Montessori Haus Asia, Montessori for everyone

Banyaknya sekolah dini yang menawarkan program pendidikan untuk si kecil, membuat saya bingung memikirkan sebenarnya manakah yang terbaik. Pernah saya mendengar metode Montessori, tapi untuk saya identik dengan sekolah yang mahal, namun kemarin 22 Juli 2018 di Multivision Tower saya berkesempatan untuk belajar mengenai metode Montessori dan mendapatkan pencerahannya.

Hadir sebagai narasumber adalah Mr. Allan dan Mrs. Rosa dari Montessori Haus Asia, yang menjelaskan mengenai motode Montessori dan berbagai alat yang digunakan dalam pengajaran menggunakan metode Montessori.

Metode Montessori

Metode Montessori adalah sebuah sistem pendidikan yang membantu setiap anak meraih potensinya di semua bidang kehidupan.

Metode ini dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori, Maria Montessori percaya bahwa setiap individu harus mengedukasi dirinya sendiri, sedangkan guru menyediakan informasi dan bimbingan kepada siswa di lingkungan yang edukatif. Tujuan pendidikan usia dini haruslah memupuk keingintahuan anak-anak, kecintaan mereka pada ilmu pengetahuan, serta keinginan yang kuat untuk terus belajar.

Prinsip Pembelajaran Montesori

  • Memupuk rasa keingintahuan anak, dan mereka didorong untuk berani melakukan eksplorasi.
  • Konsep abstrak dipresentasikan secara nyata
  • Ketrampilan dan rutinitas yang diajarkan di sekolah akan diterapkan anak dalam kehidupannya sehari-hari hingga dewasa

Metode Montessori mengajarkan 5 bidang utama, yaitu:

  1. Kemampuan berbahasa : dilatih untuk berkomunikasi di hadapan orang banyak, iperkenalkan dengan huruf melalui permainan
  2. Konsep matematika :  belajar mengenal aneka bentuk, memahami mana ukuran yang lebih besar/kecil, mengenal angka, belajar angka dan berhitung melalui permainan dan lagu, mengenal konsep bentuk melalui permainan puzzle atau blok.
  3. Budaya : mengantri, sikap sopan santun, tata krama, dan kebaikan.
  4. Sensorik : nak-anak diperkenalkan dengan mainan yang melatih indra sensorik, misalnya botol sensorik, bermain pasir, kacang-kacangan, belajar musik dan tari.
  5. Kehidupan sehari-hari : ketrampilan menjadi balita mandiri, misalnya  cara menggunakan kaos kaki, sepatu, baju, dan celana sendiri,  cara memegang piring dan gelas, dan  makan sendiri.

Menurut Mr. Allan Montessori adalah untuk semua kalangan, siapapun dapat menggunakannya, bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita.  Montessori lebih menekankan pada konsep anak bisa merasakan, menyentuh langsung sesuatu yang nyata mengunakan material yang ada sebelum diajarkan konsep tertentu.

Anak-anak akan diperkenalkan dengan barang-barang seperti sendok, piring, gelas dan barang yang digunakan sehari-hari sekaligus menambah kosakatanya. Anak akan diperkenalkan dengan nama, kegunaannya dan tempat di lingkungannya sehari-hari.

Mrs. Rosa pun menambahkan bahwa kita sejak hamil bisa menerapkan metode Montessori dengan cara mengatur emosi saat berbicara. Anak akan menyerap dari lingkungannya, karena itu saat bicara jangan terlalu kencang, jaga intonasi bicara, jangan terburu-buru bicara, karena anak akan menyerap perlahan-lahan. Saat melakukan sesuatu, jangan berbicara, agar anak bisa memperhatikan. Anak akan fokus pada satu stimulasi pada salah satu indra, saat bicara-bicara, saat melakukan sesuatu jangan berbicara agar anak tidak menjadi bingung.

Montessori Haus Asia

Bagi Montessori Haus Asia, pengalaman penting dan Montessori adalah gaya hidup untuk memfasilitasi cara hidup ini bersama Montessori Haus Asia.

Montessori Haus Asia memiliki serangkaian paket yang lengkap untuk para guru, orang tua, sekolah atau pengusaha yang tertarik untuk menerapkan Metodologi Montessori di sekolah mereka, mendirikan sekolah Montessori di kota lokal mereka dan berbagai macam awal tahun dan program pelatihan guru Montessori.

Montessori Haus Asia percaya bahwa Metode belajar yang diberikan dapat membuat orangtua bergairah dan tertarik untuk belajar Montessori.

Montessori Haus Asia membuat Montessori dan pendidikan awal tahun yang berkualitas sederhana dan terjangkau untuk semua orangtua dengan #MontessoriMadeSimple.

Montessori Haus Asia Singapore didirikan oleh Mr. Allan Ang untuk membuat dan mengadvokasi lingkungan belajar Montessori. Didukung oleh yang terbaik tahun-tahun awal profesional di Wilayah Asia Pasifik, dengan kantor pusat berkantor di Singapura. Kemitraan strategis telah terjalin  dengan Indonesia yang memiliki ahli Montessori, Miss Rosalynn yang mendirikan PT Montessori Haus Asia Indonesia pada 2017.

PT Montessori Haus Asia Indonesia  telah mendirikan 3 pusat pelatihan dan memiliki banyak kemitraan di seluruh nusantara, dan memperhatikan :

1. Semangat untuk mengubah kehidupan melalui pendidikan berkualitas
2. Kerja tim adalah kunci pertumbuhan
3. Kerja keras adalah dasar kesuksesan
4. Inovasi dan kepemilikan individu didorong dan dihargai komitmen terhadap penelitian dan pengembangan
5. Kepuasan dan kesuksesan mitra sangat penting.

Montessori Haus Asia akan membentuk anak menjadi mandiri, dan jangan lupa hargailah mereka sebagai pemimpin, jangan orang tua memaksakan egonya.

Jadi sekarang saya  sangat paham  bahwa Montessori Made Simple dipraktekan, Montessori Di Rumah, Montessori bersama anak, bisa dilakukan salah satunya dengan trial box  dari @GameMontessori yang dibawa pulang.

Montessori for everyone, wujudkan Jakarta Montessori

Sebelum acara dimulai, kamipun menikmati makan siang dan cemilan. Ayam Geprek Mak Oneng menjadi menu utamanya, berisikan sambal yang luar biasa pedas dengan ayam yang lembut serta pelengkap kol dan tahu tempe.

Untuk minumnya, saya menikmati sebotol Toru Oat Milk yang memiliki  5  rasa  : Honey Chia, Original, Matcha Moringa, Arabica Blend dan Black Charcoal  mulai harga @ 25K. Untuk order cek IG @toru.id

Toru dibuat tanpa pengawet, bebas gluten, bahan alami, menggunakan kurma pilihan untuk rasa manisnya. Oat berfungsi menurunkan kolesterol jahat, gula dan insulin di dalam darah, menurunkan  resiko penyakit jantung dan stabilkan berat badan.

Ada kue lapis pelangi dan coklat yang rasanya yummy @babahgemoek serta makaroni schotel @makkeik

 

Ada D’Granola cemilan sehat dengan isi berbagai macam-macam kacang, biji labu, biji bunga matahari, almond, cranberries, gojiberries, madu, garam himalayan, olive oil, kayumanis dan kismis dengan rasa Banana 50K, Original 50K, Coklat 70K, dan bisa diorder melalui IG @healthy.food.partner atau Shopee healthyfoodpartner.

Sayapun sempat melihat booth Interlac yang merupakan probiotik lactobasilus, bakteri hidup paling banyak yang telah teruji. Sangat cocok digunakan mulai usia baru lahir, anak-anak , dewasa dan lansia dalam mengatasi diare, konstipasi, kolik, gumoh akibat makanan tidak sehat, kurang serat, dan  stress.

Penggunaan untuk anak bisa menggunakan yang  drop 1x sehari 5 tetes, dituangkan ke  sendok  dengan kemiringan 45 derajat, jangan langsung karena khawatir terkena mulut dan bisa menyebabkan bakterinya hidup. Bakteri di Interlac akan hidup saat sudah berada di saluran cerna. Untuk penyimpanannya, simpan di kulkas bagian bawah. Tersedia juga sachet, tablet kunyah strawberry dan lemon.

Reff :

id.theasianparent.com

 

Montessori Haus Asia

www.facebook.com/montessorihausasia
www.instagram.com/montessorihausasia

Phone: 081398674378

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *