiri jangan sampai salah dalam membuat desaign rumah dan akan menyebabkan buget renovasi rumah di tahun-tahun berikutnya.

Yang membuat aku cukup tersentil adalah buatlah rancangan rumah yang ruangannya bisa  berguna saat 20-30 tahun kedepan,  jangan membuat design rumah hanya karena mengikuti trend saat ini. Buatlah rumah yang dimasa depan ruangannya bisa kita manfaatman untuk hobi kita di masa tua nanti. Pikirkan matang matang ruang apa saja yang kita butuhkan sebenarnya,  dan hal tersebut semakin membuat saya yakin untuk menggunakan jasa seorang Arsitek. Saat menggunakan jasa seorang arsitek,  jujurlah dengan budget yang kita miliki,  konsultasilah dengan jujur seperti apakah karakter kita karena akan berhubungan dengan desaign rumah yang akan dibangun.

Jangan beranggapan menggunakan jasa arsitek itu mahal, arsitek bisa membantu kita
menggali diri dan karakter, membantu merencanakan agar ruang yang akan ada di rumah tahap ke 1 bisa dikondisikan di masa depan, misalnya kita di masa tua ingin membuat studio yoga, meja kerja, roof garden.

Pikirkanlah kebutuhan apa yang paling mendasar, untuk mengurangi perubahan-perubahan di masa yang akan datang. Pemilihan konsep dan material  sebaiknya lebih digali kepribadi,  jangan hanya mengikuti trend. Pilihlah material yang simple, mudah dibersihkan,  dan masuk budget.

Arsitek akan membantu bagaimana mewujudkan keinginan pemilik rumah, menggali keunikan berdasarkan pribadi masing masing, memperhatikan  tampilan dan esensi ruang. Renovasi hanya untuk
membangun ruang-ruang yang belum ada, dan menghindari perubahan-perubahan yang hanya akan menambah budget.  Arsitek akan memberi arahan, dan memaksimalkan budget untuk membangun
rumah sehat, benar secara kualitas pengudaraan dan ruang-ruang  yang  dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup.

 

Fransisca Wungu, Arsitek and Editor IDEA Magazine, Kompas Gramedia

Menurutnya  rumah seharusnya  menunjukan karakter diri, jangan takut untuk berkespresi, takut dibilang jelek , harus percaya diri tetapi harus banyak membaca informasi dan melihat arsitektur  untuk inspirasi , dengan menyesuaikan dengan dimana kita tingal, bagaimana lingkungannya jangan dilupakan, saat akan  desaign rumah lihat cuacanya, dan alam dimana tempat kita tinggal.

Jangan melawan alam misalnya pasang banyak kaca, namun  posisi rumah di barat dan utara karena akan repot kedepannya, rumah harus disesuaikan dengan  karakter masing masing , kenali diri sendiri sebelum membuat rumah.

Rumah yang dibangun persayaratan adalah harus memperhatikan  kesehatan penghuninya seperti, ventilasi, pencahayaan alami, vegetasi pohon-pohon  harus ada. Rumah bukan sekedar tempat tinggal, rumah adalah ekspresi  pemiliknya, menunjukan  siapa kita dan karakter kita. Rumah Jaman Now,  tidak takut berkespresi lewat huniannya.

Rumah hunian tidak lagi mengacu pada trend tapi macam-macam ekspresi, sehingga peran arsitek sangat dibutuhkan saat akan membangun rumah karena rumah adalah investasi jangka panjang. Jika diawal salah bangun, akan mengakibatkan budget yang sia-sia karena diakibatkan oleh kesalahan pembelian material atau perencanaan.

Saat memilih material, perhatikan kekuatannya, cara pasang yang benar, pilih produk yang benar
aman, nyaman, mudah dibersihkan, jangan sampai cepat rusak dan mengakibatkan keluarnya budget untuk renovasi kembali.

Ary Amry Product Manager  MORTAR UTAMA WEBER

Memberikan tips kepada peserta Obsat yang hadir mengenai pemasangan material saat membangun rumah, karena walapun cara memasangnya sama terkadang kita tidak memperhatikan material yang digunakan.

Saat membuat rumah hal yang harus diperhatikan adalah pemakaian nat pada ubin keramik. Kenapa seperti itu,  karena banyak hal yang bisa terjadi pada nat (perekat ubin) yang ada di rumah.

Design rumah yang bagus, akan tercapai jika material tepat berkualitas dan mudah, sesuai fungsinya dan tidak memakan waktu pengerjaannya.

3 area rumah yang sering mengalami kerusakan dan sering direnovasi : kamar mandi, dapur, kitchen

Kamar mandi: keramik dan nat yang tergerus, noda yang tidak bisa hilang, jamur pada nat keramik.

Dapur : keramik dan nat yang rusak dan retak, noda yang sulit hilang

Garasi : keramik dan nat yang retak dan rusak, warna nat yang memudar

Nah PR kita dirumah adalah sudahkah kita mengisi dengan nat yang sesuai areanya?

Ary Amry memberikan solusi dengan merefrensikan dan memperkenalkan inovasi terbaru dari Mortar Weber yaitu pengisi nat yang didesign sesuai dengan ruangan rumah.

Color Fill : pengisi nat interior dan eksterior
Color Kitchen : pengisi nat area dapur
Power Pool. : pengisi nat area terendam
Power Bathroom : pengisi nat kamar mandi
Color outdoor : pengisi area teras, fasad,balkon

Saat kita ke toko bangunan sebutkan kode Mu 408 untuk Nat ini.

Keunggulannya :

Power bathroom : memiliki teknologi Smartshield Pro Technology , keunggulannya anti jamur,tahan terhadap cairan pembersih dan nat tidak mudah retak.  Khusus untuk area basah dan lembab. Cocok sebagai pengisi nat pada pemasangan keramik, granite tile dan mozaik kamar mandi (dinding atau lantai).

Color kitchen : teknologi  strain repel, membuat noda tetesan kopi, teh, saos, kecap, tidak menempel pada nat sehingga mudah dibersihkan. Tahan terhadap suhu panas sehingga sangat cocok sebagai nat pada pemasangan keramik, granite tile dan mozaik di area dapur.

Color Out Door : Active Defense Technology , nat tahan terhadap perubahan cuaca dan sinar UVdan gesekan benda berat seperti ban kendaraan. Cocok sebagai pengisi nat pada pemasangan keramik, granite tile dan batu alam di area luar ruang (outdoor) seperti garasi, balkon, teras dll.

Power Pool : khusus untuk Area Terendam seperti Kolam Renang, Ground Water Tank, dll. Mengandung “SmartShield Plus” memperkuat nat terhadap tekanan air dan paparan Chemical Agent, memelihara warna lebih lama, membuat nat menjadi tidak mudah retak serta mampu menghambat pertumbuhan jamur. Cocok untuk pemasangan Mosaik, Keramik, Granite Tile dan Batu Alam dengan lebar nat 2-10 mm.

ColorFill : untuk Interior & Eksterior, mudah dibersihkan, memiliki banyak pilihan warna serta tidak mudah retak. Cocok sebagai pengisi nat pada pemasangan keramik, granite tile dan mozaik pada dinding dan lantai

Fitur barunya membuat nat mudah dibersihkan, sehinga tile grout (nat) akan terlihat indah dan tahan lama. Keunggulan lainnya adalah banyak pilihan warna, harga kompetitif, dan mudah didapatkan.

PRODUK 

 

Power Pool MU408
Power Pool
Power Bathroom MU408
Power Bathroom MU408
Color Kitchen MU408
Color Kitchen MU408

 

Color Fill MU408
Color Fill MU408
Color Outdoor MU408
Color Outdoor MU408

PILIHAN WARNA 

Warna yang tersedia, klik disini

Akhirnya ilmu yang saya dapatkan di Obsat,  saya aplikasikan Mortar Weber Color Outdoor untuk diluar ruangan yaitu di keramik luar dekat taman dan kolam.

Terima kasih Mortar Utama dan Obsat.

 

 

MORTAR UTAMA WEBER

Adalah perusahaan manufacture building material di bidang mortar instant (nat, mortar, aci, pelester, perekat keramik).

Semen instan atau  Mortar adalah  campuran antara pasir dan semen yang dipakai untuk merekatkan bata, memasang keramik, mengaci, atau memplester.

Mortar dipelopori oleh  Mortar Utama Weber, yang hadir di Indonesia sejak 1996  memproduksi semen instan siap pakai dengan teknologi modern sehingga pencampuran  sesuai standar, dan kualitasnya terjaga dengan baik. Merk  ini dikenal dengan  MORTAR UTAMA Weber (MU Weber).

Semen instan adalah campuran dari semen, pasir silika, zat aditif dan beberapa bahan material lain yang bisa dicampur menjadi satu. Dikenal dengan istilah Premixed Mortar atau Dry Mortar. Premixed Mortar adalah adukan yang sudah dicampur sebelumnya, sesuai dengan fungsinya dan dibuat dalam satu packaging, kita tinggal mengaaduknya dengan air.

Semen Instan Mortar UtamaWeber saat ini sudah bisa dibeli secara online, pabriknya ada di Cibitung-Bogor, Jawa Barat dan Gresik, Jawa Timur.

Mortar Utama Weber  juga ada websitenya lho , yang isinya informasi dan servis edukasi; ada video tutorial, tools digital untuk  memilih warna, kalkulator penggunaan produk MortarUtama Weber, dan  tips trik dekorasi rumah.

APLIKASI KALKULATOR :

Kalkulator ini disediakan untuk membantu anda membuat perkiraan anggaran jumlah produk yang anda perlukan untuk proyek anda.  Angka perkiraan adalah sesuai hasil tes di laboratorium kami dan tidak memperhitungkan jumlah material yang terbuang saat aplikasi.

APLIKASI MORTAR WEBER :
MU-Weber merilis aplikasi dengan fitur-fitur yang dapat memudahkan kita mencari informasi produk yang kita butuhkan. Selain memudahkan pencarian produk, Apps MU-Weber juga dilengkapi dengan kalkulator penggunaan, pencarian toko, dan video tutorial aplikasi menggunakan produk-produk semen instan #pilihanMU. Lebih uniknya lagi, di sini kita bisa menyimpan data proyek-proyek yang sedang atau sudah kita kerjakan untuk dijadikan referensi di kemudian hari.

 

 

Ref :

www.id.weber

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

29 Comments on “Wujudkan Rumah Impian Jaman Now , Dengan Mortar Weber”

  1. Aku baru tau lho ternyata nat keramik harus dibedakan sesuai kebutuhan ruangan, dulu pernah liat tukang, semua nat disamain aja, pantesan kamar mandiku skrg udah keropos natnya

  2. “Kita tidak mesti punya uang banyak untuk memiliki rumah idaman, karena saat ini informasi sangat mudah didapatkan untuk mengetahui info material yang akan digunakan, diantaranya di majalah IDEA dimana banyak ide baru mengenai arsitektur”

    Saya setuju nih sama pernyataannya
    Mau punya rumah gak harus nunggu punya uang banyak. Ntar malah gak punya-punya deh jadinya. Yang penting nyaman dan menyesuaikan dengan kemampuan

  3. banyak ya mba pilihan nya, membantu banget informasinya hehehe. aku juga punya impian membangun rumah yang kokoh gitu hehhee

  4. Justru dengan jasa arsitek kita bisa mengatur budget ya Mbak. Kalau sudah mikir bayarnya mahal dan tidak berani bertanya, waah ….

    Oya, aplikasinya membantu banget ya

  5. InsyaAlloh tahun depan kami pindah ke Apartment baru Kami. Ini sangat penting untuk dijadikan rekomendasi. Karena bangunan rumah yang kuat cerminan dari benteng Pertahanan Keluarga yang Kuat dan Hebat. Thanks for sharing

  6. Obrolan seru berfaedah ya mba, jaman now perempuan juga harus paham bahan bangunan, jangan sampe salah penempatan apalagi dibohongin sama tukang ya mba

  7. Wuih, banyak juga ya mba keunggulannya dibanding lainnya. Bagus tuh kalau material bangunan rumah pake MU, kualitasnya udah terjamin dan no tipu2

  8. Bener banget deh, baru-baru ini aku ngerenov rumah tanpa Arsitek, diarsitekin sendiri aja, yakin pasti bisa menghemat dana yg keluar, ehh pas pembangunan berjalan entah mengapa kalkulasi dan perhitungan ku semuanya berantakan, bener bukan ahlinya deh nih, alhasil dana boros banget, dan kualitas gak gitu memuaskan. sedih bangetkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *