Pembuatan Konten Digital Asian Games 2018 Kepada Peserta Kirab Nasional 2017

Ada yang tahu mengenai Kirab Nasional 2017 ?, saya berkesempatan berkenalan dengan mereka 36 orang yang terpilih di Zona 1 untuk belajar mengenai Pembuatan Konten Digital Asian Games 2018.

Acara dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (KemKominfo) pada 23 November 2017 mulai pukul 2 siang.

Acara dibuka dengan sambutan dari pihak Kominfo dan Kemenpora yang menyambut para peserta Kirab Nasional 2017.

Dalam acara ini, hadir 2 pembicara yaitu Dimas Nugraha dari Indonesia Baik yang menjelaskan mengenai penjelasan Indonesia Baik yang berupaya menggelorakan semangat menuju Indonesia yang lebih baik dan Kevin yang menjelaskan mengenai Konten Kreatif.

Indonesia Baik selalu menghadirkan berita yang akurat dan terpercaya dengan membuat kreatif konten seperti :

Mini Infografis

Infografis harus menarik perhatian, mudah dimengerti, mudah viral, lebih mudah diingat, dan lebih perusif.

Yang harus dilakukan :

  • riset
  • Penajaman fokus infografis
  • Penyederhanaan bahasa  dan koreksi typo
  • validasi sumber
  • Buat moodboard
  • Tunjukan pada orang  lain
  • periksa Ulang
  • Sketsa
  • Tidak typo, tidak ada hoax dan design ok
  • Viralkan

CREATIVE CONTENT By KEVIN

Kevin mengajak semua perwakilan Kirab Pemuda 2017 ikut menggaungkan Asian Games 2018 melalui media sosial dengan konten yang kreatif melalui tulisan kreatif, gambar kreatif, Video Kreatif dan customer service.

 

TULISAN KREATIF

Tulisan yang baik adalah yang dibutuhkan pembaca, bisa dalam bentuk Fakta, Feature, FAQ dan opini.

Ketika tulisan yang dibaca memiliki daya tarik, maka tulisan itu telah memenuhi kebutuhan pembaca.

PLATFORM

Contohnya Kompasiana, Seword.com, Quora.com, blogspot.com, wordpress.com, wix.com

GAMBAR KREATIF

  • Foto
  • Berita
  • Infografik
  • Meme/Quote
  • TRivia

MEME

Setiap Meme mempunyai cara pakai yang berbeda.

Font universal Meme : IMPACT, stroke

Untuk belajar membuat meme gunakan : imgflip.com/memegenerator

Aplikasi Konten Kreatif, diantaranya:

  1. Picsart
  2. Quik
  3. KBBI

Para peserta KIRAB juga mendapatkan informasi mengenai VIDEO, jenis kamera yang biasa dipergunakan, aksesoris, jenis lensa, perbandingan cakupan lensa, teknik pengambilan gambar (tips dan proses, jenis shot, gerakan shot, dan orientasi shot).

Karena keterbatasan waktu, sesi praktek akan dilanjutkan dengan cara Feedback langsung dari Mas Kevin untuk  postingan teman-teman di Kirab Nasional 2017 ini.

Postingan mereka ini dapat dilihat menggunakan hastag :

#DukungBersama

#RoadToAsianGames2018

#BeraniBersatu

#Kemenpora

#Kemkominfo

 

KIRAB NASIONAL

Kemenpora luncurkan program baru yang menyatukan  pemuda, yang dikenal dengan Kirab Nasional yang  melibatkan  34 provinsi di seluruh tanah air. Tujuan program ini adalah untuk saling mengenal perbedaan wilayah, suku, ras dan agama demi memperkuat rasa kebhinekaan di kalangan anak-anak muda dan mengajarkan keindahan keberagaman.

Kirab Pemuda ini  akan melewati 72 Kabupaten/Kota di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Tujuannya  bukan sekedar napak tilas kebhinekaan, namun juga menjadi ajang promosi pariwisata lokal, mendorong potensi daerah juga mampu mencetak pemuda kreatif yang bisa menginspirasi Indonesia.

Kirab Pemuda Nusantara 2017 diiikuti oleh pemuda terbaik yang lolos dalam seleksi yang diadakan oleh Kemenpora dan masing-masing provinsi akan diwakili oleh 1 orang laki-laki dan 1 orang perempuan yang akan menjadi Peserta Inti.

Kirab juga akan diikuti juga oleh peserta yang berasal dari duta pemuda kreatif, pemuda pelopor, perwakilan pemuda berprestasi, mahasiswa/pelajar dan komunitas komunitas pemuda kreatif yang ada dari setiap daerah.

Rute perjalanan Kirab ini terbagi atas 2 zona yang pertama dimulai dari Zona Miangas bergerak menuju Sabang hingga ke Solo dan Zona Kedua yang dimulai dari Kota Rote Ndao di NTT bergerak menuju Merauke dan berakhir di Solo.

Kirab Pemuda Nusantara 2017 diikuti perwakilan pemuda dari 34 provinsi di Tanah Air yang terbagi dalam dua zona. Zona satu bergerak dari Miangas menuju Sabang, Aceh. Sedangkan zona dua dari Rote Ndao, NTT menuju Merauke dan semuanya akan bertemu di Blitar Jawa Timur, 8 Desember 2017.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *