Mobile Obstetrical Monitoring (MOM) Philips

Kehamilan adalah suatu anugerah terindah bagi setiap wanita, karena itu kita harus mempersiapkan segala sesuatunya baik itu fisik maupun mental.

Dalam menyambut Hari Ibu 22 Desember 2017 lalu, Royal Philips HealthTech mengadakan sebuah forum dengan tema “Jaga Kehamilan untuk Generasi Yang Lebih Sehat”, pada 14 Desember 2017 lalu di GoWork Coworking Space, Chubb Square Jakarta.

Forum ini menghadirkan Dr. Eni Gustina, MPH, Direktur Kesehatan  Keluarga, dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr.dr.Ali Sungkar, Sp.OG-KFM, dokter ahli kandungan dan kebidanan yang juga merupakan spesialis fetomaternal serta Bapak Suryo Suwignjo, Presiden Direktur Philips Indonesia.

Di negara berkembang, hampir separuh jumlah ibu dan bayi yang baru lair tidak memiliki akses ke layanan kesehatan untuk perawatan paska melahirkan, sedangkan paska melahirkan selain kondisi bayi, kondis Ibu pun harus diperiksa misalnya berat badan, yang akan mempengaruhi kualitas asi yang dihasilkan untuk bayi nya.

Tahun 2013, hampir 800 wanita meninggal setiap hari, hal ini disebabkan oleh hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan dan melahirkan. 99% kematian terjadi di negara berkembang, padahal hal ini dapat dicegah jika ada campur tangan dari tenaga kesehatan dan akses kesehatan yang tersedia. Kendala utama nya adalah tidak adanya akses terhadap perawatan Ibu hamil yang berkualitas sebelum, selama dan setelah melahirkan.

Penyebab kematian Ibu di tahun 2016 , 32 % diakibatkan karena pendarahan, 26% karena hipertensi yang mengakibatkan kejang, keracunan kehamilan yang pada akhirnya menyebabkan Ibu meninggal dunia.

Kematian ibu dan anak saat proses kehamilan dan melahirkan terus akan menjadi tantangan dalam layanan kesehatan di Indonesia. Tantangan kondisi geografis, akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas dan rendahnya pengetahuan Ibu, memberikan kontribusi bagi tingginya angka kematian Ibu dan bayi.

Sebenarnya kasus kematian Ibu dan bayi pada masa kehamilan dan proses melahirkan dapat dicegah dengan pemberian nutrisi yang tepat, gaya hidup sehar dan deteksi dini pada kehamilan beresiko.

Pemeriksaan sebelum kehamilan :

  1. Pemeriksaan darah rutin, meliputi kadar hemoglobin, hematokrit, sel darah putih (leukosit) dan faktor pembekuan darah (trombosit). Lewat pemeriksaan ini dapat diketahui apakah kita mengalami anemia, infeksi, atau ganguan faktor pembekuan darah.
  2. Gambaran Darah Tepi. 
  3. Tekanan Darah.
  4. Golongan darah dan Rhesus. Setiap orang terlahir dengan golongan darah (A,B, AB, atau O) dan faktor Rhesus (+) atau (-). Sekitar 90% perempuan Asian memiliki Rhesus (+). Masalah akan timbul bila ibu memiliki Rhesus (-) dan ayah memiliki Rhesus (+), sementara si janin memiliki Rhesus (+). Janin Rhesus (+) pada ibu Rhesus (-) akan menimbulkan inkompatibilitas Rhesus yang bisa mengakibatkan kematian pada janin.
  5. Hepatitis B (HBsAg). Hepatitis B merupakan penyakit yang ditularkan melalui darah dan kontak seksual.
  6. TORCH. Singkatan dari Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simplex Virus.
  7. Pap Smear
  8. Gula darah. 
  9. VDRL. Pemeriksaan VDRL (Veneral Diseases Research Laboratory) merupakan screening untuk sifilis, penyakit kelamin yang ditularkan melalui hubungan seksual.
  10. Urinalisis lengkap.
  11. Analisa kromosom.
  12. HIV.

Philips Indonesia telah memberikan solusi dan program kegiatan berkaitan dengan kesehatan Ibu dan anak, diantaranya :

  • Solusi MOM (Mobile Obstetrical Monitoring) Philips :
  • Bagian dari strategi Philips dalam memberikan solusi perawatan terkoneksi dengan jangkauan yang lebih luas dan memungkinkan perawatan terintegrasi yang berorientasi pada pasien serta sesuai dengan kebutuhan.
  • Memungkinkan para tenaga kesehatan untuk memasukan data klinis atau data hasil diagnosa dari alat pemantau seperti Ultrasound, doppler dan fetal monitor serta rekam medis pasien sehingga dapat dilakukan identifikasi sejak dini kehamilan beresiko  tinggi.
  • Solusi MOM Philips sudah berjalan hampir 2 tahun di beberapa kabupaten di Indonesia – Sijunjung, Jayapura, Minahasa.
  • Bekerjasama dengan sejumlah Rumah Sakit Ibu dan Anak di Jakarta dan Suraaya , dan dalam rangka memperingati “Pekan Menyusui Sedunia”, Philips Avent menyelenggarakan kegiatan New Parents Class yang merupakan program pembekalan dan praktik langsung sekitar 1000 calon orang tua oleh para ahli mengenai Manajemen Laktasi, Perawatan bayi, MPASI, dan berhasil menjangkau sekitar 600 pasang orang tua baru dan 100 bidan.
  • Edukasi kesehatan ibu dan anak melalui media massa
  • Philips menyediakan teknologi kesehatan ibu dan anak melalui rangkaian produk yang memberikan kenyamanan bagi Ibu saat menjelang dan proses melahirkan.

Referensi :

www.ayahbunda.co.id/prakonsepsi-gizi-kesehatan/check-up-pra-kehamilan

https://dokterindonesiaonline.com

https://bidanku.com/pemeriksaan-kehamilan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *