Menulis Kreatif Blog Versi Alodita

Akhirnya setelah hampir satu bulan menunggu acara ini, saya bisa mengikuti acara ini,  ” Creative Writing for Blogging with Andra Alodita and Tinkerlust”.

Alodita adalah seorang Content Creator & Lifestyle Blogger, dengan blognya www.alodita.com.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00, bertempat di Kinosaurus, didukung oleh Tinkerlust dan Wardah.  Dimulai dengan sambutan dari Lulu pihak Tinkerlust , kegiatan ini pun langsung dimulai  oleh Alodita yang menceritakan awal kariernya sebagai seorang Wedding Fotografer yang akhirnya harus vakum sementara karena program bayi tabungnya.

Saat vakum, Alodita pun melanjutkan menulis blognya yang sebelumnya hanya berupa visual diary, karena hanya berisi caption singkat dan foto-foto. Support dari sang suami, mendorong Alodita untuk kembali menulis.

Alodita berpersan, sebagai seorang blogger kita harus banyak membaca buku, karena akan banyak inspirasi yang bisa kita dapatkan.

Menulis Kreatif

Untuk menghasilkan tulisan yang kreatif, kita harus memiliki kebiasaan yang kreatif setiap harinya.

Kebiasaan Yang Kreatif

  • Membawa jurnal

Jurnal disini adalah buku catatan, untuk menuliskan tulisan tangan dalam menangkap ide-ide yang tiba-tiba datang menjadi inspirasi tulisan.

Alodita pun mengutip penulis “Eat Pray Love” Elizabeth Gilbert,  bahwa ide itu bertebaran di alam semesta, tinggal bagaimana cara kita peka dan menangkapnya dan menuangkannya dalam sebuah tulisan.

  • Menulislah, menulis apapun 3 halaman perhari

Tulislah apapun kejadian di hari itu, belajarlah menulis 3 halaman perharinya.

  • Latihan, latihan dan latihan

Latihan terus menerus diperlukan untuk mengasah kemampuan menulis. Kita harus memperkaya dan melatih diri setiap hari, dan selalu mengasah panca indra kita untuk merasakan apa yang ada yang ada di sekeliling kita dan menuangkannya ke dalam sebuah tulisan.

Manusia itu dilahirkan kreatif, sehingga kita harus selalu mengasah panca indra yang kita miliki untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif.

Untuk menjadikan blog yang banyak dilirik dan disukai pembaca, kita harus membuat konten blog yang menarik, original, dan unik yang memang disukai pembaca. Isi konten tersebut akan menarik perhatian pembaca, sehingga blog kita akan berbeda dengan blog lainnya.

Semua yang kita lihat sebenarnya dapat menjadi ide atau bahan tulisan di blog, dan mulai dari rumah ide tersebut bisa kita dapatkan, ujar Alodita.

Bentuk artikel pun bermacam-macam, hanya foto dengan caption singkat point point nya saja atau reportase lengkap tulisan dengan foto.

Lakukan sesuka hati, apa yang akan dimunculkan dalam blog kita sendiri, jangan hanya liputan event ang kita datangi saja. Jangan ragu juga untuk mencoba yang lain, misalnya menulis blog dengan model wawancara dengan nara sumber, atau tutorial.

Saat bosan dengan rutinitas menulis, Alodita menyarankan untuk melakukan sesuatu hal yang dapat mengembalikan mood, misalnya pergi ke tempat tempat baru, tanpa handphone dan gadget. Lakukan kegiatan yang sebelumnya kita anggap kurang suka, hal tersebut dapat membalikan mood dan menghadirkan inspirasi baru.

Selalu berusaha open minded dan keluar dari comfort zone. Alodita menambahkan semua perjalanan atau proses yang kita lakukan, akan  terlihat setelah 1000 jam kita lakukan.

Menulis  bukan hanya dilakukan di laptop saja, jangan biarkan ide-ide hilang saat sedang tidak berada di depan laptop atau gadget.

Quote

Walapun jaman sudah serba digital, menulis manual akan melatih indera dan kreatifitasmu”.

“Nikmati prosesnya, setiap langkah yang kamu lewati adakah harta yang saling berharga”

Menulis Kreatif

  • Tulis minimal 3 halaman setiap pagi
  • Lakukan pembedaan waktu antara menulis, mengetik, mencari referensi, mengedit foto, lakukan dalan waktu yang berbeda.

Alodita pun mengajurkan suami dan nanny nya belajar memotret yang baik secara profesional.

Alodita pun sering memberikan pelatihan penulisan blog namun saat ini, masih dalam kalangan terdekat saja.

Alodita pun mengajarkan para peserta mengenai Mind maping jika kita ingin  membut blog yang  monotize, dimana kita harus melihat kreatif  melihat sekitar dari berbagai sisi.

Contoh Mind Maping

Alodita memberikan pesan untuk selalu mengabadikan moment moment dan foto, dan menuangkannya dalam sebuah tulisan untuk kepuasan sendiri, bukan untuk orang lain.

Buatlah blog, dan tulislah sesuai dengan keinginan hati, dan mulai belajar mind maping (peta pikiran) untuk isi dalam blog, jika kita ingin monotize blog yang kita miliki. Mind maping akan membantu kita lebih fokus mengenai apa yang akan kita tulis di blog.

Perhatikan penggunaan layout, pemilihan huruf yang ramah pembaca secara visual.

Suasana tanya jawab

Semua peserta sangat antusias dengan materi yang disampaikan, hal ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan.

Persiapan foto bersama

Acara ditutup dengan foto bersama, dan pemberian kenang-kenangan dari Wardah.

Thank you Tinkerlust, Andra Alodita dan Wardah.

Tinkerlust

www.Tinkerlust.com

Instagram : Tinkerlust

Facebook  : Tinkerlust

Alodita

www.alodita.com

Instagram : Alodita

Twitter : Alodita

16 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *