Ada Rasa Dalam Cerita

Membaca setiap cerita cinta selalu membawaku berimaginasi seolah menjadi pemeran dalam tokoh tersebut, ketika membacanya. Setiap rangkaian kata nya terkadang mampu membuat diri ini tersipu malu, penasaran, cemburu dan masih banyak emosi lainnya saat membaca lembar demi lembarnya.

Menulis untukku terkadang masih menyisakan pertanyaan saat berada diujung tulisan , apakah tulisanku ini sudah tepat dan bisa memuaskan siapapun yang membaca. Terkadang edit sana sini, berulang kali dan akhirnya terlalu lama di kolom draft.

Beruntung melalui Workshop Menulis Dengan Cinta bersama Dini Fitria yang diadakan oleh Indonesian Social Blogpreneur, saya bisa belajar banyak untuk memperbaiki saat membuat suatu tulisan.

Siapa yang tak kenal dengan wanita cantik yang sempat menjadi Produser sekaligus salah satu presenter Jazirah Islam yang tayang saat bulan Ramadhan di salah satu stasiun televisi swasta dan juga  penulis best seller dari Muhasabah Cinta, Hijrah Cinta, dan Islah Cinta. Seketika diri ini merasa tersentil, ketika wanita berparas ayu itu menyapa kami semua yang hadir dalam workshop Menulis Dengan Cinta dan memberikan masukan kepada semua peserta Workhop mengenai cara penulisan blog yang menyenangkan bagi pembaca.

Workshop dibuka oleh Teh Ani Berta yang selalu memberikan kesempatan kepada anggota komunitasnya dengan ilmu-ilmu yang tepat guna, sepatah dua patah kata pun disampaikan oleh Blibli.com dan Zoya Kosmetik yang turut membantu terselenggaranya acara ini.

Mba Dini berbagi banyak sekali pengalaman dan tips trik dalam menulis Feature yang harus kita kuasai, untuk menghasilkan tulisan yang penuh dengan rasa didalamnya. Sehingga pembaca akan betah berlama-lama membaca tulisan tersebut sampai dengan paragraf akhir.

FEATURE

Feature adalah cerita mengenai fakta, bukan fiksi. Feature merupakan segala bentuk emosi juga rasa.

Setiap feature akan menghadirkan suatu cerita dengan cara bertutur, deskriptif (menggambarkan secara detail), informatif, dibalut dengan gaya penulisan yang memikat, naratif dan imajinatif bagi pembacanya, tidak selalu mengikuti ketentuan 5W+1H dalam penggambarannya dan cerita yang dihadirkan biasanya menggambarkan kehidupan manusia, interaksi manusia dan ekspresi emosi (human interest).

Human interest, sidebar, cinta, kebahagiaan, kesedihan, perjuangan, inspirasi, kecelakaan, biografi, profil, travel, sejarah, dibalik layar, trend, petunjuk praktis, ilmiah adalah salah satu contoh dari sebuat feature yang bisa kita angkat ke dalam tulisan.

Karya-karya Dini Fitria

Features dikenal juga sebagai soft news, dan untuk membuatnya kita harus menyampaikannya dengan cara storytelling (show, not tell) yang mengajak pembaca untuk bisa berimajinasi. Karena setiap orang senang mendengarkan cerita, merasa menjadi bagian dalam cerita, mudah tersentuh hatinya dan akan memiliki kesan yang dalam setelah membacanya. Cerita akan membuat pembaca berfikir dan ikut merasakan sedih atau bahagia yang pada akhirnya dapat menginspirasi dan memotivasi pembaca.

Dalam menulis feature dibutuhkan tujuan yang jelas, relevan, dekat dengan keseharian, membuat penasaran dan penuh penghayatan.

Menulis features pun ada tekniknya ujar mba Dini, yaitu adanya Lead in angle, point of view, daya pikat tulisan, bahasa yang rapi dan terjaga, banyak diksi, ada edutainment, penuh dengan nilai–nilai, dan ditulis dengan hati dan jiwa.

Dalam melakukan penulisan pun ada yang boleh dan tidak boleh dilakukan, seperti :

  • Tekhnik why, what and how yang bisa membuat tulisan menjadi efektif dan tidak membosankan
  • Jangan gunakan basa-basi dalam penyampaian
    • Tentukan benang merah nya
    • Jadikan kita sebagai subjek dan objek
    • Hubungkan dengan apa yang kita alami dengan sesuatu yang update atau hal yang membuat pembaca merasa senasib dengan kita.
    • Jangan menasehati pembaca
    • Jangan melakukan provokatif namun tidak agresif
    • Gunakan pembendaharaan kata
    • Padukan pengalaman kita dengan kasus yang kita tuliskan
    • Jangan kebanyakan ide
    • Jangan jumping words, sehingga menjadi tidak nyambung maksudnya
    • Jangan typo, mengulang lagi

    Untuk membuat Features yang baik dibutuhkan kepekaan, latihan dan jam  terbang, identitas dan konsisten.

    Mengapa menuliskan rasa itu menjadi penting dalam sebuah tulisan?, karena menulis itu bermanfaat bagi  kesehatan jiwa yang berpengaruh terhadap kesehatan fisik (Advances in Psychiatric Treatment, 2005) dan menulis adalah cara termurah dan teraman untuk menuangkan rasa.

    Saya pribadi masih mengalami kesulitan saat menulis, diantaranya terlalu panjang yang bisa menyebabkan pesan inti tidak tersampaikan ke pembaca.

    Dalam workshop kali ini Mba Dini Fitria membocorkan rahasianya cara untuk menuliskan rasa dalam setiap tulisan yang kita buat, yaitu kita harus menjadi penulis sejati, bebas dan jujur, gunakan tekhnik dalam menulis : tema-premis-alur-kebutuhan dan keinginan- nilai – tujuan.

    PREMIS

    Adalah rumus menulis yang terstruktur, dan merupakan satu kalimat yang mampu menjelaskan keseluruhan tulisan.

    Untuk membuat premis kita harus menuliskan cerita ke dalam satu kalimat yang jelas, segar dan menarik. Fokus, terpercaya, masukan karakter atau atribut/konflik/tujuan, 5W1H, berkesinambungan,adanya hubungan sebab akibat dan kesimpulan.

    Di akhir sesi mba Dini Fitria juga mengatakan bahwa “Menulis itu soal rasa, temukan rasamu dan jagalah”, “Jika kamu tak bisa menjelaskan sesuatu dengan sederhana, maka kami tak cukup mengerti”, karena itu latihan dan latihan harus terus dilakukan.

    Dalam workshop ini kita juga diajarkan belajar make up untuk sehari-hari dengan menggunakan Zoya Kosmetik. Tutorial make up ini diajarkan langsung oleh @inddra_hitori.

    Setiap orang pasti memiliki keinginan terbesar yang ingin diraih, begitupun dengan saya My Big Wish tahun ini adalah meningkatkan kemampuan membuat tulisan yang penuh dengan cinta dan rasa dalam setiap rangkaian kata yang ada.

Setiap orang pasti memiliki keinginan terbesar yang ingin diraih, begitupun dengan saya My Big Wish tahun ini adalah meningkatkan kemampuan membuat tulisan yang penuh dengan cinta dan rasa dalam setiap rangkaian kata yang ada.

Tapi selain itu My Big Wish lainnya adalah memenangkan undian dari Blibli.com berupa gratis jalan-jalan sepanjang tahun,cukup dengan belanja minimum Rp 300.000,-. Informasi lengkapnya klik Blibli.com ya

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *