Pelepasan Siswa Mengenal Nusantara DKI Jakarta Ke Kalimantan Timur

Sebanyak pelajar 24 SMA DKI Jakarta  masing masing  12 orang putra dan putri saat ini sedang mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara 2017, mereka akan didampingi oleh  4 orang guru pendamping untuk berangkat ke Kalimantan Timur. Para Siswa akan diberangkatkan ke Provinsi Kalimantan Timur selama  sekitar 7 hari.

SMB merupakan program pendidikan dalam bentuk pertukaran pelajar antar provinsi dan salah satu program dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang digagas oleh Kementrian BUMN.

SMN merupakan program pertukaran pelajar  setingkat SMU dan  sederajat dan dimulai sejak tahun  2015, yang bertujuan  untuk mewujudkan nasionalisme, mengenalkan keanekaragaman budaya  sehingga menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan pelajar Indonesia.

Siswa Mengenal Nusantara merupakan salah satu program BUMN Hadir Untuk Negeri, selain diantaranya Bedah Rumah Veteran, Jalan Sehat, Pasar Murah dan Upacara 17 Agustus.

Tahun 2017 ini BUMN yang terlibat adalah PT. Pupuk Indonesia (Persero) , PT. KBN , PT. PPA (Persero), PT. JIEP,  dan PT. Sarinah.

Tujuan dari Siswa Mengenal Nusantara ini  adalah mengembangkan wawasan tentang keanegkaragaman budaya nusantara serta memperoleh pengalaman menyenangkan.

Pada 24 Juli 2017 lalu, ke 24 siswa ini sebelum berangkat ke Kalimantan Timur pada 25 Juli 2017  , mereka melakukan beberapa kegiatan terlebih dahulu.

24 Juli 2017

Kunjungan ke Pupuk Indonesia

Para siswa SMN DKI Jakarta berkesempatan untuk mendapatkan pembekalan di kantor PT. Pupuk Indonesia sebelum mereka diberangkatkan ke Kalimantan Timur.

Dok PT KBN
Dok PT Pupuk Indonesia

Pelepasan Siswa di Balai Kota

Sebelum pelepasan dilakukan, para peserta SMN 2017 DKI Jakarta melakukan kunjungan ke Jakarta Smart City, dan diterima di Jakarta City Lounge.

Mereka mendapatkan penjelasan mengenai Jakarta Smart City yaitu penerapan konsep kota cerdas/pintar yang mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi dan Komunikasi untuk memahami, mengendalikan berbagai sumber daya di dalam kota dengan lebih efektif-efisien demi memaksimalkan pelayanan publik, memberikan solusi penyelesaian masalah dan mendukung pembangunan berkelanjutan (sumber smartcity.jakarta.go.id) dan 6 indikator yang harus dicapai yaitu Smart Governance, Smart Economy, Smart Environment, Smart People, Smart Mobility, dan Smart Living dan aplikasi online yang dapat membantu masyarakat Jakarta dalam hal melihat kemacetan lalu lintas, no darurat.

Pelepasan SMN Prov DKI Jakarta dilakukan oleh Gubernur DKI yang diwakili oleh Ketua Dinas Pendidikan Sopan Adrianto di Balaikota DKI Jakarta. Acara juga dihadiri oleh Dirut SDM dan Tata Kelola PT Pupuk Indonesia, Penanggung Jawab BUMN SMN 2017, dan Direktur Utama dari PT. Sarinah, PT Pupuk Indonesia, PT KBN, PT JIEP, PT PPA.

Tujuan nya adalah perluasan wawasan siswa mengenai wawasan nusantara, memperkenalkan DKI pada Kaltim, dan memperoleh Informasi BUMN apa saja yang ada di Kaltim.

Ketua Dinas Pendidikan Sopan Adrianto di Balaikota DKI Jakarta sangat mengapresiasi Program SMN yang ketiga kalinya di tahun ini  diadakan oleh BUMN dan  ingin  menggandeng BUMN di tahun depan untuk mengadakan SMN kembali dan diharapkan SMN dapat menjadi agenda rutin  untuk memupuk persatuan, kebhinekaan, NKRI, budaya nusantara Indonesia yang indah.

Sopan Arianto berpesan kepada Siswa Siswi SMN 2017 DKI Jakarta agar kesempatan luar biasa ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, pengetahuan yang didapat, budaya, ilmu, dari provinsi lain untuk tidak lupa dibagikan kepada teman temannya di Jakarta setelah pulaang nanti, serta turut mengobarkan semangat nasionalisme NKRI yang merupakan  harga mati.

Dok PT KBN

25 Juli 2017

Penerbangan ke Kalimantan Timur pada pukul 08.40

Testimoni Perwakilan SMN 2017

Dokumentasi

BUMN yang terlibat dalam SMN 2017

1. Pupuk Indonesia
Website : www.pupuk-indonesia.com
Twitter : @pupuk_indonesia
Instagram : pt.pupukindonesia
Facebook : @Pupuk.Indonesia

2. JIEP
Website : www.jiep.co.id
FB : PT JIEP
Instagram : JIEP
Twitter : JIEP

3. KBN
Web : www.kbn.co.id
FB Fanspage : ptkbn Persero
IG : kbnpersero
Tw : @kbnpersero
Youtube : berita kbn

 

4. PPA
Website: www.ptppa.com
Fb: PT PPA persero
IG & twitter: @ptppapersero

5. Sarinah
Website : www.sarinah.co.id
Fb : sarinahindonesia
Instagram : sarinahindonesia
Twitter : @sarinahindonesia

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *